8 Alasan Mengapa Menulis Itu Penting

Alasan mengapa menulis itu pentingSumber gambar : Beritaunik.com

Saya adalah penulis. Saya menulis hampir setiap hari. Karena menulis menyenangkan dan membuat saya merasa hidup. Tidak ada yang lebih membahagiakan daripada menyelesaikan sebuah tulisan yang bagus dan menarik.

Sebagai orang yang mencintai menulis, saya ingin menularkan virus menulis kepada semua orang yang saya temui dengan memberi contoh nyata melalui karya-karya saya.

Tapi dunia ini tidak selalu ideal. Ada sebagian orang yang skeptis dengan penulis atau kegiatan tulis menulis.

Bukan masalah. Itu hak mereka. Tapi saya tetap bertekad untuk menularkan rasa cinta yang sama kepada mereka yang belum menyadari bahwa menulis itu penting bagi kehidupan.

Jika Anda salah satu orang yang skeptis atau meremehkan kegiatan atau membencinya, maka berikut adalah 8 alasan mengapa menulis itu penting di dunia ini :

1. Menulis Adalah Metode Terbaik untuk Belajar

Belajar merupakan kewajiban seumur hidup bagi mereka yang ingin mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Semua ilmu yang Anda dapatkan akan menuntun Anda menjadi pribadi yang bijaksana dalam mengambil setiap keputusan atau menyelesaikan suatu permasalahan.

Dan metode terbaik untuk mempelajari ilmu-ilmu baru, itu pasti adalah menuliskannya.

Semua orang pernah bersekolah dan pernah menerapkannya. Namun hanya sedikit yang mampu menyadari bahwa menuliskan semua ilmu yang sudah atau sedang dipelajari merupakan cara terbaik untuk mengingat dan memahami ilmu tersebut.

2. Menulis Mencerdaskan Bangsa

Bangsa yang besar pasti terdiri dari masyarakat-masyarakat yang cerdas. Untuk mewujudkan hal tersebut, merupakan tugas kaum terpelajar dan para ahli di bidang masing-masing untuk menyebarkan pengalaman dan pengetahuan mereka.

Sayangnya, di Indonesia masih memprihatinkan karena minat membaca masih rendah. Juga fakta bahwa satu buku ditunggu 52 orang. Padahal standar Unesco, satu orang membaca dua buku.

Untuk membenahi situasi memprihatinkan tersebut, tidak ada cara lain selain mulai dari diri sendiri. Bagi Anda yang merasa sudah ahli dalam bidang tertentu, sangat disarankan untuk menulis buku sebagai upaya mencerdaskan bangsa.

Tanpa menulis, tidak mungkin terjadi transfer ilmu signifikan yang mampu mengubah kecerdasan bangsa secara massal.

3. Karya tulis Mengalahkan Sang Waktu

Kebudayaan dan kemajuan dunia saat ini lebih dikarenakan literasi yang baik, yaitu membaca dan menulis.

Kita bisa mempelajari masa lalu dari catatan-catatan sejarah, prasasti, atau karya tulis para pendahulu kita.

Atau kita bisa mempelajari pemikiran-pemikiran orang-orang hebat dalam sejarah melalui tulisan-tulisan yang merekam kehidupan mereka dan pemikiran-pemikiran mereka.

Menulis sangat penting bagi kehidupan manusia karena kita bisa mencatat pengalaman-pengalaman buruk di masa lalu seperti bencana alam, wabah penyakit, atau apapun dan belajar dari catatan untuk mencegah terjadinya hal-hal serupa di masa depan.

4. Menulis Mencerminkan Siapa Anda

Tidak semua orang dianugrahi oleh Tuhan yang Maha Esa dengan kemampuan berkomunikasi yang baik. Akan selalu ada orang yang tidak mampu melakukannya sehingga ia merasa kesulitan dalam bergaul dan bersosialisasi.

