9 Tips yang akan Membantu Anda Membaca Lebih Banyak Buku

โ€‹Sumber gambar : entrepreneur.com

Saya pecinta buku. Setidaknya saya menginvestasikan waktu 3 jam dalam sehari untuk membaca buku. 

Motivasi terbesar tentu untuk menajamkan karya-karya saya dan mendapatkan wawasan luas untuk diaplikasikan agar kehidupan menjadi lebih baik lagi.

Prestasi membaca saya saat ini masih diangka satu buku dalam sepuluh hari. Artinya dalam satu tahun saya akan menamatkan 30+ buku (Anda bisa membaca review buku-buku yang saya baca di sini).

Buku sudah menjadi bagian hidup saya. Karena membaca berpengaruh positif bagi bagaimana saya menjalani hidup dan melihat dunia dengan lebih baik lagi. Jika Anda juga merasa membaca merupakan bagian penting dalam menjalani kehidupan, dan ingin membaca lebih banyak lagi tahun ini, maka berikut adalah 9 tips sederhana yang akan membantu Anda :

1.Sediakan Banyak Buku

Langkah awal yang pertama adalah menyediakan banyak buku di rak. Bukan hanya merangsang Anda untuk segera membacanya, melainkan juga memberi banyak pilihan sehingga Anda mendapatkan buku yang sesuai dengan mood Anda.

Saya sendiri sudah mendownload ratusan buku elektronik berkualitas dan puluhan buku fisik. Kapan pun saya ingin membaca, saya tahu pasti bahwa saya punya begitu banyak pilihan sehingga memudahkan saya untuk mendapatkan buku yang menarik.

2. Bawa Buku Anda Kemana Pun

Saya bukan tipe petualang yang sering bepergian dan keluar rumah, hanya saja ketika saya berjualan di pasar, terkadang saya membawa satu buku. Ketika sedang tidak melayani pembeli, maka saya menggunakan waktu luang tersebut untuk membaca.

Tidak ada waktu yang sia-sia. Bahkan ketika saya menunggu kedatangan pembeli atau waktu istirahat siang telah tiba, saya memesan secangkir kopi dan membaca.

Anda pun bisa melakukannya jika sering bepergian atau dalam antrean panjang. Pastikan buku yang Anda bawa menarik agar Anda bisa tenggelam di dalamnya.

3. Tulis Review Tentang Buku

Menulis review buku merupakan bagian lain dari membaca yang paling menyenangkan. Setidaknya hal tersebut memicu saya untuk membaca lebih banyak buku agar mampu menilai kualitas suatu buku dengan membandingkan antara buku satu dan lainnya.

Review juga dapat berfungsi sebagai catatan pribadi. Menurut pengalaman saya, menulis review suatu buku membuat ingatan kita tajam mengenai buku tersebut.

4. Menulislah Berdasarkan Buku yang Anda Baca

Kebetulan saya juga mempunyai hobi menulis. Dan membaca benar-benar satu paket dengan kegiatan menulis sehingga bisa bersinergi dengan baik dalam kehidupan saya.

Bagaimana pun juga, pernah saya membaca tulisan yang sangat bagus. Terutama tulisan-tulisan kaum terpelajar yang sering menggunakan buku sebagai landasan berpikir atau mengutip bagian buku yang masih relevan dengan apa yang ditulis. Saya ingin menjadi penulis konten seperti itu dan menjangkau kaum intelektual.

Dengan demikian, saya mempunyai motivasi bagus untuk membaca lebih banyak lagi. Agar dapat digunakan sebagai landasan berpikir atas tulisan-tulisan yang saya terbitkan di blog ini.

5. Bangun Kebiasaan Membaca Buku Setiap Hari

Untuk mengkonsumsi lebih banyak buku, tentu membangun kebiasaan membaca buku merupakan langkah paling krusial yang harus segera ditempuh. Karena membaca buku memang tidak perlu langsung selesai. Asalkan rutin membaca buku setiap hari, jumlah buku yang bisa ditamatkan pun akan semakin banyak, tergantung berapa banyak waktu yang ingin Anda investasikan.

Menurut saya setidaknya mulai biasakan meluangkan waktu 30 sampai 60 menit per hari saja sebagai langkah awal.

Jika Anda merasa kesulitan membangun kebiasaan membaca, maka Anda bisa membaca panduannya.

6. Berganti-ganti Jenis secara Bergiliran

Untuk mencegah rasa bosan, biasanya saya membaca jenis buku secara berselang-seling antara buku non-fiksi dan fiksi. Juga bergonta-ganti genre setiap mampu menyelesaikan suatu bacaan.

Ini merupakan rahasia bagaimana saya bisa melakukan marathon dari satu buku ke buku lainnya tanpa jeda satu hari pun sehingga saya mampu menamatkan lebih banyak buku lagi dalam satu tahun.

7. Beli Buku-Buku Murah

Adik-Adik saya juga pembaca buku yang baik. Namun mereka selalu membeli buku dengan harga-harga murah sehingga rak buku selalu dipenuhi dengan buku-buku baru.

Hal ini berkaitan dengan budget yang Anda miliki. Jika tidak memungkinkan membeli banyak buku, mustahil Anda akan produktif menyelesaikan bacaan. Jadi, sangat penting untuk hadir di event-event yang menjual buku ramah kantong atau waktu-waktu tertentu untuk mendapatkan potongan harga besar.

Lagipula jika terlalu banyak menghabiskan uang bisa-bisa malah membuat kita malas dan enggan membaca.

8. Beri Prioritas Lebih untuk Membaca

Jika memungkinkan, maka hindari hal-hal yang bisa membuat Anda menunda-nunda membaca buku seperti bermain game atau terlalu aktif di media sosial atau menonton televisi. Bukannya tidak boleh, hanya saja terkadang kita terlalu banyak menghabiskan waktu untuk melakukan sesuatu yang tidak berguna untuk kehidupan kita.

