FAQ : Pilih Blog Gratis atau Berbayar?

Pilih blog gratis atau berbayar ?Sumber gambar : ngeblog.me

Jadi… Anda sudah mendengar tentang blog dan ingin lebih jauh mengetahui apa itu blog dan bagaimana cara kerjanya.

Blog bisa dikatakan sebagai rumah di internet. Anda bisa mendesainnya dan kemudian mengisinya dengan tulisan-tulisan apapun sesuka Anda sehingga bisa diakses teman, keluarga, atau siapapun.

Berbeda dengan sosial media yang biasanya hanya berisi tulisan singkat, di blog lebih bagus jika tulisannya panjang dan detail. Meskipun hal tersebut bukan keharusan.

Pertanyaan yang biasa diajukan oleh calon-calon bloger adalah pilih blog gratisan atau berbayar?

Di postingan ini saya akan membahas keduanya dan memberi Anda petunjuk yang bisa Anda gunakan untuk mempertimbangkan apakah Anda lebih baik menggunakan blog gratisan atau berbayar sesuai dengan tujuan ngeblog Anda.

Pengertian Blog Gratisan dan Berbayar

Berikut adalah pengertian blog gratis dan berbayar agar Anda tahu perbedaan yang paling mendasar :

Blog Gratisan

Blog gratisan adalah layanan yang diberikan oleh pengembang secara cuma-cuma. Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk memiliki sebuah blog.

Biasanya blog gratisan hanya memakai sub-domain saja seperti NamaAnda.blogspot.com atau NamaAnda.wordpress.com.

Masih begitu banyak penyedia blog gratisan. Namun yang paling populer dan memiliki peluang bertahan lama alias kecil kemungkinan tutup dan menutup layanan hanya blogger.com dan wordpress.com.

Cara menghasilkan uang dari blogSumber gambar : brotoadmojo.com

Jika Anda menggunakan layanan blog gratis, maka dalam mengelola blog Anda harus mengikuti sejumlah aturan dan kebijakan dari penyedia layanan. Seandainya Anda melanggar, maka sewaktu-waktu blog Anda bisa dihapus begitu saja tanpa peringatan.

Blog Berbayar

Blog berbayar berarti blog yang harus dibangun mulai dari nol. Anda harus memilih domain profesional dan kemudian membeli nama tersebut untuk dapat menggunakannya. Juga harus membayar hosting untuk meletakkan file-file yang Anda butuhkan di situs Anda.

Nama domain Anda akan terlihat profesional seperti NamaAnda.com, NamaAnda.Net dan akhiran-akhiran lain seperti Org, Name, dsb.

Berbeda dengan blog gratisan, di blog berbayar Anda boleh melakukan apapun dan tidak ada aturan. Anda memiliki kebebasan yang lebih untuk menyalurkan kreativitas Anda.

Untuk Siapa Blog Gratisan?

Pada umumnya, jika tujuan Anda bukan untuk menghasilkan uang dari blog atau melakukan bisnis online, maka memilih blog gratisan adalah pilihan yang tepat.

Anda bisa memublikasikan apapun sebagaimana di blog berbayar. Meskipun fitur-fiturnya sangat terbatas, tetapi sudah cukup mumpuni untuk menciptakan blog yang bagus untuk Anda.

Atau… Jika Anda masih berpengetahuan nol mengenai blog tapi ingin membangun bisnis online, maka blog gratisan merupakan tools yang tepat untuk mempelajari hal-hal mendasar mengenai blog.

Karena Anda masih pemula, hampir pasti akan melakukan beberapa kesalahan. Jadi, Anda tidak rugi apapun untuk melakukan banyak coba-coba di blog gratisan sampai Anda mengenal istilah-istilah ngeblog dan cara mengoperasikan blog dengan baik.

Ketika Anda sudah mahir dan siap, Anda bisa dengan mudah membeli blog berbayar kapan pun Anda inginkan.

Berikut tutorial untuk mendapatkan blog gratisan :

  1. Cara Mendaftar di Blogger

2. cara Mendaftar di WordPress.com

Untuk Siapa Blog Berbayar?

Blog berbayar biasanya digunakan oleh bloger-bloger berpengalaman untuk menciptakan situs atau blog yang mampu menjadi mesin uang.

Berbeda dengan blog gratisan dimana semua setting sudah tersedia dan hanya tinggal menggunakan, blog berbayar perlu menyetting sendiri agar blog tampil dalam performa yang sempurna.