Namun di masa kemajuan teknologi semacam ini, orang-orang introvert atau mereka yang malu berbicara atau apapun, bisa menggunakan media tulisan untuk mengeksperesikan diri, berbagi pemikiran, atau sekadar menceritakan pengalaman sehari-hari.

Berbeda dengan berbicara dimana Anda bisa berbuat salah tanpa bisa mengulangi kejadiannya, Anda bisa mengedit tulisan sampai benar-benar bagus dan tidak ada yang salah sehingga tidak terjadi kesalahpahaman sebelum diterbitkan dan dinikmati orang lain.

5. Menulis Itu Penting untuk Menciptakan Kenangan

Kenyataannya salah satu kebiasaan orang sukses adalah rutin menulis jurnal. Selain bisa digunakan untuk merekam jejak kehidupan yang bisa dibuka kapan saja untuk instropeksi diri, tulisan merupakan tempat terbaik menciptakan kenangan.

Bayangkan jika Anda rutin menulis kejadian-kejadian penting di hidup Anda, bahkan meskipun Anda benar-benar lupa di masa depan, tulisan akan merangsang ingatan yang kuat akan kejadian-kejadian yang pernah Anda arsipkan.

Mungkin Anda akan merasa konyol, mungkin Anda akan terharu, mungkin Anda akan tersenyum, atau apapun ketika membaca tulisan-tulisan dari masa lalu di masa sekarang. Yang pasti Anda merasakan kebahagian saat terkenang dengan kejadian-kejadian di masa lalu.

Ingatan kita memang terbatas dan mungkin bisa lupa, tetapi menulis merupakan jaminan bagi kita memanggil ingatan-ingatan yang terlupakan di masa depan.

6. Menulis Melatih Kerendahan Hati

Sikap rendah hati biasanya terbentuk ketika benar-benar memahami bahwa selalu ada langit di atas kita dalam hal apapaun. Dan menulis membantu kita untuk melakukannya.

Selain berusaha menyajikan informasi dengan santun agar disukai pembaca, penulis sangat butuh referensi dari tulisan orang lain yang lebih hebat dan lebih berpengalaman dalam tema yang diangkat.

Itu akan menyadarkan kita untuk tidak cepat berpuas diri dalam hal apapun atau merendahakan orang lain sehingga menimbulkan benih-benih kesombongan.

Terkadang, kita sudah merasa benar, namun dengan berbagi pemikiran melalui tulisan, kita akan bisa dikoreksi orang lain sehingga tidak terjebak dalam kebodohan.

Sikap menerima kritikan dan saran inilah yang akan mengajarkan kepada penulis bagaimana bersikap rendah hati kepada sesama manusia.

7. Menulis Penting Untuk Mengasah Pikiran

Walaupun menulis itu terlihat mudah, namun sebenarnya tulisan merupakan buah dari pemikiran-pemikiran yang panjang dan hati-hati.

Menulis akan membuat pikiran seseorang lebih cerdas karena terbiasa mengolah fakta, pendapat, pemikiran, atau kesimpulan seperti proses menulis.

Di dunia ini banyak bertebaran informasi yang membingungkan antara kebenaran atau kebohongan atau desas-desus.

Mereka yang terbiasa menulis tidak akan bingung karena tahu mana yang fakta, mana yang opini, dan mana yang mitos belaka dalam menerima informasi. Karena mereka tahu bagaimana mencari suatu kebenaran melalui riset-riset kecil.

8. Menulis Itu Penting untuk Menjaga Kesehatan

Dikutip dari Hello Sehat, Berikut adalah manfaat menulis bagi kesehatan :

