Review Buku Berpikir dan Menjadi Kaya by Napoleon Hill

Review buku berpikir dan menjadi kayaSumber gambar : stasiunbuku.com

Buku asli berjudul “Think and Grow Rich”. Ketika membaca beberapa review buku, saya benar-benar menginginkannya untuk menambah kekayaan intelektual saya.

Harapan muncul saat saya menemukan postingan-postingan lama mengenai ebook versi bahasa Indonesia, “Berpikir dan Menjadi Kaya”. Namun semuanya menjadi lebih sulit ketika saya hanya menemukan halaman-halaman lama dan link-link download yang mati.

Tapi saya tidak putus asa. Melalui pencarian yang menggunakan berbagai kata kunci, akhirnya saya mendapatkan ebook luar biasa ini yang sayangnya berbentuk EXE sehingga mustahil dibagikan melalui email.

Oh ya…. sebelum membaca buku ini, saya sangat menyarankan Anda membaca buku The Secret karena konsep di dalamnya berhubungan satu sama lain sehingga diharapkan Anda memiliki pemahaman yang mendalam tentang filosofi-filosofi yang dijelaskan di dalam buku ini.

Berikut adalah review buku Berpikir dan Menjadi Kaya karya Napoleon Hill :


Judul
: Think and Grow Rich (Berpikir dan Menjadi Kaya)


Penulis
: Napoleon Hill


Penerjemah
: Arif Subiyanto, MA


Penerbit
: UFUK Press


Halaman
: 415 halaman

Isi Buku Berpikir dan Menjadi Kaya

Pembukaan buku ini cukup provokatif. Disebutkan bahwa orang-orang terkenal telah menggunakan rahasia milik Carnagie untuk memupuk kekayaan. Dan masih ada ratusan orang yang berhasil melakukannya.

Bahkan penulis juga meyakini bahwa mengumpulkan kekayaan tidak pernah ada hubungannya dengan pendidikan. Artinya, apapun latar belakang pendidikan Anda, dengan menggunakan rahasia Carnagie, Anda bisa menjadi kaya.

Napoleon Hill juga belum pernah menemukan orang yang gagal dalam mengaplikasikan rahasia ini selama hidupnya. Selama 20 tahun Napoleon Hill menganalisi orang-orang terkenal dan kaya, dan menemukan bahwa mereka juga menggunakan rahasia ini.

Rahasia itu adalah semua kekayaan, semua prestasi, semua berawal dari ide. Dan entah di bab ke berapa dari buku ini Anda akan mampu memahaminya dan mengaplikasikannya untuk kehidupan yang lebih baik.

Bab 1 : Kedasyatan Pikiran

Di bab pertama dibahas mengenai beberapa kisah orang-orang sukses. Intinya adalah tekad. Ketika Anda ingin menjadi kaya atau meraih impian Anda, Anda harus meyakini dengan segenap pikiran Anda dan benar-benar berusaha.

Juga tidak boleh menyerah. Jangan khawatir, ada kisah yang sangat sederhana namun menginspirasi tentang seseorang yang mengalami kegagalan, padahal seandainya ia terus menggali emas, ia akan mendapatkan kekayaan. Bukan menyerah sehingga orang lain yang mendapatkannya.

Ingatlah, jika Anda memikirkannya dan meyakininya, dan tidak kenal putus asa, maka tidak ada yang menghalangi Anda untuk sukses.

 Orang-Orang terkaya yang pernah Anda kenal pasti pernah mengalami kegagalan dalam hidupnya, hanya saja ia menyimpan hikmah-hikmah di dalamnya untuk diri sendiri yang membuatnya menjadi lebih sukses dibanding orang lain.

Bab 2 : Hasrat Keinginan

Di bab terdapat berbagai macam kisah yang menjelaskan bagaimana untuk mencapai sasaran. Itu adalah hasrat yang kuat. Tanpa keinginan yang kuat, tidak akan ada sesuatu yang terjadi.

Orang-Orang sukses berani bermimpi. Bahkan karena keinginan yang kuat, dengan sendirinya jalan menuju kesuksesan terbuka.

Anda tidak bisa kaya jika Anda menganggapnya sebagai keniscayaan. Anda mendapatkan apa yang Anda yakini. Semakin kuat keinginan dan keyakinan Anda akan kesuksesan, semakin mudah hal tersebut benar-benar menjadi kenyataan.