Sangat tidak direkomendasikan bagi pemula untuk mencoba blog berbayar karena hampir pasti, kalau tidak tahu bagaimana mengatur setting-setting yang tepat, Justru blognya akan berantakan dan tidak berfungsi dengan sempurna sehingga akan tetap kalah bersaing dengan blog-blog lainnya.

Pilihan Lain yang Tersedia

Bagaimana jika ingin tampil profesional tapi tidak mau berurusan dengan kode-kode atau pengaturan yang membingungkan?

Jawabannya adalah custom domain.

Artinya Anda akan memiliki nama domain profesional. Orang-Orang tidak akan tahu sekalipun Anda numpang di blog gratisan.

Anda akan memiliki domain dengan NamaAnda.com, NamaAnda.net dan sebagiannya. Tentu Anda tetap harus mengeluarkan uang untuk melakukannya.

Anda juga tetap bisa membeli theme atau template premium sehingga blog Anda terlihat keren. Jika Anda ingin terlihat lebih profesional, Anda bisa melakukan beberapa tweak dengan membaca tutorial ini.

Namun perlu diingat, pilihan ini bukan untuk para pebisnis internet. Meskipun semua pengaturan akan dilakukan oleh tim penyedia layanan, tetapi fitur-fiturnya juga masih sangat terbatas.

Tapi itu lebih baik dibandingkan ketika Anda membangun blog mulai dari nol karena setiap kali ada perkembangan terbaru tentang dunia blog seperti celah keamanan, perubahan algoritma, kebijakan baru dan lain-lain, Anda harus meluangkan lebih banyak waktu untuk mengimplementasikan di blog Anda sesegera mungkin (ini untuk blog berbayar atau self host).

Sedangkan jika Custom domain maupun blog gratisan, semua sudah ditangani oleh tim pengembang sehingga blog Anda tetap terupdate sesuai dengan perkembangan teknologi.

Pengaruh Terhadap Jumlah Pengunjung

Beberapa pemula bingung berhubungan antara jumlah pengunjung yang didapat ketika menggunakan blog gratisan dan berbayar.

Saya informasikan bahwa tidak ada hubungannya dengan jumlah pengunjung yang akan Anda dapatkan dengan pilihan yang Anda ambil, apakah itu memilih blog berbayar atau blog Gratisan.

Jumlah pengunjung yang akan Anda dapatkan sangat bergantung pada kualitas konten Anda dan bagaimana Anda mengelola blog Anda.

Namun, memang blog berbayar memiliki banyak fitur yang lebih hebat untuk memenangkan persaingan dalam memperebutkan pengunjung dari mesin pencari. Tapi bukan kemustahilan untuk menjadi populer dengan blog gratisan selama Anda ngeblog sesuai aturan dan memiliki pemahaman mendalam mengenai dunia blog.

Pilihan apapun yang Anda ambil, semoga blog Anda bisa berkembang dengan baik dan menjadi terkenal.

Jangan lupa untuk membaca FAQ lainnya yang mungkin bisa membantu bloger-bloger pemula :

1. Pilih Theme Berbayar atau Theme Gratis?

2. Berapa Panjang Postingan Blog?
3. Mengapa SERP Berbeda di Browser Berbeda?
4. Berapa Banyak Kata yang Sebaiknya Ditulis untuk Latihan Menulis Setiap Hari?
5. Haruskan Ngeblog Setiap Hari?
6. Haruskah Ngeblog untuk Uang?

Saya berharap Anda mendapatkan informasi yang Anda butuhkan untuk segera memulai petualangan sebagai bloger.

Jika ada pertanyaan, maka jangan sungkan untuk meninggalkan pertanyaan di kotak komentar.

31 tanggapan untuk “FAQ : Pilih Blog Gratis atau Berbayar?

  1. klo blog berbayarnya hosting di wordpress.com banyak juga aturannya, misalnya untuk monetasi pasang iklan hanya bisa dg wordads walaupun ada juga bloger yg nakal coba2 pasang iklan lain tuh sbnrnya klo ketahuan bakalan di banned. Trus di wp.com ga bisa upload theme atau plugin sendiri. Klo self hosted pusing ngurusnya klo gaptek spt saya haha.

