Mei 2017: Blewah Sudah Ada di Mojosari

Musim blewah mulai mei 2017​Sumber gambar : satuharapan.com

Sebenarnya sudah agak lama sudah tersedia blewah atau garbis di Mojosari. Hanya saja baru di tanggal 15 Mei 2017 bapak membeli sebanyak 82 Kg blewah matang. Di hari pertama menjual blewah tersebut, hasilnya cukup memuaskan meskipun tidak semuanya terjual habis. Lalu di hari berikutnya kembali memasok 80 Kg, kali ini sisa banyak.

Tapi saya masih optimis dengan blewah. Selalu optimis. Karena di musim panas, tidak ada orang yang tidak tertarik untuk membuat es blewah. Dua hari terakhir adalah catatan awal yang lumayan bagus untuk penjualan blewah. Kami menjualnya dengan harga Rp 6.000,00/Kg.

Jenis yang kami jual adalah blewah bisma. Merupakan blewah nomor dua karena di posisi pertama, yang paling diminati masyarakat, adalah blewah kretek. Rasa blewah jenis bisma umumnya tidak terlalu manis dan cenderung digunakan untuk es. Tapi harganya relatif lebih murah dibanding dengan blewah kretek.

Di masa percobaan awal, beberapa pembeli menawar dengan harga Rp 5.000,00/Kg. Tapi kami tidak bisa memberikannya karena selisihnya terlalu rendah dari harga beli dan tetap kukuh pada harga Rp 6.000,00/Kg. Kalau pun harus ada potongan, karena ada pembelian dalam jumlah besar, potongannya tidak akan lebih dari Rp 1.000,00 saja.

Daya Tahan Buah Blewah

Penjual buah harus memahami daya tahan buah untuk mengkalkulasi risiko dan keuntungan sehingga mampu menetapkan harga jual yang pas. Umumnya, jika blewah tidak terlalu matang, maka daya tahannya bisa mencapai dua hari. Asalkan tidak tertutup terlalu rapat dan kepanasan, buah blewah tidak akan gampang busuk.

Tapi pada umumnya, blewah yang biasa diambil oleh penjual buah adalah blewah yang setengah matang. Umurnya bisa mencapai tiga hari. Di hari pertama, blewah akan didiamkan dan penjual akan menghabiskan blewah kemarin. Baru di hari kedua sejak pembelian, blewah-blewah yang sudah matang dengan sempurna akan dipasarkan.

Jika kondisi pasar sedang bagus dan harga blewah turun di juragan, tidak jarang pedagang buah juga berani memasok blewah-blewah mentah. Selama diperlakukan dengan baik, blewah mentah pun dapat matang sempurna dan rasanya tidak akan jauh berbeda dengan blewah yang matang di pohon. Sayangnya, terkadang ada beberapa blewah yang terlalu mentah sehingga tidak bisa matang dengan sempurna. Itu juga dapat diartikan sebagai kerugian.

Perkiraan Harga Blewah di Masa Depan

Kalau harus memprediksi berapa kira-kira harga blewah di saat musim panen nanti, maka saya benar-benar tidak punya gambaran sama sekali. Pasalnya tahun lalu tidak ada blewah karena petani gagal panen akibat hujan yang turun terus menerus.

Kalau blewah jenis bisma saja dibuka pada harga Rp 6.000,00/Kg, pasti harga blewah kretek tidak akan jauh dari sekitar Rp 8.000,00/Kg. Juga tergantung banyaknya pasokan yang ada di juragan-juragan besar. 

Seandainya jumlahnya terlampau banyak, biasanya pedagang buah mampu mendapatkan harga murah dan menjualnya dengan harga yang agak mahal.

Tapi dipikir-pikir, selama ini harga blewah tidak pernah lebih dari Rp 10.000,00/Kg, sekalipun sedang terjadi kelangkaan. Jadi, saya rasa blewah tahun ini akan berada pada harga Rp 5.000,00 – 8.000,00/Kg.

Tapi seandainya perkiraan meleset dan lebih dari itu, satu-satunya kemungkinan pasti karena daya beli masyarakat yang semakin tinggi karena mendapatkan uang THR sebelum waktunya dan menggunakannya untuk belanja buah-buahan. Selain itu, tidak ada faktor lain yang akan menyebabkan buah blewah menjadi “buah yang lebih mahal lagi”.

Permintaan Masyarakat akan Blewah

Blewah merupakan salah satu produk yang paling banyak memberi keuntungan bagi keluarga kami. Di masa puncaknya, menurut ingatan saya, sehari bisa menjual sampai 200 Kg. Bahkan saya samar-samar mengingat sampai 300 Kg.

Tapi itu kejadian dua tahun lalu saat saya belum terlalu aktif mencatat perkembangan dunia bisnis buah orang tua saya. Tapi menurut saya, di saat bulan ramadhan, orang-orang muslim sangat menggemari blewah untuk dijadikan es saat berbuka puasa.

Untuk sementara dan asumsi pribadi, lapak buah kami merupakan salah satu pemimpin pasar jika berurusan dengan blewah di Mojosari. Hal tersebut dikarenakan para pedagang buah di sekitar lapak buah kami tidak terlalu berminat pada blewah karena target pasar mereka adalah orang-orang kelas menengah ke atas. Jadi, kami sedikit diuntungkan dengan kondisi yang demikian dan mampu menjual banyak blewah setiap tahunnya.

Pesaing-Pesaing kami umumnya adalah penjual buah musiman di sekitar pasar. Tapi mereka lebih memilih blewah dengan harga murah, sedangkan lapak buah kami berfokus menjual blewah-blewah terbaik. Kondisinya sangat bagus untuk perkembangan bisnis sejauh ini.

Satu-satunya tugas terberat kami adalah memastikan pasokan blewah selalu tersedia. Artinya bapak harus siap-siap lembur sampai malam untuk berebutan blewah dengan pedagang lain di juragan-juragan besar mengingat blewah biasanya datang di malam hari.

Semoga saja produk blewah akan terjual sebagaimana tahun-tahun di masa lalu. Yang jelas saya sudah berniat akan minta dibelikan handphone baru yang harganya sekitar Rp 600.000,00 jika penjualan blewah lancar seperti biasanya.

Iklan

15 tanggapan untuk “Mei 2017: Blewah Sudah Ada di Mojosari

  1. Buah blewah itu sprti apa ya? Sprti labu? Saya kok gak familiar bnget dg namanya, hee… kcau ni, 😂😂

    Kyaknya disini langka dech tu buah, ap sya yg emang gak update, I feel bad.

    Suka

    1. Buah blewah alias garbis. Ada yg manis mas desfortin rasanya. Ya mirip sama semangka dan melon gitu, klo makannya. Saya baru tahu kalau di kalimantan nggak ada blewah. Di jawa, khusunya daerah pedesaan buah ini sangat populer mas desfortin. Selain bisa untuk membuat es, juga bisa dimakan langsung.

      Disukai oleh 1 orang

  2. Sudah dari ramadhan kemarin nggak makan buah ini, jadi kangen nyerutin blewah terus dicampur air gula dan es. Kesegaran yang hakiki ya kak Shiq :’)
    Semoga ramadhan kali ini bisa menikmati blewah lagi 😆

    Suka

    1. Iya…. Blewah kretek bisa juga langsung dimakan karena rasanya manis. Dipake buat es juga bisa. Kevetulan sekali saat puasa selalu bertepatan dengan musim blewah.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s