Wow… 1000 Pengikut Blog

1000 pengikut blog

Umur blogku akan genap tiga tahun di akhir bulan Desember 2017 nanti. Dan aku cukup bangga karena sebelum hari itu tiba, pengikut blogku sudah mencapai 1000 orang.

Artinya setiap kali aku menerbitkan konten baru, akan ada pembaca-pembaca yang siap mengkonsumsi apa yang kusajikan. Ini benar-benar pencapaian yang mengagumkan bagi bloger sepertiku.

Sebenarnya aku sangat pesimis dengan jumlah pengikutku. Karena jumlah bloger wordpress.com tidak sebanyak bloger-bloger self host atau blogspot. Itu terlihat pada rencanaku yang hanya menargetkan tambahan 188 pengikut saja tahun ini.

Di luar perkiraan, meskipun aku tidak terlalu aktif mengikuti blog lain, ternyata jumlah pengikutku terus bertambah dari hari ke hari. Berarti aku sudah mendapatkan 538 pengikut baru selama 7 bulan terakhir.

Walaupun demikian, banyak diantara pengikutku yang sudah tidak aktif lagi. Biasanya blog milik mereka sudah tidak menerbitkan konten lagi karena alasan-alasan tertentu. Jadi, angka 1000 pengikut bukan angka yang bisa digunakan untuk menakar kepopularitasan suatu blog.

Wajah-Wajah Baru

Sekarang aku punya kebiasaan aneh dalam mengelola blog. Setiap kali aku melihat wajah baru, bloger-bloger yang baru mengudara, maka pertanyaan yang selalu muncul adalah berapa lama kira-kira bloger tersebut akan bertahan sebelum memutuskan gantung laptop. Selalu seperti itu.

Hal tersebut sudah kurasakan sejak tahun lalu. Ketika aku menyadari bloger-bloger yang berhubungan denganku satu per satu mulai tidak aktif, aku sedikit merasa kehilangan. Apalagi ketika aku membaca konten-konten lama dan menemukan wajah-wajah yang dulu sering saling berkomentar, rasanya benar-benar tidak enak.

Walaupun begitu, kehidupan terus berlanjut. Aku bertemu wajah-wajah baru, saling mengikuti, dan cukup antusias berinteraksi dengan mereka.

Meski aku tahu bahwa pada akhirnya hanya beberapa orang saja yang akan terus aktif di tahun-tahun berikutnya.

Pengikut Merupakan Jaminan Mendapat Pembaca

Sebenarnya fitur pengikut sangat memudahkan bloger wordpress.com untuk mendapatkan pembaca yang sebenarnya. Selama aktif me-like dan berkomentar di blog lain, pasti jumlah pembaca untuk konten baru akan bergelimang.

Itu juga berarti bahwa tidak perlu bersaing di mesin pencari untuk mendapatkan pembaca. Asalkan memiliki pengikut, kesempatan mendapatkan pembaca secara instan terbuka lebar bagi bloger manapun.

Lagipula mayoritas bloger wordpress.com tidak suka bermain SEO. Mereka tipe santai jika menyoal jumlah pengunjung. Dan jika boleh menilai, mungkin hubungan yang terjalin lebih mengedepankan sisi emosional dibanding kualitas tulisan.

Tidak peduli betapa jelek tulisan jika dilihat secara tata bahasa atau pun hanya menulis cerita-cerita keseharian secara sederhana, pasti ada saja yang membaca, me-like, dan berkomentar.

Mungkin mindset yang terbentuk adalah sesama bloger wordpress.com harus saling menghargai. Jadi, rata-rata bloger biasanya akan membaca konten-konten baru dari blog yang mereka ikuti secara sukarela.

Menjaga Pengikut agar Tetap Setia

Orang mengikuti bloger lain agar tidak ketinggalan tulisan-tulisan terbaru bloger yang bersangkutan. Sayangnya, kadang-kadang aku takut pengikutku akan bosan dengan tulisanku dan tidak mau lagi mengklik tulisanku di wordpress reader mereka.

Karena frekuensi updateku terlalu sering. Maklum saja, tahun ini aku menantang diri sendiri untuk posting setiap hari. Hal tersebut sudah berlangsung selama lebih dari 6 bulan dan akan berakhir di akhir Januari 2018.

Biar bagaimana pun, takutnya judul-judul artikelku menganggu mood para pengikutku karena setiap hari dicekoki karya-karyaku.

Oleh karena itu, aku selalu mencoba menyajikan tulisan dengan gaya menulis yang berbeda-beda. Juga bergonta-ganti topik menulis setiap hari sehingga pembaca tidak mengalami kejenuhan.

Untungnya sejauh ini statistik pengunjung dan pageview tidak berkurang. Justru semakin bagus saja. Kalau hal ini bisa bertahan hingga aku menyelesaikan tantangan menulisku, maka aku pasti sangat bahagia.

Tetap Menulis untuk Diri Sendiri

Masalah besar yang sempat menyerangku adalah kebimbangan untuk memikirkan pembaca. Aku bingung apakah harus tetap menulis untuk diri sendiri seperti biasa atau mulai melakukan percobaan untuk kepuasan pembaca blogku.

Dan waktu itu aku mengatakan untuk tetap menulis dengan gayaku sendiri dan memilih memuaskan diri sendiri dulu.

Walau kadang-kadang aku juga memikirkan pembaca blogku, tetapi aku tetap menulis sesuatu yang membuatku senang.

Kini, walaupun aku sudah tahu bagaimana membuat konten yang dicari orang atau yang disukai pengikutku, aku tetap saja egois. Padahal seharusnya penulis harus mampu menyusun konten-konten yang telah disesuaikan dengan target pembacanya.