    Disukai oleh 1 orang

    1. Iya klo ngeblog ada unsur menghasilkan uangnya memang lebih baik self host karena lebih bebas dan mampu bersaing. Nanti juga bisa mbak nella ngurus self host. Pelan-Pelan saja belajarnya ๐Ÿ˜€

      Suka

    1. Klo bukan untuk tujuan komersial blog gratisan saja mbak ida. Bisa langsung dipake dan lebih mudah. Bahkan meskipun tidak dikustomisasi ๐Ÿ˜€

      Suka

  2. Sebenernya ada sedikit penambahan kemudahan mendapat viewers sih bang Shiq, dengan bayar domain.

    Saya perhatikan setelah membayar domain, tulisan saya jadi lebih banyak yang masuk halaman pertama.

    Nah setelah telat bayar domain hampir dua minggu (biggest mistake) dan balik lagi ke wordpress.com, sekarang pengunjung saya hanya ratusan per hari dan saya cek nggak ada yang masuk halaman pertama T.T

    Suka

    1. Biasanya pengaruh umur domain val. Klo dari segi SEO, domain gratisan dan domain berbayar tidak ada bedanya. Tapi karena blogmu tidak bisa diakses selama beberapa minggu, otomatis peringkatnya turun karena pogostickingnya naik. Tambahkan beberapa backlink di konten2 yg dulu di halaman pertama untuk mengembalikan posisinya. Biasanya mudah klo masalahnya karena tidak bisa diakses selama beberapa waktu ๐Ÿ˜€

      Disukai oleh 1 orang

      1. Oh iya juga sih. Kalau diingat-ingat dulu pas pertama juga sepi. #gimanasihaku ๐Ÿ˜€

        Terus mengenai backlink bang, gimana itu menurut bang shiqa tips nya, ada ga? Aku ga mungkin komen2 ke tempat orang nyaranin orang ngeklik tulisan aku.

        Gagal paham masalah backlink nih. Ngerti defenisinya aja barusan dari mbah gugel :p

        Suka

        1. Biar bisa muncul di halaman pertama Google mesti rajin cari backlink yg mengarah postingan yg ingin kita tingkatkan visibilitasnya. Bisa melalui forum atau minta teman ngeblog supaya memberi link menuju tulisan kita ๐Ÿ˜€

          Disukai oleh 1 orang

  3. ya menurut saya si bagus berbayarโ€ฆ maksdnya giniโ€ฆ jika menggunakan platform blogspot/wordpress
    di custom mggunakan domain yg berbayar agar lebih profesional dan terpercaya โ€ฆ.

    walau hanya menggunakan platform gratisan heheโ€ฆ. maaf admin saya hanya berbicara sendiri heheโ€ฆ. makasih om admin sangat membantu post โ€œPilih Blog Gratis atau Berbayarโ€ ini โ€ฆ.

    Suka

  4. kalau dulu pertama kali mau beli domain bingung pilih antara dot com atau dot net..karena kebanyakan yang isinya blog pakar yang tulisannya bagus dan disuka pakai dot net *sok pakar* hahaha

    Suka

  5. Keren jawabannya.
    Sy ttp merasa pemula, jd info ini bagus bnget bg sy.

    Yg pasti, blog gratisan adlh pilihan pling tepat utk sy saat ini, sesuai ulasan Anda di atas.
    Mksh mas Shiq4.
    Oya, sumber gambarnya knp gak di-link lg?

    Suka

    1. Awalnya ketika saya update aplikasi wordpress saya gak nemu mode html sehingga tidak bisa menyisipkan rel no follow untuk sumber gambar, jadi akhirnya tidak di link.

      Tapi sekarang udah nemu tombol mode htmlnya dan tetap tidak saya link. Karena bisa mengurangi poin. Kasihan situs lain yang saya link karena poinnya harus berkurang karena adanya link lain meskipun itu link no follow. ๐Ÿ˜€

      Disukai oleh 1 orang

  6. Ada untung dan ruginya sih, kalau blog berbayar memang bisa menghasilkan uang tapi kalau viewsnya rendah ujung ujungnya rugi.

    Kalau blog gratis, memang sih gak perlu pusing bayar domain, cuman kita tidak bisa dapat pengahasilan dan kita perlu memerhatikan aturan blog (dari pihak wordpress/blogspot) kalau melanggar, konsekuensinya ya blog kita hilang tanpa jejak, jadi blog berbayar dan gratis sih masih sama ada untung ruginya, tapi kalau yang mau bebas dari aturan, desain blog lebih bagus, berpenghasilan besar dengan jumlah pengunjung yang banyak per harinya, mending milih blog berbayar sih, lumayanlah nambah nambah uang ๐Ÿ˜€

    Suka

Komentar ditutup.