Jadi, langkah pertama untuk menjadi kaya adalah memupuk keinginan sampai menjadi obsesi. Dan meyakini bahwa Anda bisa mendapatkannya melalui perencanaan-perencanaan yang Anda susun.

Dan Anda akan menyaksikan mukjizat bagaimana alam membantu Anda melakukannya.

Bab 3 : Keyakinan

Di bab ini sekilas dibahas pentingnya berpikir positif agar mampu memiliki keyakinan tentang keberhasilan. Orang-Orang yang meyakini mereka ditakdirkan untuk miskin, secara tidak langsung akan mempengaruhi alam bawah sadarnya dan melakukan tindakan-tindakan orang miskin dan benar-benar menyebabkan mereka miskin. Hal yang sebaliknya berlaku untuk orang-orang kaya. Jadi, sangat ditekankan untuk berpikiran positif.

Yakinlah kepada diri sendiri, Yakinlah kepada Yang Maha Besar.

Tuliskan tujuan Anda, baca berulang-ulang, pikirkan, dan Anda akan memiliki keyakinan kuat. 

Teknik ini cukup ampuh digunakan meskipun efeknya berbeda antara satu dan yang lainnya. Otosugesti akan membantu Anda mencapai tujuan apapun, termasuk menjadi kaya.

Pada dasarnya, pikiran apapun akan menjadi kenyataan. Hal ini masih belum diketahui bagaimana cara kerjanya, namun hukum alam ini telah terbukti selama berabad-abad. Anda harus yakin Anda mampu sukses, dan Anda akan mendapatkannya.

Yang paling menarik, ada kisah Charles M.Schwab yang mampu menghasilkan 600 juta dollar dari keyakinan terhadap sebuah ide di tahun 1900-an.

4.Otosugesti

Orang sukses bisa berhasil karena mereka mampu menguasai alam bawah sadarnya. Di bab ini akan dijelaskan detail-detail di bab sebelumnya tentang bagaimana menguasai lingkungan dan alam bawah sadar agar mendapatkan hasil sesuai yang kita inginkan.Dalam hal ini, uang.

Meskipun demikian, bab ini juga mengingatkan bahwa metode ini hanya akan berhasil jika menerapkan semua prinsip yang ada di bab ini. Jadi, jangan melewatkan satu langkah pun.

“Orang dapat menguasai dirinya sendiri dan lingkungannya, karena mereka memiliki kekuatan untuk mempengaruhi alam bawah sadarnya.”

5.Pengetahuan Khusus

Di dunia ini ada begitu banyak orang sukses meskipun mereka tidak menyelesaikan pendidikan-pendikan formal. Itu karena mereka memiliki pengetahuan khusus yang dihimpun dari pengalaman-pengalaman mereka. 

Mereka terus belajar tentang bisnis yang mereka tekuni dan mendapatkan pengetahuan-pengetahuan khusus yang akan menuntun mereka menuju tangga kesuksesan.

Sejatinya pendidikan formal adalah modal. Tapi berpikir berhenti belajar setelah lulus bukanlah ide jenius. Justru semua orang harus mulai fokus mencari pengetahuan-pengetahuan khusus yang mereka butuhkan.

“Kesungguhan hati harus diimbangi dengan kerja keras,latihan fisik dan mental, dan semua langkah yang harus diambil demi mencapai penampilan terbaik.”

Juga sangat penting untuk menyadari bahwa Anda tidak harus mendapatkan pengetahuan-pengetahuan khusus itu seorang diri. Anda bisa membayar orang lain untuk mendapatkan pengetahuan khusus mereka. Anda menjadi master mind yang mengendalikan pengetahuan-pengetahuan khusus orang lain untuk meraih tujuan Anda.

Tapi ingat, semua dimulai dari ide. Jadi, sangat penting untuk memikirkan ide yang tepat dan menyusun rencana untuk mewujudkan ide itu. Setelah itu barulah Anda berpetualang untuk mendapatkan pengetahuan khusus yang Anda butuhkan.

6. Imajinasi

Setiap orang memiliki imajinasi. Hanya saja sebagian masih tidur karena tidak terlalu sering digunakan. Prinsipnya sama seperti kinerja otot, semakin sering digunakan, maka semakin baik hasilnya.

