Peringatan : 10 Tanda Bahwa Anda Salah Memilih Topik Blog

Salah memilih topik blogSumber gambar : irondepaula.org

Daniel baru mengenal kata blog. Ia berpikir memiliki blog itu keren dan mencari lebih banyak informasi mengenai blog dan bagaimana menjadi bloger.

Setelah seharian menjelajahi internet, Daniel memutuskan untuk menjadi bloger. Apalagi fakta bahwa bloger bisa meningkatkan popularitas, menciptakan brand pribadi, dan tentu saja menghasilkan uang.

Daniel sangat antusias. Dia kemudian membuat blog, mendesainya agar tampak profesional, dan memulai petualangan ngeblog pertamanya.

Tapi setelah berbulan-bulan ngeblog, Daniel mendapati blog yang tetap sepi. Jangankan mulai berjualan atau menawarkan apapun, jumlah pengunjung tidak kunjung naik.

Daniel bingung. Ia telah melakukan banyak cara sesuai dengan petunjuk bloger-bloger profesional. Semua teknik dan action telah rutin ia aplikasikan, namun blognya tetap menjadi biasa-biasa saja.

Daniel mulai bertanya-tanya dan penasaran.

“Apa yang salah dengan blogku, bukankah sudah melakukan semua pekerjaan dengan sebaik-baiknya?”

“Apakah ngeblog itu tidak semudah teori-teori yang bertebaran di internet?”

atau…..

“Apakah aku melakukan kesalahan yang tidak perlu sehingga blog tidak kunjung populer?”

Jika Anda bernasib seperti Daniel, itu tidak ada hubungannya dengan takdir Tuhan atau kesialan. Mungkin Anda melakukan sebuah dosa besar dalam ngeblog : Salah memilih topik.

Jadi, mari mencari tahu apakah Anda merasa memiliki tanda-tanda berikut sebagai indikasi bahwa Anda benar-benar salah memilih topik blog sehingga blog Anda tidak menunjukkan perkembangan apapun :

1. Hanya Sedikit Komentar yang Masuk

Saya akan jujur kepada Anda. Jika Anda telah lama ngeblog dan jarang menghasilkan komentar, maka itu merupakan pertanda positif bahwa Anda telah salah memilih topik.

Idealnya, kalau Anda melakukan semua tugas ngeblog dengan baik dan memiliki sedikit trafik, seharusnya blog Anda mulai memanen komentar.

Mungkin topik yang Anda pilih tidak mampu membangkitkan keterlibatan pengunjung sehingga tidak ada seorang pun yang berkomentar.

Atau jika Anda yakin topik Anda merupakan topik yang menarik, silakan coba aplikasikan beberapa teknik yang merangsang pengunjung berkomentar. Dan seandainya masih tidak bekerja dengan baik, sepertinya Anda lebih baik memilih topik ngeblog yang lebih menarik lagi.

2.Tidak Ada yang Mencari Topik Anda

Kesalahan terbesar adalah menulis topik-topik yang jarang dicari oleh orang. Sebagus apapun konten Anda, semenarik apapun Anda mengemasnya, tanpa pencarian bulanan yang besar, semua yang Anda lakukan seperti menulis di atas pasir pantai.

Oleh karena itu, sebelum Anda membuat blog, sangat penting untuk mengumpulkan data-data pencarian bulanan dari tools-tools SEO berkaitan dengan kata kunci yang masih berhubungan dengan topik yang ingin Anda angkat.

Rekomendasi saya gunakan Google Keyword Planner untuk mencoba beberapa topik yang sering dicari oleh pengguna Google.

Segera setelah Anda menemukan topik yang memiliki banyak kata kunci potensial, buatlah blog profesional pertama Anda untuk mulai membangun kredibilitas di internet dan menjadi otoritas di topik tersebut.

3. Pikiran Anda Kesulitan Menemukan Ide Menulis

Tidak perlu terlalu jauh memprediksi nasib blog Anda di masa mendatang, cukup pikirkan “apakah saya sering kehabisan ide dan kebingungan mau menulis apa untuk keperluan update blog?”

