Mengapa Google Membenci Situs Anda (Petunjuk : Ini Ada Hubungannya dengan TrustRank)

Mengapa google membenci blog Anda

Saya tidak ingin memberitahu Anda mengenai hal ini, tapi Google MEMBENCI situs Anda…

Tentu, saat ini mungkin Anda memiliki peringkat yang bagus – Namun begitu terjadi update Google selanjutnya – Anda dalam masalah.

Jadi, lanjutkan saja dan variasikan anchor text, tulis konten “berkualitas”, dan bangun link dari niche yang relevan.

Itu tidak terlalu penting.

Hanya… Kecuali Google mempercayai situs Anda.

Di postingan kali ini saya akan menunjukkan kepada Anda cara agar Google memberikan kepercayaan lebih kepada Anda sehingga Anda tidak akan pernah tidur dengan mata terbuka karena khawatir mengenai update besar Google yang buruk dan mengerikan.

TrustRank Penting…Berikut Cara Mendapatkannya

Semua hal yang Anda ketahui tentang Google Penguin salah.

Berikut alasannya :

Jika Anda bertanya kepada 10 ahli SEO apa yang menjadi target Penguin, 9 diantaranya akan refleks melontarkan tiga kata yang sama :

“Overoptimized Anchor Text” (optimasi anchor text yang berlebihan)

Salah.

Lihat ini :

Alasan mengapa google membenci situs Anda

Apa yang Anda lihat adalah rincian anchor text situs yang mampu bertahan dari Penguin, cabbage-soup-diet.com.

Situs tersebut masih kokoh di peringkat pertama untuk kata kunci “cabbage soup diet”

Menurut perhitungan saya, 65% anchor text situs tersebut adalah beberapa variasi dari cabbage soup diet – dengan 30% exact match anchor text.

Bagaimana mungkin hal ini terjadi? Bukankan Penguin tentang anchor text?

Tidak.

Ini semua tentang Trust.

Komunitas SEO dicuci otaknya sehingga berpikir bahwa anchor text adalah bagian paling penting dari Google Penguin karena satu postingan dari micrositemasters.com

Setelah membandingkan situs yang kena pukul Penguin dan mereka yang bertahan, mereka menyimpulkan bahwa :

“…Setiap situs yang kami lihat terkena dampak negatif dari update Penguin memiliki sebuah “money keyword” sebagai anchor text situs untuk lebih dari 60% dari total link masuk.”

Dengan kata lain, jika Anda kena pukul Penguin, maka itu pasti karena anchor text yang terlalu dioptimasi (berlebihan).

Semua orang di komunitas SEO percaya dengan sangat antusias dan setuju bahwa Penguin adalah berkaitan dengan anchor text. Dan mereka mengubah strategi SEO mereka dan mengikutsertakan “variasikan anchor text Anda”.

Tapi entah bagaimana mereka mengabaikan quote berikut ini yang berasal dari artikel yang sama dan membuat alis saya bergerak naik :

“Memiliki 60% lebih dari anchor text Anda menjadi money keyword tidak menjamin bahwa situs Anda akan terkena penalti (Banyak situs yang tidak terpengaruh memiliki angka yang sama buruknya).”

Huh?

Penguin tentang anchor text atau tidak. Anda tidak boleh mempercayai keduanya.

Dan ketika saya melakukan analisis informal tentang situs yang kena pukul Penguin dan tidak, hanya ada satu hal yang membedakan mereka : (Anda benar) Trust.

Saya tidak sendirian dalam obsesi kepercayaan saya.

Moz memiliki metrik mereka sendiri untuk trust (disebut MozTrust) dan temukan yang berikut ini :

“Sebuah halaman situs dengan MozRank tinggi, tetapi memiliki perbedaan besar antara MozRank-MozTrust biasanya tampil buruk di mesin pencari dibanding dengan halaman yang memiliki MozRank rendah, tetapi perbedaan antara MozRank-MozTrust rendah.”

