Tembus 200.000 Pageview

Pageview mencapai 200 ribuSumber gambar : Juragancipir.com

Kemarin blog Shiq4 mendapatkan pencapaian baru : pageview tembus 200.000.

Setidaknya butuh 32 bulan lebih untuk mendapatkannya. Itu merupakan hasil yang memuaskan bagiku karena aku rajin memublikasikan konten selama mengelola blog Shiq4.

Dipikir-pikir, sebenarnya aku terkesan dengan diri sendiri. Tentang kekonsistensian, semangat menulis atau harapan-harapan kecil yang satu demi satu terwujud. Dan itu membuatku semakin menikmati aktivitas ngeblog dan merasa lebih baik.

Padahal aku tidak terlalu bekerja keras. Aku hanya percaya, walaupun aku hanya melangkah setapak demi setapak, tapi jika aku gigih melakukannya, maka aku akan sampai pada tujuan cepat atau lambat.

Pencapaian ini membuatku semakin yakin bahwa aku mengelola blog dengan benar meskipun masih ada beberapa hal yang perlu dievaluasi.

Tapi aku masih punya 3 bulan untuk meneruskan rencana tahun lalu. Nanti…ketika akhir tahun, baru akan kupikirkan rencana untuk tahun depan.

Terima kasih kepada diriku di masa lalu yang tidak sengaja mengenalkanku pada dunia blog. Dan meskipun saat itu benar-benar aneh untuk menjadi bloger, pada kenyataannya aku mampu melalui hambatan-hambatan yang menghadang dan bersenang-senang.

Tahun Ngeblog Terbaik

Dibanding tahun 2015 dan 2016, tahun 2017 merupakan tahun terbaik karena statistik meningkat dengan drastis. Mulai dari jumlah like, jumlah pengikut, hingga jumlah pengunjung dan pageview.

Pageview blog shiq4 meningkat

Aku merasa beruntung. Karena semuanya serba kebetulan.

Kebetulan beberapa konten bisa muncul di halaman pertama Google. Kebetulan aku ikut tantangan menulis dari Jeff Goins sehingga mempunyai kebiasaan menulis yang baik. Atau kebetulan jumlah pengguna wordpress.com mungkin semakin banyak sehingga pengikutku bertambah drastis dan komentar yang masuk pun semakin membludak. Dan masih banyak kebetulan yang lain.

Karena begitu pesatnya perkembangan blogdi tahun ini, aku minder bisa mendapatkan hasil-hasil yang setara di tahun mendatang. Aku takut jika statistik-statistik tahun ini merupakan titik tertinggi blog dan tidak bisa ditingkatkan lagi.

Tapi hanya Tuhan yang tahu tentang masa depan. Jadi, aku masih berharap tahun depan aku mampu meningkatkan statistik lagi meskipun persentasenya tidak sebesar tahun ini.

Apa yang Kupelajari di Tahun Ini

Sebenarnya strategi tahun ini adalah menerapkan SEO dengan lebih baik untuk muncul di halaman pertama Google untuk kata kunci tidak penting.

Dan aku banyak berhasil dalam melakukannya.

Di awal tahun, jumlah pengunjung blog hanya 122/hari. Dan delapan bulan kemudian, pengunjung blog bisa mencapai 700/hari.

Peningkatan pengunjung membuat pageview juga meningkat tajam. Dan aku senang dan puas dengan statistik saat ini. Itulah mengapa aku memilih beristirahat ngeblog dengan standar tinggi dan kembali ngeblog dengan santai.

Tapi ada satu keinginan yang tidak pernah kuusahakan. Itu adalah menembak kata kunci dengan pencarian lebih tinggi.

Karena tahun ini aku menerapkan one day one post sehingga mustahil menulis konten yang berdaya saing jika menargetkan kata kunci dengan pencarian lebih tinggi.

Karena tahun ini aku mulai belajar menggunakan Google Keyword Planner. Jadi, tahun depan aku akan mencoba menembak kata kunci yang lebih menarik sesekali.

Jika kata kunci tidak penting saja bisa membawaku sampai pada titik saat ini, mungkin aku bisa mencapai titik yang lebih tinggi kalau berhasil duduk di halaman pertama Google untuk kata kunci dengan pencarian yang lebih tinggi.

Tentang Masa Depan Blog

Akhir-Akhir ini aku sering memikirkan tentang masa depan blog Shiq4. Aku masih bingung akan dibawa kemana Shiq4 karena dari pengalaman di masa lalu, aku sering angin-anginan dengan tujuan jangka panjang.

Pernah dulu ingin menjadi blog tips menulis, lalu berubah karena lebih sering membahas tips ngeblog, kemudian malah membahas banyak kategori baru. Dan akhirnya blog ini lebih condong beraliran personal.

Mau bagaimana lagi, aku begitu tergoda untuk menulis apa yang kubaca. Selama hal tersebut masih menarik hatiku, aku tidak ragu untuk langsung menulis berkaitan dengan topik tersebut.

Untuk sementara, aku tidak punya rencana apapun tentang editorial kalender atau rencana menyusun topik apa yang akan dibahas. Dan sepertinya aku akan terus menulis suka-suka.

Berapa Lama Bertahan?

Kadang-Kadang aku kagum dengan bloger-bloger yang bertahun-tahun ngeblog dan masih bertahan. Karena banyak orang yang melepaskan gelar sebagai bloger dan tidak lagi punya waktu atau terlalu sibuk di dunia nyata.

Tahun ini blog Shiq4 baru berusia 3 tahun di akhir Desember nanti. Masih kalah jauh dibanding bloger lain yang sudah mengudara selama 5,8,9, bahkan 10 tahun.

