Apa Itu EMD Update dan Cara Menggunakan EMD dengan Aman?

Apa itu emd update?Sumber gambar : Techlilla.com

Salah satu poin penting dalam proses membuat situs-situs profesional baru adalah menentukan nama domain.

Dalam banyak kasus, pasti sangat merepotkan jika harus berganti domain setelah mengudara selama beberapa waktu. Itu mengapa dalam memilih domain harus berhati-hati karena akan digunakan sampai seterusnya. Dan jika memungkinkan, sejak awal lebih baik menghindari penggunaan EMD meskipun masih tidak ada bukti yang akurat mengenai EMD update dan penurunan peringkat yang terjadi pada September 2012.

Di postingan ini, saya akan membicarakan sedikit tentang EMD dan semoga Anda mendapat sedikit pencerahan mengenai perkembangan SEO dan bagaimana menggunakan EMD jika memang terpaksa.

Apa Itu EMD?

EMD merupakan singkatan dari Exact Match Domain. Artinya nama domain yang memiliki nama persis sama seperti kata kunci yang ditargetkan.

Misalnya jika Anda menjual bunga, domain EMD-nya adalah JualBunga.com, MenjualBunga.Net, atau JualBungaMurah.com dsb.

Mengapa webmaster membeli EMD? Karena Google memberi poin lebih terhadap EMD sehingga dengan konten yang sedikit dan backlink sedikit, situs-situs EMD bisa dengan mudah menembus halaman pertama Google tanpa usaha ekstra.

Mengapa Google Melakukan EMD Update?

Karena kekuatan EMD, beberapa orang cenderung melakukan taktik spam untuk cepat bersinar. Mereka bisa dengan mudah tampil di halaman pertama Google dengan menggunakan EMD.

Itu adalah masalah yang ingin diselesaikan Google. Google ingin menghapus penyalahgunaan EMD yang tidak sesuai tujuan Google, yakni menyediakan konten-konten berkualitas.

Itu juga bisa diartikan bahwa tidak semua EMD itu buruk. Hanya situs-situs EMD dengan konten-konten buruk yang akan dieliminasi sehingga SERP hanya memunculkan hasil yang lebih memuaskan.

Maka Google meluncurkan EMD update untuk mengurangi situs-situs yang menggunakan EMD karena dinilai merugikan pengguna karena situs dengan konten-konten terbaik justru tenggelam karena kalah bersaing dengan EMD.

Di tahun 2012, Update EMD mempengaruhi 0.6% dari Query English-US.

Bagaimana EMD Update Bekerja?

Berikut ini adalah ilustrasi dari Search Engine Journal :

Mari membayangkan kita punya domain BestLawnMowerReviews.com. Google kemudian memperhatikan anchor text kita dan melihat persentasenya tidak normal untuk kata kunci yang sama “best lawn mower review”. GOogle Juga melihat meta data. Lagi… “Best lawn mower review” juga ditemukan di setiap area meta data.

Akhirnya, Google melihat faktor on-page. Situs kita juga dikotori dengan link affiliasi, memiliki anchor text density lebih dari 4% untuk kata kunci “best Lawn mower review” dan hanya memiliki 10-50 halaman. Lebih dari itu, semua faktor on-page menunjukkan mencurangi mesin pencari untuk pencarian “best lawn mower review”.

Kemudian Google membandingkan dengan nama domain kita.

Smack! sesederhana itu. Menemukan tanda-tanda dari Over SEO dan membandingkan dengan nama domain. Jika kata kunci terlalu berlebihan dan berbanding lurus dengan nama domain, maka sudah jelas bahwa bahwa ada penyalahgunaan EMD sedang berlangsung.

Menurut Danny Sullivan, EMD update dirancang untuk menangkap situs berkualitas rendah yang memiliki EMD. Namun sebagian situs EMD tetap berjaya karena tetap menelurkan konten-konten berkualitas seperti :

  • Cars.com untuk “cars”
  • UsedCars.com untuk “used Cars”
  • Cheaptickets.com untuk “Cheap Ticket”
  • Movie.com untuk “movie”
  • Skylightbooks untuk “books”

Dengan kata lain, target EMD update bukan semua situs dengan EMD, melainkan situs EMD dengan kualitas rendah.