Karena ngeblog selalu tentang menghasilkan konten-konten baru secara teratur. Anda tidak melakukannya, berarti Anda keluar dari permainan. Sesederhana itu.

Sering kehabisan ide merupakan tanda paling mudah untuk mengoreksi diri sendiri bahwa pengetahuan dan pengalaman kita belum cukup untuk digunakan sebagai modal menjalankan sebuah blog yang sukses.

Cari topik di mana Anda sudah punya pengalaman dan ilmu yang cukup sebelum terjun di dunia ngeblog agar peluang keberhasilannya semakin besar.

4. Tidak Ada Persaingan

Jadi, Anda berpikir akan lebih mudah sukses jika belum ada yang mengangkat topik yang Anda pilih?

Anda begitu antusias berjuang untuk menjadi yang pertama dan menghabiskan waktu untuk melakukan semuanya sendirian. Tapi risiko kegagalannya juga semakin besar.

Selain membutuhkan keputusan-keputusan yang tepat (tentu sulit dilakukan jika belum berpengalaman di dunia blog), memilih topik di mana tidak ada seorang pun yang mengangkatnya, meskipun pencariannya besar, akan sulit mengembangkan blog menjadi otoritas.

Karena jika tidak ada blog dengan topik sejenis, darimana Anda mendapatkan backlink? Di mana Anda mencari inspirasi menulis? atau di mana Anda akan mencuri ide-ide yang sudah teruji di pasaran?

Mungkin terdengar gila, namun jika Anda ingin menjadi yang pertama, maka siapkan mental dan dana yang tidak sedikit agar visi Anda benar-benar menjadi nyata.

Anda melakukannya seorang diri, Anda tidak akan pergi kemana-mana.

5. Tidak Ada Share Sama Sekali

Akan sangat wajar tidak ada share sama sekali ketika baru menciptakan blog. Tapi jika sudah berbulan-bulan online dan tidak menghasilkan share sama sekali, itu salah satu tanda bahwa topik blog Anda cukup membosankan bagi audiens.

Biasanya penyebabnya adalah konten Anda terlalu umum dan mudah ditemukan di situs-situs lainnya.

Ingat, bloger yang bagus adalah bloger yang mampu menulis tema di topik-topik populer dengan menghadirkan persepektif baru.

Lakukan hal tersebut dengan rutin dan Anda akan mulai menghadirkan pembaca-pembaca yang akan mendistribusikan konten Anda karena kebermanfaatanya.

6. Anda Merasa Bosan dan Tidak Termotivasi

Ngeblog tidak semudah yang Anda bayangkan. Setidaknya hal paling utama untuk membangun blog yang sukses dan populer adalah konsistensi.

Dan tentu saja, faktor yang paling mempengaruhi kekonsistensian adalah passion mengenai topik yang diangkat.

Karena ngeblog selalu butuh passion di dalamnya. Bayangkan betapa menderitanya bloger-bloger yang berjuang dan menyiksa diri sendiri dengan memaksakan diri menulis topik yang tidak mereka cintai. Hanya masalah waktu sampai mereka gagal.

Jadi, saran saya, dalam memilih topik blog usahakan untuk mengacu pada besarnya passion dalam suatu topik, bukan potensi menghasilkan uangnya.

Kecuali jika Anda punya dana besar untuk menyewa penulis-penulis berpengalaman di bidangya, Anda bisa memilih topik sesuka Anda.

7. Anda Malas Membaca Tentang Topik Blog Anda

Sejujurnya saja, penulis harus membaca agar mampu mendapatkan berbagai sudut pandang untuk menciptakan konten-konten terbaik.

Artinya, sebagai bloger, Anda sangat wajib belajar lagi mengenai topik pilihan Anda setiap waktu dengan membaca buku, majalah, konten-konten di internet, perkembangan penelitan terbaru, dan apa yang diterbitkan pemimpin pasar di topik blog Anda.

