Apa Permainanmu?

Apa permainanmu?Sumber gambar : Jawapos.com

Berdasarkan pemikiran Simon Sinek, ada dua bentuk permainan, yakni permainan tak terbatas dan permainan terbatas.

Orang yang memainkan permainan tak terbatas akan bermain untuk bisa tetap bermain. Ia bermain untuk jangka panjang dengan aturan yang terus berubah. Sedangkan bagi orang yang memainkan permainan terbatas, ia bermain untuk menang.

Jika menggunakan teori permainan tersebut dalam aplikasi pengembangan blog, maka dapat dengan mudah kita dapat menentukan siapa yang memenangkan permainan sesungguhnya.

Seperti yang sudah saya lihat selama beberapa tahun terakhir, popularitas tidak menjamin sebuah blog mampu bertahan sebagai sumber informasi di internet. Mereka yang menonjol, memenangkan banyak persaingan SEO, atau populer justru tiba-tiba menghilang. Sementara itu, beberapa bloger yang bermain lepas dan tidak terlalu peduli dengan statistik-statistik, justru mampu konsisten dan bertahan.

Tujuan Ngeblog dan Kemampuan Diri

Ngeblog harus punya tujuan. Entah untuk berbagi ilmu, mempengaruhi orang lain, mencari uang, atau sekadar berbagi pemikiran. Karena tanpa tujuan yang jelas, tidak akan pernah ada motivasi. Dan hanya menunggu waktu sampai yang bersangkutan bosan dan kemudian berhenti ngeblog.

Dalam mencapai tujuan tersebut, teori Simon Sinek mungkin bisa diaplikasikan. Pemain permainan tidak terbatas mungkin cenderung sadar diri dengan kemampuannya.
Mereka menetapkan target-target realistis yang penting tercapai dan mereka tidak terlalu memaksakan diri untuk mendapatkan segalanya dalam waktu singkat. Mereka punya kesabaran. Mereka tahu bahwa popularitas hanya masalah waktu jika mampu menjaga konsistensi.

Mereka terus berevolusi untuk menemukan satu-satunya cara terbaik mengelola blog. Dan merekalah yang akan bertahan dalam waktu yang lama.

Sementara itu, pemain permainan terbatas menetapkan target-target tinggi. Terkadang tidak sadar dengan kemampuan diri sendiri dan terlalu memaksakan diri. Mungkin mereka akan bersinar dalam waktu singkat, sampai mereka mencapai batas dan mengalami kejenuhan sehingga tidak mampu mempertahankan pencapaian. Dan biasanya mereka justru tidak akan konsisten dan pada akhirnya menghilang. Mereka justru menjadi korban.

Jangan Suka Membandingkan Diri

Jika ingin memainkan permainan tak terbatas, maka jangan terlalu suka membandingkan diri dengan bloger lain. Ujung-Ujungnya iri dan ingin mendapatkan pencapaian bloger lain. Bahkan jika itu berarti harus mengorbankan banyak hal seperti waktu dan uang.

Musuh Anda adalah diri sendiri. Selama hari ini lebih baik dari hari kemarin, itu merupakan pencapaian yang bagus. Meskipun perbedaannya kecil dan sepele.

Namun lakukan dengan rutin, dan tanpa Anda sadari, Anda akan mendapatkan pencapaian yang semakin besar setiap harinya.

Kuncinya, Anda wajib menikmati aktivitas ngeblog. Jadi, Anda tidak tergoda untuk menjadi pemain permainan terbatas. Asalkan Anda merasa bahagia dengan permainan Anda sendiri, saya rasa bukan masalah besar jika pencapaian-pencapaian Anda tidak sehebat bloger lain.

Yang jelas ngeblog tentang konsistensi. Buat apa terkenal sesaat lalu kemudian menghilang. Bukankah lebih baik menjadi bloger yang bahagia dan konsiten?

Selama Anda konsisten, cepat atau lambat blog Anda akan menjadi terkenal. Setidaknya itulah yang saya yakini ketika membangun Shiq4. Santai tapi pasti.

Bagian Akhir

Saya penganut permainan tak terbatas. Itulah mengapa saya menyertakan teori tersebut dalam tulisan. Kadang orang menerjemahkan sebagai “Tanpa ambisi”, tapi memang saya tidak terlalu peduli apa yang dipikirkan orang atau apa yang dikatakan orang tentang saya. Tujuannya adalah kebahagiaan yang sesungguhnya.

