FAQ : Mengapa Website Tidak Muncul di Google?

Ngeblog merupakan keharusan bagi perusahaan atau mereka yang berniat menghasilkan rupiah dari internet. Dan salah langkah awal untuk memonitize blog adalah berusaha mendapatkan trafik.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di Search Engine Watch, situs teratas akan mendapatkan 33% trafik, kemudian di posisi kedua 18% dan semakin menurun seiring posisi yang semakin turun.

Berikut adalah grafiknya :

Mengapa blog tidak muncul di google

Jadi, muncul di halaman pertama Google merupakan keharusan bagi setiap webmaster.

Permasalahannya adalah ketika Anda mengetikan kata kunci yang berhubungan dengan situs Anda dan tidak ada nama situs Anda di halaman hasil pencarian Google…..

Apa yang terjadi? Mengapa website saya tidak muncul di Google? Jika tidak melakukan apapun, hampir dipastikan bisnis tidak berlanjut.

Ada banyak kasus yang mengakibatkan sebuah blog atau website tidak muncul di Google. Namun secara umum, penyebabnya mungkin karena hal-hal di bawah ini :

1. Mesin Pencari Belum Mengindeks Blog atau Website Anda

Jika Anda baru saja membuat situs, maka sepertinya mesin pencari belum sepenuhnya mengindeks situs Anda.

Halaman pencarian merupakan urutan daftar konten terbaik dari situs-situs yang telah dicrawler (Indeks) oleh Google. Proses pengindeksan sendiri membutuhkan waktu.

Terkadang butuh beberapa hari atau minggu. Tidak ada yang tahu secara pasti bagaimana Google bekerja.

Anda bisa melakukan pengecekan dengan mengetik “site : NamaSitusAnda.com” tanpa tanda kutip.

Kalau Anda tidak menemukan halaman-halaman yang berasal dari situs Anda, maka besar kemungkinan situs Anda belum terindeks oleh mesin pencari Google.

Anda bisa mendaftarkan situs melalui link google.com/addurl/ agar web terindeks di Google.

Seandainya situs Anda sudah muncul ketika melakukan pengecekan dan kasusnya tidak muncul ketika Anda mengetikkan kata kunci, maka kemungkinan besar situs Anda kalah bersaing atau masih dalam Google sandbox karena terbilang masih baru.

2. Website Anda Memiliki Tags “no index”

Setiap webmaster memiliki kekuatan untuk memerintahkan mesin pencari untuk tidak melakukan pengindeksan terhadap situs milik mereka karena alasan tertentu.

Seandainya desainer Anda atau orang yang bertanggung jawab menambahkan kode tags “no index”, itu akan menjelaskan mengapa blog Anda tidak muncul di SERP Google.

Atau di setting blog telah Anda customisasi menjadi privat.

Cek kode-kode yang menyusun situs Anda dan settinganya dan pastikan tidak ada kode “no index”, agar web muncul di Google.

3. Website Anda Tidak Teroptimasi dengan Baik

Sebenarnya cepat atau lambat situs Anda akan didatangi oleh bot Google untuk dimasukkan ke dalam database mereka. Namun yang perlu Anda ketahui,bot Google tidak melihat konten sebagaimana manusia.

Untuk memastikan bot Google mengindeks dengan baik dan memberi peringkat yang tinggi, maka Anda harus memastikan meta tag, keyword density, ALT tags, dan kode-kode lainnya yang membantu bot Google mengenali konten-konten Anda.

Apakah Anda penasaran mengapa kata kunci tertentu tidak menampilkan situs Anda? maka perhatikan konten-konten di dalam situs Anda.

Apakah Anda sudah mengoptimasi situs Anda? Apakah kata kunci sudah ditempatkan di tempat yang benar? dan Apakah Anda sudah memuat kata-kata LSI untuk meningkatkan relevansi konten Anda dengan kata kunci yang Anda bidik?

Jika dilakukan dengan benar, maka mesin pencari akan dengan mudah mengenali isi situs Anda dan memberi peringkat di halaman hasil pencarian meskipun itu tidak berarti Anda akan muncul di posisi teratas atau halaman pertama.

4.Terlalu Banyak Gambar dan Flash

Mungkin situs Anda didominasi oleh gambar-gambar atau flash. Sayangnya, mesin pencari tidak mampu membaca atau melihat konten seperti itu sehingga kemungkinan besar situs Anda tidak akan pernah muncul di halaman hasil pencarian untuk kata kunci yang Anda targetkan.

Solusinya sederhana, jangan gunakan terlalu banyak flash di dalam situs Anda. Kecuali jika tujuan Anda memang untuk menciptakan seni dan Anda memiliki channel selain SEO untuk memasarkan konten-konten Anda.

Atau jika situs Anda merupakan situs yang penuh gambar, katakanlah sebuah situs fotografi, maka saya menyarankan Anda untuk menambahkan beberapa teks sekitar 300-500 kata agar situs Anda bisa muncul di halaman pencarian Google.

5. Konten Anda Tidak Berkualitas

Cara agar situs Anda muncul di halaman pertama adalah dengan menulis konten-konten berkualitas. Meskipun konten berkualitas tergantung subjektivitas, setidaknya Anda harus membuat konten yang detail dan mendalam yang mampu memberi nilai bagi pengunjung.

Anda bisa mengakses “Apa itu konten berkualitas?” untuk mendapatkan pemahaman yang jelas tentang standar yang diinginkan oleh Google sebagai mesin telusur nomor satu di dunia.

