8 Tanda Positif Kecanduan Ngeblog dan Saran Jika Anda Mengalaminya

Layanan blog mengubah beberapa cara menjalani hidup. Di kehidupan serba digital yang semakin canggih, salah satu lifestyle yang banyak digemari adalah menggunakan blog.

Orang-Orang yang menjadi bloger dapat berbagi cerita, foto, tips dan trik, atau apapun kepada pembaca. Juga membuka kesempatan untuk menjadi terkenal dan mulai menghasilkan rupiah dari setiap tulisan.

Namun di bagian gelapnya, jika tidak hati-hati, bisa-bisa malah kecanduan ngeblog dan mengakibatkan dampak negatif.

Berikut adalah tanda-tanda positif bahwa Anda sudah keterlaluan dalam ngeblog atau kecanduan :

1. Anda Tidak Bisa Tidur Nyenyak Sebelum Memublikasikan Artikel

Tanda kecanduan ngeblog

Sumber gambar: onezerodigit.blogspot.com

Bloger yang sudah kecanduan ngeblog biasanya mengalami sulit tidur sebelum memublikasikan satu konten di hari itu.

Memang blog akan cepat berkembang jika rajin memosting konten baru. Namun akan lebih bijak untuk tidak memikirkan blog secara keterlaluan.

Jangan berlebihan karena blog pun bisa populer meski hanya update sekali setiap minggu. Jadi, pikirkan lagi strategi terbaik yang tidak menganggu kehidupan di dunia nyata Anda.

2. Terus Memikirkan Ide Menulis Sepanjang Waktu

Saran untuk blogger yang kecanduan ngeblog

Sumber gambar: belapendidikan.com

Pengunjung selalu berharap konten-konten baru. Dan jika bloger tidak ingin ditinggalkan pembaca dan fansnya, mereka harus rutin memberi makan blognya.

Namun apa jadinya, hanya karena terobsesi untuk menelurkan konten berkualitas, pikiran bloger yang kecanduan terus memikirkan ide terbaik sepanjang waktu.

Sayangnya hal tersebut justru bisa menganggu rutinitas.

Terkadang, konten yang ditulis dengan ide remeh temeh pun bisa menginspirasi pembaca. Jadi, tidak perlu berpikir secara mendalam hanya untuk mendapatkan ide-ide terbaik.

3. Mempelajari Tips-Tips Ngeblog dari Profesional

Cara mengatasi kecanduan ngeblog

Sumbe gambar: classdailyjournal.blogspot.com

Salah satu tanda paling positif dari kecanduan ngeblog adalah terus menerus mencari tips-tips ngeblog dari para profesional untuk mengembangkan blognya.

Walaupun hal tersebut terlihat bagus, tapi sebenarnya jika dilakukan dengan gegabah malah mengakibatkan kebingungan dengan tutorial-tutorial yang ada.

Untuk memahami maksud setiap tutorial diperlukan banyak pengalaman dan praktik. Maka, saran terbaik adalah praktikkan tips yang mudah dan memberikan hasil nyata dan jangan beralih ke tips lain jika belum bisa menerapkan tips yang sudah dipelajari.

Jangan terlalu banyak membaca tutorial hanya untuk dilupakan tanpa diterapkan.

4. Tidak Ada Hari Tanpa Blogwalking

Tips mengatasi kecanduan ngeblog

Sumber gambar: saifulcomelektronik.com

Semua bloger suka mendapatkan komentar dan pengunjung. Tapi apa jadinya jika ada bloger yang memaksakan diri blogwalking setiap hari ke sekian blog untuk mempertahankan jumlah komentar yang masuk dan pengunjung harian?

Blogwalking bagus. Karena bisa menjalin hubungan dengan bloger lain.

Sayangnya, mewajibkan diri blogwalking ke sekian blog dalam sehari malah membuat kegiatan ngeblog menjadi beban.

Sampai kapan Anda melakukannya? Apakah Anda yang mengendalikan blog atau blog yang mengendalikan Anda?

5. Sering Begadang untuk Ngeblog

Tanda positif kecanduan ngeblog

Sumber gambar : malesbanget.com

Tidak ada yang melarang Anda untuk bekerja keras dalam membangun blog yang sukses. Bahkan begadang pun merupakan langkah yang bagus untuk mengembangkan blog dengan lebih cepat.

