8 Alasan untuk Tidak Berhenti Belajar Sepanjang Hayat

Alasan untuk tidak berhenti belajarSumber gambar : standrewsaline.org

Sejak kecil kita sudah dibiasakan belajar. Mulai dari tk hingga perguruan tinggi. Sayangnya, beberapa orang cenderung mulai berhenti belajar ketika mereka meninggalkan bangku pendidikan.

Tidak ada lagi kewajiban. Tidak ada lagi dosen yang memaksa untuk belajar. Dan tidak ada lagi ulangan setiap semester yang digunakan untuk menguji berapa besar pemahaman seseorang terhadap ilmu yang dipelajarinya.

Setiap orang, yang seharusnya sudah terbiasa belajar semestinya terus giat mencari ilmu meskipun sudah keluar dari bangku sekolah.

Menurut Linda Merrick dalam buku The Age of Learning Education and Knowledge Society, belajar merupakan kunci untuk memperoleh kemakmuran, baik kemakmuran individu, masyarakat atau bangsa secara keseluruhan. Investasi dalam bentuk “Human capital” akan menjadi keberhasilan dalam ekonomi global yang berpengetahuan pada abad 21.

Juga saya cukup yakin karena tokoh besar seperti Mahatma Gandhi pun pernah mengatakan :

“Hiduplah seolah-olah Anda akan mati besok. Belajarlah seolah-olah Anda akan hidup selamanya.”

Manusia harus punya prinsip untuk terus belajar sepanjang hidupnya. Berikut adalah alasan untuk tidak berhenti belajar sampai kapan pun :

1. Anda akan Menjadi Lebih Bahagia

Belajar mungkin sesuatu yang sulit dan sering membuat kita frustasi. Namun ketika dengan giat mempelajari sesuatu, kemudian kita menjadi lebih mahir dan mendapatkan pencapaian tertentu, maka hasilnya pastilah sebuah kebahagiaan.

Menurut US News :

“Pikiran Anda mungkin hal paling dekat dengan Holy Grail umur panjang dan kebahagiaan. Pendidikan telah didokumentasikan secara luas oleh peneliti sebagai satu-satunya variabel yang terkait langsung untuk meningkatkan kebahagiaan dan umur panjang.”

Tentu sumber kebahagiaan bisa bermacam-macam. Namun tidak ada yang lebih baik dibanding dengan kebahagiaan karena berhasil menguasai ilmu-ilmu dan pengetahuan baru yang bisa kita gunakan untuk menjalani kehidupan dengan lebih baik lagi.

2. Bersiap Menghadapi Berbagai Tantangan

Dunia bergerak dengan cepat. Mereka yang tertinggal akan kesulitan untuk menghadapi tantangan-tantangan terbaru di masa depan apapun pekerjaan atau bisnis mereka.

Sangat penting bagi semua orang untuk terus mengembangkan diri dan mempelajari segala sesuatu mengenai skill tertentu dan bisnis agar tetap memiliki daya saing dan bisa bertahan menghadapi berbagai tantangan.

Karena dunia ini memang keras. Tanpa ikut berkembang dengan kemajuan zaman, Anda akan digantikan oleh generasi-generasi baru cepat atau lambat. Dan tentu saja, akan sangat mengherankan jika Anda tidak bersiap sekarang juga dan hanya menunggu nasib yang kemudian berakhir dengan menjadi penonton kesuksesan orang lain.

3. Menjadi Pribadi yang Rendah Hati

Jika Anda berpikir bahwa orang yang pintar dan cerdas akan menjadi sombong, maka itu sesuatu yang harus diluruskan.

Mereka yang terus belajar justru akan semakin rendah hati karena menyadari bahwa masih begitu banyak yang tidak mereka ketahui tentang berbagai hal di dunia ini.

Sekalipun mereka lebih unggul dibanding dengan orang lain, mereka jarang bersikap sombong dan merendahkan jika mereka benar-benar memahami hakikat belajar sepanjang hayat.

Orang yang rendah hati tidak ingin tampil hebat dan terlihat lebih hebat di mata orang lain. Justru mereka punya kesadaran untuk membuat orang lain menjadi terlihat lebih hebat dibanding diri mereka.

4. Anda akan Menjadi Guru yang Baik

Seorang pembelajar yang baik tahu bahwa tidak ada orang yang bebal dan dungu atau terlalu bodoh untuk belajar. Karena ia tahu betapa sulitnya mendapatkan pemahaman ketika mempelajari sesuatu.

Selain itu, mereka akan sadar bahwa metode belajar yang terbaik adalah dengan mengajarkan apa yang mereka pelajari kepada orang lain. Setiap mereka berusaha mentransfer ilmu, mereka tahu bahwa mereka juga aktif belajar. Agar hafal materi di luar kepala dan mendapatkan wawasan yang lebih dalam.