Saya menyadari bahwa MozTrust (dan Trust Flow dari Majestic) berkorelasi erat dengan peringkat yang lebih tinggi.

Dengan kata lain, kepercayaan (trust) tidak hanya membantu Anda bertahan dari update Google, kepercayaan juga membantu Anda mendapat peringkat yang lebih baik sejak awal.

Apakah saya mendapat perhatian Anda sekarang?

Negatif SEO=LOL

Tidak ada keraguan bahwa trust adalah faktor-x yang melindungi Anda dari pukulan Google dan update algoritma.

Tapi ada alasan lain bagi Anda untuk menaruh trust di layar radar SEO Anda : Negatif SEO.

Ada banyak pembicaraan mengenai negatif SEO akhir-akhir ini, tapi ini benar-benar berlebihan.

Mengapa?

Karena seperti yang saya katakan sebelumnya (Dan mungkin Anda mempertimbangkan untuk menato ini di dahi Anda) :

Google tidak memberi penalti kepada situs yang mereka percayai.

Salah satu kompetitor saya akhir-akhir ini membombardir salah satu situs saya dengan 250.000+ komentar blog (saya tahu, bukan?)

Anda tahu apa yang terjadi?

Tidak ada. Saya bahkan tidak bergerak.

Mengapa?

Karena Google percaya situs saya dan tahu bahwa saya tidak pernah melakukan hal tersebut.

Tapi jika Anda memiliki Trust rendah, Anda sangat rentan manakala salah satu kompetitor Anda ingin mengeluarkan Anda dari 10 besar dengan beberapa backlink spam.

Maka, ini saatnya untuk memperoleh Trust.

Langkah #1 : On-page Trust Optimization

Berikut cara menghasilkan trust bagi situs Anda :

1. Link Keluar Menuju Situs Otoritas

Saya tahu Anda sudah pernah melihat situs affiliasi dengan konten sedikit dan tidak meyakinkan di Google.

Apakah Anda memperhatikan bahwa mereka tidak pernah memberi link keluar menuju situs lain?

Bisakah Anda mengatakan red fleg?

Tapi perhatikan situs yang sesungguhnya, seperti The Huffington Post dan New York Times : mereka memberi link keluar ke sana ke mari.

Anda juga sebaiknya seperti itu. Memberi link keluar merupakan bagian penting dari strategi On-site SEO.

Ingatlah bahwa situs tujuan dari link Anda mencerminkan situs Anda.

…Jadi sebarkan link cinta menuju .gov, .edu, dan situs berita otoritas lebih awal dan lebih sering.

2. Privacy Police, Terms

Pastikan situs Anda memiliki privacy policy menyeluruh, terms of use and/or affiliate disclosure. Hal tersebut adalah halaman membosankan yang diperhatikan Google.

Lagipula, semua publisher Adsense diharuskan memiliki info tersebut di situs mereka, yang memberitahu saya bahwa Google berpikir itu halaman yang penting.

3.Bounces and Blocked Sites

Google telah mengkonfirmasi bahwa interaksi pengguna adalah salah satu faktor penentu rangking. Mereka bahkan telah mempertimbangkan berapa banyak pengguna Chrome yang memblokir situs Anda.

Anda bisa membayangkan betapa liciknya sebua situs sampai orang-orang memblokir hal sialan tersebut.

Dan hal yang sama berlaku untuk bounce rate : jika situs Anda menyediakan informasi yang dapat dipercayai, mengapa mereka terburu-buru meninggalkan situs Anda?

Jadi, pastikan Anda memperhatikan bounce rate dan “time on-site” di Google Analytics.

Time on site dan kepercayaan

Lalu, lakukan sebisa Anda untuk membuat pengunjung tetap bertahan di situs Anda seperti lem super.

4. Referensi dan Sumber

Pertimbangkan untuk menyertakan daftar referensi dan sumber di bagian akhir artikel.

