FAQ : Pilih Theme Gratis atau Theme Premium?

Theme gratis atau theme premiumSumber gambar : temanweb.com

Salah satu pekerjaan mudah yang membuat bingung adalah memilih theme blog. Bagaimana pun juga, tersedia begitu banyak theme gratis dan premium di internet. Jadi, mana yang lebih baik diantara keduanya dan mengapa.

Pertama, hilangkan opsi untuk bergonta-ganti theme dalam waktu singkat. Karena itu akan membingungkan pengunjung. Jika terlalu sering berganti, mata pengunjung harus beradaptasi lagi dan harus belajar menggunakan navigasi-navigasi baru di dalam blog.

Kedua, jika terpaksa menganti theme, maka pastikan theme terbaru memiliki lebih banyak fitur dibanding theme sebelumnya. (plus pastikan fitur lama masih tersedia atau diperbarui untuk memudahkan Anda mengelola blog dan memudahkan pengunjung menjelajahi situs seperti sebelumnya.)

Mari kita bicarakan mengenai theme gratis dan premium….

Theme Gratis

Bagian pentingnya adalah theme gratis yang saya maksud merupakan theme-theme yang tersedia di situs resmi WordPress, bukan dari pihak ke-3.

Sangat tidak direkomendasikan menggunakan theme gratis dari situs-situs lain karena berisiko disisipi dengan script-script berbahaya.

Kelebihan Theme Gratis

Beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan mengenai kelebihan dari theme-theme gratis :

Pertama, karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Anda bisa mendownload berbagai macam theme dan menginstallnya sesuka hati sampai Anda menemukan theme yang cocok. Lagipula tidak semua orang mampu menghasilkan uang dari blog sehingga ini merupakan kelebihan yang membuat sebagian bloger memilih theme gratisan.

Kedua, theme gratis di WordPress adalah contoh-contoh theme berkualitas. Bukan seperti anggapan orang yang mengatakan bahwa theme gratisan tidak SEO friendly atau memiliki kualitas yang buruk.

Semua theme gratis di direktori telah melalui proses review yang dilakukan orang-orang berpengalaman. Jadi, theme-themenya sudah memakai code standart, mendukung fitur-fitur WordPress, aman, HTML dan Css yang berkualitas dan sebagiannya.

Kekurangan Theme Gratis

Beberapa kekurangan theme gratis diantaranya :

Pertama, tidak unik. Karena mudah diperoleh, maka orang lain pun bisa dengan mudah meniru tampilan situs Anda. Hal ini akan membuat situs Anda terlihat tidak profesional karena memiliki tampilan yang sama dengan situs lain.

Kedua, tidak ada support. Tidak semua orang tahu cara memaksimalkan suatu theme dan mau berurusan dengan kode-kode. 

Jika ada suatu permasalahan, maka pilihannya hanya menyelesaikan dengan tangan sendiri. Meskipun ada forum WordPress, namun pembuat WordPress tidak berkewajiban untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang ada.

Ketiga,  tidak compatible dengan update WordPress. Sebenarnya beberapa desainer theme terus melakukan update theme sesuai dengan perkembangan update WordPress versi terbaru. Namun jika theme yang Anda install merupakan theme yang terlalu tua, sangat mungkin ada beberapa plugins yang menjadi bermasalah.

Dan terakhir,fitur dan fungsi yang terbatas. Meskipun theme gratisan memiliki fitur yang standar dan bagus, namun jumlah fitur dan fungsi yang ditawarkan tidak sebanyak theme-theme premium. 

Apalagi jika Anda merupakan pemilik situs-besar, maka kemudahan mengelola situs dengan banyak fitur merupakan hal yang tidak boleh ditinggalkan.

Untuk Siapa Theme-Theme Gratis?

Menurut saya, jika ngeblog sekadar bersenang-senang dan bukan blog bisnis, maka theme gratis sudah sangat bisa memuaskan Anda dengan berbagai fitur yang ada.

Akan sangat berlebihan seandainya Anda membeli theme premium sedangkan konten-konten Anda merupakan tulisan-tulisan bersifat personal atau sekadar curhat masalah sehari-hari.

Theme gratis merupakan pilihan tepat bagi mereka, bloger-bloger amatir. Lagipula Anda bisa bebas membeli theme premium ketika blog Anda sudah berkembang dan mulai menunjukkan kemajuan. 

Sebelum hal tersebut terjadi, jangan terlalu banyak tingkah.

Theme Premium

Theme premium merupakan theme berbayar yang disediakan pihak-pihak ketiga. Dengan perkembangan blog di masa sekarang, sangat sulit menentukan penyedia theme terbaik karena apa yang mereka tawarkan sangat mirip satu dengan lainnya.

Tapi percayalah…. Theme premium bekerja dengan baik dibanding theme gratisan jika Anda memperhatikan kelebihan dan kelemahannya.

