Rahasia Ngeblog : Konsistensi dan Popularitas

Kembali ke masa-masa awal ngeblog, di tahun 2014, sebenarnya saya tidak menyangka akan ngeblog sejauh ini. Saya hanya berpikir akan menulis di blog dan akan meninggalkannya jika sudah merasa bosan. Saya hanya butuh kegiatan untuk mengisi waktu luang saja.

Tidak ada ekspektasi apapun. Saya menulis karena merasa menyukainya saja. Meskipun saya ada keinginan untuk mendapatkan lebih banyak komentar dan lebih banyak pengunjung, tapi saya meyakini itu sesuatu yang tidak mungkin saya dapatkan.

Apalagi berkunjung ke blog dengan ribuan pengunjung per hari dan ratusan komentar di setiap postingan, memimpikan hal semacam itu saja saya tidak berani.

Di tahun pertama, blog hanya dikunjungi rata-rata 70 orang saja / hari. Itu pun sudah membuat saya senang bukan kepalang. Lalu saya berusaha mencoba bermain SEO agar blog semakin ramai, tapi tidak berhasil juga. Untuk menaikkan jumlah pengunjung harian dari 70 ke 100, saya membutuhkan setidaknya 8 bulan.

Jumlah komentar pun tidak banyak. Paling satu dua orang saja yang mau berkomentar di blog saya. Sedikit putus asa, akhirnya saya tidak lagi peduli tentang statistik blog. Yang saya tahu, saya bermain-main dengan tulisan saya. Dan saya menikmatinya dan bahagia dengan dunia saya sendiri.

Tanpa terasa, waktu begitu cepat berlalu. Dan secara ajaib, jumlah pengunjung dan komentar meningkat secara berkala. Sejak saat itu, saya meyakini, cepat atau lambat blog ini akan lebih terkenal sepanjang saya mampu konsisten menulis dan memublikasikannya di blog.

Saya hanya butuh kesabaran dalam mengelola blog dan semua akan baik-baik saja. Dan sekarang, saya bahkan yakin, jika saya konsisten, maka Shiq4 akan berkembang dengan sendirinya. Itulah yang saya lakukan hingga saat ini.

Halangan Terbesar

Selama berpetualang di dunia blog, saya telah bertemu dengan berbagai macam bloger. Tapi hanya segelintir yang bisa bertahan dan konsisten. Kadang saya juga berpikir, apakah mereka sudah bosan atau terlalu frustasi sehingga memutuskan untuk gantung laptop.

Menurut saya hambatan terbesar adalah tetap berkarya meskipun hasilnya masih tidak seperti yang diinginkan. Mental bloger diuji. Siapa yang mampu konsisten, bahkan ketika sepi pengunjung dan komentar, maka ia yang akan bersinar.

Sejauh ini bloger baru mentalnya payah. Belum apa-apa sudah berhenti menulis. Padahal jika mereka mau mengamati bloger-bloger yang sudah populer, seharusnya mereka menyadari bahwa tidak ada yang instan. Bahkan hanya sekadar mendapatkan lebih banyak pembaca dan komentar.

Saya sendiri bisa terbilang beruntung karena statistik terus menanjak. Tapi itu bukan tujuan utama. Karena kenyataannya tidak ada bedanya blog yang dibaca 1000 orang atau mendapatkan 50 komentar dengan blog yang dibaca 10 orang dan hanya mendapatkan 3 atau 4 komentar.

Tujuan utama saya adalah bersenang-senang dengan menulis. Sedangkan hal lainnya hanyalah bonus semata.

Melawan Diri Sendiri

Di dunia internet sudah begitu banyak tutorial mengenai blog. Kalau ingin mengembangkan blog dengan cepat, tinggal rajin membaca dan melakukan berbagai percobaan untuk mendapatkan satu-satunya cara terbaik melakukan sesuatu.

Kenyataannya bukan itu masalah utamanya.

