7 Tips Menjadi Bloger Terkenal (Bahkan Jika Anda Bukan Siapa-Siapa)

Sumber

Tips menjadi blogger terkenal

Sumber gambar: a2devlopers.wordpress.com

Karena Anda tertarik membaca konten ini setelah membaca judulnya, maka Anda pasti adalah bloger.

Mungkin Anda penasaran dan bertanya-tanya mengapa ada bloger yang terkenal dan mendapatkan ratusan lusin pembaca sementara yang lainnya tetap stagnan dengan pembaca yang tidak meningkat sama sekali meskipun telah ngeblog selama berbulan-bulan?

Di postingan ini, Anda akan mengetahui cara menjadi bloger terkenal. Bahkan jika saat ini Anda bukan siapa-siapa.

Tentu tidak ada yang gratis. Ada pengorbanan dan usaha ekstra untuk mencapainya. Selama Anda punya kesungguhan hati dan kegigihan, maka tidak ada yang bisa menghalangi Anda untuk membangun suku dan menyebarkan pesan-pesan yang ingin Anda sampaikan kepada dunia.

Jadi, baca dengan seksama, pikirkan baik-baik, dan bersiaplah untuk melakukan tindakan nyata. Dan Anda akan baik-baik saja.

Sayangnya Tidak Ada Cara Instan

Di dunia ini memang ada bloger jenius. Mereka langsung populer setelah beberapa bulan meluncurkan blognya. Bahkan ada yang mendapatkan 13 ribu subscriber sebelum benar-benar mulai memposting konten pertamanya.

Tapi berpikir bahwa Anda adalah salah satu bloger jenius, hanya kekecewaaan yang akan dipanen.

Umumnya, bagi mereka yang mulai ngeblog dengan pengetahuan nol, butuh berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun untuk menjadi terkenal dan memiliki sejumlah pembaca setia.

Jika Anda berpikir bisa terkenal dengan waktu singkat, maka itu hanya akan terjadi di mimpi. Mungkin ngeblog bukan aktivitas yang cocok bagi Anda.

Tapi jika Anda merasa punya semangat juang, langkah awal yang harus dilalui semua calon bloger terkenal dan menjadi influencer di topik yang diangkatnya adalah terus konsisten sepanjang waktu.

Menulis walau pembaca masih segelintir. Menulis ketika sedang tidak mood. Dan tetap menulis apapun yang terjadi.

Bagaimana caranya? Anda punya otak dan mulai gunakan untuk memikirkannya. Dan mungkin Anda bisa benar-benar terkenal seandainya Anda mampu menemukan cara untuk konsisten dalam waktu lama.

Karena ngeblog seperti bola salju. Anda konsisten, blog pun akan berkembang. Sementara besar dan kecilnya perkembangan, itu tergantung seberapa besar usaha dan pengorbanan yang Anda lakukan.

Arti Sebenarnya Menjadi Bloger Terkenal

Bloger bisa terkenal karena dianggap ahli dalam topik yang diangkatnya. Orang-Orang menghormati bloger karena pengetahuan yang mereka miliki mengenai topik tertentu. Itu juga berarti bahwa bloger yang ingin terkenal harus bersiap untuk terus belajar mengenai topik favoritnya agar menjadi ahli.

Banyak bloger yang gagal karena mereka malas belajar. Mereka berpikir terkenal hanya masalah keberuntungan atau hal-hal yang tidak masuk akal lainnya.

Itu salah. Menjadi terkenal berarti rela berkorban waktu dan pikiran untuk menyelami topik tertentu dan mendapatkan pemahaman yang bagus. Dengan pengetahuan itulah bloger menjadi terkenal karena membantu orang lain dengan informasi-informasi yang berharga.

Ia dihormati. Suaranya didengarkan. Dan ia lebih mudah menghasilkan uang.

Pertanyaannya : Apakah Anda sudah siap menjadi pembelajar sesuai dengan topik yang diangkat dan membagikan pemahaman Anda kepada Audiens secara konsisten?

Kalau hanya berpikir ingin terkenal saja, mungkin semua bloger memikirkannya. Namun hanya mereka yang bersedia membayar struk yang akan mendapatkan barangnya. Jadi, siapkan mental Anda untuk terus mempelajari topik pilihan Anda atau lupakan saja popularitas.

