Tidak Akan Pernah Kehabisan Ide Menulis Postingan Blog dengan Cara Berikut Ini!

Cara mendapatkan ide menulis artikel blogSumber gambar : bloggerbabes.com

Aturannya hanya satu : Blog harus rutin diberi makan jika ingin berkembang ke arah yang lebih baik. Jadi, tugas sehari-hari bloger adalah menghasilkan konten-konten bermutu sesering mungkin.

Jujur saja, sebagian bloger mungkin berjuang dengan keras untuk menghasilkan makanan bagi blog mereka. Bukannya tidak bisa menulis, hanya saja terkadang mereka kekeringan Ide.

Tanpa ide, mustahil memproduksi konten. Dan jika tidak mengupdate blog, lama-kelamaan blog Akan ditinggalkan pengunjung setia Atau mengalami penurunan peringkat di mesin pencari.

Maka…kehabisan ide merupakan mimpi buruk bagi setiap bloger. Oleh karena itu, di postingan kali ini saya ingin berbagi tips terbaik agar Anda tidak akan pernah lagi merasa tersiksa karena kehabisan ide menulis postingan.

Ini merupakan salah satu rahasia saya untuk memastikan selalu tersedia ide kapan pun saya menginginkannya.

Jangan Terlalu Perfeksionis

Masalah yang sering menyerang bloger adalah terlalu perfeksionis. Jika Anda hanya berfokus mencari ide-ide jenius, maka Anda akan kesulitan menghasilkan ide.

Sebagai bloger, saya selalu berprinsip : Tidak ada ide buruk, yang ada hanya penulis buruk.

Mengapa? Karena seremeh apapun ide Anda, jika Anda menulisnya dengan baik, maka Anda akan menghasilkan tulisan yang mampu dinikmati setiap orang.

Dengan prinsip seperti di atas, Anda tidak akan kesulitan mengeksekusi ide walaupun skill dan pengalaman menulis Anda masih belum terlalu banyak.

Bandingkan dengan memaksakan diri memikirkan ide-ide jenius. Kalau pun Anda berhasil mendapatkannya, belum tentu Anda mampu mengeksekusinya dengan baik. Karena semakin bagus suatu ide, dibutuhkan lebih banyak usaha untuk menghidupkannya.

Prinsip ini bukan berarti menghalangi Anda untuk mendapatkan dan mengeksekusi ide-ide terbaik. Jika Anda mampu melakukannya, maka lakukan saja.

7 Tips Mendapatkan Ide Menulis Postingan Blog

Menghasilkan ide menulis merupakan tantangan tersendiri bagi pemasar konten dan bloger. Tapi jika Anda mampu melakukannya dengan rutin dan mengeksekusinya, hanya masalah waktu sampai Anda menjadi bloger terkenal.

Penasaran bagaimana cara saya mendapatkan ide menulis untuk terus mengupdate Shiq4? Berikut adalah tips-tips yang mungkin membantu Anda melakukannya :

1. Paksa Pikiran Anda dengan Membaca

Ini tips sejuta umat dan sudah terbukti mampu menelurkan banyak ide bagi siapapun. Itu adalah membaca.

Karena menulis merupakan output pemikiran. Dan jika Anda ingin mendapatkan output yang bagus, Anda bisa memaksanya dengan memasukan input-input terbaik yang bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber.

Membaca secara rutin tidak hanya mampu merangsang pikiran Anda menghasilkan ide menulis, namun juga memberi Anda pengetahuan untuk menopang semua pemikiran Anda.

Lagipula untuk bersaing di mesin pencari sangat perlu untuk memberi link menuju sumber-sumber terpercaya. Agar situs Anda juga mendapatkan kepercayaan dari Google.

Jadi, bookmark situs-situs sesuai dengan industri Anda. Jadilah subscriber di blog-blog-blog otoritas. Baca buku-buku tentang perkembangan terbaru di industri Anda. Dan Anda punya modal yang cukup untuk tidak kehabisan ide di masa mendatang.

2. Tulis Permasalah-Permasalah yang Pernah Menimpa Anda

Apa yang dikatakan pembaca Anda jika Anda menulis tips atau apapun sedangkan Anda sendiri belum pernah mengalaminya?

Pembaca tidak akan terhubung dengan apa yang Anda sajikan dan mereka tidak akan memiliki emosi apapun karena tulisan Anda “terlihat” seperti sekadar teori yang belum teruji.

