Mengapa Saya Harus Membaca Blog Anda?

Mengapa saya harus membaca blog Anda?Sumber gambar : bobwp.com

Ada jutaan blog. Di wordpress.com saja menghasilkan 2 juta lebih postingan setiap hari. Bayangkan ditambah dengan blog-blog lainnya, maka Anda akan sadar bahwa persaingan dunia informasi begitu ketat.

Jika melihat bagian negatif, dengan semua keramaian tersebut, pasti butuh kerja keras untuk mendapatkan pembaca.

Jadi, pertanyaannya adalah mengapa saya harus membaca blog Anda dan tidak menghiraukan sumber informasi lainnya?

Meskipun sulit, tapi bukan kemustahilan untuk menjadi populer.

Ya…. Memang butuh waktu. Juga butuh kesabaran. Dan jangan lupakan skill menulis dan kreativitas menyusun informasi.

Namun selama Anda konsisten menulis dan menerbitkan konten-konten berkualitas, walaupun perkembangannya lambat, Anda akan mendapatkan pembaca.

Dan nasib blog Anda sangat tergantung bagaimana Anda membahagiakan pembaca-pembaca yang sudah ada.

Mendapatkan “Pembaca Sebenarnya” Itu Sulit

Mari kita definisikan kata “Pembaca” Agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Pembaca adalah mereka yang membaca konten Anda dengan tuntas. Jadi, mereka adalah orang-orang yang memberi Anda kesempatan dan rela mendengarkan suara Anda.

Jika Anda berhasil melakukannya dan pembaca mempercayai nilai-nilai yang Anda usung, itu merupakan awal yang baik. Kesempatan Anda terbuka untuk menjadi bloger populer di internet.

Tapi kenyataannya mendapatkan pembaca itu sangat sulit. Itu juga penyebab mengapa sebuah situs gagal.

Karena tidak bisa mendapatkan pembaca.

MEnurut Tony Haile di Time.com, 55% pengunjung hanya membaca artikel Anda selama 15 detik atau kurang.

Sebagian penelitian lain menyebutkan bahwa pengunjung hanya membaca 20% dari konten yang Anda sajikan.

Artinya, jumlah pageview dan pengunjung merupakan metrik yang bias. Karena ada kemungkinan bahwa mereka yang datang tidak benar-benar menjadi “Pembaca yang Sebenarnya

Tidak peduli betapa hebat suara Anda, jika mereka tidak membacanya, maka Anda tidak akan cepat populer.

Jadi, tugas terpenting bloger yang ingin sukses bukan meningkatkan pengunjung atau meningkatkan pageview. Tapi memastikan bahwa orang-orang membaca konten secara penuh (keseluruhan).

Dan Anda sedang beruntung karena saya pernah menulis “12 Alasan yang Menyebabkan Orang tidak Membaca Tulisan Anda“, maka Anda bisa mulai memahami isinya dan Anda akan segera mendapatkan “Pembaca yang Sebenarnya“.

Dunia Hanya Butuh Perspektif Baru

Dunia sudah penuh dengan berbagai perspektif. Semua topik seolah sudah pernah dibahas. Dan jika Anda hanya menyuarakan suara-suara yang sama, informasi-informasi yang serupa, meskipun mengemasnya dengan kata yang berbeda, Anda tidak akan cepat terkenal.

Di zaman serba canggih semacam ini, siapa pun bisa menulis asalkan meluangkan sedikit waktu untuk berlatih. Namun hanya sedikit yang mampu menulis suara-suara mereka sendiri, sesuatu yang unik dan layak untuk diperdengarkan.

Di masa awal, saya mengira ngeblog sangat mudah dilakukan. Itu sesuatu yang salah tentu saja. Karena menulis butuh kreativitas dan pemikiran untuk menyajikan perspektif-perspektif baru.

Anda perlu keseriusan dalam menulis dan ngeblog. Tanpa itu, mustahil menampilkan atau mendapatkan perspektif.

Aturannya sederhana, seperti kata Jeff Goins:

“Anda harus punya sesuatu untuk disampaikan. Jika Anda tidak tahu apa yang harus Anda suarakan, maka kemungkinan Anda tidak akan mengatakannya. Anda berhutang kepada diri sendiri untuk mengelola kegiatan blog dengan serius. Jika tidak, mengapa repot-repot membuang waktu Anda.”

Jaminan Didengarkan (Dibaca)

Sebagai bloger, tugas utama dan paling berat adalah rutin memublikasikan konten. Jika tidak, maka Anda tahu apa arti kata “The end” di bagian akhir film.

Atau mungkin Anda sudah menulis artikel blog setiap hari seperti saya dan masih belum mendapatkan “Pembaca yang Sebenarnya? Pasti ada sesuatu yang salah.

Jika merunut pada Copyblogger mengapa Anda tidak mendapatkan pembaca, mungkin karena dua hal :

  • Anda menulis Topik dengan Persaingan Tinggi – Memang bukan kemustahilan memenangkan persaingan dengan kompetisi tinggi, asalkan Anda punya suara yang unik. Jika tidak, sebaiknya lupakan
  • Anda Menulis Topik yang Tidak Ada yang Mencarinya – Anda bisa menulis konten-konten bermutu tinggi, namun jika topik konten jarang ada yang mencari seperti “Cara Kawin Serangga”, Anda tidak akan mendapatkan pembaca.

Jadi, bagaimana menentukan tema menulis yang memiliki persaingan rendah dan banyak yang mencari?

