7 Alasan Mengapa Anda Sebaiknya Berhenti Merokok

Alasan mengapa harus berhenti merokokSumber gambar : liputan6.com

Saya adalah perokok selama sekitar 14 tahun. Itu waktu yang lama. Dan Anda benar jika hari-hari saya kurang lengkap tanpa menghisap batang-batang nikotin.

Bulan lalu, pada akhirnya, saya memutuskan untuk berhenti merokok. Bukan, tepatnya mengurangi rokok terlebih dahulu dan berhenti jika saatnya tiba.

Meskipun mengalami beberapa kendala, tapi saya yakin akan benar-benar berhenti merokok pada minggu-minggu yang akan datang.

Tahukah Anda apa motivasi terbaik atau alasan dibalik keputusan saya tersebut? Itu adalah karena beberapa hal di bawah ini (dan sebaiknya Anda pun sebaiknya mempertimbangkan untuk berhenti merokok) :

1. Risiko Penyakit

Orang-Orang super sukses menempatkan kesehatan sebagai prioritas terdepan dalam kehidupannya. Dan jika saya ingin lebih sukses, maka sebisa mungkin sejak saat ini harus mulai melihat kesehatan sebagai aset penting untuk masa depan.

Karena jika saya sehat, maka saya bisa tetap produktif di usia tua nanti. Oleh karena itu, langkah kecil yang saya putuskan adalah mulai membuang kebiasaan merokok.


Menurut Alo Dokter
, lebih dari 4000 bahan kimia terdapat di dalam rokok dan itu membuat perokok berpotensi terserang stroke, kanker, asam lambung, osteoporosis, dan impotensi.

Atau dari hallo sehat, ternyata tidak kurang dari 50 bahaya akibat merokok.

Jadi, berhenti merokok merupakan tindakan tercerdas untuk memulai hidup sehat seperti halnya orang-orang sukses.

2. Hemat

Sebenarnya saya tidak terlalu terbebani dengan pengeluaran untuk uang rokok. Hanya saja akan lebih bijaksana jika saya bisa berhenti merokok dan mengalihkan dananya untuk pos-pos pengeluaran yang lebih berguna.

Bayangkan saja, dalam satu hari uang untuk rokok bisa lebih dari Rp 20.000,00. Atau jika mengambil pengeluaran paling rendah, masih sekitar Rp 10.000,00/hari.

Kalikan 30 hari dan kita akan mendapatkan nominal yang besar.

Jika uang sebesar itu dialihkan untuk membeli pulsa, atau nongkrong cantik di kafe, atau membeli pakaian, atau ditabung, maka kebermanfaatannya lebih besar dibanding menghisap nikotin untuk kepuasaan sesaat dan berakhir dengan berbagai macam penyakit.

3. Membahagiakan Keluarga

Entah benar atau salah, banyak perempuan yang tidak suka dengan asap rokok. Begitu pula dengan adik perempuan dan ibu yang sering mengeluh mengenai kebiasaan buruk merokok saya.

Memikirkan mereka terkadang membuat saya merasa tergerak untuk segera menghentikan kebiasaan merokok. Karena mungkin mereka ikut bahagia jika hal tersebut benar-benar terjadi.

Kabar baik lainnya, keluarga saya tidak perlu menanggung risiko sebagai perokok pasif. Bagaimana pun juga, mereka yang ikut menghirup asap rokok juga rentan terkena penyakit sebagaimana para perokok yang aktif.

4. Terhindar dari Bau Mulut

Bagian yang sering terlupakan dan tidak disadari oleh sebagian besar perokok adalah nafas yang bau. 

Meskipun orang-orang di sekitar kita tidak secara langsung mengatakannya, saya berasumsi jika mereka terganggu dengan bau rokok yang keluar dari mulut kita.

Akibatnya, beberapa perokok mungkin merasa tidak percaya diri dan menghindari pergaulan. Kecuali bergaul dengan mereka yang juga sama-sama perokok.

Dengan berhenti merokok, ucapkan selamat tinggal kepada bau mulut dan kita bebas bergaul dengan siapapun tanpa harus memikirkan nafas kita lagi.

5. Dapat Mulai Aktif Berolah Raga

Olah raga secara rutin merupakan kegiatan yang sangat baik untuk menjaga kebugaran dan stamina tubuh agar tidak cepat lelah ketika menjalani aktivitas sehari-hari.

Sayangnya, sebagai perokok, saya mengalami kesulitan untuk mulai berolah raga karena nafas yang terlalu pendek akibat sering menghisap rokok.

Salah satu alasan berhenti merokok yang saya sugesti adalah agar memiliki nafas yang panjang sehingga bisa memulai kebiasaan lari pagi atau sore secara rutin.

