7 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Malas Ngeblog

Cara mengatasi rasa malas ngeblogSumber gambar : kapsulkecerdasan.com

Saya banyak bicara tentang blog.

Terkadang, saya merasa ngeblog sudah menjadi bagian penting dalam hidup.

Terhitung sejak 2014 saya terus menulis dan rutin menulis. Bahkan sejak Februari 2017 saya mengupdate blog setiap hari.

Itu menyenangkan dan saya mendapatkan hampir semua pencapaian yang saya inginkan.

Tapi saya melihat masih banyak bloger yang berjuang dengan keras. Beberapa berhasil, beberapa hanya menambah daftar bloger pemula yang gagal.

Masalah utama yang sering muncul adalah rasa malas. Sekali Anda membiarkan rasa itu menang, Anda akan mulai terbiasa bermalas-malasan.

Jangan salah sangka, saya juga tipe pemalas. Tapi saya tidak pernah kesulitan jika hanya mengelola sebuah blog dan mengembangkannya.

Saya tipe pemalas yang gigih. Dan saya bangga akan hal tersebut.

Dalam postingan kali ini, saya ingin berbagi rahasia lain tentang cara mengatasi rasa malas ngeblog. Saya berharap tips-tips berikut akan menolong Anda menjadi bloger yang lebih baik lagi.

Mari kita mulai membahas rasa malas ngeblog dan apa yang harus dilakukan untuk mengalahkannya:

1. Tetapkan Jadwal Ngeblog dan Patuhi

Ngeblog melibatkan banyak kegiatan. Dari menulis konten, blogwalking, membalas email, bergabung di forum, membalas komentar, hingga membaca tips-tips ngeblog terbaru.

Begitu banyak pekerjaan.

Anda mungkin tidak percaya, tapi jika Anda tidak bisa mengatur waktu, Anda akan kewalahan.

Ujung-Ujungnya perkembangan blog akan lambat dan menyuburkan benih-benih rasa malas.

Saya punya jadwal rutin yang sudah menjadi kebiasaan. Menulis di malam hari, blogwalking di sore hari, terlibat di forum di siang hari dan sebagiannya.

Jika sudah begitu, maka tidak ada rasa malas. Saya sudah membiasakan semua kegiatan dan terus mengulangi sampai hafal di luar kepala.

Hasilnya, jika tidak melakukannya, serasa ada yang kurang dalam hidup. Dan tentu saja, sekalipun saya lelah dan malas, saya tetap melakukannya.

2. Temukan Kompetitor dan Kalahkan

Ingin memaksa diri sendiri mengeluarkan semua potensi? Temukan lawan yang lebih hebat dari Anda.

Saya pertama kali merasakannya ketika membaca sebuah postingan statistik di blog lain. Blog tersebut mampu menghasilkan 600 pengunjung per hari.

Dan Anda tahu apa yang saya pikirkan? Saya ingin melampaui catatan tersebut.

Mungkin terdengar konyol, tapi saya benar-benar bersemangat untuk melampaui catatan bloger tersebut. Meskipun saat itu pengunjung harian saya masih 100-an pengunjung.

Setiap kali saya memikirkannya, jika orang lain mampu melakukannya, maka saya pun harus mencobanya.

Dan hingga saat ini, pengunjung saya sudah 400-an pengunjung per hari. Jika ramai bisa mencapai 500. Sedikit lagi saya akan menyamai pencapaian bloger lain.

Dan tentu saja, setiap kali rasa malas datang, saya memikirkan pencapaian bloger lain. Tidak ada waktu untuk bermalas-malasan sebelum saya mengalahkan pencapaian bloger tersebut.

3. Tetapkan Tujuan Jangka Panjang

Ngeblog secara bebas menghasilkan sesuatu yang berbeda dengan ngeblog yang menggunakan perencanaan.

Jika Anda ngeblog secara bebas dan suka-suka, sangat mudah kalah dari rasa malas. Namun hasil yang berbeda jika Anda punya visi yang jauh ke depan.

Cara mengatasi rasa malas ngeblog yang paling efektif adalah membayangkan masa depan yang ingin Anda raih dengan blog.

Tentu semua orang bebas berimajinasi. Kemana blog akan dibawa dan akan jadi seperti apa di masa depan? Tanyakan hal tersebut pada diri sendiri.

