7 Tanda Bahwa Anda Punya Passion dalam Ngeblog

Dewasa ini ngeblog menjadi kegiatan fenomenal di seluruh dunia dan banyak orang berbondong-bondong menjadi bloger.

Selain bisa berbagi pemikiran dan pengalaman, jika blog yang kita kelola menjadi populer, maka bloger berkesempatan untuk mendulang rupiah dalam jumlah besar.

Banyak orang yang mencoba membangun blog yang sukses dan berakhir dengan kegagalan. Penyebabnya karena mereka tidak punya passion dalam ngeblog dan sekadar ikut-ikutan saja.

Memang tidak semua orang cocok untuk ngeblog, tapi jika Anda punya tanda-tanda bahwa Anda punya passion dalam ngeblog, mungkin saja Anda akan menjadi bloger sukses berikutnya.

Berikut adalah tanda-tanda positif yang saya maksudkan :

1. Anda Mencintai Aktivitas Menulis

Blogger punya passion ngeblogSumber gambar : Telegraph.co.uk

Membangun blog yang sukses butuh waktu yang lama. Dan selama waktu itu bloger sangat wajib memberi makan blog dengan konten-konten baru secara teratur. Maka, biasanya bloger yang sukses dan punya passion adalah mereka yang mencintai aktivitas menulis.

Jika Anda suka menulis, Anda sudah selangkah lebih maju dibanding dengan bloger lainnya. Itu adalah jaminan blog Anda akan bertahan dalam waktu lama dan memiliki pembaca setia.

Bagi Anda yang sudah mencintai aktivitas menulis dan tidak bisa berhenti menulis, mungkin Anda sudah memiliki modal untuk membentuk passion yang lebih besar di bidang ngeblog dan berkesempatan menjadi bloger terkenal selanjutnya.

Anda hanya harus disiplin dan yakin dengan kegiatan ngeblog selama ini dan Anda akan melihat keajaiban-keajaiban kecil terjadi.

2. Anda Punya Minat pada Topik yang Anda Angkat

Punya minat yang besar dalam topikSumber gambar : productlunch.id

Sebenarnya ketika Anda memutuskan menjadi bloger, maka otomatis Anda punya peran dan harus memposisikan diri sebagai ahli yang memberikan informasi kepada netizen.

Kalau Anda punya minat yang besar terhadap topik-topik yang Anda angkat, maka itu merupakan tanda positif bahwa Anda punya passion di bidang ngeblog karena Anda tidak akan pernah kehabisan ide tentang suara-suara yang ingin Anda bagikan.

Mereka yang ngeblog tanpa minat di topik yang mereka angkat biasanya merasa terbebani dan kesulitan mengeluarkan opini atau membahas hal-hal yang berkaitan dengan topik ngeblog mereka. Biasanya bloger semacam ini hanya ikut-ikutan saja dan berakhir dengan kegagalan.

Namun jika Anda merasa selalu punya perspektif baru untuk dibagikan kepada orang lain berkaitan dengan topik tertentu, mungkin ngeblog adalah passion yang tersembunyi dan menunggu untuk ditemukan dan dilakukan dengan lebih serius.

3. Anda Rutin Mengkonsumsi Konten-Konten Berkaitan dengan Pengembangan Blog

Rutin mengkonsumsi tips ngeblogsumber gambar : muellerwriting.com

Ngeblog bukan sekadar kegiatan “menulis dan terbitkan” saja. Karena jika hanya itu yang Anda lakukan selama ini, mungkin sebenarnya Anda tidak punya passion ngeblog sama sekali.

Mereka yang punya passion besar dalam ngeblog akan rutin membaca dan mengkonsumsi pengetahuan-pengetahuan baru untuk menjadi bloger yang lebih baik lagi.

Mereka terus belajar semua detail tentang blog. Mulai dari teknik-teknik menulis hingga cara meningkatkan pageview atau apapun yang membuat statistik blog menjadi semakin bagus.

Tujuan utamanya menjadi blog otoritas. Dan ya… jika Anda sering mempelajari ilmu-ilmu ngeblog secara rutin dan mengaplikasikannya, mungkin benar bahwa Anda punya passion ngeblog.

4. Anda Suka Berhubungan dengan Orang Lain

Berteman dengan blogger lainSumber gambar : terapipsikologi.com

Google adalah hakim di dunia informasi. Google menerapkan aturan-aturan yang ketat untuk menyusun konten-konten yang muncul di halaman hasil pencarian. Salah satunya adalah aturan mengenai backlink.

Semakin banyak backlink atau orang yang merekomendasikan tulisan Anda, maka konten-konten Anda akan lebih mudah ditemukan di mesin pencari.

Oleh karena itu, bloger membutuhkan bloger lain dalam rangka meningkatkan visibilitas konten. Dan itu berarti bloger butuh skill bersosialisasi yang mumpuni.

Kalau Anda tidak suka berhubungan dengan orang lain, kecil kemungkinan Anda punya passion dalam ngeblog. Karena mereka yang menikmati kegiatan ngeblog pasti merasa lebih senang ketika berhubungan dengan bloger-bloger lain.