7 Tips Menjadi Bloger Terkenal

Ternyata Anda punya keberanian karena membaca sejauh ini. Anda mungkin berpikir akan membuat komitmen menulis dan membagikan ide-ide Anda secara konsisten apapun yang terjadi. Juga punya keberanian untuk rela mempelajari topik tertentu untuk membantu orang lain mendapatkan informasi-informasi berharga berkaitan dengan topik pilihan Anda.

Berikut adalah 7 tips yang akan membantu Anda mewujudkan ambisi Anda untuk terkenal :

1. Selesaikan Masalah Pembaca

Cara menjadi blogger terkenal

Sumber gambar: trulyquirkyme.com

Ingin cepat memiliki pembaca setia? maka mulai dengan menyelesaikan masalah-masalah yang mungkin diderita oleh pembaca Anda.

Ini sederhana. Orang-Orang di masa sekarang menggunakan Google untuk menjawab setiap permasalahan yang menghadang mereka. Anda harus jadi malaikat dan memberikan solusi berkaitan dengan permasalahan-permasalahan yang sering ditanyakan orang berkaitan dengan topik Anda. Anda harus mulai banyak mendengarkan.

Lihat komentar-komentar dan pertanyaan pembaca, bergabung di forum dan lihat apa saja permasalahan yang muncul, atau Anda bisa mengangkat pengalaman Anda menyelesaikan suatu permasalahan yang pernah Anda rasakan.

Ketika Anda mampu melakukannya, Orang-Orang akan berterima kasih kepada Anda. Dan jika mereka bermasalah lagi, maka tebak, situs siapa yang akan mereka kunjungi?

2. Jadilah Bloger dengan Sikap yang Baik

Ngeblog tidak hanya berkutat pada mampu memahami SEO dengan baik, atau konten berkualitas, atau menerapkan strategi ngeblog dengan cerdas.

Meskipun hal-hal tersebut memang penting.

Tapi ada yang lebih penting lagi, yaitu menjadi bloger dengan sikap yang baik.

Dean Rieck di Copyblogger mempercayai :

“Dengan kata lain, sukses bukan hanya mengenai kompetensi. Sukses lebih sering tentang disukai. Orang-Orang suka menghabiskan waktu dengan orang yang mereka sukai.”

Hal yang sama berlaku pada blog. Pembaca lebih senang berkunjung ke blog milik bloger-bloger yang mereka sukai. Maka jadilah bloger ramah, balas komentar yang masuk, balas email yang masuk, gunakan kata-kata yang sopan dan sebagiannya.

Dan jangan lupa untuk menerapkan psikologi sesuai dengan buku Agar Siapa Saja Mau Melakukan Apa Saja untuk Anda dengan membaca postingan “8 Cara agar Disukai Bloger Lain“.

3. Bookmark Pemimpin Pasar Tentang Topik Anda

Tips dan cara menjadi blogger terkenal

Sumber gambar: leadershipmanagement.com

Seperti yang sudah saya katakan, bloger terkenal adalah mereka yang mau terus belajar mengenai suatu topik dan kemudian menjadi ahli. Maka Anda perlu membookmark situs-situs terkenal lainnya yang membahas mengenai topik yang Anda angkat.

Melalui situs tersebut Anda memanen informasi dan mempelajarinya. Itu juga agar Anda mampu menulis dengan menggunakan banyak perspektif sehingga tulisan Anda hidup.

Dan yang lebih penting, Anda akan tahu tema-tema yang sedang trend di industri Anda sehingga tahu harus menulis tema seperti apa untuk mendapatkan perhatian pengunjung dengan mengulas tema-tema yang hangat dibicarakan di industri tersebut.

4. Berteman dengan Bloger Lain

Anda mungkin penulis yang hebat. Anda mungkin juga bloger yang mampu memahami banyak hal berkaitan dengan industri Anda lebih dari siapa pun. Bahkan Anda mungkin memiliki banyak ide-ide baru yang inovatif.

Tapi jika Anda tidak mampu mendapatkan backlink, konten Anda akan tenggelam dan sulit ditemukan. Tak peduli sehebat apapun informasi yang Anda sajikan, semua sia-sia saja karena tidak bisa ditemukan oleh pencari informasi.

Disinilah peranan bloger-bloger lain. Backlink bisa dengan mudah didapatkan dari bloger lain. Dan jika Anda menginginkannya, maka Anda harus mulai berteman dengan bloger-bloger lain.