Kalau Anda belum mampu menjawabnya, sepertinya Anda akan terus menjadi pecundang. 

Melakukan pekerjaan tanpa tujuan sama saja bohong.

Seandainya Anda sudah memiliki gambaran besar mengenai blog yang Anda kembangkan, sangat mudah mengatasi rasa malas.

Anda tinggal memikirkan blog impian Anda. Dan Anda akan menyadari masih banyak hal yang harus dilakukan, tidak peduli apakah hal tersebut besar atau kecil, Anda tidak punya waktu untuk malas karena waktu terus berputar tanpa memberi peringatan atau kelonggaran.

4. Pelajari Hal-Hal Baru

Rasa malas mungkin terjadi karena Anda tidak menemukan tantangan atau semua berjalan stagnan dan itu-itu saja. Intinya, Anda bosan dengan apa yang Anda lakukan karena terus melakukan hal yang sama berulang kali tanpa perbedaan hasil yang signifikan.

Jadi, sangat disarankan untuk membaca konten-konten tentang blog dari blog-blog otoritas.

Saya sering melakukannya. Meskipun berada di level yang jauh berbeda, saya sangat menikmati ilmu-ilmu baru mengenai blog. Begitu saya mengaplikasikannya, saya menjadi lebih antusias dalam mengembangkan blog.

Jangan khawatir, di dunia ini begitu banyak pengetahuan tentang blog. Anda bisa memilih ilmu seperti apa yang ingin Anda pelajari dan aplikasikan.

Segera setelah Anda melakukannya, ucapkan selamat tinggal pada rasa malas karena Anda akan bersenang-senang di dimensi yang berbeda dari apa yang Anda lakukan selama ini.

Pastikan saja Anda punya mindset yang benar ketika melakukannya.

5. Berhubungan dengan Bloger Lain

Anda adalah seperti siapa orang-orang disekitar Anda. Artinya jika Anda tidak ingin malas, bergaulah dengan bloger-bloger yang rajin ngeblog.

Kebetulan beberapa bloger yang saya kenal sudah banyak yang ngeblog selama bertahun-tahun dan masih rutin mengupdate blognya. Dan itu membuat saya ingin melakukan hal serupa.

Selain itu, berkomunikasi dengan bloger lain via komentar atau email atau apapun merupakan kesenangan tersendiri.

Selama ada rasa senang ketika melakukannya, itu merupakan motivasi yang cukup untuk menggerakkan setiap orang untuk terus berkarya.

Lihat dan amati bloger-bloger di sekitar Anda dan jalinlah hubungan baik dengan mereka yang rutin menulis.

Di saat-saat tertentu, ketika semangat Anda sedang turun, melihat tulisan-tulisan baru bloger lain di wordpress reader akan menghilangkan rasa malas.

Karena manusia itu suka ikuta-ikutan. Jika mayoritas teman ngeblog Anda aktif dan rutin menulis, maka Anda pun tergerak melakukan hal serupa. Mudah…, bukan?

6. Anggap Saja Ngeblog Sebagai Permainan

Saya penyuka game. Tapi setelah sekian lama bermain game, pada akhirnya saya bosan karena tidak menemukan tantangan baru yang bisa membuat saya kesulitan.

Lalu saya iseng ngeblog dan menganggapnya sebagai permainan.

Tujuannya utamanya adalah membuat blog menjadi otoritas dan lain sebagiannya. Dan pemainnya dituntut untuk terus menulis, melakukan SEO, promosi dan lain sebagiannya.

Ini permainan yang yang paling seru. Karena tidak ada petunjuk sedikit pun. Dan yang paling hebat, ini permainan di dunia nyata.

Begitulah saya memperlakukan kegiatan ngeblog. Saya berusaha mendapatkan pencapaian dalam beberapa hal. Dan kabar baiknya, saya tidak pernah merasa malas.

Setiap kali saya mendapatkan pencapaian baru, maka saya akan berusaha melewati pencapaian tersebut. Begitu seterusnya.

Tentu saya juga pernah frustasi. Tapi saya mendapatkan banyak petunjuk dari pemain lain bagaimana melakukan semuanya dengan benar. Meskipun melalui trial dan error, pada akhirnya saya mampu melewati beberapa hambatan dan sampai pada level saat ini.