Masalahnya terletak pada sikap bloger yang bersangkutan. Kalau Cuma berkhayal dan bermimpi saja semua orang juga bisa. Tapi ketika harus membayarnya dengan berbagai macam usaha, mereka bermalas-malasan. Jelas saja blog tidak berkembang sebagaimana mestinya.

Sebenarnya rahasianya bukan pertanyaan seberapa hebat skill saya dalam mengelola dan mengembangkan blog, melainkan bagaimana saya bisa menikmati aktivitas ngeblog.

Itulah rahasia konsistensi dan popularitas.

Musuh Anda adalah diri sendiri. Seberapa hebat Anda memahami diri sendiri dan bagaimana Anda menemukan cara untuk berbahagia dengan hobi ngeblog Anda. Ketika Anda sudah menemukan jawabannya, konsistensi bukanlah sesuatu yang harus dipikirkan.

Kalau Anda, apa rahasia konsisten ngeblog Anda? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

46 tanggapan untuk “Rahasia Ngeblog : Konsistensi dan Popularitas

  1. Saya tak bosan2nya memuji Shiq4 yg sllu ok punya dlm memotivasi atau membagikan ide2 cemerlangnya. Keren. Hampir speechless saya.

    Luar biasa kalimat Anda ini:

    Menikmati aktivitas ngeblog. Itulah rahasia konsistensi dan popularitas.

    Betul bnget, bgaimn bisa konsisten dan populer mgeblog klo stress saat ngeblog, haha…

    Disukai oleh 2 orang

    1. Sebenarnya memotivasi diri sendiri mas desfortin. Saya hanya akhir-akhir ini benar-benar sibuk dan baru bisa nulis di atas jam 9. Jadi, ingat2 masa lalu biar bisa konsisten. Soalnya tahun ini mengikuti nasihat Darrent Rows buat posting setiap hari. Setodaknya mencoba sampai akhir tahun saja. Nggak tahu kenapa ucapan Darrent rows terus terbayang di pikiran.

      Suka

  2. keren mas.. motivasinya. jujur saya nge blog baru setahun. namun yang saya rasakan belum banyak yang mengikuti apalgi komen di tulisan saya. tapi saya tak peduli. minimal saya pikir untuk mendokumenkan semua tulisan saya lewat blog.
    secara konsiten pula itu sayalakukan, minimal seminggu satu atau dua tulisan yang saya pos. masalah banyak yang like atau komen menjadi hal yang kedua bagi saya.

    Disukai oleh 1 orang

    1. Sbnrnya klo sering blogwalking dan saling komen, sbnrnya dapatin komen gampang, klo itu tujuannya, tp krn nulis ya utk brbgi dan dibaca org, ya tinggal liat aja sratistik pngunjung.

      Disukai oleh 1 orang

    2. Nanti juga banyak kok pak yang mengikuti , komen, dan like. Dulu tahun pertama saya juga seperti itu. Baru di akhir tahun kedua saja tiba-tiba blog saya jadi agak ramai. Faktor keberungan saja menurut saya pak :-D.

      Disukai oleh 1 orang

  3. Selama kita menikmati ngeblog, konsisten itu muncul dengan sendirinya yak bang.. Tapi kalau lagi banyak yang dikerjakan suka lupa. Sebenarnya bukan masalah membagi waktu ya bang. Tapi masalah apakah kita mau menyisihkan waktu kita… Aku kadang kesulitan buat itu. Gimana yak bang..

    Suka

    1. Klo dari pengalaman saya sih nulis yg remeh temeh aja. Sesuatu yg membuat kita bahagia. Dulu saya seperti itu prosesnya. Sampai sekarang udah terbiasa menulis dan sebenarnya ngeblog gak butuh banyak waktu kok.