Anda bisa klik di sini untuk mendapatkan pengetahuan yang dibutuhkan untuk membangun hubungan dengan bloger-bloger lain.

5. Promosikan Blog Anda

Untuk mempercepat perkembangan blog, maka sudah sewajarnya mempromosikan blog Anda.

Jika punya dana lebih, Anda bisa mulai beriklan di Google dan Facebook. Agar orang-orang mengenal brand Anda dengan baik. Terutama jika blog Anda masih baru.

Atau Anda bisa bergerilya di forum-forum dan mempromosikan konten-konten terbaik Anda di sana. Tapi sangat perlu untuk tidak terlihat seperti spammer agar Anda tetap disukai anggota lainnya.

Dan cara terbaik untuk berpromosi tentu menjadi penulis tamu di blog para influencer di industri Anda. Karena para inflencer sudah punya ribuan pembaca setia, berpromosi di blog mereka akan membuat brand blog Anda ikut terkatrol naik.

Mungkin Anda juga perlu mengatakan kepada teman-teman Anda di dunia nyata bahwa Anda menjadi bloger. Biasanya words of mouth tetap bekerja dengan baik selama dilakukan dengan hati-hati dan tidak agresif.

6. Tulis Konten Mendalam

Konten adalah raja. Semua orang mengatakan berulang-ulang, tapi hanya sedikit yang benar-benar melakukannya.

Jika Anda ingin menonjol diantara bloger lainnya di industri Anda, maka tidak ada cara lain selain konsisten menyajikan konten-konten panjang dan mendalam.

Kabar baiknya, rata-rata bloger malas melakukannya. Sisi positifnya, kalau Anda mau melakukannya dan tampil beda dengan bloger lainnya, Anda berkesempatan lebih besar untuk populer.

Meskipun untuk melakukan butuh perjuangan yang melelahkan seperti membaca puluhan konten-konten terbaik yang sudah ada dan mengutip bagian-bagiannya atau mencari referensi yang cocok dengan pemikiran Anda, tapi hasilnya akan luar biasa karena konten mendalam cenderung disukai dan memuaskan kebutuhan para pencari informasi di internet.

7. Jangan Menyerah

Berpikir semuanya akan berjalan sesuai rencana tanpa masalah adalah pemikiran konyol. Jadi, bersiaplah untuk menyingsingkan lengan baju dan terus bekerja keras.

Hambatan pasti muncul. Masalah akan silih berganti datang. Dan saat itu tiba, tetap percaya dengan impian Anda dan jangan pernah menyerah.

Karena tidak ada sesuatu yang benar-benar gagal sebelum Anda mengibarkan bendera putih. Lagipula keberhasilan adalah hak mereka yang terus melangkah maju meskipun dengan rasa sakit dan air mata. Jadilah salah satunya.

Kesimpulan

Anda tidak seorang diri jika bermimpi menjadi bloger terkenal. Ratusan bloger lainnya pun menginginkannya. Namun dunia hanya butuh beberapa orang saja untuk menjadi pemimpin pasar dan influencer.

Maka bersemangatlah. Berjuanglah. Berikan semua yang terbaik yang ada di dalam diri Anda. Dan biarkan sang waktu yang memberikan hasil sesuai dengan usaha dan pengorbanan Anda.

Tetap nikmati aktivitas ngeblog. Percaya diri. Lalu semuanya akan baik-baik saja.

Lalu, apa yang Anda lakukan untuk menjadi bloger yang lebih terkenal dibanding saat ini? Bagikan di kotak komentar.

40 tanggapan untuk “7 Tips Menjadi Bloger Terkenal (Bahkan Jika Anda Bukan Siapa-Siapa)

  1. Kalo aku sih nulis, biar tulisanku lebih baik lg, bagus, yang baca suka,sama ga ngebosenin. Itu saja ku sudah bahagia bang. Gaperlu terkenal 😀

    Disukai oleh 1 orang

    1. Masing-Masing bloger punya tujuan sendiri. Tapi memang faktor yang juga penting adalah kebahagiaan. Klo udah merasa bahagia nanti bisa konsisten. Bonusnya mungkin bisa terkenal dengan sendirinya 😀

      Suka

      1. Hahaha…iya bang terkenal itu bonus 😀. Kita sebagai manusia kayaknya gamungkin deh kalo ga pengen terkenal. Kita semua secara ga langsung jg pengen terkenal juga. Dan secara tidak langsung butuh pengakuan juga pengen dirinya dianggap ada juga oleh orang lain 😀

        Suka

  2. menurut ane, niche yang terfokus bakalan lebih bagus. secara skill, (mungkin) ngedorong untuk ngehasilun konten yang mendalam seperti bang Shiq sebutkan. jika tefokus promosi bakal ikut terfokus dalam segme pembaca yang in-line dengan topik/tema blog. #CMIIW bang Shiq.