Ini menunjukkan kepada Google bahwa konten Anda melalui riset yang baik (dan karena itu menjadi legit).

Langkah #2 : Ukuran Penting : Cara Terlihat Seperti Brand Besar

Google sangat perhatian pada brand akhir-akhir ini.

Bagaimana melakukannya –some guy banging out WordPress sites in his underwear – mungkin terlihat seperti brand besar – bahkan jika Anda memang some guy banging out WordPress sites in his underwear?

Mudah. Bangun brand signal.

Ingatlah : Google hanyalah mesin untuk memberi peringkat ( Juga dikenal sebagai sebuah algoritma).

Google tidah tahu bahwa pepsi adalah sebuah brand karena Google melihat iklan super bowl tahun lalu. Google mengidentikasi brand melalui brand signal di internet.

Google memperhatikan brand dengan sangat serius karena mereka mempercayai brand.

Kenyaannya, inilah yang CEO Google Eric Schmidt katakan tentang brand :

“Brand adalah solusi, bukan masalah….Brand adalah bagaimana Anda memilah-milah”

Inilah cara keluar dari Cesspool, mandi dengan lama, dan terlihat seperti brand besar yang buruk :

1. Branded Domain/Sites Name : Lupakan exact match atau phrase exact match. EMD update membuat jelas bahwa exact match domain tidak membuat Anda hebat. Dibanding MostComfortableMaleThongsX.com, lebih baik ComfyThongs.com.

Domain yang menjadi brand dan bersinar mengirim pesan bahwa Anda brand yang unik...bukan pecundang yang terobsesi dengan SEO dan mencoba mendapat peringkat untuk satu kata kunci.

2. Halaman About Us yang Lengkap : jangan berhemat pada halaman about Anda.

Brand-Brand asli memiliki halaman about yang MASSIVE yang membicarakan tentang perusahaan, pernyataan misi, dsb. Buatlah halaman about us luar biasa yang menceritakan kisah Anda.

3. Akun Sosial Media yang Aktif : Semua brand besar sangat aktif di media sosial, termasuk Facebook, Linkedin, Pinterest, dan sejenisnya. Bahkan jika Anda mengelola situs kecil, buat akun media sosial Anda bersinar dan bergulir (terutama Linkedin).

4. Sitename = Keyword : Orang-Orang mencari brand, Entah itu Ikea, You Tube, atau John Deere. Anda tahu bahwa Google mempertimbangkan Anda sebagai brand jika mendapatkan sitelink seperti ini :

Cara agar google tidak membenci blog Anda

Namun Anda tidak perlu tampil di Fortune 500 untuk mendapatkan treatment Brand.

Sitelink muncul jika Anda membangun backlink super berkualitas dan orang mencari brand Anda di Google.

Bagaimana Anda melakukannya, Anda bertanya?

Jawabannya sederhana : Ciptakan situs yang menggagumkan.

5. Brand Name Anchor Text : Orang-Orang secara alami memberi link menuju brand dengan brand anchor text. Jadi, jika situs Anda thongs4less.com, sebaiknya Anda mendapatkan backlink dengan anchor text “Thongs 4 Less”

Langkah #3 : Info Domain yang Terpercaya

Tahukah Anda bahwa Google adalah domain registrar?

Tapi Google tidak menjual domain.

Aneh bukan?

Alasan mengapa Google melakukan hal tersebut adalah untuk memata-matai info pada Whois Anda. Anda lihat, ketika Anda adalah ICANN-aprroved Registrar, Anda bisa mengecek informasi whois sepanjang hari, tidak seperti kita yang orang biasa.