      Disukai oleh 1 orang

  4. entahlah..
    yang jelas disaat kita sudah menyukai tentang menulis…
    konsistensi menulis ada dengan sendirinya mas..
    begitu yang aku rasakan. terlepas dari data statistik atau popularitas lainnya

    Disukai oleh 1 orang

    1. Iya mas nur. Klo sudah suka menulis ya bisa konsisten karena memang cuma bersenang-senang saja. Sedangkan statistik bakal meningkat dengan sendirinya kok asalkan rutin menerbitkan konten-konten baru.

      Suka

  5. weiittttzzzz. Cadas nih postingannya. Saya dooong, blogger tuir yang suka mood-moodan nulis,wkwkwkwkk. Zaman keemasan saya saat masih menjadi singlet ladies, tiap hari ada saja bahan untuk ngeblog. setelah beregenerasi, soal keinginan ada, kesempatan yang minim. Sekalinya nulis, blank, karena anak nangis! hahahah *Lemparkesalahan*.
    Kalau saya sih ga mentingin pengunjung dan komentator. Menulis sebenarnya hobi saya, bener kata tulisan di atas, bermain dengan tulisan adalah syarat konsistensi dalam ngeblog. Konsisten itu berat,jendral! xixixixixi 😀

    Suka

    1. Wah klo ada prioritas lain yg lebih penting mending ngorbanin blog mbak. Dulu soalnya saya sempat buat blog bisnis dan banyak berkorban dan berakhir kegagalan. Nyesel rasanya udah banyak berkorban tapi hasilnya nol. Sejak saat itu saya ngeblog untuk seneng2 saja. Klo gak sempat dan ada prioritas lain, maka saya akan meninggalkan blog sementara waktu.

      Disukai oleh 1 orang

  6. Kalau saya sih rahasianya itu sering-sering buka folder foto perjalanan, nanti baru ketemu cerita mana yang belum ditulis. Disitulah muncul motivasi untuk menulis atas dasar dokumentasi digital yang tersimpan.

    Suka

  7. Belum berani bilang konsisten karena baru rutin nulis 5 bulan terakhir ini. Tapi kalau pengunjung blog nambah terus, saya kayaknya bakalan mati-matian untuk mempertahankan konsistensi menulis.

    Selain itu saya juga sudah berniat untuk posting tiap 3 hari sekali di tahun 2017 ini. Makanya tulisan sejelek apapun tetap saya posting.

    Suka

    1. Seharusnya klo normalnya pasti akan bertambah pengunjungnya. Cuma saya sendiri gak tahu kenapa tahun ini pengunjung meningkat hampir tiga kali lipat sejak update algoritma fred. Sepertinya saya termasuk bloger yang beruntung.

      Saya juga begitu mas klo masalah kejelekan tulisan. Yg penting bisa dipahami sudah cukup bagi saya.

      Suka

  8. ngeblog …buat saya sekarang lebih seperti melihat album foto untuk dilihat dan dikenang, kalau mau nambah koleksi perlu mikirnya keras banget jadi cuma draft aja yang tersisa……, tapi jujur aku juga bangga dengan lapak sendiri walau banyak ditinggalin….
    salam ngeblog

    Suka

  9. Saya selama ini berusaha konsisten karena termotivasi tulisan mas shiq4, meskipun untuk menjaga konsistensi itu seringkali tulisanku cuma remeh temeh menceritakan diri sendiri wk wk wk. Kadang saya malu sendiri he he

    Disukai oleh 1 orang

    1. Lho yang menurut kita remeh temeh bisa bermanfaat bagi yang lain mbak nur. Saya dulu memulai ngeblog malah nulis kegiatan sehari-hari saja kok. Sampai sekarang hal tersebut tetap saya pertahankan. Sesekali saya juga nulis hal remeh seperti tentang kucing, berkebun, atau kisah jualan di pasar.

      Disukai oleh 1 orang

  10. Rahasia yg belum diungkap di sini adalah bagaimana seorang mas shiq4 yg selalu ramah sama setiap orang sehingga banyak yg suka mampir sini 🙂

    Suka

Komentar ditutup.