Tapi perlu diingat bahwa tubuh Anda perlu istirahat yang cukup. Sesekali begadang tidak apa-apa, jangan terlalu sering dilakukan.

Bisa-Bisa Anda sakit sehingga blog tidak terupdate dan terawat. Bukannya sukses, malah gagal karena kesehatan yang memburuk.

6. Anda Mewajibkan Diri Tampil Di Halaman Pertama Google

Tanda terlalu berlebihan ngeblog

Sumber gambar: SEOblogaf.com

Tampil di halaman pertama Google merupakan kebanggaan bagi bloger. Selain mampu meningkatkan pengunjung dan brand, bisa tampil di SERP merupakan bukti bahwa kita adalah bloger yang hebat.

Namun SEO merupakan permainan yang mahal. Butuh waktu lama dan banyak tugas yang harus dilakukan dengan tepat.

Kalau tidak berhati-hati, bloger yang kecanduan ngeblog akan berusaha sekuat tenaga tampil di halaman pertama Google untuk hampir semua kontennya.

Akibatnya ia kekurangan waktu dan biasanya malah tidak bisa bersaing di mesin pencari. Lebih baik fokuskan SEO untuk beberapa konten terbaik saja.

Jangan terobsesi bermain SEO karena berkali-kali gagal dengan SEO justru akan membuat Anda frustasi.

7. Anda Mulai Membicarakan Blog dengan Siapapun

Berlebihan membicarakan blog

Sumber gambar : kuliahbahasainggris.com

Sangat wajar jika seseorang membicarakan kegiatan atau hobinya dengan orang-orang disekitarnya. Tapi jika Anda terus berbicara tentang dunia blog secara terus menerus, semua orang akan malas berbicara dengan Anda.

Memang menyenangkan sekali berbicara tentang topik dimana kita memiliki pengetahuan lebih. Tapi setiap orang punya batasan tertentu sampai mereka bosan.

Kendalikan diri Anda. Kalau pun Anda benar-benar tidak bisa lepas dari blog, paling tidak bicarakan dengan orang yang juga berminat tentang blog seperti dengan bloger lain atau pemasar internet.

8. Anda Menarik Diri dari Pergaulan

Sumber gambar: depoaskep.blogspot.com

Bloger yang sudah sangat kecanduan bisa mengurung diri di kamar dalam waktu yang lama dan hanya mengurusi blog. Baginya blog merupakan tempat mendapatkan kesenangan sampai batas-batas tertentu.

Masalahnya adalah terkadang bloger tersebut tidak sadar bahwa kehidupan sosialnya menjadi kacau. Saat ia menyadarinya, tidak ada orang lain di sekitarnya kecuali blog dan popularitas di dunia maya.

Meskipun blog bisa menghasilkan uang, tapi hanya orang tertentu yang benar-benar bisa mendapatkannya. Berjuang dengan mengorbankan kehidupan sosial untuk memopulerkan blog merupakan tindakan berisiko. KArena jika gagal, Anda akan mengalami banyak kekalahan.

Jadi, cukup ngeblog seperlunya saja tanpa harus mengorbankan kehidupan sosial dengan mereka yang jelas-jelas bisa menjadi sumber kebahagian dengan mudah.

28 tanggapan untuk “8 Tanda Positif Kecanduan Ngeblog dan Saran Jika Anda Mengalaminya

    1. Iya klo memang sempat ya bagus kok bw tiap hari selama tidak memaksakan diri. Soalnya saya kadang2 emang malas dan memaksakan diri untuk BW. Ujung-Ujungnya nggak enjoy lagi 😀

      Disukai oleh 1 orang

  1. Hmmm … Kalo kecanduan komentar di blog orang gimana mas ??? Soale aq lebih suka jadi komentator daripada blogger, entah kenapa & mengapa aq tau …
    Mungkin kedepan’y dengan membaca di blog ini aq mnjadi terinsipirasi menjadi blogger …😏

    Suka

  2. Waww keren. Ini wasapada ya kayaknya Vera mah hihi. Tapi insyAllah nggak sampai candu, gg lega kalau gg ngebloh. Sebisa mungkin satu hari satu kalau nggk bisa ya gpp. Trus untuk ide, ada aja nih mungkin barengan sama hobby baru nih ya. Dan waktu untuk ngeblog gg smpai begadang kok, kebiasan di skema atau setelah isya.kalau malam gitu bukannya sengaja begadang tpi pad aja nulis ah panjang haha

    Suka

Komentar ditutup.