Kalau Anda merasa bahwa mengupdate pengetahuan adalah hal sia-sia dan malas Anda lakukan, mungkin sejak awal Anda telah salah mengira topik yang Anda pilih adalah passion Anda.

Mereka yang punya passion tidak akan pernah kehilangan antusiasme membaca perkembangan terbaru mengenai topik yang mereka angkat. Dan tentu saja, mereka punya kesadaran untuk terus belajar agar bisa membagikan lebih banyak ilmu pengetahuan kepada audiens mereka.

8. Anda Tidak Punya Buku Mengenai Topik yang Anda angkat

Berapa banyak buku yang telah Anda baca berkaitan dengan niche blog Anda?

Berbeda dengan konten-konten di internet yang singkat, buku merupakan kumpulan ilmu yang diulas secara mendalam oleh para profesional dan orang-orang yang sudah teruji di bidang tersebut.

Bahkan saya pesimis kepada bloger yang tidak pernah membaca buku berkaitan dengan topik yang mereka angkat karena pasti kontennya bukan pengetahuan yang luar biasa bagus untuk dibagikan atau konten yang hanya ditulis asal jadi tanpa melakukan riset sedikit pun.

9.Tidak Ada Komunitas

Selama ada komunitas di internet yang membahas mengenai topik blog Anda, artinya Anda berada di jalur yang benar.

Itu berarti cukup banyak orang yang tertarik dengan topik tersebut. Juga banyak anggota lainnya yang akan membantu Anda mengambil keputusan-keputusan yang tepat dalam menyajikan konten.

Jika Anda sudah mencari komunitas mengenai topik blog Anda di internet dan hanya ada satu dua saja, itu pertanda bahwa topik blog yang Anda angkat akan kesulitan menjadi populer dalam beberapa tahun ke depan.

Karena tanpa penyedia informasi dan orang yang membutuhkan informasi (di internet) akan sulit mengembangkan blog ke level yang lebih besar.

10. Tidak Ada Pengiklan di Facebook dan Google

Ingin tahu seberapa sulit atau mudah menghasilkan uang dari blog? Perhatikan iklan-iklan di facebook dan Google atau iklan di blog-blog mengenai topik yang sama dengan Anda.

Semakin banyak pengiklan, itu berarti Anda berada di dalam topik blog yang mudah di monetisasi.

Namun ingat, bukan berarti Anda harus melupakan passion dan fokus kepada uang. Anda harus realistis dan bijaksana untuk menyeimbangkan keduanya.

Artinya Anda memiliki passion di dalam topik dan setidaknya ada pengiklan mengenai topik tersebut.

Karena jika ada pengiklan, artinya topik tersebut sangatlah menguntungkan bagi keberlangsungan blog Anda dalam memonitise di masa depan.

Kesimpulan

Memilih topik blog yang tepat akan membuat blog Anda cepat berkembangan ke level selanjutnya. Sebaliknya, topik yang salah hanya akan membuahkan kegagalan tak peduli betapa keras Anda berusaha.

Tapi memiliki satu atau dua tanda di atas masih wajar jika Anda baru berpetualang di dunia blog dan hal tersebut masih bisa diperbaiki.

Namun jika Anda menemukan 5 atau 6 tanda di atas, itu merupakan peringatan keras untuk berhenti berjuang dan lebih baik memilih topik yang lebih baik lagi.

Apakah topik blog Anda sudah bagus? Apa topik favorit yang suka Anda baca? Bagikan di kotak komentar.

40 tanggapan untuk “Peringatan : 10 Tanda Bahwa Anda Salah Memilih Topik Blog

  1. Untuk trafik blog sebenarnya udah ada peningkatan,saya sudah cukup puas,tetapi untuk komentar hanya baru didapat dari sesama blogger wordpress.Berbeda ketika dulu make mywapblog,banyak banget pembaca dari mesin pencari yang ikut berkomentar.Padahal artikel dan topiknya sama.
    Takutnya ngelakuin 10 hal diatas nih.Walau tujuan saya ngeblog sekedar iseng-iseng dan menyalurkan hobi,tapi kalau stagnan trua lama-lama malah bosen sendiri ntar.hhhee
    Btw makasih mas ilmunya.

