7 Cara Menjadi Bloger Penuh Percaya Diri

Cara menjadi blogger percaya diri

Sumber gamba r: information-age.com

Ngeblog adalah hobi yang menakjubkan. Kita bisa membangun suku, mereka yang mau mendengarkan dan menikmati suara-suara bernilai yang kita publikasikan.

Kita bisa mempengaruhi orang untuk menjadi manusia yang lebih baik. Juga berbagi pengalaman. Atau sekadar berbagi pengetahuan untuk melakukan suatu hal dengan lebih efektif lagi.

Tapi tidak semua bloger mampu melakukan hal-hal luar biasa diatas. Karena mereka tidak punya kepercayaan diri yang cukup.

Ketika bloger berbagi dan tidak percaya diri, maka audiens tidak akan percaya dan ragu-ragu. Bahkan bisa membunuh bloger bersangkutan sebelum bloger tersebut menyuarakan nilai-nilai yang dianutnya. Berhenti ngeblog begitu saja sebelum menikmati permainan yang sebenarnya.

Saya tahu itu karena saya pernah mengalaminya. Saya tidak punya keahlian apapun sehingga tidak punya topik untuk ditulis ketika memulai semuanya. Bukan siapa-siapa dan tidak punya pengaruh. Dan tentu saja, kemampuan menulis saya benar-benar payah karena hanya mampu menulis 200 kata saja. Itu pun sudah dengan segenap kemampuan.

Tetapi sekarang keadaan benar-benar berubah. Kepercayaan diri saya jauh lebih baik. Dan saya merasa bahwa suara-suara saya didengarkan audiens dan mampu mengerakkan mereka untuk menjadi manusia yang lebih baik.

Jika Anda bloger baru atau bloger yang masih tidak percaya diri, maka cara-cara berikut akan membantu Anda menemukan kepercayaan diri yang Anda butuhkan :

1. Tidak Ada yang Salah dengan Menerjemahkan Konten Luar

Karena saya bukan ahli, karena kemampuan menulis saya payah, dan karena tidak punya cukup ilmu dan pengalaman, di masa-masa awal membangun blog Shiq4 saya sering menerjemahkan konten-konten berbahasa Inggris.

Itu merupakan cara termudah untuk menghasilkan konten berkualitas. Tanpa berpikir dan hasilnya pun terjamin.

Anda bisa melakukannya jika masih ragu dengan kemampuan Anda memproduksi konten-konten berkualitas. Selama Anda mencantumkan sumber terjemahan di akhir postingan.

Ini bukan tindakan ilegal. Lihat saja bagaimana portal-portal berita besar menggunakan cara ini untuk update secara rutin dalam jumlah besar.

Yang sangat perlu Anda perhatikan adalah sebelum Anda menerjemahkan suatu konten, sangat perlu melakukan pengecekan di mesin pencari : Apakah sudah ada yang menerjemahkan konten tersebut?

Jika sudah ada, maka cari konten lain. Karena penerjemah pertama yang selalu menang. Yang kedua dan seterusnya akan dicap sebagai duplikat konten.

Seiring berjalannya waktu, Anda akan lebih percaya diri dalam mengelola blog. Sampai saat itu tiba, strategi menerjemahkan sangat efektif untuk terus memublikasikan konten.

2. Jarang Ada Yang Mengatakan Hal-Hal Buruk

Masalah yang selalu dihadapi para bloger adalah takut tulisannya jelek atau takut melakukan kesalahan dalam menyampaikan informasi. Atau takut dikritik dan dibully.

Bagian terbaiknya, itu hanya ilusi saja. Selama tiga tahun ngeblog, mayoritas komentar yang masuk merupakan kata-kata positif yang justru meningkatkan rasa percaya diri. Jadi, tidak ada gunanya terus khawatir tentang apa yang dipikirkan orang lain atau apa yang akan mereka katakan di kotak komentar.

Paksa diri untuk terus produktif. Pilih topik-topik yang sederhana dulu. Saat Anda sudah mahir menulis, Anda bisa mengangkat topik yang lebih rumit lagi.

Meskipun nantinya ada komentar yang buruk, sesuatu yang membuat hari Anda menjadi buruk, tanggapi dengan bijaksana dan buktikan bahwa Anda bisa menjadi lebih baik lagi di masa depan.

Sudah bukan rahasia lagi, mereka yang suka mengatakan hal-hal buruk biasanya tidak punya kehidupan yang menyenangkan. Jadi, jangan diambil hati dan tetaplah berkarya.

3. Baca Informasi yang Anda butuhkan

Sangat manusiawi jika bloger-bloger baru merasa rendah diri di bulan-bulan pertama mulai ngeblog. Karena kurang pengalaman dan tidak punya pengetahuan tentang ngeblog.

