Kelebihan dan Kekurangan Membuat Blog Bertopik Tips Ngeblog

Topik tips ngeblogSumber gambar : rendia.com

Salah satu topik terpanas di internet adalah tips ngeblog. Karena peminatnya atau pasar tidak pernah sepi seiring popularitas ngeblog sebagai lifestyle.

Bloger profesional dalam topik apapun hampir pasti mencari hack dan tutorial untuk mempermudah mengelola blognya. Sementara bloger amatir, mereka ingin mendapatkan lebih banyak pembaca untuk karya-karya mereka atau ingin mencari tips-tips sederhana yang mampu menumbuhkan kebahagiaan ketika ngeblog.

Tutorial ngeblog bertebaran. Mulai dari cara meningkatkan pengunjung hingga membangun backlink.

Bukankah membangun blog dengan niche tips ngeblog merupakan jaminan popularitas?

Ada cukup banyak potensi pengunjung. Mudah menulis artikel seiring berjalannya pengalaman ngeblog. Atau Anda bisa terlihat keren sebagai ahli di topik tersebut.

Tapi…Itu tidak mudah. Di postingan kali ini saya ingin membicarakan kelebihan dan kekurangan mengangkat topik tips ngeblog berdasarkan pengalaman saya.

Agar Anda mampu menimbang kemampuan Anda dan membuat keputusan apakah Anda ingin berjuang mengangkat tips ngeblog sebagai niche Anda atau melupakannya dan mencari topik yang lebih bagus.

Kesempatan atau Jebakan?

Walaupun topik ngeblog merupakan topik panas yang siap meledak kapan pun, tetapi sejauh yang saya amati, masih jarang ada blog yang benar-benar menjadi otoritas di topik tersebut dalam bahasa Indonesia.

Itu sebuah kesempatan. Jika Anda mau rutin menginvestasikan waktu membangun brand sebagai blog otoritas di topik tersebut, maka Anda bisa sukses besar.

Dan tidak terbayangkan berapa banyak pengunjung loyal yang bisa Anda panen mengingat tips ngeblog merupakan topik sejuta umat yang begitu banyak dicari.

Di bagian buruknya, saya telah melihat begitu banyak blog yang mencoba melakukannya dan berakhir dengan kegagalan.

Ini semacam pertaruhan, apakah Anda melihatnya sebagai kesempatan atau jebakan.

Kesempatan karena saya masih melihat banyak sudut pandang atau opini yang belum banyak diangkat ke permukaan. Lihat di blog berbahasa Inggris dan Anda akan menyadari apa yang saya maksudkan.

Namun bisa pula menjadi jebakan. Dengan begitu banyaknya contoh kegagalan, walaupun terlihat sederhana, tema tips ngeblog bukan sesuatu yang bisa dengan mudah diangkat. Anda pun bisa berpeluang gagal jika melihat track record bloger-bloger Indonesia yang mengangkat topik tips ngeblog.

Ikuti Passion Anda!

Nasihat yang sering dibombardir oleh bloger-bloger berpengalaman adalah :

“Ikuti Passion. Bukan uang.”

Jika membangun blog berdasarkan kesukaan, maka besar kemungkinan uang akan mengikuti. Namun bertujuan menghasilkan uang dan memaksakan diri mengangkat topik panas, Anda akan hangus.

Kesalahan yang sering dilakukan dan terus terjadi adalah sebagian bloger merasa ia punya passion di topik tips ngeblog. Namun seiring berjalannya waktu, mereka akan menyadari bahwa itu bukan passion mereka.

Hal tersebut menyerang siapa saja. Terutama bloger-bloger pemula yang baru mengenal blog.

Karena rasa penasaran itu bersemayam, karena mereka ingin mengembangkan blog dengan cepat, atau karena mereka tahu bahwa blog mampu menghasilkan uang, mereka menghabiskan hari-hari dengan membaca tips-tips ngeblog.

Lakukan secara rutin dan Anda akan merasa mengetahui segalanya tentang blog. Dan tentu saja, biasanya korban semacam itu tidak ragu untuk mencoba membuat blog bertopik tips ngeblog.