Juga pastikan konten Anda ditulis dengan baik dan menyebarkan kata kunci di beberapa tempat sehingga Anda bisa memenangkan persaingan dengan situs pesaing.

Namun perlu diingat, jangan menulis untuk mesin, melainkan untuk manusia. Pastikan readability konten Anda sudah bagus. Jika tidak, maka usaha apapun akan sia-sia karena faktor utama penentu peringkat di masa sekarang adalah user experience.

6.Kata Kunci yang Anda Bidik Terlalu Kompetitif

Kata kunci yang Anda bidik akan sangat menentukan seberapa keras usaha yang Anda butuhkan agar web milik Anda bisa tampil di halaman pertama Google.

Semakin tinggi kompetisinya atau semakin populer kata kuncinya, maka kesempatan Anda semakin kecil mengingat persaingannya sangat ketat dan biasanya dihuni oleh webmaster-webmaster berpengalaman.

Saran saya, mulailah dengan membidik kata kunci panjang yang persaingannya rendah. Saat Anda sudah mahir dan punya cukup dana, Anda bisa memasuki level Advance dalam SEO untuk berkompetisi di kata kunci populer.

7. Situs Anda Terkena Penalti

Google merupakan polisi di internet yang menegakkan aturan dan kebijakan tertentu agar terjadi kedamaian di dunia internet bagi penyedia informasi dan pengguna informasi.

Jika situs Anda terdeteksi melakukan kecurangan, maka Google akan menghapus situs Anda dari mesin pencari sehingga bagaiamana pun Anda mengoptimasinya atau mengetikan nama situs Anda, maka situs tetap tidak akan muncul.

Penyebab populer adalah karena menggunakan teknik black hat SEO. Jika Anda ingin berurusan dengan SEO, maka jangan sembarangan mengaplikasikan apa yang Anda baca tanpa pemahaman karena bisa jadi itu merupakan teknik-teknik terlarang.

Google juga membenci pencurian konten, perjudian, atau penyebaran software-software ilegal di internet. Jadi, jangan membuat konten semacam itu di situs Anda agar Google tidak mencap buruk terhadap situs Anda.

Kesimpulan

Memiliki website sendiri itu menyenangkan. Kita bisa berkontribusi untuk kehidupan yang lebih baik dengan berbagi ilmu dan pengalaman kepada orang lain.

Namun agar web kita muncul di Google, itu membutuhkan perjuangan yang tidak sedikit. Dan tentu itu mudah dilakukan jika Anda sudah memahami aturan SEO paling dasar.

Jika Anda masih baru dan kebingungan mengapa sampai sekarang situs Anda belum muncul di SERP Google, mungkin salah satu dari 7 hal di atas adalah penyebabnya.

Lakukan langkah-langkah yang saya sarankan dan Anda akan baik-baik saja.

Apakah Anda punya pertanyaan lain berkaitan dengan SEO? Bagikan di kotak komentar (Mungkin akan saya jawab di postingan tersendiri jika butuh penjelasan yang lebih panjang).

10 tanggapan untuk “FAQ : Mengapa Website Tidak Muncul di Google?

  1. Wah keduluan nih topiknya yg mau saya tulis udah dipublish sama agan. Hehehe…
    Klo diperhatikan website perusahaan di Indonesia emang ga banyak yang bikin blog. Cukup terbit website lalu promosi di medsos rata-rata strateginya. Padahal modal di blog aja mungkin bisa ngurangin biaya iklan di medsos.

    Suka

    1. Ditulis aja gan klo udah punya konsepnya, kan nanti bisa buat rujukan juga bagi bloger lain.

      Di indonesia memang rata2 media dan perusahaan belum menggunakan content marketing. Karena kesulitan menemukan expert dibidang tersebut. Sedangkan untuk sosial media, karena rata2 orang indonesia memang mainnya di sosmed dan jarang berniat mencari konten via mesin pencari πŸ˜€

      Suka

  2. Alhamdulillah sih bberapa artikel sudah bisa tampil di halaman pertama google,dan sbagian di posisi 3 besar.Tetapi konten tulisannya lumayan punya banyak pesaing,jadi riskan posisinya bisa kelempar ke halaman 2 atau bahkan 3,jika ada situs dengan isi konten yang lebih baik SEO nya

    Suka

    1. Biasanya klo udah tiga besar sulit digeser mas. Klo ke geser tinggal diupdate saja dengan menambahkan informasi tambahan sehingga lebih banyak teks dalam konten. πŸ˜€

      Suka

  3. Kalau saya ketikkan kata kunci “Desfortin” dan “Kinipan” di crome, maka blog saya di wp akan muncul di halaman pertama.

    Oya, untuk pnyebab nomor 2, mksudnya kode “no index” itu gmn ya? Mungkin bs dielaborasi lg? Trmksh.

    Suka

    1. Kode no indeks bisa digunakan melalui robot txt agar google tidak mengindeks halaman tertentu misalnya halaman login dan sebagiannya. Atau mungkin halaman yg sudah kadaluarsa sehingga infonya tidak lagi relevan sehingga di no indeks agar tidak muncul di google supaya tidak menyesatkan orang. Klo di wordpress.com bisa di setting ke privat dan satu lagi (lupa) agar tidak muncul di mesin pencari.

      Suka

Komentar ditutup.