Tulisan Gagal : Eksistensi Bloger Amatir

Eksistensi blogger amatirSumber gambar : loop.co.id

Catatan : Kemarin nulis mikir muter-muter dan akhirnya gagal huh…..

Internet merupakan gudang informasi gratis. Siapa pun yang punya koneksi dapat mendapatkan pengetahuan apapun yang diinginkannya. Selama tidak malas membaca dan punya kegigihan mencoba berbagai kata kunci, ,maka tidak ada yang bisa menghalangi seseorang mendapatkan informasi terbaik.

Bagian menariknya, di lihat dari segi bisnis, penyedia informasi di internet seperti portal berita, blog profesional, website perusahaan, atau toko-toko online, semuanya bersaing menyediakan informasi terbaik dan berusaha tampil di halaman pertama Google bukan semata-mata untuk menolong sesama. Mereka punya tujuan : mereka berharap mendapatkan dollar dari iklan, penjualan produk, atau mendapatkan sponsor dari pihak ketiga.

Namun internet tidak hanya berisi kumpulan orang-orang yang hanya berfokus pada bisnis semata. Di bagian lain, ada orang-orang yang hanya menulis untuk kepuasan pribadi. Mereka adalah bloger amatir.

Blog Bloger Amatir Sulit Ditemukan

Internet di masa sekarang dikuasai oleh situs-situs besar. Hampir pasti 10 tempat di halaman pertama Google hanya akan ditempati oleh situs-situs profesional. Walaupun jika dilihat dari segi informasi semua terlihat hampir sama dan tidak mendonasikan paradigma baru, dana besar dan optimasi yang bagus membuat blog-blog profesional mengalahkan blog amatir di mesin pencari.

Padahal jika ingin mendapatkan perspektif yang bagus, maka tulisan bloger amatir cenderung lebih bisa terlihat menyenangkan. Karena tulisannya bukan sekadar teori, melainkan pengalaman pribadi yang unik dari penulisnya. Bandingkan dengan portal-portal informasi yang mengejar jumlah pengunjung dan pageview yang cenderung menuliskan konten-konten generik yang sebenarnya hanya layak digunakan sebagai bacaan serius dan hiburan saja, bukan sebagai sumber inspirasi.

Sayangnya, bloger-bloger amatir pun tidak terlalu peduli dengan total pengunjung dan sebagiannya. Tidak ada target khusus. Dan pada akhirnya, blog-blog yang sebenarnya mempunyai konten-konten bagus tenggelam di telan gelombang-gelombang informasi yang hampir mirip satu sama lain.

Seandainya saja bloger-bloger amatir mengetahui potensi tulisannya dan menyadari bahwa tulisan mereka bisa berguna bagi khalayak jika mampu memenangkan persaingan di mesin pencari, maka mereka bisa bekerja lebih keras agar kualitas informasi berbahasa Indonesia di internet menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Konsistensi Bloger Amatir

Sejak saya mulai ngeblog di tahun 2014, sebenarnya saya sudah berkenalan dengan bloger-bloger amatir lainnya. Sayangnya, mayoritas sudah tidak aktif lagi dan pensiun dari hiruk pikuk dunia maya dalam waktu singkat. Rasanya sangat disayangkan melihat mereka benar-benar menghilang dari peredaran dan dikorbankan.

Faktor terbesar mengapa mereka berhenti ngeblog mungkin karena mereka hanya coba-coba saja, sedikit bersenang-senang, dan menyadari bahwa menulis bukanlah dunia mereka. Sebagian lainnya juga mungkin merasa kegiatan di dunia nyata sudah terlalu padat sehingga tidak ada waktu yang tersisa untuk sekadar menulis di blog.

Namun saya juga melihat bloger amatir yang sangat konsisten seperti Zilko dan Arman yang sudah lebih dari 8 tahun ngeblog dan tetap konsisten. 

Dengan melihat mereka berdua, saya optimis bahwa beberapa bloger amatir lainnya juga akan terus ngeblog dalam waktu lama. Rasanya saya sangat ingin merasakan pencapaian konsisten ngeblog selama 8 atau 10 tahun dan kemudian mengenang perjalanan panjang tersebut menjadi sebuah buku. Dan akan sangat menyenangkan jika terus intens saling berkomentar dengan bloger-bloger amatir lainnya selama beberapa tahun mendatang dan sesekali mengenang hubungan yang terjadi selama ini. Semoga yang ini akan terwujud 3 atau 4 tahun lagi.

Tujuan Sebenarnya Menulis di Blog

Sebenarnya motivasi utama bloger tentu berbeda-beda. Namun itulah kunci konsistensi. Jika punya tujuan yang jelas, maka mengejar tujuan merupakan hal yang menyenangkan. Dibarengi dengan kedisiplinan  maka akan didapat bloger yang eksis dalam waktu lama.

Saya sendiri menjadikan blog sebagai tempat latihan menulis. Jika merasa sudah mahir, maka saya akan menulis buku. Tidak penting apa yang saya tulis, yang jelas saya harus terus menulis.