    Disukai oleh 1 orang

    1. Kalo komen dari yg Searh engine, cuma 1 dari 10.000. Percaya deh, itupun komennya pake kata yg agak vulgar. Dan trafik ya, lumayan, persainga?. Justru karena jarang yg fokus ke musik kemungkinan blog nomer 1 di search makin tinggi

      Disukai oleh 1 orang

      1. Iya..karna di wordpress kudu masukin email sgala macem juga kali ya.dlu di mywapblog ckup masukin nama,dah bsa kmentar.
        Iya,tapi skrang stus brta juga dah jadiin berita seputar musik ,n bahasan lagu buat featurenya.

        Disukai oleh 1 orang

    2. Saya konten-konten lama yg duduk di halaman pertama masih sering dapat komentar pengunjung mas. Mungkin karena topik ngeblog sehingga pengunjung bisa terhubung dengan baik.

      Klo mywapblog saya gak ngikutin. Kabarnya udah ditutup. Tapi kayaknya ada yg versi indonesia seperti MWB, yaitu mynextwapblog kayaknya.

      Disukai oleh 1 orang

      1. Artikel mas emang bagus dan inspiratif sih mas.Pembaca pasti bakal betah buat baca artikel yang lain juga.

        Iya,nextwapblog,dlu sya juga sempat bkin cuman buat nyari trik gratisan indosat.terus skarang lebih fokus ke wordpress.

        Suka

  2. Waduh topik blog saya masih campur2 ada yang banyak dicari ada yang jarang dicari.

    Topik favorit saya of course tidak lain dan tidak bukan adalah sepakbola. 😄

    Disukai oleh 2 orang

    1. Saya juga gado-gado mas firman. Klo saya sih nulisnya semau-mau saya. Cuma klo ada waktu luang sengaja nulis konten yg banyak dicari untuk meningkatkan statistik 😀

      Disukai oleh 1 orang

  3. Shiq klo blog dapat sedikit komentar ownernya jadi fokus utk bikin judul2 baru atau mengerjakan hal lainnya. Menurutku sih memang ada nichie tertentu yg memang difokuskan utk orang2 yg datang dari mesin pencari, tipe dr mesin pencari ini klo sdh dapat yg dicari ya pergi aja tanpa sudi komen. Atau blog berita terkini, habis baca ya pergi aja. Atau lagi blog-blog luar utk misal tema berkebun, parenting dll ga ada komennya krn memang ada blog/web yang memang enak buat dibaca-baca tanpa kita terbebani utk meninggalkan komentar.

    Btw bbrp waktu aku ga komen di postinganmu krn pernah aku komen sptnya masuk spam, kucoba mampir lain waktu namaku belum muncul juga 😀 . Barusan sblm ini tes ternyata masuk komennya.

    Disukai oleh 1 orang

    1. Yup, blog saya contohnya. Komennya kadang masuk spam karena kata-kata yg sering diulang atau terlalu pendek. Dan blog musik juga jarang yg bahas panjang lebar, jadi pengunjung cuma pergi gitu aja tanpa komeng meski pembahasan sampe ketulang rusuk musisi idola dia

      Disukai oleh 2 orang

    2. Iya mbak. Kadang saya juga kerepotan balas komentar yg masuk di postingan-postingan lama.

      Komentarnya mbak nella waktu itu masuk spam sama komentar beberapa bloger lain. Sudah saya keluarkan, cuma karena komentar yg saya keluarkan banyak sehingga bingung balasnya karena nggak tahu komentar di postingan yg mana he he he…. 😀

      Disukai oleh 1 orang

      1. Oohh syukur deh klo komenku sdh dilepas dr kurungan spam haha soalnya ada bbrp blog berhari-hari aku cek ulang ga muncul juga komenku, trus aku kadang pakai id lain misal Gplus, twitter dll, sayangnya ada bloger yg hanya bikin cuma id wp yg bisa komen, atau pernah ada cuma bisa komen pakai Gplus parahhh pdhl kan ga semua org punya gmail 😀 . Aku sering komen panjang, rada kesel kan klo ternyata komen ga muncul dan yg punya blogpun ga pernah cek spam box yasud next aku jadi baca2 ajalah. Sorry jd curhat kepanjangan 😉 .