Untuk menghasilkan uang tidak bisa melepaskan prinsip ini. Ceritanya adalah menguasai, memahami, dan mulai menggunakannya. Karena dibutuhkan imajinasi untuk menyelesaikan tantangan atau kondisi-kondisi yang tidak memungkinkan.

Anda butuh imajinasi untuk mengubah hasrat menjadi uang. Tidak bisa tidak. Rencana-rencana yang Anda susun merupakan hasil dari imajinasi. Gagal berencana, berarti merencanakan kegagalan.

Di bab ini terdapat sebuah kisah tentang ceret tua. Awal mula bagaimana coca cola ditemukan. Hanya berasal dari sebuah imajinasi penjaga toko obat yang membeli ceret dan sobekan kertas seharga $ 500.

Juga ada kisah bagaimana perusahaan penerbangan kecil berjuang. Setelah hampir 3 tahun diperkarakan di pengadilan sebelum memulai usahanya, kemudian mengalami kerugian selama 1,5 tahun, perusahaan itu akhirnya tumbuh dan berkembang dengan pesat.

Hanya karena pemiliknya mempercayai imajinasinya dan mempertahankannya di saat keadaan menjadi sulit dan orang-orang mulai mengatakan bahwa yang dilakukannya buang-buang waktu. Anda benar, perusahaan itu adalah Soutwest Airlines.Co milik Rollin King.

7. Perencanaan Tertata

Jika rencana pertama gagal, maka buatlah rencana baru. Jika gagal lagi, maka buatlah rencana lainnya lagi. Begitu seterusnya hingga Anda menemukan rencana yang mantap.

Di sini lah banyak terdapat kegagalan. Karena mereka kurang tekun membuat rencana baru guna menggantikan rencana lama yang tidak bekerja dengan baik. 

Seseorang yang mudah menyerah tidak akan pernah menang. Dan seorang pemenang tidak akan mudah menyerah.

Beberapa orang memiliki pemikiran konyol bahwa untuk menghasilkan uang dibutuhkan uang. Itu tidak benar. Dengan mengikuti prinsip-prinsip yang benar, Anda bisa menghasilkan uang dari hasrat. 

Uang tidak bisa berpikir, bergerak, atau berbicara. Namun uang mampu mendengar ketika kita yang memiliki hasrat memanggilnya untuk datang.

Di bab ini juga ditunjukkan tentang pilihan, apakah Anda ingin menjadi pemimpin atau pengikut? Baik memilih menjadi pemimpin atau pengikut, terdapat petunjuk-petunjuk sederhana tentang bagaimana melakukannya dengan baik. Langkah-Langkah praktis tersebut disusun oleh penulis yang sudah berpengalaman dalam bisnis dan membantu orang-orang memasarkan keahliannya kepada para majikan.

8. Keputusan

Salah satu sifat yang dibutuhkan untuk menjadi kaya adalah keberanian mengambil keputusan. Sayangnya, hal ini tidak pernah diajarkan di sekolah-sekolah karena keputusan yang akan diambil, pasti ada untung dan ruginya.

Di bab ini diberi gambaran jelas melalui kisah-kisah menarik mengenai orang-orang yang mampu mengambil keputusan dengan cepat. Kalau pun harus berubah, keputusan itu berubah dengan lambat. Dan tentu saja, ada harga dibalik semua keputusan yang diambil.

Yang membuat orang gagal adalah saat ia tidak bisa membuat keputusan dengan cepat, tapi ia begitu cepat melakukan perubahan.

9. Ketekunan

Tanpa ketekunan, Anda akan kalah. Bahkan sebelum memulai. Dengan ketekunan, Anda akan menang.

Jika Anda sudah memiliki hasrat untuk kaya melalui langkah-langkah praktis di bab sebelumnya, maka sekarang Anda butuh ketekunan. Tidak masalah meskipun harus mulai perlahan-perlahan, yang jelas harus tekun agar membawa hasil. Kemudian tingkatkan kecepatannya sesuai dengan hasrat Anda. Dengan ketekunan, sukses akan datang.


Tidak ada yang bisa menggantikan ketekunan
. Ingatlah ini, ketika hidup terasa sulit dan lambat, maka ketekunan akan memperkuat langkah Anda. Mereka yang telah menjaga kebiaaan tekun akan berhasil. Tak peduli betapa banyak kekalahan yang datang, pada akhirnya mereka akan sampai pada tangga kesuksesan.