Cara Bertahan dengan EMD Update

Christoph C. Cemper memberi rekomendasi berikut :

  • Tinjau Google Quality Guidelines dan pastikan Anda tidak melanggar taktik-taktik yang sudah dijelaskan. Untuk EMD, keyword stuffing merupakan praktik yang sering dilakukan. Hal yang sama berlaku pada brand domain. Mereka yang bisa lolos menggunakan teknik spam di masa lalu, kehilangan manfaat EMD bonus, yakni backlink sesuai brand.
  • Kekuatan domain secara keseluruhan merupakan faktor yang sangat penting, dimana the winners secara sederhana memiliki lebih banyak backlink berkualitas. Ini membuat masuk akal. Biasanya strategi EMD yang ingin cepat tidak membutuhkan link berkualitas tinggi untuk mendapatkan rangking yang tinggi.
  • Bagi Anda penggemar sosial media, sepertinya jumlah share bisa mendorong untuk mendapatkan peringkat yang lebih bagus. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengkonfirmasi hal ini. Bagaimana pun juga, saya percaya bahwa Google mempertimbangkan sosial signal dan melihat hal ini sebagai nilai dari membangun situs berkualitas tinggi. Lihat bullet poin Google, “Are the topic driven by genuine interest of reader of the site?”
  • Pertumbuhan popularitas domain para pemenang sangat tinggi dan merefleksikan link dan situs secara keseluruhan.
  • Tidak cukup hanya dengan membangun link. lebih banyak link dan kualitas yang lebih baik membuat situs menjadi lebih baik, bahkan jika itu adalah EMD.

Apakah Anda punya informasi tambahan atau pertanyaan? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

15 tanggapan untuk “Apa Itu EMD Update dan Cara Menggunakan EMD dengan Aman?

    1. Iya… itu mungkin terjadi. Jeleknya domain emd itu cuma gak brandable. Jadi biasanya sulit dikenal. Mayoritas pengguna EMD hanya bertujuan untuk menghasilkan uang dengan cepat menggunakan taktik spam. 😀

      Suka

  1. keyword emang nomer satu, mungkin sama dengan permalink yah mas, kalau bisa kan setiap url postingan menyangkut dengan keword isi artikel. nama domain juga berpengaruh pada meta diskription blog kita juga

    Suka

    1. Klo permalink sebaiknya diisi antara 3-5 kata saja biar optimal dan fokus ke kata kunci yg kita bidik.

      Iya… kata kunci pada domain biasanya sangat berpengaruh loh.. pada kemenangan di mesin pencari.

      Suka

  2. Gan mau nannya dong kalo semisal udah kita udah mengudara di wordpress tapi kita ingin nama domain kita jadi .com tanpa harus kelola ulang situs kita dan memulai dari awal lagi bisa ga sih gan?

    Suka

  3. Wah ane malah dapet emd dot net. Domain bekas sih. Lumayan buat nyari traffic sama ningkatin BPK (harusnya sih). Sejauh ini mayan soalnya pemilik lama ga nyepam. Klo nyepam pusing juga.

    Suka

    1. Saya masih belum pernah mas ngambil domain bekas. Nggak tahu caranya dan gak berminat. Cuma dulu sempat kepikiran untuk mengambil domain yang diambil alih karena dulu tidak saya perpanjang. Cuma harganya mahal dan saya nggak tahu gimana caranya.:-D

      Suka

      1. Dapetinnya ga sengaja juga sih gan. Pas ada promo domain gratis, pas punya keywordnya. Dicoba daftar eh ada. Pas daftarin ke webmaster Google baru ketauan domain pernah dipakai orang. Kaget juga awalnya. Baru daftar webmaster, eh sitemap eror ada tiga, tautan ke alamat domain yang baru udah dua puluh.
        Daripada ga jadi lanjut aja. Syukur dari wayback machine, pemilik lama ga macem-macem sama domain.

        Suka

  4. EMD itu sebenarnya disarankan gk sih? kalau misalkan kita punya perusahaan dan menjual produk sendiri, menurut agan bagus menggunakan alamat website dengan nama perusahaan atau dengan EDM yang sesuai dengan product yang dijual?

    Suka

  5. Wah, maaf, sya sampe akhir msh blm pham ttg topik ini (EMD)…..😭😭😭
    Bukan krn ulasannya yg abstrak, tp krn sy yg terlalu lambat dlm memahaminya, termasuk pnjlsan ilustrsi yg Anda kutip dari situs itu…..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s