Ceritanya akan berbeda jika Anda mulai berani menyajikan permasalahan-permasalahan yang pernah menimpa Anda sendiri dan apa yang Anda lakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Ini sangat sederhana dan merupakan sumber terbaik ide. Sekecil apapun permasalahan yang pernah menimpa Anda, itu merupakan anugrah karena mungkin orang lain juga mengalaminya dan belum mampu menyelesaikan permasalahan tersebut.

Meskipun tidak menjamin Anda akan mendapatkan ledakan pengunjung, setidaknya Anda mampu berbuat baik dengan membantu orang lain dengan solusi yang pernah Anda gunakan.

3. Kunjungi Quora

Tips agar tidak kehabisan ide menulis artikelSumber gambar :-Ruangmahasiswa.com

Quora adalah situs tanya jawab yang banyak digunakan para profesional untuk mengali ide-ide baru berhubungan dengan industri yang mereka geluti.

Coba jelajahi Quora dan Anda akan mendapatkan berbagai pertanyaan yang sering ditanyakan sesuai dengan industri Anda.

Bagian terbaiknya, menggunakan pertanyaan-pertanyaan populer merupakan langkah besar dan bisa mendatangkan pengunjung blog secara terus menerus karena biasanya pertanyaan tersebut bersifat evergreen yang tidak mudah basi.

Dan yang lebih mudah mempermudah pekerjaan Anda, setiap pertanyaan biasanya memiliki jawaban dari profesional (Biasanya disertai link menuju konten lain) sehingga Anda bisa menggunakannya untuk menopang perspektif Anda ketika menyusun konten sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman yang Anda miliki.

4. Gunakan Tools-Tools Penghasil Ide

Ketika saya menulis konten ini dan melakukan riset, saya menemukan rekomendasi dari bloger sekelas Neil Patel untuk menghasilkan ide menggunakan tools-tools berikut ini :

Saya sudah mencoba tiga diantaranya dan merasa tools-tools tersebut akan saya gunakan dalam memproduksi ide-ide menulis di masa depan.

Untuk penjelasannya bagaimana Anda melakukannya, silakan akses “Never Run Out of Blog Post Idea With These Simple Step

5. Curi Ide dari Blog Lain

Saya sangat suka mencuri ide dari bloger-bloger lain. Ketika saya ingin menulis dan ingin cepat mendapatkan ide menarik, maka saya tinggal mencari di blog-blog dengan topik yang sejenis dengan topik yang saya inginkan.

Konten ini sendiri merupakan hasil dari mencuri ide milik Klik Mania yang berjudul “Yuk, Ketahui 10 Tips agar Tidak Kehabisan Ide dalam Menulis Artikel”

Setelah membaca konten tersebut, dengan sedikit modifikasi, saya mendapatkan judul yang menarik dan kemudian mengeksekusinya sesuai dengan pengalaman saya.

Juga ditambah beberapa riset untuk mendapatkan perspektif lain agar konten saya menjadi lebih baik.

Untuk mengetahui trik mencuri ide dan bagaimana melakukannya, Anda bisa klik di sini.

6. Baca Postingan-Postingan Lama

Salah satu trik SEO yang paling mudah diterapkan adalah membangun internal link. Dan ketika berlatih menggunakan strategi internal link, saya sering membaca postingan-postingan yang sudah saya terbitkan di masa lalu.

Cara ini merupakan cara yang lumayan menuntut kreativitas. Kita diharuskan menulis postingan di mana masih berhubungan dengan tulisan yang sudah kita publikasikan sebelumnya. Namun jika berhasil, maka link juice akan tersebar merata.

Saya tidak menjamin semua bloger bisa dengan mudah melakukannya. Karena saya sendiri membutuhkan waktu yang lama untuk menguasai teknik yang satu ini.

Tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Setidaknya Anda akan beberapa kali berhasil meskipun persentase keberhasilannya tergantung pengetahuan Anda mengenai topik-topik yang sudah Anda angkat sebelumnya.

Semakin dalam pengetahuan dan pengalaman Anda sesuai dengan topik blog Anda, semakin mudah Anda menerapkan trik yang satu ini.

7. Perbarui Konten-Konten Lama

Jika Anda sudah lama ngeblog, maka Anda telah memiliki segudang ide dari masa lalu. Mungkin ada konten yang sudah basi sehingga posisi SERP menurun atau menjadi tidak relevan lagi dengan kondisi sekarang. Maka Anda bisa memperbarui konten-konten lama Anda dan menerbitkan ulang.