5. Anda Merasa Waktu Cepat Berlalu Ketika Ngeblog

Passion membuat waktu blogger cepat berlaluSumber gambar : Ekoeriyanah.wordpress.com

Bagian terbaik bagi mereka yang punya passion adalah kemampuan menikmati aktivitas hingga mereka merasa waktu begitu cepat berlalu.

Kalau Anda sering ngeblog dan tiba-tiba waktu berlalu tanpa Anda sadari, itu merupakan tanda positif bahwa Anda punya passion di dalamnya.

Tidak jarang mungkin mereka yang memiliki passion rela begadang atau ngeblog di sela-sela waktu sibuk hanya untuk sekadar melakukan tugas-tugas ngeblog seperti berkomentar di blog lain atau membalas komentar yang masuk atau menjawab pertanyaan-pertanyaan pembaca melalui email.

Karena passion akan menuntun orang melakukan apa yang mereka sukai dengan sebaik-baiknya dan melakukannya sesering yang mereka bisa. Bahkan jika itu harus berkorban dengan meluangkan lebih banyak waktu.

6. Anda Rela Menginvestasikan Uang Anda untuk Keperluan Ngeblog

Menginvestasikan uang untuk blogSumber gambar : Herisetiabudi.com

Uang bisa membeli beberapa hal seperti domain, hosting, ebook-ebook premium, hingga membeli tiket workshop yang dibutuhkan untuk menjadi bloger yang lebih sukses lagi.

Jika Anda rela menginvestasikan uang yang Anda peroleh dengan susah payah, maka siapa yang berani berkata bahwa Anda tidak punya passion di bidang ngeblog.

Uang memang tidak bisa langsung membuat Anda terkenal. Tapi uang mampu melakukan beberapa hal bagi Anda dalam mengembangkan blog ke level selanjutnya.

Mereka yang punya passion tidak akan banyak berpikir jika berhubungan dengan investasi apapun yang dibutuhkan untuk membuat blog menuju level yang lebih tinggi.

7. Anda Sering dan Suka Membicarakan Blog dengan Siapa Saja

Membicarakan blog dengan siapa sajaSumber gambar : Daaruttauhiid.org

Namanya juga passion, maka sangat wajar jika itu merupakan topik pembicaraan favorit Anda.

Jika Anda sering hilang kendali dan terus menerus membicarakan blog dengan keluarga, teman, kekasih, atau siapa pun, maka itu tandanya Anda memiliki passion yang besar di bidang ngeblog.

Bahkan Anda kadang-kadang menyarankan kepada orang-orang di sekitar Anda untuk mulai menulis dan menjadi bloger seolah menjadi duta dan menyebarkan virus ngeblog kepada siapapun.

Tapi perlu diingat untuk tidak sampai keterlaluan agar orang lain tetap nyaman berhubungan dengan Anda.

Lalu, setelah membaca tulisan di atas, apakah Anda memiliki tanda positif bahwa Anda punya passion di bidang ngeblog? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

28 tanggapan untuk “7 Tanda Bahwa Anda Punya Passion dalam Ngeblog

  1. Wah, kayaknya saya punya passion nih hhe. Saya punya 6 tanda. Bahkan saya sering begadang buat nulis cerpen. Mungkin saya belum sampe ke tanda yang ngeluarin duit ya. Maybe oneday😊

    Disukai oleh 1 orang

  2. Mmg punya passion. Tapi ada lho blogger yg tujuan ngeblog murni cuma untuk buang uneg2 atau catatan maya. Biasanya mrk tetap nulis walaupun tdk pernah blogwalking. Blog tdk ada pengunjung ya cuek aja….

    Suka

  3. Kadang inilah hal yg masih saya bingungkan gan, saya tidak tahu apakah org lain menyenangi tulisam saya atau tdk, apa sebenarnya yang membuat orang suka dengan tulisan banyak skali artikel yg saya tulis namun msih blum menemukan jawaban soal kualitas tulisan yang baik dlm menulis blog

    Suka

    1. Wah kurang tahu saya gan. Soalnya tulisan saya jarang ditujukan untuk orang lain dan cenderung bermain sendirian saya. Klo saya bisa menikmati tulisan saya, itu berarti sudah cukup bagus kualitasnya πŸ˜€

      Suka

  4. Sekarang saya ngeblog lebih kepada mencatatkan apa yg ingin saya ingat.
    Tapi tetap rindu sama tulisan2 bloger lain yg semakin berkembang dan keren2.

    Suka

  5. Saya sih merasa ttp punya passion ngeblog, hnya sja sy merasa bbrp hri ini hari2 saya terasa berat..

    Efeknya, semangat nulis sprti sirna, ditambah lg sinyal di Kinipan bikin sewot (pling cuma bs buka WA), hri ini bersyukur krn berada si kota kabupaten jd bs buka2 blog lg

    Suka

Komentar ditutup.