  • Membantu Memulihkan Emosi – Mengekspresikan emosi melalui kata-kata dapat mempercepat penyembuhan setelah peristiwa traumatis dan benar-benar dapat membuat luka fisik cepat sembuh berdasarkan sebuah studi di Finlandia.
  • Mengubah Cara Berpikir Pasien Kanker – Temuan sebuah studi, latihan menulis selama 20 menit sudah dapat menyebabkan perubahan cara berpikir beberapa pasien tentang penyakit mereka.
  • Membantu untuk Tertidur – Para peneliti menemukan fakta bahwa peserta yang menuliskan hal-hal yang mereka syukuri sebelum tidur memiliki kualitas tidur yang baik.
  • Membuat Anda Berbicara Lancar – Karena peningkatan kosakata dan pengasahan bahasa yang konstan, kita akan menggunakan kata-kata positif dan halus dalam berbicara.
  • Membuat Pikiran dan Tubuh Lebih Baik– Menulis ekspresif telah dikaitkan dengan peningkatan suasana hati, kesejahteraan, tingkat stres dan gejalan depresi. Juga peningkatan fungsi hati dan paru-paru.

Kesimpulan

Dengan demikian, sekarang Anda tahu mengapa menulis itu penting bagi kehidupan sehari-hari.

Jika Anda mulai tersadar dan ingin segera melakukannya, maka Anda bisa mengakses “Cara Membangun Kebiasaan Menulis“atau menjelajahi arsip tips menulis.

Saya harap Anda bersemangat untuk mulai berpetualang di dunia menulis.

Kira-Kira, menurut pengalaman Anda, mengapa menulis itu penting? Bagikan di kotak komentar.

48 tanggapan untuk “8 Alasan Mengapa Menulis Itu Penting

  1. Saya sangat setuju mas..terutama poin ke empat.Menulis merupakan cara terbaik bagi para introvert dan para pemalu untuk mengutarakan perasaan dan pandangannya.

    Tapi hampir semua manusia sekarang juga sudah hobi menulis mas,menulis status galau di akun media sosialnya 😁😁

    Suka

    1. Kalau menulis di sosmed saya justru gak bisa. Nanti kurang jelas dan multi tafsir. Saya cenderung suka menulis panjang agar tidak terjadi kesalahpahaman πŸ˜€

      Suka

  2. Buat saya, menulis itu buat senang-senang, Mas. Senang dapat teman, senang dapat melatih otak dan senang dapat merekaman sesuatu yang tidak ingin terlupakan.

    Menarik tema tulisannya Mas. Poin nomor 8 itu sangat penting.

    Suka

    1. Poin 8 ngutip saja mbak. Saya juga menulis untuk bersenang-senang saja sejauh ini. Meskipun masih dalam penjajakan buat nulis yg lebih serius semacam buku πŸ˜€

      Suka

    1. Klo ngurus dua blog kayaknya saya nggak sanggup mas nur. Nanti fokusnya terpecah. Sekalipun punya banyak waktu, ngurus dua blog bisa bikin pusing ha ha ha…..

      Disukai oleh 1 orang

  3. Alasan 1, walau terdengar masa sih, tapi benar. Saya sendiri membuktikannya terhadap sesuatu atau hal baru yg saya pelajari. Seperti ketika saya mempelajari stereogram, bagi saya itu hal baru (meskipun itu sdh ditemukan sjak abad 18). Tapi saat saya menuliskannya dlm blog, sy malah mrasa lbh memahaminya, bahkan Shiq4 pun blm mampu melihat gambar streogram. Spertinya kata Anda itu bnar, bhwa menulis adalah metode terbaik untuk belajar.

    Selebihnya dari tips di atas cukup jelas, dan alasan yg ke delapan ckup mmbuat sya bangga agar tdk putus asa menulis, krn menulis baik bagi kesehatan.

    Karena cukup jlas, dan syapun tak punya alasan lain lg, krn sdah terangkum dg baik dlm postingan ini, maka komen sayapun cukup ini, dan tak lup terima kasih buat Shiq4 yang selalu ok dengan ide2nya, πŸ‘

    Suka

    1. Alasan no satu Karena saya terbiasa belajar dengan menuliskannya mas desfortin. Jadi, sudah sangat tahu mengenai praktinknya πŸ˜€

      Iya sama-sama mas desfortin.

      Disukai oleh 1 orang

Komentar ditutup.