Jika Anda bloger Profesional, maka Anda harus berteman dengan tools-tools riset kata kunci sepanjang hari untuk menemukan tema menulis yang bagus dan banyak dicari. Tidak ada jalan lain.

Atau mungkin ada cara yang lebih elegan seperti nasihat Jon Morrow ketika baru memulai sebuah blog : Mulai Mendengarkan.

Seperti yang Anda lihat, alasan utama mengapa blog gagal bukan karena konten jelek atau kata kunci yang dioptimasi dengan buruk atau bloger populer tidak menghiraukan mereka. Itu karena mereka memublikasikan apa yang mereka ingin katakan dan tidak mengambil waktu untuk memikirkan apa yang diinginkan setiap orang untuk dibaca.

Tanyakan kepada pembaca Anda yang meninggalkan komentar melalui email apa lagi yang ingin mereka baca. Jika perlu, hubungi melalui telepon atau buka sesi tanya jawab di blog Anda.

Atau jika Anda belum punya pembaca, pergi ke luar dan lihat di komentar-komentar blog populer di niche Anda, dengarkan apa yang dikatakan orang di twitter, Ikuti webinar yang diadakan situs-situs otoritas, dan tulis apa yang sering ditanyakan orang.

Lihat polanya. Hampir pasti Anda akan menemukan pertanyaan-pertanyaan yang selalu ditanyakan orang lagi, lagi, dan lagi…..

Jika Anda cerdas, maka Anda tidak akan pernah berhenti mendengarkan. Tapi tentu, Anda harus tetap menjaga suara Anda tetap unik dan lain dari bloger lainnya dengan memberi perspektif-perspektif baru.

Jadi, mengapa orang lain harus membaca blog Anda? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

29 tanggapan untuk “Mengapa Saya Harus Membaca Blog Anda?

  1. Ini pertanyaan yang sulit, karena jujur saya jarang sekali “mendengarkan” pendapat orang. Saya menulis untuk diri saya sendiri. Kadang apa yang saya tulis sejalan dengan keinginan pembaca namun tak jarang juga saya menuliskan sesuatu yang menurut saya bagus tapi ternyata kurang diminati banyak orang.

    Keunikan blog saya mungkin adalah, banyak berisi opini tentang sepak bola. Saya sering mengetikkan kata “sepak bola” di kolom pencarian wordpress tapi jarang menemukan blog yang berisi opini tentang sepak bola.

    Jadi, buat yang mau berdiskusi seputar sepak bola, silakan follow saya ya! 😀

    Suka

    1. Klo strategi saya niru tema di blog-blog besar mas firman. Cuma di dalamnya saya sisipkan opini pribadi. Saya juga menulis untuk diri sendiri kok, cuma pas pingin nambah trafik terpaksa harus menulis konten yang banyak dicari orang sesekali 😀

      Disukai oleh 1 orang

  2. Mengapa orang lain harus membaca blog saya?

    ~ Karena dengan membaca blog saya pembaca mendapatkan wangsit (misalnya) dan kalo rejeki ditraktir makan pangsit juga (mungkin):D
    ~ Dengan membaca blog saya bisa saja pembaca mendapatkan teman masa lalunya yang hilang. Dalam artian MENDAPATKAN INFORMASI MAHA PENTING. Saya pernah looh nulis teman-teman SD yang ingin saya temukan. Salah satu dari mereka mengetik nama mereka dan menemukan tulisan saya. Jadilah kita reunian 😉
    ~ (Ditulis dengan tingkat kenarsisan level atas) Karena authornya cantik! hahahahaha

    *kemudiandilemparbakiak*

    Disukai oleh 2 orang

  3. Mantap skli mas Shiq4.

    Betul skli, ngeblog itu tak semudah yg dikira. Smua butuh proses, krja kras dan ktkunan.
    Utk bs didengarkan sdh smstinya kitapun hrs mendengarkan trlbih dahulu.
    Begitupun dg perspektif baru, yg brisi hal2 unik yg mnggugah, meski memang tdk gampang, tp ini perlu skli utk menang dlm persaingan.

    Blog sy berisi konten gado2, yg suka gado2 mungkin bs coba. Wlau kdang sy mrasa kurang terllu pede, tp mndapat feedback dr pmbca adlh sstu yg positif dan mnyenangkan. Dg dmikian sy pun bs bljar agar smkin lbih baik.

    Trmksih

    Suka

    1. Justru klo saya pedenya ngeblog gado-gado mas desfortin. Soalnya klo nulis satu topik saja jelas bikin saya bosan.

      Saya juga suka dapat feedback dari pembaca. Membaca komentar membuat saya lebih bersemangat dalam menulis 😀

      Disukai oleh 1 orang

  4. Sy pernah bc kalo blog itu harus punya ‘pasar’. Karena itu blog it nichenya harus jelas, jadi pasarnya jelas. Pasar yang jelas lebih meyakinkan pembaca buat berlangganan membaca. Kalau perlu nama domain pun lebih meyakinkan dengan nichenya. Tapi? Tapi menulis dgn 1 niche itu membosankan..😂 sy akhirnya bikin asumsi sendiri aja. Ibarat surat kabar. Tetap laris manis dibaca walau isinya bukan cuma 1 hal yang ditulis. Kuncinya? Konsisten.. 😊

    Suka

    1. Klo tujuannya komersial memang seharusnya demikian mbak. Harus punya niche dan membuat blog terlihat profesional. Sedangkan yg tujuan cuma bersenang-senang saya malah cenderung merekomendasikan blog gado2 agar tidak bosan 😀

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s