Cara Menulis Artikel Blog Setiap Hari

Cara menulis artikel blog setiap hariSumber gambar : teoridesain.com

Mengembangkan blog itu sulit. Terutama menulis konten untuk keperluan update. Jika ingin blog cepat berkembang dan maju, maka makanan sehari-hari adalah berjuang menciptakan konten-konten bermutu.

Bagi bloger pemula, saya cenderung merekomendasikan untuk tidak menulis setiap hari. Karena jika belum cukup mahir, nanti kualitas konten akan menurun.

Tapi bagi Anda yang sudah cukup berpengalaman berurusan dengan kata dan ingin mencoba sedikit tantangan menuju level selanjutnya, Anda bisa mencoba mengupdate blog setiap hari.

Jangan khawatir, Anda tidak perlu bingung bagaimana melakukannya karena di postingan kali ini, saya akan memberitahu Anda cara menulis artikel blog setiap hari dengan langkah-langkah praktis.

Anda tinggal mengikuti petunjuknya dan setiap hari Anda akan memanen setidaknya satu konten yang bagus untuk dibagikan kepada pembaca setia blog Anda.

Apa yang Anda Butuhkan?

Menurut Leo Babauta, bagian pertama agar mampu menulis setiap hari adalah miliki alasan yang bagus.

Mengapa Anda ingin menulis setiap hari? Jika karena itu terdengar keren, kedengarannya menyenangkan, terdengar bagus, maka Anda akan meninggalkannya ketika Anda merasa tidak nyaman.

Jika Anda ingin melakukannya karena ingin membantu orang lain, untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, untuk mengobarkan semangat orang lain, untuk mengurangi rasa sakit Anda, sebagai cara mengekspresikan diri lebih dalam…… maka Anda bisa menggunakan alasan tersebut ketika keadaan menjadi sulit.

Jika Anda bertanya mengapa saya berusaha menulis setiap hari, itu karena impian kecil saya adalah menjadi penulis. Jadi, saya harus terus menggali lebih dalam dan melakukan percobaan (menulis) sesering yang bisa saya lakukan. Meskipun saya tidak mewajibkan diri menulis setiap hari.

Tapi jika ada alasan mengapa bloger mau melakukannya, mungkin alasan dari Indra Rusma terdengar meyakinkan :

  • Blog menjadi kaya konten.
  • Blog tidak akan sepi seperti kuburan.
  • Reputasi blog yang semakin baik di mata mesin pencari dan pengunjung.
  • Pengetahuan dan kosakata semakin meningkat.
  • Otak menjadi terlatih untuk berpikir
  • Kemampuan mengetik 10 jari akan meningkat drastis
  • Mendapatkan uang

Dengan manfaat-manfaat seperti di atas (beberapa manfaat lainnya), maka sangat perlu untuk mencoba menulis artikel blog setiap hari. Dan lihat bagaimana perkembangan blog Anda setelah melakukannya selama 4 atau 5 bulan.

Dan akan mulai ketagihan menghabiskan waktu untuk terus menulis sepanjang hari.

Cara Menulis Artikel Blog Setiap Hari

Sekarang Anda sudah punya motivasi yang baik. Ketika Anda merasa kesulitan, ketika Anda merasa ingin menyerah, dan ketika Anda merasa tertekan, maka pikirkan manfaat-manfaat menulis artikel setiap hari bagi blog Anda. 

Agar Anda kembali bersemangat dengan mengingat tujuan tersebut.

Dan berikut adalah langkah-langkah yang biasa saya lakukan untuk menulis artikel blog setiap hari selama 5 bulan terakhir :

1. Anda Bisa Mulai dengan Menabung Ide

Bagian yang paling merepotkan dari menulis pasti ketika mencari ide untuk postingan. Tidak ada ide, maka tidak ada postingan. Sesederhana itu.

Tapi ide tidak akan muncul secara kebetulan secara terus menerus. Jangan mengandalkan insting Anda, mulai bersiap untuk menangkap ide apapun yang melintas di pikiran.

Saya biasa menulis beberapa ide di notepad. Hampir setiap saat, ketika pikiran saya tiba-tiba diserang berbagai macam ide, saya langsung menuliskannya. Jadi, saya punya tabungan ide yang bisa digunakan setiap saat.