Percayalah…. saya telah melihat begitu banyak blog berbahasa Indonesia yang mengangkat topik tips ngeblog dan diam di tempat. Bahkan sebagian besar terbengkalai.

Membaca dan mempraktikan adalah dua hal yang berbeda. Manakala Anda punya kebijaksanaan untuk mampu memahami keduanya, Anda tidak akan menjadi korban yang merasa bahwa tips ngeblog merupakan passion Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Mengangkat Topik Tips Ngeblog

Bagi Anda yang merasa benar-benar memiliki passion atau punya sedikit kegilaan untuk membangun topik tips ngeblog, berikut adalah kekurangan dan kelebihannya agar Anda tidak ragu membuat keputusan, apakah akan melanjutkan atau akan mencari topik lainnya :

Kelebihan Topik Tips Ngeblog

Berikut adalah berbagai kelebihan yang ditawarkan jika Anda punya keberanian untuk mengangkat topik tips ngeblog dan belajar menjadi ahli di bidang tersebut :

1. Potensi Pengunjung Melimpah

Kegiatan ngeblog akan masih dan terus populer di tahun-tahun mendatang. Itu berarti pasar akan terus ramai karena orang-orang yang baru belajar ngeblog akan mencari tips-tips hangat yang mereka butuhkan.

Kondisi ini tidak akan banyak berubah di masa depan. Bahkan menurut saya kebutuhan konten-konten tips ngeblog akan semakin meningkat seiring jumlah orang-orang yang berminat menulis di internet.

Artinya, siapapun berpeluang mendapatkan trafik tinggi jika mampu memenuhi kebutuhan pasar tersebut.

2.Mudah Membangun Backlink

Karena begitu banyak blog-blog yang membahas topik ini, walaupun belum cukup populer di internet, itu berarti kesempatan Anda akan terbuka lebar untuk mendapatkan backlink-backlink dengan cepat.

Ketika Anda menulis konten yang luar biasa bagus, bloger-bloger lain tidak akan ragu merekomendasikan tulisan Anda kepada audiens mereka.

Atau jika Anda ingin menjadi penulis tamu untuk mendapatkan tambahan trafik dan backlink berkualitas, Anda akan dengan mudah menemukan blog-blog dengan topik tips ngeblog di penjuru internet.

3. Persaingan Masih Belum Terlalu Ketat

Walaupun jumlah blog yang mengangkat topik tips ngeblog berlimpah, namun hampir sebagian besar memperebutkan kue-kue yang sama.

Masih begitu banyak sudut pandang yang terlewat. Masih begitu banyak tutorial yang belum diangkat. Dan tentu saja, masih banyak ide yang belum benar-benar digali secara mendalam.

Persaingan masih cukup terbuka lebar. Karena hanya dengan konten-konten standar dan blog gratisan, saya masih terus mendapatkan trafik dengan mengangkat tema-tema yang belum dibahas bloger lain.

Bayangkan jika Anda memiliki tim yang lengkap dan dana yang memadai, kesuksesan seperti apa yang bisa Anda capai?

4. Mudah Memproduksi Konten

Bagian yang paling menyenangkan adalah Anda tidak perlu banyak berpikir dalam menciptakan konten-konten yang Anda butuhkan untuk keperluan update blog. Karena Anda memiliki banyak pengalaman berharga untuk dibagikan seiring berjalannya waktu.

Ini seperti menulis buku harian. Anda tinggal mengingat-ingat apa saja yang sudah Anda lakukan dan apa saja yang membuahkan hasil memuaskan.

Tidak ada sakit kepala. Tidak ada kehabisan ide. Dan tentu saja, Tidak ada kesulitan dalam mengupdate blog secara rutin untuk bertahun-tahun ke depan.

5. Sangat Mudah Mencari Inspirasi

Mengalami writer’s block?Bingung mau nulis apa? Anda tidak akan lagi mengalami hal semacam itu ketika mengangkat tips ngeblog sebagai niche blog Anda.

Anda bisa menemukan blog-blog sejenis dan luangkan waktu menjelajahi blog tersebut, membaca konten-konten yang menarik, dan mendapatkan inspirasi yang Anda butuhkan.