Kisah Bruce Lee mungkin adalah contoh terbaik mengenai ketekunan. Bagaimana Bruce Lee berjuang menjadi aktor bermodal kungfu dan memulai semuanya dari peran-peran kecil. Dan ketekunan Bruce Lee, meskipun sempat ingin menyerah, pada akhirnya Bruce Lee adalah aktor yang kita kenal saat ini.

10. Kekuatan Kelompok Pemikir

Kekuatan dapat diartikan sebagai pengetahuan yang terorganisir dan diarahkan dengan cerdas. Karena tanpa kekuatan, rencana sehebat apapun akan tetap menjadi rencana.

Sedangkan kelompok pemikir bisa didefiniskan sebagai koordinasi pengetahuan dan usaha dengan semangat keselarasan, diantara dua orang atau lebih, untuk mencapai tujuan yang pasti. Ingat, tidak ada yang bisa mendapat kekuatan tanpa kelompok pemikir.

Contohnya adalah kelompok pemikir Carnagie yang terdiri dari 50 orang. Mereka bertugas memasarkan baja. Dia menyatakan seluruh keuntungan yang ia dapatkan berasal dari kekuatan kelompok pemikir ini. Inilah salah satu prinsip untuk mendapatkan kekuatan yang besar.

Rahasianya ada pergaulan. Sebut saja Henry Ford. Ia bukan orang pintar, miskin, dan terjebak dari kebodohan. Namun dalam 10 tahun ia mengubah hidupnya. Semua diawali dengan perkenalannya dengan orang-orang dengan kemampuan besar, terutama Edison.

Manusia cenderung tertular sifat, kebiasaan, dan kekuatan pikiran orang-orang yang bergaul dengan mereka dengan semangat keselarasan dan rasa simpati. Jadi, mulai berteman dengan orang-orang terbaik di sekitar Anda jika ingin kaya.

11. Misteri Transmutasi Seks

Dalam bahasa sehari-hari, kata transmutasi adalah kurang lebih memindahkan atau mengubah salah satu energi menjadi bentuk energi lain. Dalam hal ini, emosi seks bisa diubah menjadi kondisi pikiran tertentu.

Jika bisa mengubah energi seks, gairah yang luar biasa besar, maka Anda akan menjadi orang jenius. 

Sebuah studi menunjukkan hal ini dan membuat keheranan. Bahkan relevansi masih bagus jika dikaitkan dengan biografi dari tokoh-tokoh di masa lalu.

Masalahnya, jika Anda tidak bisa mengendalikan seks, maka seks akan mencari jalan keluarnya sendiri. Seperti halnya arus sungai, Anda bisa membendungnya, tapi tetap saja arus tersebut akan mencari jalan keluar.

Namun jangan salah menyimpulkan bahwa orang yang memiliki dorongan seks berlebih adalah jenius. Orang akan menjadi jenius hanya dan jika pikirannya terangsang dan mampu mendayagunakan semua kekuatan yang ada melalui daya imajinasinya. Energi tersebut harus ditransmutasikan, dari sekadar hasrat untuk melakukan hubungan seks menjadi hasrat dan aksi yang lain.

12. Alam Pikiran Bawah Sadar

Pikiran bawah sadar adalah sebuah kesadaran yang berfungsi mengklarifikasi dan merekam semua impuls pikiran yang mencapai pikiran sadar (atau pikiran objektif) melalui kelima panca indra dan akan mereproduksi atau mengeluarkannya kembali kapan saja impuls-impuls itu dikeluarkan, mirip lemari dokumen yang menyimpan berbagai file.

Anda tidak dapat mengendalikan alam bawah sadar, namun Anda mampu secara sadar memberikan rencana, keinginan, dan tujuan apapun untuk menjadi sesuatu yang kongkrit.

Rencananya adalah mengendalikan pikiran. Buang segala bentuk pemikiran negatif dan ubah menjadi pemikiran positif sehingga alam bawah sadar Anda benar-benar meyakini apa yang Anda pikirkan. (lihat bab-bab sebelumnya untuk lebih memahaminya. Jika dibutuhkan, maka baca ulang bab-bab keyakinan dan otosugesti.)

Pikiran bawah sadar lebih peka jika digabung dengan impuls-impuls emosi sehingga hampir pasti menghasilkan sebuah aksi.