Ada pikiran konyol yang merasa bahwa ngeblog selama itu sangat keren dan membuatku sedikit berandai-andai jika aku mampu melakukannya. Tapi lebih baik fokus dan lakukan saja yang terbaik daripada berkhayal.

Semoga aku bisa bertahan dan tetap bahagia dalam ngeblog sampai bertahun-tahun mendatang.

43 tanggapan untuk “Tembus 200.000 Pageview

    1. Target tahun ini udah hampir pasti tercapai. Tinggal nurunin alexa dan nambah like di fans page saja yang belum. Tapi klo nggak tercapai juga nggak papa, toh cuma buat seneng2 saja kok target. Nggak mengharuskan untuk terwujud πŸ˜€

      Suka

      1. Kalo ngeliat konsistensi emas selama ini..saya pasti bisa kok mas.Kalo gak tercapai ya ituh,yang penting mas udah senang dengan apa yang diraih..πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€ sekali lagi..selamat mas. πŸ‘πŸ‘πŸ‘

        Disukai oleh 1 orang

    1. Makasih mbak nella.

      Oh iya… saya udah komentar di blog mbak nella 2x tetep nggak muncul. Klo terlalu sering komentar nggak muncul bisa hubungi pihak akismet https://akismet.com/contact/ trus search my comment mark as spam by akismet trus nanti kita bisa bikin laporan untuk memastikan akun kita tidak bermasalah. πŸ˜€

      Suka

      1. Hiks kamu bloger ke 6 Shiq yg bilang komen kalian ga muncul di postinganku. Kupikir teman2 blogerku ga sudi lagi komen di blogku haha. Setelah aku browsing sana sini, nemu artikel bhs Inggris, kasusnya persis spt aku. Jadinya aku hapus antispam askimetnya, ganti dg plugin lain. Semoga komen2 kalian bisa muncul nantinya.

        Suka

  1. Keren. Ini hasil kerja keras dari Bang Shiq untuk terus posting secara berkala dan konsisten di topik perblogan. Viewnya banyak banget, kayak perpus aja πŸ˜ŠπŸ˜†

    Suka

  2. Wah selamat Mas atas pencapaiannya. Memang usaha yang keras tak akan pernah membohongi hasil, apalagi jika diawali dengan niat yang kuat. Itu sih yang saya pelajari dari ketekunanmu, hehe. Semangat selalu ya! Semoga tahun depan lebih sukses lagi dari tahun ini dalam segala bidang.

    Suka

  3. ‘menerapkan SEO untuk kata kunci tidak penting’
    wah gimana itu mas? πŸ˜€
    biasanya kan orang memasukan kata kunci yang penting untuk SEO πŸ™‚

    Suka

    1. Ya menargetkan kata kunci yang pencariannya rendah untuk menguji ilmu-ilmu SEO apakah bekerja dengan baik. YG bekerja dengan baik nanti bisa digunakan untuk mengoptimasi konten dengan pencarian lebih tinggi πŸ˜€

      Suka

        1. Iya… paling dapat pengunjung 5-10 saja per hari dari artikel remeh temeh. Itulah kenapasaya harus rajin ngepost supaya pengunjungnya banyak. Dikit2 lama2 jadi bukit πŸ˜€

          Suka

  4. Keren mas Shiq4, slmat ya mas.
    Saya lg hiatus skrg, akhirnya one week one post pun telah sy langgar, ada hal di dunia nyata yg buatku “ngedrop”, sy perlu move on

    Suka

    1. Nggak papa mas desfortin. Dunia nyata yang penting. Saya juga akhir2 ini begitu sibuk sehingga cuma nulis konten singkat saja dan ringan. Bahkan saya ingin mengubah rutinitas sehingga memutuskan untuk berhenti membaca buku untuk sementara. Juga pernah bolong one day one postnya mas desfortin. πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

  5. Pencapaian yang luar biasa. Saya benar-benar belum pernah menemukan bloger lain yang bisa se-konsisten anda.

    Menurut saya blog ini sangat mungkin mendapatkan lebih banyak pengunjung.

    Saya sering liat banyak blog yg artikelnya kurang berkualitas dan bahkan copas bisa mendatangkan ribuan pengunjung per hari.

    Saya tidak tahu bgmn trik mereka tp saya yakin jika mau bersaing, mas bisa ngalahin pencapaian blog2 td.

    Suka

    1. Ha ha ha…. sebenarnya klo bloger profesional tidak menghitung trafik sebagai metricnya mas firman. Tapi konversinya. Klo trafik membludak tapi tidak bisa mengkonversi menjadi uang, sama aja bohong. Nah… salah satunya karena copas biasanya tidak akan mendapat kepercayaan.

      Lagipula saya hanya bersenang-senang kok. Saya malas saing-saingan. Saya suka bermain dengan cara saya sendiri. Klo berjalan bersama ayo, tapi klo bersaing, lebih baik nggak. Nanti stres sendiri mikirin pencapaian orang lain πŸ˜€

      Suka

  6. Kak Shiqa pasti bisa bertahan lama menulisnya, apalagi kak Shiqa sangat konsisten dalam update blognya. Saya juga sebenarnya sudah lumayan lama ngeblog, namun ada kalanya saya ingin rehat sejenak dan tidak menulis ahahaha. Saya masih tergantung mood dalam menulis

    Suka

    1. Semoga saja bisa bertahan lama he he he…. klo mood menulis saya juga naik turun. Kadang terlalu sibuk sehingga sudah lelah ketika mau menulis. Itulah kenapa akhir2 ini saya posting singkat saja dan kehidupan sehari-hari saja. Klau memang udah nggak sempat nulis, ya nggak papa. Lagian dunia nyata jauh lebih penting dibanding blog πŸ˜€

      Suka

Komentar ditutup.