        Disukai oleh 1 orang

  4. Sepertinya saya lagi berada di jalur yang salah nih mas shiq, waktu itu pernah mau buat yg agak profesional dikit tp ya gtu kayak bukan tulisan saya, hoho…
    Ini lagi belajar terus biar bisa nulis yang bermanfaat, bnyak yang cari, tp biar tetep dngan hati 😃

    Suka

    1. Nulisnya yg sesuai passion saja mbak kunu. Klo pinter nyari kata kuncinya, hampir pasti akan berpeluang mendapatkan lebih banyak pengunjung. Plus kebahagiaan kita bakalan terjamin karena menulis topik yg kita sukai. 😀

      Disukai oleh 1 orang

  5. Kalo wordpress.com kan susah komennya ga ada plug-in komen fb. Beda sama blogger, asal ada akun g+ dah beres. Yg jadi masalah cuma artikel yg saya tulis dengan susah payah dapat 10 view per-hari, sementara yg lain 10k view perhari

    Suka

    1. Di wordpress.com klo ingin nambah plugins mesti upgrade ke versi bisnis mas rahmad. Klo versi gratisan dan premium belum boleh nginstall plugins 😀

      Suka

    1. Klo enaknya di wordpress.com itu ada aplikasinya sehingga memudahkan saling komentar sesama pengguna wordpress.com. asalkan sering blogwalking, jumlah komentarnya bisa banyak kok 😀

      Disukai oleh 1 orang

  6. Saya paling suka dg klimat Anda yg ini:
    “Anda melakukannya seorang diri, Anda tidak akan pergi kemana-mana.”

    Itu sebabnya, sy berkata bahwa ngeblog itu emang perlu kawan, biar dpt perspektif baru, feedback atau sjnisnya.

    Jujur aja, berinteraksi dg Shiq4 sy sllu mndpt perspektif baru.
    So, mksh buat energi positifnya. Sykurlah, blog sy skrg tdk kesepian.

    Nah, kalau urusan topik, saya sih ap aj yg pnting msh bs sy phami dan sy suka nulisnya. Krn, mnulis sstu yg di luar kemampuan, bg sya, itu memang konyol dan bunuh diri.

    Suka

    1. Ya dinikmati saja mas desfortin menulisnya. Menulis sesuatu yg kita sukai dan kita pahami agar lebih mudah mentransfer pengetahuan tersebut ke orang lain 😀

      Disukai oleh 1 orang

  7. Yang ninggalin komen sih biasanya sesama blogger. Kecuali topiknya memang memberikan infromasi yg benar2 dibutuhkan pembaca. Komunitas memang sangat membantu untuk soal komen pada saat ini. Sayangnya, saya ikut jd anggota, tapi tetap pasif. Kembali lg ke niat awal, Ngeblog jangan sampai jd beban, tapi menyalurkan semua uneg2 dikepala dalam bentuk tulisan yg tidak menyinggung siapapun 🙂

    Suka

    1. Iya mbak salma ngeblognya nggak kebebanan kok. Kan nulisnya untuk bersenang-senang 😀

      Sama. Komentator terbanyak di blog saya juga dari bloger-bloger lain kok.

      Suka

  8. Topik blog saya benar-banar gado-gado hahaha. Mulai dari curhatan sampai cerpen dan puisi ada.. Yaa untuk sementara ini saya nge blog untuk merekam beberapa peristiwa yang saya ingin tidak terlupakan dimakan waktu 🙂

    Suka

    1. Sama mas, saya juga gado-gado dan nulis banyak hal dalam hidup. Ntahlah, saya kok begitu menikmati menulis akhir-akhir ini 😀

      Suka

Komentar ditutup.