Agar badan dan pikiran lebih sehat. Dan tujuan akhirnya, agar produktivitas hidup semakin tinggi dan menjadi lebih baik lagi.

6. Menghindari Sebuah Kecanduan

Meskipun pada awalnya perokok hanya menikmati beberapa batang saja dalam sehari, tapi kebiasaan buruk tersebut bisa berakibat sangat fatal yakni kecanduan rokok.

Akibatnya, pecandu rokok harus terus merokok di sela-sela kegiatannya karena jika tidak demikian, biasanya perasaan menjadi tidak tenang dan pikiran menjadi kacau.

Tentu dalam skala yang lebih serius, pecandu rokok bisa berbuat sangat tidak bijaksana dalam mengelola keuangannya. Bahkan mungkin ada yang rela tidak makan hanya agar tetap bisa merokok seperti biasanya.

Oleh karena itu, sebelum saya menjadi pecandu rokok, dan selagi masih muda, saya memutuskan untuk berhenti merokok sekarang juga.

7. Bisa Tidur dengan Nyenyak

Dikutip dari liputan 6, perokok ternyata membutuhkan waktu yang lebih lama untuk tertidur dibanding dengan mereka yang tidak merokok berdasarkan penelitian Punjabi dan kawan-kawan pada tahun 2006.

Jika Anda perokok dan sering mengalami gangguan tidur, maka dalam waktu lama kehidupan sehari-hari akan terganggu.

Karena tubuh membutuhkan tidur yang cukup untuk melakukan perbaikan pada sel-sel yang rusak. Juga sangat penting untuk terbangun dalam keadaan bugar dan terlihat segar guna beraktivitas dalam hidup.

Kesimpulan

Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa merokok merupakan kebiasaan buruk yang sepele dan bisa berhenti kapan pun mereka inginkan. Saya pun begitu pada awalnya dan ternyata saya salah.

Berhenti merokok tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun bukan sebuah kemustahilan. Bahkan saya merasa tertekan untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

Dan salah satu cara untuk menguatkan niat adalah terus memikirkan alasan-alasan berhenti merokok setiap hari agar niat berubah menjadi tekad yang kuat.

Jika ada salah satu penyesalan dalam hidup, itu pasti ketika saya memulai kebiasaan merokok. Jadi, jangan coba-coba untuk menghisap nikotin dalam hidup Anda.

Apalagi kira-kira alasan masuk akal yang dapat diterima oleh perokok untuk menghentikan kebiasaan buruk mereka? Bagikan di kotak komentar.

24 tanggapan untuk “7 Alasan Mengapa Anda Sebaiknya Berhenti Merokok

  1. Mas Shiq berhenti merokok katanya temen saya bisa membuat tubuh gemuk. Benar ga ya ?
    Apa karena efek badan jd sehat karena bebas dr rokok dan tidur jd nyenyak ya.

    Suka

  2. Dulu saya pernah merokok dan HAMPIR kecanduan, tapi semenjak saya larinya ngap-ngapan saya jadi gak pengen merokok lagi… Terlalu besar resiko yang akan kita hadapi jika kita berurusan dengan sebatang rokok… yang masalah bukan rokoknya, tapi mental kita yang terkena candu rokok.. dari sebatang, terus-terus-terus, sampai akhirnya berbatang-batang…

    Suka

      1. Oh ..iya mas, sy bkn meragukan kevalidan tulisannya, justru apresiasi keberanian mas menulis ttg berbagai hal negatif dr kebiasaan merokok itu.
        Terutama resiko penyakit, biasanya para perokok jk diingatkan itu sll bilang “umur ditangan Tuhan, tidak sakit jg bisa mati gitu” he he
        Ok deh smg berhasil mas shiq, meskipun sy bukan siapa2 mas shiq, kalau mas shiq berhasil berhenti total sy ikut senang

        Disukai oleh 2 orang

  3. Ternyata Anda bukan pecandu tho..haha..

    Saya kira yg diulas mas Shiq4 sdh ckup lugas, tentu ada manfaatnya bg pmbca, khususnya bg sesama perokok. Tp akan lbh powerful lg ketika Anda sdh total brhnti merokok. Nah, saat itu tiba jngn lp posting lg.

    Disukai oleh 1 orang

    1. Iya mas desfortin. Sekarang sudah maksimal 5 batang saja sehari. Sedikit demi sedikit saya kurangi. Tapi kemarin sempat baca bahwa metode terbaik adalah langsung berhenti. Tapi kok nggak cocok ya dan saya kesiksa sendiri ha ha ha…..

      Suka

Tinggalkan Balasan