Oleh karena itu, jangan malas untuk membaca informasi-informasi yang sekiranya dapat membantu Anda menjadi bloger yang lebih baik lagi.

Pelajari SEO, Cara menulis konten yang baik, atau cara berteman dengan bloger lain. Kemudian aplikasikan apa yang Anda baca dalam kegiatan ngeblog sehari-hari.

Walaupun hampir pasti akan mengalami trial dan error, itu merupakan harga yang dibayar untuk menjadi bloger-bloger berpengalaman. Sebagai gantinya, Anda akan mengetahui mana yang bekerja dengan baik dan mana yang tidak.

Dengan begitu Anda akan lebih percaya diri seiring dengan keberhasilan dan kegagalan yang Anda alami. Pastikan juga Anda punya mindset yang benar ketika belajar segala seluk beluk ngeblog agar Anda tidak mudah menyerah dan mengatakan bahwa Anda tidak berbakat menjadi bloger.

4. Tetapkan Target yang Realistis

Setiap tahun saya selalu menetapkan target yang realistis untuk dicapai. Selain untuk mengevaluasi diri secara konsisten, target yang jelas akan memacu saya untuk mengeluarkan kemampuan terbaik yang saya miliki.

Sejauh ini hampir semua target tahunan saya selalu tercapai. Karena saya merencanakan dengan seksama dan menjalankan semuanya dengan hati-hati. Dan tentu saja, di akhir tahun, ketika saya mendapati semua target saya menjadi kenyataan, kepercayaan diri saya meningkat dengan sendirinya dan mulai menyusun target yang lebih besar lagi.

Sangat penting untuk menetapkan target yang realistis dan bukan target yang terlalu besar. Ini berkaitan dengan bagaimana Anda menilai diri sendiri. Seberapa besar kemampuan ngeblog Anda? Berapa lama waktu yang Anda investasikan? Dan berapa banyak dana yang Anda miliki?

Target yang tinggi mungkin akan membuat Anda sangat antusias dan bersemangat di masa awal. Namun ketika hal tersebut tidak terealisasi, Anda akan menjadi lebih malas dan pesimis tentang masa depan blog Anda. Jadi, tetapkan target yang realistis bagi diri sendiri.

5. Tulis Semua Pencapaian Anda

Menulis pencapaian bukan bentuk kesombongan, namun merupakan cara untuk menghargai setiap hasil yang kita peroleh.

Sejak awal mendirikan blog, saya paling suka menuliskan pencapaian-pencapian yang saya dapatkan. Mulai dari jumlah postingan, jumlah pengunjung, maupun jumlah komentar yang saya peroleh secara berkesinambungan.

Menulis pencapaian bisa memotivasi diri untuk mendapatkan pencapaian yang lebih besar lagi. Juga membuat saya percaya diri. Karena saya tahu bahwa blog yang saya kelola berkembang ke arah yang lebih baik meskipun hanya mendapatkan pencapaian-pencapaian kecil.

Jangan malu meskipun itu terlihat sangat kecil bagi pembaca Anda. Saya pernah menulis cara mendapatkan ribuan pengunjung per bulan atau mendapatkan 70 pengunjung dari komentar.

Karena hal-hal tersebut membuat saya senang. Justru dengan menuliskannya saya mampu lebih percaya diri karena menyampaikan kejujuran dan bukan menulis pencapaian-pencapaian luar biasa yang tidak saya dapatkan.

Ketika bloger mampu menjadi diri sendiri dan mampu menghargai hasil diri sendiri, saya rasa pencapaian apapun pantas dirayakan dan tidak mungkin perasaan rendah diri muncul. Setidaknya hal tersebut bekerja dengan baik untuk saya.

6.Gunakan Informasi dari Blog Otoritas untuk Menopang Ide Anda

Sebagai bloger baru, masalah terbesar mungkin adalah ketidakpercayaan diri muncul karena kita bukan ahli dalam bidang yang kita angkat.

Rasanya pasti sangat tidak enak menulis opini atau apapun. Takut tidak dipercayai oleh pembaca. Bukankah begitu?

Jika Anda mengalaminya, maka jalan satu-satunya yang tersedia adalah melakukan riset dan mencari informasi-informasi dari blog otoritas untuk menopang ide-ide menulis Anda.

Maka ucapkan selamat tinggal pada perasaan rendah diri. Sekalipun tulisan di blog Anda ditulis oleh orang yang bukan siapa-siapa, tetapi jika informasi yang Anda tuliskan berasal dari blog-blog terkenal, hampir pasti kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan.

Dan Anda tidak perlu lagi mencemaskan bagaimana pendapat pembaca akan tulisan-tulisan yang telah Anda publikasikan.

