Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi?

Kapan waktu terbaik minum kopisumber gambar : medansatu.com

Semua orang suka kopi karena rasanya yang nikmat dan karena manfaatnya sebagai pembangkit semangat dan menghindarkan dari rasa kantuk. Tapi tahukah Anda kapan waktu terbaik minum kopi?

Karena dengan mengetahui waktu terbaik minum kopi kita akan mampu mendapatkan banyak hal positif tanpa mengorbankan hal lainnya. Intinya, hidup dengan lebih sehat tanpa risiko apapun.

Mungkin sebagian orang sudah terbiasa minum kopi di pagi hari sesaat setelah bangun tidur. Padahal itu merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari.

Di pagi hari, hormon kortisol sedang tinggi-tingginya dan tubuh tidak memerlukan asupan energi lain seperti kafein yang terdapat di dalam kopi. Sebab minum kopi di saat hormon kortisol sedang tinggi bisa membuat kecanduan.

Jika Anda meminum kopi saat hormon kortisol sedang tinggi, maka tubuh akan meningkatkan toleransi terhadap kafein. Artinya Anda membutuhkan lebih banyak gelas kopi setiap harinya untuk mendapatkan efek yang Anda inginkan.

Menurut Matahari Mall, mengkonsumsi kopi di jam di mana kortisol sedang tinggi juga dapat menghambat produksi kortisol sehingga kita menjadi cepat lelah dan mengantuk di siang hari.

Di lansir Web Kesehatan, Menurut Neuroscientis di Uniformed Service University of The Health Sciences di Maryland, Steven Miller, waktu minum kopi yang paling bagus adalah setelah hormon kortisol melewati masa puncaknya, yakni setelah jam 9 pagi.

Selain antara jam 8 sampai 9 pagi, hormon kortisol juga akan mencapai puncak pada pukul 12 sampai 13 siang. Juga antara pukul pukul 18 sampai 19 sore.

Dengan demikian, sekarang Anda mengetahui bahwa waktu terbaik minum kopi adalah saat hormon kortisol sedang rendah, yakni antara pukul 09.30 – 11.30 dan antara pukul 14.00 – 17.00. 

Seperti yang dilansir Hello Sehat, kafein memang tidak meningkatkan hormon kortisol, namun dapat menggantikan peran hormon kortisol saat produksinya menurun dan mempengaruhi Anda.

Sedangkan di malam hari tidak dianjurkan untuk minum kopi karena dapat menganggu jam tidur Anda. Kalau memang harus minum kopi di malam hari, pastikan setidaknya Anda meminumnya 6 jam sebelum jam tidur yang telah Anda tetapkan.

Apakah Anda juga penikmat kopi? Bagaimana perasaan Anda setelah membaca artikel di atas? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

28 tanggapan untuk “Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi?

  1. Saya sih bukan penikmat kopi, hanya sesekali. Tapi setelah baca artikel Anda ini, saya dapat ilmu baru, dan nampaknya saya akan mengikutinya kalau saya ingin minum kopi.

    Terimakasih share nya

    Suka

    1. Lha itu. Dulu pas mahasiswa saya juga banyak ngopi tanpa pengetahuan. Makanya saat kuliah sering bosan dan sesekali mengantuk. Kayaknya gara2 minum kopi saat kortisol sedang tinggi hua ha ha…..

      Suka

        1. Wkwkw….. Pake insting. Tapi biar amanya tanya ke orang bersangkutan mau kopi pahit atau manis. Klo manis tinggal banyakin gulanya. Klo pahit kopinya harus lebih banyak dari gula πŸ˜€

          Disukai oleh 1 orang

  2. saya sangat gila sama kopi tapi memang ga pernah minum kopi di pagi hari, teh lebih cocok buat saya. Namun setelah jam 10 pagi kapanpun menjadi waktu yang baik buat saya untuk minum kopi. Asal ga sedang tidur aja. hahahahaa

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s