Waktunya untuk Beristirahat dari Rutinitas Ngeblog

Waktunya beristirahat ngeblogSumber gambar : Nyoozee.com

Saat ini kesibukan ngeblog yang saya lakukan adalah melakukan audit internal link. Hal tersebut memaksa saya membaca konten-konten lama yang telah saya publikasikan di masa lalu.

Rasanya aneh membaca tulisan-tulisan tersebut. Dan yang lebih aneh lagi, karena di masa lalu saya tidak menyangka blog akan tetap konsisten dan ramai seperti sekarang ini, mendapati diri sendiri di posisi sekarang terlihat aneh.

Dulu sih saya menuliskan hal remeh temeh saja. Meskipun tulisannya singkat-singkat, tetapi frekuensinya lumayan sering. Karena di masa itu saya kesepian dan blog merupakan media mengekspresikan diri.

Karena ingin bernostalgia dengan masa lalu dan menghormati keputusan saya di masa lalu, maka saya memutuskan untuk kembali menulis konten-konten singkat.

Dan itu akan saya lakukan selama beberapa waktu ke depan.

Lagipula Minat Menulisku Sudah Hilang dan Kesibukan Semakin Menjadi

Saya rasa ini adalah waktu yang tepat untuk bernostalgia selama beberapa minggu dan kembali menulis seperti di masa lalu.

Saya ingin tetap menjejakan kaki di tanah dan tidak melupakan bagaimana perjuangan saya membangun blog di mulai.

Lagipula saya bermasalah dengan minat menulis yang mulai menurun dan komitmen menulis juga mulai hilang. Maka, saya memutuskan untuk mencoba membangkitkan minat menulis dengan kembali melakukan seperti ketika saya membangun blog ini : Menulis konten singkat dan tidak penting di mana saya merasa nyaman dan berada di kondisi tidak memikirkan apapun kecuali menulis dengan segenap kemampuan.

Dan keputusan ini terasa semakin tepat karena akhir-akhir ini kesibukan di dunia nyata semakin padat.

Sesuai dengan rencana yang tersusun, akhirnya saya bisa bangun pagi dan mulai berjualan sejak pagi. Tadi saja saya ke pasar sekitar pukul 09:00 pagi dan baru benar-benar bebas pada pukul 19:00 sore.

Walaupun sebenarnya bisa saja saya terus produktif dan tetap menulis seperti biasa, itu tidak saya lakukan karena saya ingin beristirahat dari rutinitas ngeblog dengan standar saat ini.

Karena….

Saya Akhirnya Yakin Manusia Punya Sifat Tidak Pernah Puas

Sebenarnya saya belum pernah kaya raya sehingga kurang bisa memahami perkataan orang bahwa seandainya manusia punya satu gunung emas, ia akan mencari gunung kedua. Dan jika ia punya dua gunung emas, ia akan mencari gunung ketiga. Begitu seterusnya.

Hal tersebut berlaku dalam banyak hal. Saya rasa demikian. Mungkin sekarang puas dengan rutin makan nasi dan ikan goreng, tapi pasti ada keinginan untuk makan makanan mewah.

Tapi entahlah. Karena saya termasuk orang yang tidak banyak berpikir dan lebih cenderung mencoba dan belajar bersyukur. Tidak pernah punya keinginan berlebihan. Kalau keinginan tidak terwujud, maka saya akan melupakannya dan menikmati apa yang ada.

Baru ketika ngeblog saya memiliki kesadaran ini. Setiap tahun saya menetapkan beberapa target dan setiap kali target tersebut tercapai, maka saya akan menikmatinya sesaat, bangga dan puas, kemudian kembali menyingsingkan baju untuk ngeblog dengan lebih baik lagi.

Seperti tahun ini. Secara ajaib beberapa target telah tercapai dan entah bagaimana, saya malah menginginkan sesuatu yang lebih. Dan saya akhirnya memilih untuk bersantai saja menikmati momen saat ini.

Karena jika hanya bekerja keras saja tanpa istirahat dan menikmati semuanya, mungkin tingkat kebahagiaan saya tidak benar-benar penuh.

Oleh karena itu, sekarang saya kembali ngeblog dengan asal-asalan dulu sebagai hadiah karena mendapatkan beberapa pencapaian besar di tahun ini.

Sampai Kapan Seperti Ini?

Sampai saya merasa puas beristirahat. Tapi bukan berarti saya tidak menulis konten-konten panjang lagi ke depannya. Sesekali, di masa istirahat ini saya akan menulis konten berkualitas seperti biasanya.

Lagipula saya sudah puas dengan jumlah pengunjung saat ini yang berada di kisaran 400-700 pengunjung/hari. Jadi, tidak perlu bersusah payah menulis konten bermutu lagi untuk beberapa waktu.

Mungkin hal ini bisa berlangsung sampai sebulan atau dua bulan atau sampai akhir tahun.

Entahlah…Saya hanya akan berubah dan melakukan tindakan sesuai keadaan yang berkembang. Dan di masa istirahat ini, semoga saya tetap membawa niat dan tetap melakukan hal-hal yang saya yakini selama ini. Agar saya tetap berada di jalan yang sama seperti ketika pertama kali memutuskan untuk ngeblog.

32 tanggapan untuk “Waktunya untuk Beristirahat dari Rutinitas Ngeblog

  1. Ada waktunya untuk istirahat sejenak, disaat seperti itu kadang ada banyak ide yang bermunculan untuk bahan menulis selanjutnya.. Semoga dengan istirahat sejenak semangat menulisnya bisa meningkat kembali

    Suka

    1. Iya… nggak tahu kenapa minat menulis tiba-tiba hilang dan perasaan menjadi kosong. Mungkin memang waktunya untuk beristirahat dan mengevaluasi diri 😀

      Suka

    1. Nggak tahu juga. Padahal awak tahun lalu masih 122-an pengunjung per hari. Mungkin gara2 saya aktif ngepost dan beberapa judul masuk page one karena keberuntungan. Itu salah satu pencapaian besar tahun ini 😀

      Suka

  2. Beristirahat setelah beberapa pencapaian sudah tercapai..gapapa lah bang..kegiatan di dunia nyata perlu waktu lebih dan hasilnya menjanjikan.sayang kalo ditinggal.Tetep semangat bang.

    Suka

  3. Tamparan keras, manusia memang tidak pernah merasa cukup. Ada A, mau AA. Ada AA, mau AAA, Seperti saya sekarang ini. Thanks Mas untuk pengingat bersama nya. Nggak boleh lupa bersyukur. #soksadar #bentarlagikambuh

    Suka

    1. Saya juga kadang2 gitu kok. Emang sifat dasar manusia seperti itu. Asal porsinya masih wajar, saya rasa tidak apa2 untuk memotivasi diri mengeluarkan semua yg terbaik untuk mencapai keinginan. 😀

      Disukai oleh 1 orang

    1. Wah sekarang kuota data murah. Pake 3 20 ribuan dapat 2 Gg. Lumayan bisa dipake 2 mingguan klo cuma sekadar ngeblog dan baca konten internet. 😀

      Suka

  4. Wah kamu keren ngeblognya ditargetin. Aku mungkin ngasih target ngeblog lebih ke postingan kali ya. Dalam sebulan minimal ada berapa gitu. Kalau traffic sih gak pernah nargetin, karena sadar blognya gado-gado. :))

    Suka

    1. Iya tiap tahun ada targetnya. Dan sudah dua tahun selalu tercapai targetnya. Tapi juga santai kok mbak chika saya. Klo nggak tercapai juga nggak papa. Cuma have fun aja 😀

      Suka

Komentar ditutup.