Pilih konten-konten populer di blog Anda yang tenggelam karena dimakan usia. Tambahkan informasi baru, statistik, infografik, gambar, atau apapun yang membuat konten Anda menjadi lebih baik.

Meskipun tidak serta membuat konten tersebut mendapatkan rangking yang bagus di SERP, paling tidak blog Anda akan terupdate dengan baik sehingga pembaca-pembaca blog Anda tidak akan lari ke pesaing.

Catat Ide Anda di Catatan Khusus Ide

Cara agar tidak kehabisan ide menulis postingan blogSumber gambar : bloglondo.wordpress.com

Jika selama ini Anda baru memikirkan ide setiap kali ingin menulis, maka itu harus dirubah. Karena itu tidak efisien dan efektif.

Luangkan waktu khusus untuk mengaplikasikan tips-tips di atas, Kemudian catat semua ide yang Anda dapatkan di catatan khusus. Catatan inilah yang disebut tabungan ide sehingga Anda bisa menulis kapan pun Anda inginkan tanpa harus memikirkan ide lagi.

Menurut pengalaman saya, setidaknya catat sebanyak mungkin ide agar Anda bisa memiliki banyak opsi ketika memutuskan ingin menulis di topik apa dan memastikan Anda memiliki ide yang sesuai dengan mood Anda ketika sedang ingin menulis.

Juga pastikan satu hal, ketika tabungan ide Anda menipis, maka jangan ragu untuk menabung ide lagi. Lakukan berulang-ulang dan Anda memiliki sistem sebagaimana saya dalam memanajemen ide menulis postingan blog dan Anda tidak akan pernah lagi kehabisan ide.

Apakah Anda punya sistem lain dalam mengelola blog? Bagikan di kotak komentar.

23 tanggapan untuk “Tidak Akan Pernah Kehabisan Ide Menulis Postingan Blog dengan Cara Berikut Ini!

  1. Karena konsentrasi saya lebih ke fiksi, biasanya nyari ide dari lagu atau nonton film. Lagu bisa cuma dengerin bisa juga dari story video clipnya. Membaca biasanya pilihan terakhir buat cari ide. Tapi biar sudah dapat ide dan dicatat jika writers block melanda tetep saja tulisan nggak bakalan jadi

    Disukai oleh 1 orang

    1. Ha ha ha… kalau saya sebelum nulis jangan sampai nonton film. Nanti ngeblank. Klo dengerin lagu sih masih oke. Tapi akhir2 jarang writers block. Cuma klo nulis fiksi banyak nggak bisanya he he he…..:-D

      Disukai oleh 1 orang

  2. Makasih mbak bebeb sayang. Tapi suatu hal yang dijalani dengan keterpakasaan bisa membuat psikologi seseorang menjadi tertekan dan akan terkesan ambisius

    Suka

  3. Haha.. saya mungkin salah satu dari penulis buruk itu.. ah.. sebenarx saya punya bnyak ide, tp untuk mengembangkanx untuk menjadi tulisan diblog sepertix sulit. Mudah2an setelah membaca mantera2 diatas😁 ,perasaan malas yg menjadi lawan terberat saya bisa di atasi..

    Suka

      1. Tuh kan.. dari sudut ini saja, saya sdh merasa bhwa “kelas” kita mmg berbeda.. saya takluk! Tetap berkarya sob, tetaplah mnjadi sumber inspiratif bagi penulis blog lainx,khususx pribadi saya. Ciao!

        Disukai oleh 2 orang

  4. Aku biasanya bikin list hal-hal yang akan aku tulis. Banyak banget sih listnya, tapi sayang waktunay yang gak ada. :)))

    Oh iya, dengerin radio itu bisa menciptakan suatu topik lho, karena biasanya mereka punya topik-topik harian yang menarik untuk ditulis di blog.

    Suka

    1. Klo waktu nulis kayaknya akhir2 ini saya juga kewalahan mbak chika. Cuma bisalah meluangkan waktu sejam dua jam sepulang kerja. Dan udah jadi rutinitas tambahan buat nulis.

      Klo dengerin radio udah sangat jarang. Bahkan nggak pernah saya ha ha ha…. πŸ˜€

      Suka

  5. Aku kalau mau nulis-nulis biasanya baca gambar dulu. Atau memperhati sekitar. Nanti tulisan mengalir kayak air. Karena nulisku agar bisa senyum aja. πŸ™‚

    Terima kasih untuk berbagi sumber ide Mas Shiq4, jadi terinspirasi dech. Hehee.

    Suka

Komentar ditutup.