    Suka

    1. Iya… rata-rata bloger yang sukses memang fokus ke satu niche. Lebih mudah membangun brandnya dan promosi ke segmen pembaca yang tepat sehingga lebih mudah promosinya 😀

      Disukai oleh 1 orang

  3. Tampak bgtu besar gagasan2 pd postingan kli ini. Sngat menantang. Diulas secara lugas dan penuh percaya. Saya percaya saja dg yg diungkapkan mas Shiq4 di atas. Ybs pun sdh terkenal menurutku mkanya berani bri tips di atas.

    Butuh perjuangan yg tak gampang memang. Mantap sekali. Trmksh mas Shiq4.

    Suka

    1. He he he…. saya belum terkenal mas desfortin. Cuma diatas merupakan langkah2 yg berusaha saya terapkan secara konsisten terus menerus agar situs ini lebih populer di internet 😀

      Disukai oleh 1 orang

  4. Gak pingin terkenal banget sih.Untuk saya sendiri,mampu mendapatkan pengunjung dari mesin pencari hampir 80 % tiap harinya sudah bahagia bener. 😂😂

    Btw tipsnya memang berguna banget,kalo diterapin pasti akan ada hasil yang setimpal.Soalnya bener2 menerapkan harus nerapin sikap disiplin dalam diri.

    Suka

    1. Klo ingin fokus ke pengunjung organik mau gak mau harus mulai mengimplementasikan SEO mas jalil.

      Klo rutin dilakukan tips diatas dalam waktu lama dan konsisten saya yakin bisa kok populer di internet meskipun jangkauannya mungkin masih terbatas. Tergantung dengan usahanya. 😀

      Suka

  5. 7 tips yang jitu dan bener bener jitu mas, tapi kayaknya hahahah udah pesimis duluan, aku pribadi mengalir aja. dan mungkin happy blog aja sih

    Suka

      1. Itulah mas yang membuat tulisan sampean bagus bagus. Enak dibaca. Heheh adaaa aja bahan materi. Jd ngiri aku wkwkw

        Suka

  6. Gue malah ga pengen terkenal. Blog gw aja ga di setting as public 😂
    Gue menulis karena emang gue sering ‘DORI’, jadi beberapa tulisan nantinya sebagai ‘reminder’ diri aja.
    Ada yang bersedia mampir dan baca, ya Alhamdulillah, engga ada pun bukan sesuatu yang harus gue ‘usahakan’ 😬
    Tapi tengkyu tips nya Mas, ga ada yang instan dari sebuah ketenaran. Bukan begitu? Begitu bukan? Iya begitu 😀

    Suka

    1. Klo gak di setting publik gak bisa main SEO dong. Asyik loh bermain SEO dan melihat blog kita muncul di Google.

      Tapi ya masing-masing bloger memang punya ideologi sendiri. Sukses selalu dan selamat bersenang-senang dengan blognya 😀

      Suka

  7. Buat blogger baru kayak aku manfaat banget. Apalgi pas lagi seneng2 nya nulis. Seneng kalau tiap hrinya ada yg baca, apalgi mampir kasih komentar kan bangga. Untuk itu yaa ini lagi bljar konsisten satu hri satu tulisan minimal. Entah itu nntinta di post atau hanya di draf saja hehe

    Suka

    1. Klo rutin berkomentar ke blog lain nanti bloger lain juga bakalan berkomentar di blognya kok.

      Selamat berjuang untuk menulis setiap hari 😀

      Suka

  8. saya sangat sependapat dengan apa yang ada di ulasan ini, ke 7 cara ini bisa mendatangkan benefit sekaligus juga kompensasi tanpa perlu diminta. Pada intinya jika kita mampu menebar kebaikan maka feedbacknya kebaikan juga dan itu bisa terjadi tanpa kita sadari. Bersikap tulus dalam menangani masalah blogger lain merupakan salah satu perilaku yang paling ampuh untuk membangun kepercayaan.

    Suka

Komentar ditutup.