Oleh karena itu, tetapkan membaca buku sebagai prioritas sehingga Anda tidak tergoda untuk melakukan hal-hal lain yang cenderung membuang-buang waktu.

9. Tetapkan Target

Sebenarnya dengan menghitung berapa banyak buku yang mampu kita konsumsi dalam setahun akan membuat kita ingin melampaui rekor sebelumnya. Itulah yang sedang saya lakukan sekarang.

Paling tidak tahun ini saya harus menamatkan 30 buku dan tahun depan mungkin angka 40 buku menjadi realistis.

Yang jelas punya target akan membantu kita merencanakan semuanya dengan sempurna sehingga mampu mencapai sasaran tepat pada waktunya.

Apakah Anda punya tips lain untuk membaca lebih banyak buku dalam setahun? Bagikan di kotak . komentar.

46 tanggapan untuk “9 Tips yang akan Membantu Anda Membaca Lebih Banyak Buku

  1. Kalo untuk menetapkan target membaca ada bagusnya memakai GoodReads, saya ikut challenge nya disitu. Tahun ini saya gak muluk-muluk. 25 buku pertahun semoga bisa lah. ๐Ÿ˜€

    Suka

  2. Artikelnya menarik bang. ๐Ÿ‘
    Sedikit tambahan dari saya, apapun topik atau genre buku yang dibaca, sebisa mungkin kegiatan ‘membaca’ buku menjadi kegiatan yg enjoyable. Meskipun tidak mudah untuk bisa menikmati semua genre, karena banyak buku2 berat berkualitas yg sulit untuk disaring oleh otak.
    Tapi dengan sedikit latihan dan mengubah sudut pandang terhadap buku yg dibaca. Saya kira dgn begitu, menikmati semua genre bukan hal yang sulit lagi.

    Suka

    1. Sejak awal saya penikmat semua genre kok. Lumayan buat direview dan digunakan sebagai patokan untuk menghasilkan karya tulis ๐Ÿ˜€

      Suka

      1. kan…ga hrs pake laptop, mas Shiq. Bca pake android jg support PDF koq.

        Atau kl bukunya wujud fisik, tinggal resensi nya saja yg via hp, selesai. Ya ga? ๐Ÿ˜€

        Suka

  3. Kalau saya beberapa hari ini lg gak mood membaca buku, bukan tdk membaca, tapi kecepatan membaca saya menurun, entah kenapa. Padahal kerjaan utama di kantor gak terlalu sibuk lg, akhirnya bca2 blog aja

    Suka

    1. Saya cuma kebiasaan saja membaca ebook sebelum tidur. Kayaknya ini bakalan tidak baca buku lagi selama beberapa hari karena laptop hang. Hadeh…..

      Suka

  4. Baca buku = kebutuhan
    Cuci mata di toko buku = hiburan
    Beli/ dikasih buku = kenikmatan
    Ketiban buku = sakit
    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    Suka

  5. Wah …terimakasih tipsnya, sebenarnya saya ada beberapa buku yg masih nganggur, tp membangun kebiasaan membaca tiap hari itu yg masih sulit.Selain meluangkan waktu yg agak susah juga mungkin krn belum begitu menikmati aktifitas membaca. wk wk wk susah ya suka nulis kok belum suka baca he he

    Suka

    1. Nanti juga terbiasa asalkan bacanya teratur mbak nur. Yg penting dinikmati dulu. Cari buku yg mudah dibaca dulu biar minat bacanya tumbuh terlebih dahulu.

      Disukai oleh 1 orang

  6. no 8 ini yang susah karena godaan sosmed dan juga banyak bacaan-bacaan bagus di internet yang membuat mata lelah sehingga malas mau baca buku.

    Suka

    1. Sebenarnya gak masalah sih baca artikel di internet. Cuma klo mau informasi yg lebih lengkap maka buku jawabannya. Kayaknya juga saya gak bakalan baca dulu karena mood jelek sekali setelah laptop hang selama beberapa hari ke depan. Hadeh…..

      Disukai oleh 1 orang

  7. Dulu tips 1 s/d 4 selalu saya lakukan. Dasar pemalas ya, begitu sibuk dengan rutinitas pekerjaan dan hampir gak ada waktu santai, mulai malas baca buku.
    Baca artikel ini mengulik hati saya, soalnya kemarin-kemarin sudah janji pada diri sendiri mau beli buku atau novel, tapi lupa terus.

    Suka

    1. Ha ha ha….. Mesti beli buku dulu kayaknya. Biar nanti terpaksa baca karena sayang uangnya. Gitu mungkin buat ngakalin diri sendiri.

      Suka

  8. Masalahnya tidak punya budget untuk membeli buku, dan jika membaca buku di hp, mata saya pasti terasa kering… huhuhu, nunggu punya budget dulu, supaya bisa beli buku baru…

    Suka

  9. 3 Jam sehari? Dan mas masih bisa nulis… mas’e kerjanya apa ๐Ÿ˜€ Jadi penasaran…

    Saya orang pabrik, kerja jam 7-5, pagi udah habis buat sarapan
    malam ngobrol sama anak-istri… ga keburu baca sampe 3 jam, mas

    Suka

    1. Ha ha ha… saya kerjanya pedagang buah. Biasanya dari jam 11-an sampai jam 6 malam. Tapi kadang bisa mulai dari jam 8-an. Atau klau ramai sekali bisa sampai pukul 9 malam. Saya kerja gantian sama bapak saya ๐Ÿ˜€

      Suka

Komentar ditutup.