Berikut adalah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan lebih banyak trust melalui info di whois :

  • Daftarkan Domain untuk 2+ Tahun – Google ingin melihat bahwa Anda mendaftarkan domain dalam jangka waktu yang lama. Meskipun pengaruh domain registrasi terhadap SEO masih diperdebatkan hingga mati, itu merupakan sesuatu yang tidak merugikan Anda dan mungkin membantu Anda. Jadi, lakukan saja.
  • Buat Menjadi Publik – Tidak ada perusaan nyata yang menyembunyikan whois ( periksa jika Anda tidak mempercayai saya). Pastikan alamatnya nyata atau hal ini akan menjadi boomerang.
  • Masukkan whois info pada halaman contact us – Untuk benar-benar menunjukkan Google semua transparansi dan keterbukaan saya, saya biasa meletakkan alamat dan telepon whois di kontak saya atau halaman privacy police. Ini merupakan brand signal lainnya. Memosting alamat Anda memberitahu Google bahwa Anda memiliki kantor di suatu tempat ( bahkan jika kantor Anda adalah ruang bawah tanah ibu Anda).

Secara individu, mungkin ini tampak seperti hal kecil, tapi lihat dengan cara seperti ini :

Situs #1 : private whois, tidak ada contact, dan akan berakhir dalam 3 bulan.

Situs #2 : Telepon dan alamat nyata yang sesuai halaman informasi kontak, dan memiliki masa aktif 5 tahun sebelum domain kadaluarsa.

Berpikir seperti itu.

4. Langkah #4 : Trusted Link

Dan berikut adalah bagian penting. Seperti segala sesuatu di alam raya Google, trust atau kepercayaan berkisar pada link.

Dan Google menerapkannya berdasarkan Versi SEO dari six beacon of Kevin Bacon.

Kepercayaan yang Anda dapatkan dari situs lain sering disebut sebagai TrustRank.

Berikut cara kerjanya :

Cara kerja trust dalam menyusun peringkat

Pada dasarnya, ada sekumpulan “situs unggulan” yang sangat terpercaya seperti .gov, .edu, CNN.com dsb.

Situs internet yang paling terpercaya mendapatkan link dari “situs unggulan” secara langsung.

Namun, Anda bisa mendapatkan kepercayaan itu dengan mendapatkan link dari situs yang memiliki link dari situs unggulan.

Atau dengan kata lain :

Harvard.edu –> situs Anda= kasus skenario terbaik

Harvard.edu –>beberapa situs lain –> Situs Anda = tidak terlalu buruk

Harvard.edu –> situs lain–>–>situs lain–>–>situs lain –>–>situs lain –>–>situs lain–>–>situs lain–>–>situs lain –> situs Anda = tidak bagus

Itu sebabnya Anda harus SELALU melihat profil link situs lain sebelum meluangkan waktu untuk mendapatkan link dari mereka.

PR tidak menceritakan keseluruhan ceritanya.

Misalnya Anda memiliki dua situs yang Anda jadikan target untuk mendapatkan link :

Situs A : PR 3, 1 link dari MIT.edu, 1 link dari CNN.com

Situs B : PR 5, banyak komentar blog dan link blog network

Saya pribadi memilih link dari situs A di hari apapun dalam seminggu meskipun situs A memiliki PR yang lebih rendah.

Situs dalam portofolio saya menampilkan banyak link langsung dari situs unggulan, lebih baik dan bertahan lebih lama dari update.

Dengan kata lain, Anda ingin situs yang memberi link menuju situs Anda merupakan situs yang sangat terpercaya.

Langkah #5 : Backlink dari Situs Google News

Di mata Google, situs yang telah disetujui Google News adalah beberapa situs yang paling terpercaya di internet.

Berpikir seperti ini : situs berita harus bisa dipercaya.

Jika Anda mencari “rapper terbaik sepanjang masa” mungkin saja seseorang memasukkan es vanila di dalam daftarnya.

Tapi situs berita dipegang dengan standar yang lebih tinggi karena konten mereka harus tepat.

Jika mereka memublikasikan sebuah artikel dengan judul “Justin Beiber terpilih sebagai Presiden Ekuador“, maka sebaiknya itu sesuatu yang benar.