Juga dijelaskan hubungan alam bawah sadar dengan do’a. Jika dalam berdo’a Anda menggunakan emosi-emosi positif yang dijabarkan, maka hampir pasti do’a Anda akan menjadi kenyataan. 

Dalam bab ini juga ada contoh-contoh kongkrit mengenai Tuhan yang Maha Cerdas dan Bijaksana.

13. Otak Kita

Lewat sebuah studi, melalui perantara udara, dengan kinerja yang mirip dengan radio dan peranti komunikasi nirkabel, otak manusia mampu menangkap getaran pikiran yang dipancarkan otak lain.

Cara kerja stasiun penerima dan pengirim di otak Anda perlu tiga hal untuk mengaktifkannya. Hal tersebut adalah alam bawah sadar, otosugesti, dan imajinasi kreatif. 

Dan yang Anda butuhkan untuk memicu ketiga hal tersebut adalah Keinginan.

Di dunia ini ada begitu banyak kekuatan tak kasat mata. Bagaimana bumi bisa mengambang diangkasa atau apa itu listrik. Kita semua takluk dengan kekuatan-kekuatan semacam itu. Dan tentu saja, kita masih belum begitu tahu kekuatan lain yang juga tak nampak, PIKIRAN MANUSIA.

Disebutkan beberapa penelitian menegnai pikiran manusia. Tentang paranormal dan telepati. Dijelaskan mengenai kemampuan melihat fenomena yang tidak dapat ditangkap oleh panca indra tersebut.

Peristiwa-peristiwa aneh yang biasanya dianggap firasat, bisikan hati, mimpi-mimpi yang sarat perlambangan dan firasat akan datangnya malapetaka, merupakan bagian dari kemampuan yang sama.

14. Indra Keenam

Prinsip ini sulit untuk dijelaskan tanpa memahami prinsip-prinsip sebelumnya. Namun demikian, dengan berlatih secara terus menerus, Anda akan mampu menguasainya seiring dengan berjalannya waktu.

Dengan bantuan indra keenam, Anda akan mendapatkan peringatan tentang bahaya-bahaya yang mengintai tepat sebelum petaka itu menimpa Anda. Anda pun akan siaga jika ada berbagai peluang, maka Andalah yang akan merebutnya.

Sebuah kecerdasan luar biasa yang memasuki setiap atom benda dan menghidupkan semua bentuk energi terkecil, itulah Sang Maha Cerdas dan Bijaksana.

 Yang mengubah biji kembang jati menjadi pohon kayu, yang membuat air selalu bergerak ke tempat lebih rendah melalui hukum gravitasi, mengatur siang dan malam, dan menjalankan roda kehidupan dengan seimbang dan serasi. 

Dengan menerapkan prinsip-prinsip di buku ini, Anda dapat meminta Kecerdasan itu untuk mengubah keinginan Anda menjadi kenyataan.

15. Bagaimana Cara Mensiasati Enam Monster Ketakutan

Sebelum mengaplikasikan filosofi-filosofi di bab ini, maka musnahkan tiga hal : Kegamangan, Keragu-raguan, dan Ketakutan. Indra keenam tidak akan bisa bekerja selama ada “trio iblis”. Jika salah satunya ada, maka yang lain pasti tidak jauh-jauh.

Berikut adalah 6 ketakutan paling berbahaya dan beruntunglah mereka yang tidak memilikinya :

  • Takut miskin
  • Takut dikritik atau dicela
  • Takut jatuh sakit
  • Takut kehilangan cinta seseorang
  • Takut menjadi tua
  • Takut kematian

Di bab inilah dibahas tentang keenam rasa takut tersebut. Jujur saja, ini bab yang sangat sederhana dibanding dengan bab-bab lain dan saya rasa Anda akan mampu memahaminya dengan mudah.

16. Lokakarya Iblis

Dibanding keenam ketakutan sebelumnya, ada yang lebih berbahaya lagi namun begitu sulit dideteksi, itu adalah Kerawanan Pikiran Terhadap Pengaruh-Pengaruh Negatif.

Agat terlindung dari iblis tersebut, sadarilah bahwa Anda memiliki Kekuatan Hati atau Tekad untuk menangkis semua pengaruh buruk tersebut.

Sudah jelas bahwa kelemahan paling mendasar yang sering ditunjukkan manusia adalah kebiasaan memberi jalan masuknya pengaruh negatif dari orang lain. Kelemahan ini semakin destruktif sebab kebanyakan orang tidak menyadari kehadirannya.