Semakin berkembang suatu blog (naik level), maka tingkat kesulitannya pun semakin banyak. Tidak pernah saya begitu senang bermain game sebagaimana bermain blog.

Ini hanya sebuah permainan, sama seperti game-game online lainnya. 

Jika sudah bosan, maka saya bisa meninggalkannya kapan pun saya inginkan dan mencari pengalaman lain yang lebih menyenangkan.

7. Dapatkan Uang dari Blog

Blog bisa menghasilkan uang. Tapi jangan bermimpi untuk menjadi kaya dari blog karena itu sangat sulit dilakukan dan justru bisa membuat Anda malas kalau tidak mendapatkannya.

Selain menganggap blog sebagai permainan, saya membuka jasa penulisan artikel. Dan blog merupakan portofolio tulisan-tulisan saya. Blog merupakan investasi.

Yang namanya investasi, tentu tidak selamanya mendapatkan untung. Tapi setidaknya itu cukup membuat saya terhindar dari rasa malas.

Semakin bagus tulisan saya dan semakin kaya konten blog saya, semakin banyak orang yang melihatnya dan mungkin tertarik menggunakan jasa saya.

Karena pernah beberapa kali mendapatkan pesanan, saya pun menganggap ngeblog merupakan pekerjaan sampingan. Dan tentu saja, yang namanya bekerja tidak boleh bermalas-malasan agar mendapatkan gaji yang memuaskan.

Uang merupakan motivasi terbaik. Selama dilakukan dengan benar dan menggunakan cara yang baik, tidak ada salahnya menekuni dunia blog untuk menghasilkan rupiah.

Anggap saja Anda sedang belajar menjadi entrepeneur online dan sudah seharusnya entrepeneur tidak boleh bermalas-malasan sebelum usahanya mulai menjadi sumur uang.

Kesimpulan

Di atas merupakan beberapa pengalaman saya. Anda tidak harus melakukan semuanya, cukup tentukan cara mengatasi rasa malas ngeblog yang paling cocok untuk Anda.

Tapi ingat, sangat perlu pemahaman dalam mengaplikasikan tutorial di atas. Dan juga diperlukan kejujuran dari diri sendiri untuk menjawab satu pertanyaan utama : Apakah saya serius ngeblog dan memusuhi rasa malas untuk seterusnya?

Jika ya…. mungkin cara di atas akan bekerja dengan baik bagi Anda. Namun jika tidak, sepertinya Anda harus membuat komitmen dengan diri sendiri dulu untuk menegaskan permusuhan Anda dengan rasa malas.

Apakah Anda punya pendapat lain atau cara lain? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

37 tanggapan untuk “7 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Malas Ngeblog

  1. rasanya ngeblog asal-asalan tanpa ada tujuan juga gak enak yah mas.
    mungkin itu yang membuat banyak blogger paling cuma update sesekali seminggu, bahkan sampai sekali sebulan.
    mungkin tujuannya yang kurang menguatkan untuk terus konsisten menulis.

    Suka

    1. Ada strategi tersendiri mas irawan buat yg ngeblog sebulan sekali dan seminggu sekali. Cuma selama ini belum pernah saya terapkan. Hanya pernah membaca teorinya saja πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

  2. 4 dan 5 plus yang terakhir, itu yang bikin saya semangat ngeblog hehehe…
    Poin-poin tersebut mencerahkan saya:

    4. Inovasi adalah hal mutlak dalam perkembangan kehidupan. Kalau tidak ada inovasi, akhir-akhirnya kita bisa kalah saing, seperti nokia yang bangkrut

    5. Membangun relasi jelas sangat penting, lebih baik memilikik sedikit pengunjung tapi berkualitas, sebab dari sedikit pengunjung itu, ia akan menjadi distributor atau marketer tanpa gaji, dan nantinya pengunjung-pengunjung baru akan berdatangan…

    7. Tentunya apa yang kita tanam akan kita tuai. Untuk itu kita harus bersabar. Seperti Law of Attraction gan… Tapi tidak cukup sampai di situ, sebab Law Attraction is nothing without action… (Saya dapat dari Caleb Maddix, seorang anak 14 tahun yng berhasil mencetak uang $100000 pertamanya.)