Biarlah. Kalaupun tidak ada yang membaca lagi atau statistik turun, itu tidak akan menghentikanku untuk terus menulis. Karena aku selalu menikmati tulisanku sendiri.

Itulah sebabnya mengapa aku hanya ingin menjadi penulis amatir dan bukan penulis profesional.

Bagaimana dengamu? Berapa jumlah pengikutmu dan apakah sudah puas dengan jumlah tersebut? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

49 tanggapan untuk “Wow… 1000 Pengikut Blog

  1. Hahaha, istilah “gantung laptop” kok kedengarannya lucu sekali ya?

    Selamat mas, saya rasa anda layak mendapatkan follower 1000 bahkan lebih.
    Saya sendiri nggak pernah bosan membaca tulisan-tulisan di blog ini, nggak tahu kalau yg lain, hehehe

    Suka

    1. Itu niru bloger lain. Saya pernah mbaca begitu istilahnya ha ha ha…..

      Wah terima kasih mas firman atas pengertiannya. Soalnya klo di kehidupan nyata itu saya cenderung membosankan. Takutnya pembaca lain juga merasa kebosanan dengan posting-posting saya. πŸ˜€

      Suka

  2. Kalo wawa blognya udh aktif sekitar 3 tahun jg mas, tapi yaa pengikutnya masih dikit..

    Tapi gapapa.. Tetap semangat nulis walaupun isinya masih banyak celoteh2 sederhana aja..

    Wa juga sering kepikiran pengen update 2/3 hari sekali supaya pembaca nggak bosan.. Soalnya sekitar sebulan ini hampir tiap hari posting tulisan baru. Kadang kasian sama pengikutnya. Takutnya jadi males bacanya..

    Suka

    1. Klo saya awalnya memang update setiap 2 atau 3 hari sekali saja. Cuma tahun ini sebuah pengecualian.

      Klo masalah pengikut selama aktif komen di blog lain dan melike pasti akan bertambah dengan sendirinya kok.

      Semangat menulis πŸ˜€

      Suka

  3. πŸ™‹πŸΌ <- Saya si wajah baru. Salam kenal Mas πŸ˜€
    Sungguh berdedikasi sekali, sehari satu tulisan. Gue aja yang bertekad sebulan sekali aja missed πŸ˜«πŸ˜… *Jangan bandingin Na, lo kan amatir. Oiya maaf*
    Tapi bener cih menulis buat diri sendiri saja, karena seperti kata bijak yang pernah gue ingat :
    "Teruslah menulis, karena sejarah bisa terukir dari sebuah tulisan. – by lupa"
    Eh, apa gue ngarang ya? πŸ˜… Ya intinya gitu lah.

    Suka

    1. Ya soalnya saya buat tantangan buat nulis selama setahun tiap hari satu. Kadang-kadang kewalahan sih atau nggak punya waktu. Klo sudah begitu paling nulis 500 kata saja.

      Ayo mas pasti bisa. Dulu saya ngikutin tantangan menulis 31 hari dan berusaha menyelesaikannya meskipun bersusah payah. Hasilnya saya cenderung punya kebiasaan menulis yang baik. πŸ˜€

      Suka

  4. Selamat nih mas atas pencapaiannya.

    Kalo saya baru aktif 8 bulanan,pengikut belum genap 50an.Tetapi itupun hanya sebagian yang aktif.Kayaknya hanya beberapa yang bisa konsisten ke depannya.Saya sendiri ragu apakah saya akan konsisten nantinya.Atau justru terseleksi alam.entahlah waktu yang kan menjawab.hhheeeee

    Suka

  5. Sudah kuduga psti ini bakal dijdikan mas Shiq4 postingan. Terakhir sy lihat kmrin waktu msh 996.

    Keren mas Shiq4. Tak slh klau sayapun turut mngucapkan slmat atas pncpaiannya. Kli ini postingannya tdk ada typo sedikitpun. Perfect.

    Meskipun sy sendiri tdk mengukur kesuksesan ngeblog saya dari jumlah pngikut, tp thn ini sy bertarget mndpt 500 pengikut. Ntahlah, sprti itu trget yg trllu tinggi, aplgi sy update seminggu skli. Skrg baru 200 lebih stlh ngeblog 9 bln lebih.

    Disukai oleh 1 orang

    1. Iya…. nggak tahu kenapa kok banyak dapat pengikut tahun ini. Dan akhirnya saya jadikan posting deh.

      Klo mencari pengikut dengan cepat bisa main ke blog yg ramai komentar mas desfortin. Kemudian klik nama2 komentator yg belum dikenal dan follow duluan. Biasanya nanti mereka bakal follow balik kok. Selamat berjuang mencari pengikut sampai 500 orang πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

  6. Waah kerennn!! Klo aku sih fol-nya msh 350an aja, masih kalah jauh 3x lipetnya dr bang Shiqa, tp aku sih santai, gada target punya brp bnyk fol, tp aku setuju klo di wordpress org lebih mentingin sisi emosional ketimbang kualitas tulisan hehehe.. brarti sbenernya ngefek ga sih semakin sering nulis bs dpt fol lebih banyak?

    Suka

    1. Kebetulan saya masih dalam proses penyembuhan sakit mas umammi. Saya cuma kerja maksimal sekitar 5-6 jam saja sehari. Jadi punya waktu lebih untuk mengelola blog. Klo sudah normal dan sembuh, mungkin saya akan mengalokasikan waktu untuk kegiatan lainnya πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s