Tabungan ide Anda sangat berguna bagi kelangsungan percobaan Anda menulis artikel blog setiap hari. Tanpa tabungan ide dan mengandalkan spontanitas, Anda pasti kewalahan dan beresiko menulis konten dengan buruk.

Bukannya meremehkan kemampuan Anda menangkap ide, hanya agar pekerjaan menulis menjadi lebih ringan sehingga pikiran bisa fokus mengerjakan ke tugas-tugas yang lebih penting seperti mencari referensi atau menyusun kalimat-kalimat jenius.

Anda bisa mengakses “Cara Mendapatkan Ide-Ide menulis yang Brilian” untuk mulai menabung ide-ide paling realistis yang bisa Anda gunakan sebagai bahan postingan blog setiap hari.

2. Lebih Banyak Membaca Lagi

Penulis harus membaca. Begitu pula bloger. Karena kunci dari menciptakan konten dengan mutu tinggi adalah membaca.

Anda tidak akan percaya, sebelum saya meletakkan pantat dan mulai merangkai kata di malam hari, sepanjang siang saya menghabiskan waktu untuk membaca konten-konten lain di internet guna menunjang ide yang hendak saya eksekusi.

Hal tersebut untuk memastikan saya melihat berbagai sudut pandang yang pernah ditulis oleh bloger lain. Jika masih berhubungan, maka saya bisa menaruh link-link agar pembaca mendapatkan berbagai informasi tambahan.

Selain itu, membaca konten lainnya akan membuat Anda memahami konten seperti apa yang mampu memenangkan persaingan karena hampir pasti Anda akan mengakses halaman-halaman terbaik yang muncul di SERP.

Meskipun butuh waktu untuk menemukan dan membaca konten yang bagus, tidak ada keraguan sedikit pun bahwa Anda membutuhkannya untuk menyusun konten yang Anda inginkan. 

Setidaknya Anda tidak akan terlalu keras berpikir mengenai materi konten karena telah mendapatkannya dari bacaan Anda sebelum mulai menulis.

3. Temukan Inspirasi dari Bloger Lain

Anda tidak harus menulis sesuatu yang benar-benar baru untuk mewujudkan ide-ide Anda. Seperti yang Anda ketahui, saya paling suka mencuri ide bloger lain. Tapi bukan sembarangan ide, melainkan dari sumber-sumber terbaik yang pernah ada.

Caranya sangat mudah, temukan pemimpin pasar mengenai topik yang biasa Anda tulis. Dan Anda akan menemukan banyak sekali inspirasi di blog-blog tersebut. Bahkan terlalu banyak hingga Anda tidak dapat mengambil semuanya.

Lihat bagaimana mereka menyajikan suatu ide : tentang gaya menulis, data-data, gambar, atau kosakata. Karena mereka blog terkenal, hampir pasti semua hal telah dipertimbangkan dengan matang.

Gunakan itu sebagai inspirasi untuk menciptakan konten blog versi Anda sendiri. Tiru apa yang bisa Anda tiru dan sesuaikan dengan kebutuhan para pembaca Anda, dan Anda akan mampu menulis sepanjang hari dengan menyajikan susunan informasi yang terus berubah.

Konten Anda tidak membosankan karena hanya menulis dengan cara yang sama setiap hari. Itu bagian terbaiknya.

Ini juga memastikan Anda tidak bosan ketika mengerjakan konten-konten Anda.

4. Gunakan Teknik Menulis Bebas

Pernahkan Anda mempunyai ide yang menarik dan data-data yang sudah terkumpul, kemudian merasa bingung bagaimana mengeksekusinya dan tidak tahu harus mulai dari mana? Saya terkadang mengalaminya.

Dan jika sudah seperti itu, maka saya mengandalkan teknik menulis bebas.

Teknik menulis bebas akan mengeluarkan semua isi pikiran Anda mengenai ide-ide Anda. Memang terdengar tidak masuk akal, menuliskan semuanya?, namun percayalah ini akan bekerja dengan baik.

Setelah Anda menulis bebas selama waktu tertentu, kembalilah ke awal dan lakukan editing. Juga perbaiki susunan konten Anda agar menjadi lebih rapi dan enak dibaca.

Dengan menggunakan teknik ini, maka Anda bisa menulis setiap hari tanpa kesulitan. Meskipun ada catatan bahwa konten Anda akan mengalami penurunan kualitas ketika pertama kali mencoba, namun jika Anda sudah mahir, teknik ini akan menolong Anda menciptakan konten-konten yang Anda butuhkan saat Anda mengalami writer’s block dan tidak tahu harus berbuat apa.