    Suka

    1. Wkwkw…. sebenarnya klo konsisten ngeblog cepat atau lambat statistiknya bakalan naik kok. Kombinasikan dg blogwalking pasti hasilnya bagus. Klo sudah bisa SEO, sebisa mungkin buat halaman muncul di page one agar mendapat pengunjung secara terus menwrus.

      Disukai oleh 1 orang

  3. Saya masih harus berjuang lebih keras lagi dalam bayang-bayang menjadi blogger pemula yang gagal.

    Setiap kali baca tipsnya mas shiq4 semangat ngeblog jadi begitu menggebu-gebu..

    Suka

  4. Pernah sih saya merasa malas klo mau ngeblog. Tp itupun malasnya karena msh ada kegiatan lain yg bisa dilakukan. Klo bagi kak Shiq4 ngeblog itu bagian dri kehidupan, saya menganggap ngeblog itu cuma media utk sharing aja sih 😁 Soalnya saya pengen melakukan berbagai macam hal baru selain ngeblog. Makanya utk point no 1 mungkin msh susah bagi saya. Tp saya pengen terus ngeblog, dan yg point no 2 itu sdh saya coba terapkan. Saya menganggap blog sahabat sendiri sebagai saingan πŸ˜‚
    Maaf klo komennya nggak jelas πŸ˜‚

    Suka

    1. Klo ada kegiatan yg lebih penting mending blognya ditinggalin sementara.

      Klo ada saingannya dalam kegiatan apapun akan menjadikan kita mengeluarkan semua potensi. Tapi harus main bersih dan tetap menjaga persaingan sehat agar menjadi pribadi yg lebih baik lagi πŸ˜€

      Disukai oleh 1 orang

  5. Saya akui saya belum punya tujuan jangka panjang dalam nge-blog.
    Saat ini saya hanya berusaha mewujudkan resolusi blog tahun 2017 yang sudah saya buat.

    Mengenai kompetitor, saya punya kebiasaan mengecek ranking alexa blog-blog lain. Walaupun banyak yang bilang kalau Alexa Rank tidak bisa dijadikan patokan, tapi saya tetap bangga kalau blog saya rankingnya lebih tinggi dari blog-blog yang saya follow.

    Suka

    1. Klo alexa saya juga,sering ngecek mas firman. Cuma dari awal tahun 2017 $ampai sekarang alexanya gak mengecil ha ha ha…. padahal trafiknya semakin,tinggi loh.

      tapi masihyakin alexa akan dibawah1 juta. Karena target alexa rank seringnya tercapaidi bulan-bulan akhir tahun.

      Suka

  6. Kalau saya lagi malas nulis biasanya yaudah malas aja, nggak usah nulis, ternyata kalau udah punya pikiran kayak gitu yang ada malah makin nggak ada semangat untuk nulis ya kak :’)

    Suka

    1. Saya juga pernah seperti itu dan pernah dapat komentar yg menyatakan seperti itu. Mungkin sesekali tidak masalah, tapi klo sudah terlalu sering lama2 bakalan lebih malas lagi. Sebaiknya buat jadwal posting meskipun tiap 10 hari sekali asalkan dipatuhi. Itu lebih baik. Keteraturan membuat pekerjaan lebih mudah dilakukan.

      Disukai oleh 1 orang

  7. Saya sih kalau bosan atau malas tidak / belum ya. Hanya saja, saya bukan tipe bloger yang produktif. Karena memang kemampuan menulis masih di bawah rata-rata. Itulah sebabnya komitmen saya, update blog (rilis konten terbaru) seminggu sekali (stlah 6-7 hri). Itulah jdwal yg saya patuhi sejak 2017. Hny sy mungkin kurang disiplin nulisnya, itu aja mslahnya, kdang bisa mlm, pagi, sore, jd gak nentu.

    Suka

    1. Klo masalah update saya punya jadwal yg juga berubah-ubah mas desfortin.

      Sedangkan untuk produktivitas, saya sendiri sebenarnya juga tidak terlalu produktif mengingat tulisan saya banyak yg sepele dan remeh temeh. Hanya sesekali saja nulis dengan serius dan mengambil banyak kutipan.

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s