Hanya satu yang diingat, theme premium yang saya maksud bukan theme-theme premium yang bisa Anda dapatkan di situs-situs warez.

Kelebihan Theme Premium

Berikut adalah kelebihan-kelebihan mayoritas theme premium WordPress:

Pertama, Anda mendapat dukungan penuh. Anda bisa menghubungi tim pengembang melalui telepon, email, dan forum yang mereka sediakan. Dengan demikian, jika Anda mengalami kesulitan memakai theme atau terjadi error, ada orang-orang yang berpikir untuk menyelesaikan masalah Anda.

Kedua, secara umum, kualitas theme premius lebih baik dibanding dengan theme gratis. Hal ini terjadi karena pengembang mendapatkan pemasukan dari setiap penjualan. Maka mereka bisa menggunakan dana tersebut untuk mengembangkan theme-theme mereka menjadi lebih baik dibandingkan dengan theme gratisan yang mengandalkan donasi dari pengguna.

Ketiga, lebih banyak fitur dan fungsi. Theme-Theme premium biasanya disertai dengan berbagai fitur dan fungsi yang lebih kompleks sehingga memudahkan bloger untuk mengkustomisasi blog dengan cara-cara yang lebih mudah.

Keempat, diupdate secara teratur. Pengembang theme premium akan terus melakukan update secara teratur sesuai dengan perkembangan WordPress terbaru. 

Jadi, Anda bisa berhenti mengkhawatirkan masalah keamanan atau bug-bug terbaru pada WordPress.

Kekurangan Theme Premium

Hanya karena Anda mengeluarkan uang, maka bukan berarti Anda mendapatkan theme yang sempurna. Berikut adalah kekurangan theme premium :

Pertama, kode-kode yang buruk. Mungkin Anda pernah membeli theme premium yang terlihat cantik tapi ternyata kode-kodenya sangat buruk dan tidak sesuai standar. Bahkan akan terjadi beberapa ketidakcocokan dengan plugins-plugins tertentu karena theme tersebut belum melewati proses review.

Kedua, Terlalu banyak fitur yang tidak perlu. Karena persaingan begitu ketat, beberapa pengembang malah menambahkan sangat banyak fitur, terlalu banyak malahan. Masalahnya adalah jika Anda tidak terlalu butuh fitur-fitur tersebut, maka kode-kode yang ada justru malah memberatkan loading blog.

Ketiga, harga yang mahal. Beberapa theme bagus hanya menyediakan licensi selama setahun. Artinya Anda perlu terus mengeluarkan uang setiap tahun untuk dapat menggunakan theme. Ada pula theme yang harganya cukup mahal meskipun Anda hanya perlu sekali bayar saja seumur hidup.

Dan terakhir, Anda bisa menyesal. Berbeda dengan theme gratisan, jika Anda melakukan kesalahan dalam pembelian theme atau mengalami ketidakcocokan, maka Anda akan menyesal dan tidak bisa berganti theme premium lainnya. Kecuali Anda mau mengeluarkan uang dari dompet Anda sekali lagi.

Untuk Siapa Theme-Theme Premium?

Menurut saya, gunakan theme premium jika Anda berniat membangun bisnis profesional di internet. Karena tampilan yang unik akan sangat berpengaruh pada brand yang Anda bangun.

Atau jika Anda bloger amatiran, jika Anda sudah cukup banyak menghasilkan uang dan perkembangan blog memuaskan, sangat disarankan untuk membeli theme premium agar blog Anda menjadi lebih lagi.

Anda bisa mendapatkan theme yang bagus di Theme Forest dan Genesis.

Semoga Anda mendapatkan inspirasi untuk memilih theme terbaik yang cocok untuk Anda.

Iklan

22 tanggapan untuk “FAQ : Pilih Theme Gratis atau Theme Premium?

  1. Aku tentu pakai yang gratisan wkwk, karena tak ada tujuan khusus mengenai blog ku ini, so far hanya ingin bersenang-senang, berbagi informasi, pengetahuan dan pengalaman aja sih, anda sendiri pakai yg mana yang bang? Wkwk

    Suka

      1. Minimal paket premium lah.
        Kalo udah lama blognya beredar di dunia maya apalagi pake hosting wordpress.com masih worth kalao menurut saya.
        Support mereka untuk pelanggan yang “premium” cukup memuaskan. Toh kita sebagai wordpresser fokusnya ga lagi soal server, cpanel dan lain sebagainya.

        Suka

        1. Iya. Klo nggak mau ribet mending beli di wordpress.com karena bisa langsung pake dan nggak perlu pengetahuan apapun untuk setting ini dan itu :-D.

          Suka

  2. Ternyata kekurangan theme gratis lbih bnyak ya daripda klbihannya…

    Brbeda yg premium, kelebihannya lbih bnyk drpd kkurngannya.

    Tp utk smntra, bg sya, theme grtis lbih cocok utk blog sy yg gado2 dan just for fun ini.
    Mksih mas buat share nya…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s