7. Tulis untuk Diri Sendiri Dulu

Sejujurnya saja, Anda tidak bisa menyenangkan semua orang. Itulah mengapa sebagian pemasar dan bloger profesional membuat persona, karakter orang-orang yang ditargetkan mengkonsumsi konten mereka.

Tapi hal semacam itu butuh riset mendalam dan waktu yang tidak sedikit. Juga skill menulis yang mumpuni. Jika Anda berpikir untuk melakukannya sementara Anda belum cukup berpengalaman dalam ngeblog dan belum mahir menulis, Anda tidak akan kemana-mana.

Saran saya adalah menulislah untuk diri sendiri dulu. Buat diri Anda menjadi persona. Tulisan seperti apa yang ingin Anda nikmati dan belum ada di blog lain?

Hanya dengan menjawab sebuah pertanyaan di atas, saya telah berhasil menciptakan ratusan konten.

Berbeda dengan menulis untuk orang lain, beban menulis untuk diri sendiri jauh lebih ringan. Anda akan lebih percaya diri karena Anda memakai diri sendiri sebagai model kualitas.

Kesimpulan

Kepercayaan diri sangat penting bagi bloger agar punya hasrat dan semangat menyampaikan suara-suara mereka dengan leluasa dan lebih jelas.

Jika Anda merasa tidak punya kepercayaan diri, tentu itu masalah yang besar.

Namun saya yakin Anda bisa mendapatkan kepercayaan diri yang tinggi jika mengaplikasikan 7 cara di atas secara terus menerus.

Apakah Anda masih belum percaya diri? Mengapa? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

18 tanggapan untuk “7 Cara Menjadi Bloger Penuh Percaya Diri

  1. Trafik yang naik turun kadang bikin gak pede mas.mana susah banget dapet komentar dari pengunjung google..hheee

    Nomor 8 harus sering dpraktekin nih mas,selama saya nulis di wordpress.Kebanyakan saya tujukkan untuk diri sendiri.Makanya pembahasannya kadang sedikit aneh.hhee

    Btw makasih mas tipsnya..

    Suka

    1. Klo trafik sesekali gunakan keyword tools untuk mencari kata kunci potensial. Dan usahakan duduk di peringkat pertama.

      Sampai sejauh ini saya sendiri mayoritas menulis untuk diri sendiri. Biar lebih bahagia saja. πŸ˜€

      Suka

        1. Masuk ke google adword, trus masukin kata kuncinya. Nanti keluar pencarian bulanan. Cari yang pencariannya rendah dan spesifik biar bisa masuk halaman pertama google. Klo perlu tambahkan backlink. πŸ˜€

          Suka

  2. Nice info banget masbro..

    Btw poin 1 pada kalimat “Jika sudah ada, maka cari konten lain. Karena penerjemah pertama yang selalu menang. Yang kedua dan seterusnya akan dicap sebagai duplikat konten.” maksudnya kayak gimana ya? Tulisan kita di cap duplikat gitu?

    tingkyuuuuh

    Suka

    1. Seperti kopas mbak maya. Terjemahan pasti nggak jauh beda. Klo ada dua atau tiga situs yg menerjemahkan konten yg sama, hampir pasti google akan menilai seperti konten copy paste karena isinya pasti tidak jauh berbeda. πŸ˜€

      Suka

      1. Aku biasa kopas kalau ayat2 al qur’an. Artinya bakal ketahuan dari gugel dong? hahahaha..

        Oh iya, di kampus sini juga lagi marak2nya mengungkap tulisan yg mengandung plagiat. Misalnya gini loooh, pan kalau misal mengangkat tema gizi buruk, pastinya artikel A-Z pastinya ttg gizi buruk jg. Kalau misal d upload, google menemukan bahwa tulisan tersebut hasil kopi paste jg?

        Disukai oleh 1 orang

        1. Klo menulis ulang dengan susunan kata yg berbeda bisa lolos dengan mudah. Asalkan tidak kopas 80% lebih.

          Yang dimaksud plagiatkan mengakui karya orang lain sebagai ciptaan kita. Maka sangat penting untuk menyertakan link kalau mengutip atau mencantumkan referensi masih tidak apa-apa πŸ˜€

          Disukai oleh 1 orang

  3. 7 tips yg menarik, tampak begitu kredibel. Sip mas Shiq4.
    Kalau sy kdang rada msh blm pede, tapi kalau pakai stndar klimat Anda brikut ini, sy aminkan itu:

    “Berbeda dengan menulis untuk orang lain, beban menulis untuk diri sendiri jauh lebih ringan. Anda akan lebih percaya diri karena Anda memakai diri sendiri sebagai model kualitas.”

    Trmksh mas Shiq4, tips nya oke badai..πŸ‘πŸ‘

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s