5. Biasakan Menyusun Kerangka Tulisan

Menulis konten yang bagus sangat melelahkan. Tidak ada yang meragukan pernyataan tersebut. Tapi bagaimana jika saya memberitahu Anda bahwa pelajaran di masa sekolah akan sangat membantu Anda menyelesaikan tulisan dengan lebih cepat dan lebih mudah?

Anda benar. Itu adalah menyusun kerangka karangan.

Ketika saya merasa bahwa topik-topik yang akan saya angkat merupakan topik yang sulit dan membutuhkan banyak pemikiran, maka saya mencatat poin-poin penting di notepad.

Agar saya tidak lupa menyertakan infromasi penting dalam tulisan. Agar pikiran saya tidak terbakar untuk memikirkan hubungan setiap informasi. Dan agar saya bisa menyelesaikan tulisan dengan lebih cepat.

Kerangka karangan tidak harus sulit, Anda bisa mulai menulis judul yang akan Anda gunakan terlebih dahulu agar pembahasan tidak melebar kemana-mana. Kemudian sedikit paragraf pembuka, poin-poin yang ingin Anda sampaikan, dan kesimpulan atau penutup.

Dengan melihat kerangka karangan, pikiran Anda akan lebih mudah menyusun kalimat menjadi paragraf. Dan tentu saja, Anda tidak harus menderita ketika harus menulis postingan blog setiap hari.

6. Mulai dari Ide-Ide yang Mudah

Menulis posting setiap hari butuh kerja keras dan kedisiplinan. Juga sangat penting memastikan otak kita tidak terbakar karena terlalu banyak berpikir dalam menyusun konten-konten yang kita buat. Jadi, Anda bisa mulai mengeksekusi ide-ide termudah yang bisa Anda lakukan kapan pun.

Melalui tabungan ide, saya tahu mana konten yang mudah dibuat dan sulit direalisasikan. Biasanya saya mengerjakannya secara bergiliran dan memilih yang paling mudah ketika kondisi tubuh saya terlalu lelah atau keadaan tidak sepenuhnya baik-baik saja.

Ketika saya sedang bersemangat dan mood menulis sedang bagus, maka saya akan mencoba ide-ide yang lebih sulit. Dengan demikian, saya bisa konsisten menerbitkan artikel setiap hari tanpa merasa terbebani sedikit pun.

Anda bisa mulai mengumpulkan ide-ide paling sederhana dan yang paling sulit. Dan pilihlah ide menulis yang bisa Anda kerjakan.

Biasanya akan ada waktu luang karena Anda hanya butuh waktu sebentar untuk menyelesaikan ide-ide yang mudah. Maka selanjutnya Anda bisa menggunakan sisa waktu untuk mulai menyusun ide-ide yang paling sulit meskipun tidak selesai di hari tersebut.

7. Bangun Kebiasaan Menulis Setiap Hari

Ini tidak semudah yang Anda bayangkan. Tapi tidak ada yang bisa mengalahkan kegigihan. Meskipun pada awalnya akan muncul tekanan karena harus menulis tepat deadline, namun jika Anda berusaha keras dan terus melakukannya, lama kelamaan Anda akan terbiasa dan semuanya akan menjadi lebih mudah.

Tidak ada cara lain. Biasakan untuk menulis setiap hari. Bahkan jika itu harus mengikutsertakan tulisan-tulisan remeh temeh.

Anda bisa membaca panduan membangun kebiasaan menulis dan Anda akan tahu apa yang harus dilakukan untuk membiasakan diri menulis setiap hari. Setidaknya hal tersebut akan memudahkan Anda dalam melakukan aktivitas ngeblog.

Kesimpulan

Apa yang menghalangi Anda untuk melakukannya adalah pikiran dan kepercayaan Anda sendiri. Setelah Anda punya alasan yang tepat dan mengaplikasikan cara-cara di atas, Anda akan terkejut bahwa Anda mampu melakukannya.

Bagian penting lainnya, Anda juga akan mendapatkan berbagai manfaat nyata. Asalkan Anda mau menginvestasikan waktu dan tenaga Anda, maka blog Anda akan berkembang lebih cepat dibanding apa yang pernah Anda bayangkan selama ini.