Di bab ini juga disertai berbagai pertanyaan untuk mengevaluasi diri. Apakah Anda termasuk orang memiliki pikiran negatif (dan sebaiknya jawab dengan jujur).

Juga ada berbagai anekdot singkat mengenai tokoh-tokoh terkenal dan kesuksesan mereka menghadapi serangan pengaruh negatif dari orang lain yang saya yakini akan sangat membantu menguatkan tekad Anda meraih kekayaan.

Kelebihan Buku Berpikir dan Menjadi Kaya

Saya membaca buku ini dengan sangat perlahan dan menemukan kelebihan-kelebihan berikut ini :

1. Banyak Kisah-Kisah Menarik

Di setiap bab selalu disertai dengan kisah-kisah orang sukses yang sangat relevan dengan poin-poin yang dijelaskan sehingga menambah pemahaman. Selain menambah motivasi, menyadari kondisi-kondisi tokoh-tokoh terkenal sebelum mereka sukses benar-benar memberi harapan kepada siapapun bahwa kita bisa mengubah hidup dengan berjuang dan berpikir dengan sungguh-sungguh.

2. Poin-Poin Sederhana

Buku ini menggunakan bahasa yang paling sederhana dan mudah dipahami. Bahkan saya yakin siapapun akan mengerti dan tahu apa yang harus dilakukan setelah menamatkan buku ini jika benar-benar berkeinginan untuk menjadi kaya.

3. Aplikatif

Jika Anda saat ini ingin menjadi kaya namun memiliki begitu banyak kekurangan, maka itu bukan masalah besar. Sebagian besar isi buku sangat aplikatif sehingga sangat cocok diaplikasikan oleh siapa pun saat ini juga.

Namun juga perlu digarisbawahi bahwa tidak ada jalan pintas. Buku ini menuntun Anda langkah demi langkah menjadi kaya, namun saya sering menemukan kalimat-kalimat yang menonjolkan “butuh waktu bertahun-tahun” untuk menguasai filosofi dalam buku ini.

Kekurangan Buku Berpikir dan Menjadi Kaya

Menurut saya kekurangan terbesar dari buku ini adalah contoh-contoh kesuksesan yang terlalu besar.

Sebagai orang bertipe realistis, sangat sulit mempercayai bahwa dengan semua filosofi yang dijelaskan akan mampu meraih apa yang telah dicapai oleh tokoh-tokoh terhebat di dalam buku.

Dan kedua, seperti yang telah diungkit dan sering diulang, meskipun buku ini terkesan sederhana, namun saya menganggap isinya begitu luar biasa dan sulit untuk dipahami. Mungkin butuh bertahun-tahun untuk menguasai masing-masing bab. 

Jadi, buku ini merupakan panduan yang harus sering dibuka dan dibaca jika ingin mendapatkan kekayaan.

Nilai

Saya memberi nilai 81 untuk buku berpikir dan menjadi kaya. Saya sangat beruntung bisa membaca buku ini karena sangat saya butuhkan sebagai referensi  untuk menulis konten-konten pengembangan diri dan motivasi di masa depan.

8 tanggapan untuk “Review Buku Berpikir dan Menjadi Kaya by Napoleon Hill

  1. Hhmm…semuanya berawal dari ide (sambil manggut2). Walaupun reviewnya lumayan pnjng (sulit disingkat), tapi menarik sekali.

    Sayapun lalu mncoba mencatat bbrp poin2 pnting yg sy tngkap dari review ini terkait filosofi menjadi kaya, yakni:
    1. Memupuk keinginan sampai menjadi obsesi.
    2. Otosugesti/ kykinan mnjdi kaya
    3. Miliki pngetahuan khusus dari pnglaman2
    4. Milik imajinasi kreatif utk menjadi kaya
    5. Tekun membuat rencana/pantang mnyerah
    6. Berani mengambil keputusan
    7. Miliki ketekunan (wajib)
    8. Bergaul dg org2 terbaik
    9. Bergairah luar biasa, smngat bsar
    10. Mngendalikan pikiran
    11. Mensiasati monster ketakutan (6 hal)
    12. Jngan membiarkan pengaruh ngatif merasuk diri
    13. Tidak ada jln pintas, semua butuh proses. Jd, mmang perlu sabar, 😇😇😁

    Suka

Komentar ditutup.