5. Belajar Membuat Kehidupan Anda Tidak Membosankan

Bayangkan jika Anda melakukan rutinitas yang sama setiap hari. Itu bukan isapan jempol semata karena masih banyak yang mengalami kebosanan dalam hidup dan tidak tahu harus berbuat apa.

Mempelajari sesuatu hal yang baru akan membuat Anda merasa hidup. Anda akan mendapatkan pengalaman baru, teman-teman baru, atau wawasan-wawasan baru, dan yang terpenting tantangan-tantangan baru.

Lalu ucapkan selamat tinggal kepada kebosanan. Karena Anda bisa mempelajari apapun yang berharga menurut Anda ketika Anda merasa antusias dan punya waktu untuk melakukannya.

6. Menjadikan Pikiran Anda tetap Sehat

Sama seperti halnya otot, pikiran perlu dilatih secara rutin agar terbiasa berpikir. Selain bisa mencegah penyakit lupa dan Alzheimer, pikiran yang aktif bisa sangat berguna ketika Anda menemui hambatan dan masalah dalam hidup.

Karena sudah terbiasa menggunakan pikiran untuk terus belajar, Anda akan tetap tenang dan mencari solusi paling aman untuk setiap permasalahan yang menerpa Anda. Bahkan mungkin Anda akan lebih mudah menemukan berbagai alternatif jawaban atas setiap permasalahan yang ada.

7.Menjadi Pribadi yang Lebih Bijaksana

Belajar tidak harus dari buku. Anda bisa belajar dari pengalaman di masa lalu maupun pengalaman orang lain. Semakin banyak pengetahuan, pengalaman dan ilmu yang Anda kuasai, maka Anda akan menjadi pribadi yang lebih bijaksana.

Tentu hal tersebut akan berdampak langsung terhadap kehidupan Anda. Anda akan mampu mengambil tindakan yang tepat dalam segala macam situasi dan mampu menjaga pikiran tetap positif.

Seharusnya semakin tua umur seseorang, maka semakin santun ucapan dan tingkah lakunya. Jadi, jangan malas belajar dan jadilah padi yang merunduk karena semakin berisi.

8. Menjadi Semakin Percaya Diri

Meluangkan waktu untuk belajar secara rutin dan mendapatkan informasi-informasi terbaru akan merangsang otak Anda untuk melakukan segala sesuatu yang telah Anda pelajari dengan baik.

Anda akan bersinar dan mampu mendapatkan berbagai pencapaian dalam hidup yang akan membuat Anda menjadi percaya diri.

Selain itu, Anda bisa menjadi orang yang menyenangkan untuk berbagai orang dengan berbagai latar belakang. Karena Anda dengan mudah menemukan berbagai topik menarik untuk dibicarakan.

Apakah Anda punya alasan lain mengapa terus belajar sampai saat ini? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

27 tanggapan untuk “8 Alasan untuk Tidak Berhenti Belajar Sepanjang Hayat

  1. Setuju dg postingan ini. Kita harus terus belajar, tentu bljar melakukan kebaikan, bkn sbaliknya. Karena bljar itu penting, itu sebabnya perlu long life learning (bljar spnjang hayat), dan tdk ada kata terlambat utk bljar slma nafas masih di kandung badan.

    Selain itu, sy prcya bahwa ciri org yg rendah hati itu psti suka bljar, bljar, dan bljar. Karena itu, sy suka dg kalimat shiq4 yg ini,
    “Orang yang rendah hati tidak ingin tampil hebat dan terlihat lebih hebat di mata orang lain. Justru mereka punya kesadaran untuk membuat orang lain menjadi terlihat lebih hebat dibanding diri mereka.”

    Tanpa bermaksud melebih-lebihkan, Shiq4 telah memberikan tladan yg baik dlm hal bljar. Sy mlihat itu dari stiap cara atau idenya dlm menulis.

    Oya, sy lg bljar jg ni mas Shiq4, bbrp minggu k dpn, sy akn disibukkan dg tugas profesi ni, berasa kyak jd mahsiswa tingkat akhir lg, huhu…

    Ok, hidup bljar..

    Suka

    1. Wah terima kasih mas desfortin atad apresiasinya. Sebenarnya saya juga masih belajar menerapkan belajar sepanjang hayat. Di atas merupakan materi yg susun dalam rangka belajar.

      Semoga sukses dengan tugas profesinya πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

    1. Benar mbak Grant. Klo kita sudah antusias dengan materi belajarnya karena kita punya passion atau sesuatu yang kita sukai, semuanya akan menjadi lebih asyik dan menyenangkan. πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s