Tapi saya tidak menyebut tentang sangat mudah dilakukan. Anda harus berjuang untuk mendapatkan semuanya. Karena tidak ada yang gratis di dunia ini.

Yang perlu diingat, mungkin sesekali kualitas konten Anda akan menurun. Itu bukan masalah besar. Namun akan lebih baik jika Anda memastikan tidak ada perbedaan kualitas signifikan antara konten yang satu dan lainnya.

Apakah Anda punya cara rahasia lain untuk posting setiap hari? Bagikan di kotak komentar.

24 tanggapan untuk “Cara Menulis Artikel Blog Setiap Hari

    1. Klo saya ngetik make keyboard saya jarang typo mas nur. Apalagi sekarang setelah publikasi di baca beberapa kali sehingga klo ada typo bisa langsung diperbaiki. πŸ˜€

      Suka

  1. Sebenernya aku merasa bisa menulis blog tiap hari karena ada aja kejadian sehari-hari yang bisa diceritakan. Cuma masalahnya ada di waktu dan aku cukup idealis sih, gak mau memenuhi blog dengan cerita-cerita yang terlalu banyak.

    Eh tapi maka dari itu aku bikin blog lain yang isinya full curhat, cuma ternyata sekarang malah jarang diisi. xD

    Suka

    1. Klo saya susah mbak menulis keseharian. Tapi biasanya saya rutin bergonta-ganti topik.

      Klo ngurus blog lebih dari satu kayaknya saya nggak bisa mbak. Soalnya waktunya sedikit sekali. Cuma bisa nulis satu posting saja tiap malam sebelum tidur πŸ˜€

      Suka

  2. Pengen sih bisa nulis tiap hari, tapi takut gak konsisten, jadinya nyoba seminggu sekali dulu, klo sudah konisten pengen naik tingkat jd stiap 5 hari skli, trus 3 skli, trus shri skli, huahahπŸ˜‚

    Suka

    1. Iya seperti itu yg benar mbak kunu. Saya dulu juga seperti itu prosesnya. Tapi karena semua target tahun ini hampir tercapai semua, mungkin saya mau agak rileks. Plus karena kesibukkan di dunia nyata yg akhir2 ini menyerang sehingga tidak punya cukup waktu buat ngeblog πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

  3. Tips yg sngat menggugah dan beralasan.

    Yg pnting, klo udah tahu alasan knp mnulis stiap hri, alasan yg myakinkan (sprti yg diungkap oleh Indra Rusma di atas) dan alasan yg bgus.

    Klo sy, sampai saat ini msh mnikmati yg rilis seminggu skli.

    Tp sy stuju sebagaimana ksimpulan Anda di atas, mslhnya adlh pd pikiran dan kpercyaan kita sndiri..

    Suka

    1. Klo masalah menulis saya punya keyakinan mas desfortin karena sudah terbiasa ha ha ha….

      Ya ngeblog sebaiknya santai saja. Seminggu sekali juga masih oke. Saya juga mau mengendurkan postingan karena akhir-akhir ini sibuk sekali dan sedikit punya waktu luang πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

  4. Tantangan terbesar untuk menulis rutin setiap hari ide sih ya.. kadang kalau lagi kosong banget engga tau mau nulis apa jadi bingung sendiri ahahahaha. Tapi kalau sudah terbiasa menulis setiap hari kadang idenya suka muncul sendiri… tapi kalau kaya saya sempat berhenti menulis setelah menulis rutin, jadi sering tersendat idenya hahaha

    Suka

    1. Di tulis di notepad mas fahrizinfa biar nggak kelupaan. Nanti pas mau nulis tinggal buka tabungan ide dan pilih yg bisa dieksekusi πŸ˜€

      Suka

  5. Tipsnya keren mas. Saya jg sering menuliskan ide di note hape. Ide menabung ide sy sangat setuju. Menambang ide saat flow membantu sekali untuk kita sebagai blogger. Saya sendiri melakukannya Krn sy ini mudah lupa. Terlalu banyak mengingat angka no hape soalnya… 😁😁

    Suka

  6. keren sekali sarannya.. cma masalahnya karena rumah saya di kampung… dan itu “ndeso” jadi koneksi internet susah sekali… wkwkwk… jadi klo mau nulis kadang males… krna sdah terbiasa riset artikel dri internet…. wkwkwk

    Suka

Komentar ditutup.