Seandainya saja semua bloger amatir punya tujuan yang jelas, maka pasti mereka bisa konsisten. Dan tentu saja, blogsphere akan semakin ramai lagi sehingga kegiatan ngeblog akan lebih menyenangkan karena dilakukan bersama-sama.

Jadi, kalau boleh tahu, apa tujuan ngeblog Anda? Mungkinkah Anda masih ngeblog 5 tahun lagi? Bagikan di kotak komentar.
โ€‹

Iklan

32 tanggapan untuk “Tulisan Gagal : Eksistensi Bloger Amatir

  1. Sebenarnya awal membuat blog sampai sekarang saya belum punya tujuan khusus selain ingin menorehkan tulisan yg kelak dapat dibaca dan dikenang anak cucu. Tetapi kini mendapat inspirasi dari mas shiq yg ingin membuat buku lagi.Saya jadi pengin juga membuat buku, tapi bukan tentang seluk beluk ngeblog melainkan terkait pekerjaan saya sbg guru. Entah berapa tahun ke depan saya bisa mewujudkannya. Yg jelas saya sangat berharap 5 tahun ke depan saya masih ngeblog. Aamiin…

    Suka

    1. Saya sekarang juga mau buat ebook lagi. Cuma masih mikir idenya seperti apa. Tapi klo buat mbak nur, klo pingin nulis buku, bisa mulai menyusub kerangkanya dulu. Biasanya kelar bikin eencana swmangat akan naik sehingga benar2 mampu menyelesaikan bukunya. ๐Ÿ˜€

      Disukai oleh 1 orang

  2. Kalau aku punya blog itu nggak sengaja sih, jadi awalnya tanpa tujuan. Dulu ceritanya dikasih tugas sama guru tik bikin blog gitu. Setelah dibuat kebanyakan temen2 dibiarin gitu aja blognya krn mereka emg nggak pengen punya blog. Tapi krn aku berpikir “kok kayaknya asyik” jadi aku memutuskan utk terus ngeblog hehe… Sekarang pun aku pengen blog aku dibaca byk org
    Eh maaf malah cerita ‘-‘
    Kalau Shiq4 udh berapa tahun nih?

    Disukai oleh 1 orang

    1. Saya baru memasuki tahub ketiga tahun ini. Semoga kita bisa knsisten ngeblog ya….. Mungkin udah takdir dikasih tugas dan malah menyukai blog. Klo konsisten dan rajin komentar nanti blognya ramai sendiri kok ๐Ÿ˜€

      Disukai oleh 1 orang

  3. Wih mantab ngeblog dari 2014,โ€ฆ Semangat berkarya mas . Lumayan susahnya mas untuk tetep konsisten nulis di blogโ€ฆ Lawan yg paling berat kalo menurut saya โ€œBosenโ€ mungkin karena g ada tujuan yg pasti ya.

    Suka

  4. Tujuannya biar konsisten nulis aja sih Bang, habit juga. Dan 5 tahun ke depan ya…duh gak kebayang wordpress bakal kayak apa. Selama ada platform gratisan sih sepertinya masih blogging hehe ๐Ÿ˜Š

    Suka

  5. tujuannya latihan nulis dan syukur2 ada yang mendapat manfaat…ya moga2 5 tahun kemudian masih konsisten..definisi blogger amatir=yang tidak monetisasi kah? oya chika dari chikastuff.wordpress.com juga salah satu blogger yang lumayan lama tapi sdh menghasilkan uang dari endorse sptnya…apkh itu masuk kedalam kategori blogger amatir?

    Suka

    1. Maksudnya amatir itu tidak fokus ngeblog untuk bisnis. Jadi suka2 aja nulisnya. Rata2 klo ngeblognya udah lama biasanya udah dapat sponsor review di blognya. Banyak kok yg udah dapat, cuma saya belum pernah mua ha ha…..

      Suka

  6. Mungkin tujuan ngeblog saya termasuk yg gak jlas kyaknya, saya sulit mnjlskannya, tapi sejauh ini utk berbgi aja dech, gak ada target khusus, klo pun ada, ya kita lihat aja nnti, sejauh mna saya bisa brthan.

    Bgaimna 5 thn lg? Saya gak brani brandai-andai, pokoknya dijlni aja dulu.

    Suka

  7. Duhh, trs kalo jarang ngeblog gara” kegiatan kampus itu namanya apa dong iya, wkwkwk sangking padetnya ga sempet buat nulis.. mentok” paling hanya bisa mosting materi kuliah wkwkwkwk duhhh gmna iya caranya iya,

    Suka

    1. Ya yg diutamain kampusnya dulu dong. Pokoknya di masa awal itu nggak boleh nggangap blog sebagai sesuatu yg penting. Saya dulu gitu. Eh tiba2 udah jadi bagian hidup. Malah saya jadwal nulisnya. Soalnya mayoritas orang yg menganggap blog penting itu pikirannya terlalu fokus ke blog dan mengorbankan banyak hal. Ngeblog itu yang penting menikmati dulu. Posting dengan perasaan senang. Bukan keterpaksaan.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s