Seperti tokoh Ieyasu dalam novel Musashi. Hidup damai dan tenang. Bahkan ketika di berbagai daerah bergolak perang. Bukan berarti daerah yang dipimpin Ieyasu lemah, justru karena tidak ada yang tahu seberapa besar kekuatannya sehingga Ieyasu disegani dan semua orang berpikir dua kali jika ingin mengibarkan bendera perang.

Di dalam ngeblog, bukan berarti saya tidak bisa menciptakan konten berkualitas atau memenangkan SEO. Saya tetap rutin berlatih berbagai aspek ngeblog yang dibutuhkan. Saya tidak ingin populer, saya hanya ingin bloger lain menyadari bahwa saya ada. Hanya itu.

Jadi, apa permainanmu? Bagikan di kotak komentar.

21 tanggapan untuk “Apa Permainanmu?

  1. Pertanyaan sulit. Saya ingin menjawab permainan terbatas tapi saya benar-benar tak tahu bagaimana untuk bisa terus ‘bermain’.
    Yang jelas saya ingin mewujudkan tujuan-tujuan jangka pendek terlebih dahulu baru mungkin berusaha memenangkan beberapa permainan dan mencari cara untuk bisa terus bermain.

    Suka

    1. Saya juga kurang tahu mas firman bagaimana untuk terus bermain. Seharusnya yg bisa menjawab adalah bloger-bloger yg sudah berpengalaman dan sudah konsisten selama bertahun-tahun πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

      1. Anda sudah berhasil ngeblog konsisten selama lebih dari 2 tahun mas, saya jarang nemuin bloger lain yg spt anda.
        Karena itu saya mau ngikutin anda aja mas, hehehe

        Disukai oleh 1 orang

  2. Gk tau persis apa jenis permainanku mas shiq, tp yg jlas ngeblog untuk mengkpresikan diri, ngilangin stress, menambahilmu, dn smoga bs msuk tak terbatas πŸ™

    Disukai oleh 1 orang

    1. Iya… Saya juga pinginnya konsisten ngeblog selama mungkin. Liat beberapa blogger yang bisa bertahun-tahun,ngeblog membuat bersemangat untuk belajar lebih menikmati aktivitas ngeblog agar konsisten πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

  3. Secara verbal sulit saya menjelaskannya. Masalahnya saya bukan pemain handal, tapi tipe yang mau terus eksis, meski hrus jln kaki trus, haha…

    Suka

    1. Iya…. saya juga tipe yg mau tetap eksis mas desfortin. Jadi mikir, 5 tahun lagi membaca konten2 lama rasanyaseperti apa, pasti menyenangkan πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

  4. Tapi kak Shiq hitungannya populer lho sebagai bloger πŸ˜€
    Kalau saya sepertinya pakai strategi permainan tak terbatas, bedanya saya super santai di blog πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Disukai oleh 1 orang

    1. Saya sebenarnya pingin jadi slogan blogmu za, unknown person gitu ha ha ha…..

      Saya juga santai kok ngeblognya. Yg jelas pingin bertahan sampai beberapa tahun ke depan πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

      1. Cocok banget kak Shiq pake slogan itu, misterius sekali sih πŸ˜„
        Semangat terus kak Shiq nulisnya, semoga aku masih bisa bertahan untuk tetap membaca postingannya kak Shiq beberapa tahun ke depan, juga bertahan untuk tetap konsisten menulis 😁

        Disukai oleh 1 orang

  5. Wah, susah juga ya jawabnya. Cuma dulu ngeblog karena suka nulis aja. Ketimbang menguap di telan jaman, “dimuntahin”nya di blog. Hehe. .

    Tapi kalo saya lihat sih, temen-temen yang nulis bebas dan itu bagus, secara tidak langsung “rejeki” juga akan mendatangi mereka entah dalam bentuk apapun. Kesibukan mereka setelah dapet rejeki itu terkadang buat blognya gak update/aktif, tapi bukan mereka gak aktif. Mereka aktif cuma mungkin tempatnya entah dimana. Hehehe..

    CMIIW πŸ˜ŠπŸ™

    Suka

    1. Iya mungkin mas. Soalnya sekarang banyak media berekspresi selain blog :-D. Mungkin benar, urusan dapat uang memang lebih penting daripada ngeblog.

      Disukai oleh 1 orang

    1. Iya mbak grant, klo bisa enjoy ngeblognya, semua bakalan baik-baik saja dankita pasti bisa meluangkan 30 menit untuk sekadar menulis sesuatu πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

Komentar ditutup.