Agar situs dapat disertakan di Google News, mereka harus menjalani tinjauan manual yang ketat sebelum masuk (fakta menyenangkan: Saya pernah mengirimkan situs ke Google News dan ditolak).

Itu menambahkan banyak kepercayaan mereka di mata Google.

Masalahnya, mendapatkan link asli dari situs yang disetujui Google News tidaklah mudah. Anda harus menghabiskan waktu bekerja dengan jurnalis atau HARO selama berminggu-minggu sebelum mendapatkan link Anda.

Tapi itu link yang bisa mengubah hidup Anda.

Percayai Saya : )

Jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa situs dengan PR rendah bisa berada di atas PR lebih tinggi, Anda mungkin mengetahui jawabannya.

Dan jika Anda telah dan masih berdasarkan kualitas link dan PR atau usia situs saja, Anda telah buta terhadap sesuatu yang bisa menjaga situs Anda berperingkat sekama bertahun-tahun.

Jika Anda siap untuk mulai menggunakan informasi ini untuk memperbaiki TrustRank situs Anda, unduh daftar checklist gratis yang saya susun.

Diterjemahkan dari Backlicko “Why Google Hates Your Site (Hint: It Has Something to Do With TrustRank)

Iklan

19 tanggapan untuk “Mengapa Google Membenci Situs Anda (Petunjuk : Ini Ada Hubungannya dengan TrustRank)

  1. Pantes saya kok baca postingan kali ini rasanya bukan mas @shiq4 yang bikin. Ternyata tulisan hasil terjemahan, baru di akhir tulisan saya menyadari nya.
    Backlinko juga salah satu referensi saya dalam mencari ilmu marketing di internet mas, sepertinya guru kita sama. Hehehe…
    Membaca tulisan-tulisan dari Brian Dean sendiri membuat saya bersemangat untuk langsung praktek. Si Brian pernah sesumbar kalau backlinko merajai kata kunci di internet hanya dengan 32 postingan saja.
    Tapi postingan yang sangat panjang dan sangat rinci penjelasannya. Mau nyoba trik Brian Dean rasanya jadi lemes, tapi berhasil saya terapkan di salah satu artikel blog WP self host. Bisa posisi 2 hingga hari ini untuk kw yang kompetisinya agak ketat (menurut saya loh ya) 30% dan topiknya blogging.
    Buat bikin tulisan super panjang lagi rasanya setelah capaian itu, masih butuh banyak motivasi. Malas sedang menghampiri 😅

    Suka

    1. Saya sebenarnya gak bisa mraktekin mayoritas tutorial mas kandra. Tapi nggak tahu kenapa saya sangat suka baca2 strategi pemasaran internet. Dari situ akhirnya sering menjelajahi blog terkenal. Cuma untuk praktiknya, kayaknya banyak gak bisanya ha ha ha…. 😀

      Suka

    1. Saya baru mikir mau buat mas firman. Oh ya kayaknya dulu pernah liat blognya mas firman tos atau privacynya bahasa indonesia deh atau saya salah blog ya? Klo bener bikinnya gimana itu? Nggak tahu sama sekali tentang begituan saya ha ha ha… 😀

      Suka

  2. Dengan 30% exact match anchor text.. Coba bahasa Indonesia : dengan 30% anchor text sama tepat..

    Gini gan :
    Bukan niat apa nih
    Kalau keyword ditulis 2x maka google akan mengabaikan, yg penting penyusunan keyword itu bisa memberitahu google apa isi halaman.

    Kalau saya ga pernah pake keyword diluar artikel, LOL

    Suka

    1. Exact match anchor text itu istilah untuk anchor text yang sama persis dengan kata kunci yang dibidik.

      Klo penyusunan kata kunci di dalam konten semua punya aturan masing-masing tergantung pengalaman dan kepercayaan yang dianut.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s