Jika Anda punya kemampuan menulis yang mumpuni, maka tidak ada salahnya menulis ulang konten-konten yang sudah ada atau mencuri idenya. Selama bukan menjiplak dan menyusun dengan kata-kata Anda sendiri, itu merupakan tindakan terhormat yang boleh dilakukan siapapun.

6. Ada Begitu Banyak Ahli

Jika Anda kebingungan untuk mengutarakan opini tentang tips ngeblog, Anda bisa menerjemahkan blog-blog bahasa Inggris dan mengutip pendapat bloger-bloger kelas dunia sehingga opini Anda menjadi lebih hidup dan dapat dipercaya.

Atau Anda ingin mencover tema dimana Anda belum memiliki pengalaman di dalamnya, Anda tinggal merujuk pada pengalaman bloger-bloger kelas dunia dan menggunakannya sebagai anekdot dalam konten-konten Anda.

Selain itu, blog-blog bahasa Inggris sangat lengkap dan banyak penelitian yang bisa Anda gunakan untuk menopang ide-ide tergila yang pernah Anda pikirkan.

Kekurangan Mengangkat Topik Tips Ngeblog

Tips ngeblohg akan selalu menjadi topik panas. Tapi tahukah Anda mengapa banyak bloger yang gagal konsisten mengangkat tips ngeblog ?

Itu karena mereka tidak bisa melewati tantangan-tantangan berikut ini:

1.Butuh Lebih Banyak Kreativitas

Karena jumlah blog yang mengangkat topik ini sudah begitu banyak, maka Anda butuh begitu banyak kreativitas untuk menyusun konten-konten yang Anda terbitkan.

Tidak ada gunanya seandainya Anda hanya menulis sesuatu yang sudah sering dibahas oleh bloger lain tanpa perbedaan yang signifikan.

Ini merupakan kesalahan yang sering terjadi. Menulis tutorial yang sudah terlalu umum dan sudah diketahui oleh mayoritas bloger.

Apalagi jika blog Anda masih baru, tentu saja sebagian besar tema populer yang Anda inginkan butuh sentuhan kreativitas agar mampu bersaing dengan konten-konten bloger lainnya.

2. Anda Butuh Bukti Sebelum Menuliskannya

Bagian paling sulit di masa awal mengembangkan blog bertema tips ngeblog adalah membangun kepercayaan pembaca. Orang tidak akan percaya apa yang Anda katakan jika Anda belum membuktikan diri menggunakannya untuk blog Anda sendiri.

Butuh banyak percobaan. Sebagian akan berhasil dan Anda bisa berbangga hati dengan membagikan tips-tips mengembangkan blog. Namun akan ada juga percobaan gagal, sesuatu yang ingin Anda sembunyikan dari pembaca-pembaca Anda.

Walaupun terkesan mudah menulis tutorial, namun yang benar-benar mampu memikat hati pembaca merupakan tutorial yang sudah Anda lakukan dan mampu memberikan hasil.

Tulis tutorial yang belum Anda jalankan dan Anda benar-benar layak untuk ditertawakan.

3. Persaingan di Mesin Pencari akan Sulit

Berbeda dengan mengangkat topik lainnya, di mana biasanya SEOnya tidak terlalu ketat karena dilakukan bloger-bloger yang pengetahuan dan pengalaman SEOnya masih sedikit, topik tips ngeblog merupakan topik yang persaingannya ketat.

Rata-Rata bloger yang mengangkat topik tips ngeblog pasti sangat berpengalaman dan memiliki segudang pengetahun yang dibutuhkan untuk memenangkan persaingan.

Hal ini membuat persaingan di mesin pencari sangat ketat. Bahkan untuk kata kunci yang memiliki pencarian rendah sekalipun. Jadi, butuh sedikit usaha ekstra agar mampu memenangkan persaingan.

4. Strategi Mudah Ditiru Pesaing

Setiap kali Anda menulis tutorial, tentu akan lebih bagus jika menyertakan bukti keberhasilan Anda dalam melakukannya. Bagian buruknya, pesaing-pesaing Anda akan mengetahui rahasia Anda.

Ini seperti pesulap yang memberitahu rahasia dan trik sulapnya. Segera setelah pesaing Anda mengetahuinya, mereka tinggal menjiplak langkah-langkah yang Anda lakukan tanpa risiko apapun.

Bandingkan dengan Anda yang perlu berbagai trial dan error sebelum memperoleh hasilnya.

Apalagi jika pesaing Anda lebih hebat dalam menyajikan konten, maka merekalah yang akan mendapat pujian. Bukan Anda sebagai orang pertama yang menulis tutorial.

5. Sangat Sulit Untuk Menonjol

Tutorial atau tips ngeblog biasanya sangat spesifik dan itu-itu saja. Mungkin orang akan tetap membaca meskipun mereka sudah membaca tips tersebut di blog lain, namun seiring berjalannya waktu, jika tidak pandai menyusun konten, judul sebombastis apapun tidak akan menarik perhatian calon audiens Anda.

Artinya, jika Anda ingin menjadi menonjol dan memiliki brand yang bagus, butuh kerja sangat keras untuk membuat konten-konten menarik dan mendaur ulang tutorial yang bertebaran dengan bahasa yang mengesankan.

Terserah Anda

Sekarang Anda sudah tahu kelebihan dan kekurangan mengangkat topik tips ngeblog. Tergantung bagaimana Anda melihatnya, apakah itu sebuah kesempatan atau jebakan.

Seandainya Anda merasa mampu melewati tantangan-tantangan yang ada (kekurangan) dan percaya dengan potensi di dalamnya (keutungan), kemudian memiliki dana investasi yang cukup untuk membangun blog profesional dengan tim yang Anda butuhkan, maka saya optimis Anda akan meraih kesuksesan dan menjadi blog otoritas.

Bagaimana pun juga, saya cenderung berharap ada blog otoritas dalam topik tips ngeblog agar bloger-bloger Indonesia menjadi lebih baik lagi di masa depan.

Apakah Anda tertarik? Mengapa tidak dan mengapa ya? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

18 tanggapan untuk “Kelebihan dan Kekurangan Membuat Blog Bertopik Tips Ngeblog

  1. Topik tentang blogging tidak pernah habis gan. Selalu saja ada pembahasan tentang blogging ketika saya blogwalking. Bikin blog di wordpress juga tentang blogging, tapi kok ya saya rada tersendir dengan tulisan ente tempo ari.
    Saya merasa salah milih topik dengan ambil tema tentang blogging ini. Haah…

    Disukai oleh 1 orang

    1. Sebenarnya dulu saya juga masih acak adut mas waktu nulis tips ngeblog. Banyak yg hasil menerjemahkan. Namun seiring berjalannya waktu saya akhirnya punya pengalaman sendiri dan lebih leluasa menulis tips ngeblog 😀

      Suka

  2. Saya suka dg kalimat Anda yg ini:
    “Namun bertujuan menghasilkan uang dan memaksakan diri mengangkat topik panas, Anda akan hangus.”

    Intinya, tak perlu memaksakan diri kalau memang tdk mampu.

    Saya sendiri tidak tertarik untuk buat blog niche ttg tips ngeblog. Bagi saya, itu msh terlalu sulit. Klau hanya nulis sesekali, mungkin bolehlah. Saya tetap melihatnya sbgai kesempatan sekaligus jebakan.

    Aplgi setelah membaca kekurangan2 yg Shiq4 paparkan di atas, sy lebih baik menulis topik lainnya aja, dan lebih free klau nulis tema bebas (gado2).

    Trmksh mas Shiq4, bahasan Anda ttg tips ngeblog menurut saya ok punya, bhkan sy merasa bahwa blog shiq4 ttg tips ngeblog ini sngat berotoritas diantara blog berbahasa Indonesia lainnya yg mengangkat topik terkait.

    Suka

    1. Iya… beberapa topik panas butuh banyak riset untuk membuatnya mas desfortin agar kontennya menarik. Dan tidak semua orang punya passion besar untuk melakukannya.

      Saya sebenarnya awalnya cuma menerjemahkan saja konten tips-tips ngeblog. Untuk dipelajari. Kemudian sedikit demi sedikit berbagi pengalaman dan opini, eh malah saya menyukainya. Jadi klo belum tertarik belum tentu tidak bisa membuatnya.

      Wah terima kasih apresiasinya. Tapi ini belum otoritas karena masih begitu banyak isu dan tema yg belum saya cover 😀

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s