7 Strategi Ngeblog untuk Blog Baru

Strategi ngeblog untuk blog baaSumber gambar : mysosialpractice.com

Dunia internet semakin padat dengan blog. Setiap hari bermunculan blog-blog baru untuk meramaikan persaingan dunia informasi. Tapi tidak semua blog akan berkembang sesuai yang diharapkan. Bahkan untuk bertahan dan konsisten update saja rasanya sulit bukan main.

Tidak salah jika saya menyebut bloger-bloger yang sudah lama eksis sebagai senior karena hanya segelintir orang saja yang mampu bertahan dan terus menulis mengingat banyaknya tantangan yang harus ditaklukan oleh bloger.

Bloger-Bloger baru bukan juga tidak punya semangat. Namun mayoritas layu sebelum berkembang karena frustasi dengan statistik blog yang tak kunjung membaik. Oleh karena itu, di postingan ini saya akan membahas strategi-strategi ngeblog yang paling cocok untuk mengembangkan blog baru.

Diharapkan bloger baru akan semakin bersemangat jika mendapatkan hasil memuaskan sehingga dunia informasi di Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Kesalahan Terbesar

Baiklah…. situasinya biasanya akan seperti ini : bloger baru membuat blog dan mereka berharap blognya tumbuh dengan baik setiap harinya. Masalahnya adalah di internet begitu banyak tutorial yang mengajarkan segala cara untuk mendapatkan target apapun berhubungan dengan ngeblog. Dan tentu saja, bloger-bloger baru mencobanya satu per satu.

Tapi tidak ada peningkatan sedikit pun. Segera setelah mereka mencoba berbagai cara dan tidak menghasilkan apapun yang positif, rasa frustasi akan membuat mereka berhenti ngeblog.

Bukannya tutorial yang mereka baca salah. Melainkan karena tidak melakukan percobaan dengan benar. Seharusnya mereka tetap konsisten menggunakan satu cara atau satu strategi dalam jangka waktu tertentu sehingga mendapatkan data untuk menentukan apakah hal tersebut bekerja atau tidak ketika diaplikasikan bagi blog baru mereka. Bukan coba-coba tanpa aturan dan batasan.

Godaannya tentu karena begitu banyak kebebasan. Setiap bloger bebas menggunakan cara apapun. Sayangnya, kebebasan itulah yang membuat kehidupan ngeblog mereka tidak beraturan dan tidak akan pernah sukses.

Ngeblog butuh strategi dan rencana. Tanpa hal tersebut, silakan saja coba berbagai cara dan Anda hanya akan berakhir dengan kesimpulan : ngeblog itu ternyata sulit dan tidak menyenangkan.

7 Strategi Ngeblog untuk Blog Baru

Jika Anda memiliki blog yang seumur jagung dan berharap bisa mengembangkannya dengan baik, maka saya memiliki setidaknya 7 strategi ngeblog yang bisa Anda jalankan selama masa-masa awal sebelum Anda benar-benar siap untuk mengaplikasikan teknik-teknik advance.

Berikut adalah 7 Strategi yang sangat cocok digunakan oleh blog yang baru dibuat :

1. Update Setiap Hari Selama 100 Hari

Mayoritas blog biasanya hampir tidak pernah mengupdate blog setiap hari. Banyak alasan yang melatarbelakangi keputusan tersebut, tapi rata-rata alasannya ingin berfokus menghasilkan konten-konten berkualitas sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama guna menulis. Tentu hasilnya bloger yang bersangkutan tidak akan sanggup mengupdate blog setiap hari.

Namun hal tersebut tidak berlaku bagi blog baru. Menurut saya, blog yang baru diluncurkan setidaknya harus update setiap hari. Tujuan utama adalah membuat konten-konten sebagai pondasi blog. Setidaknya hal tersebut memastikan pengunjung memiliki cukup banyak pilihan ketika mereka mendarat di blog Anda.

Lagipula blog baru masih belum mendapat kepercayaan Google. Dan untuk itu, blog baru harus rutin update. Tanda paling mudah mengetahui blog baru mendapat sedikit kepercayaan Google adalah ketika blog baru tersebut dihadiahi sitelink oleh Google.

Dan yang paling penting, menurut pengalaman pribadi, update blog setiap hari berpengaruh positif pada jumlah pengunjung dan pageview. Saya memulai update setiap hari sejak bulan Februari 2017 dan menghasilkan statistik berikut :

strategi ngeblog untuk bloger pemula

Februari : 6.208 pengunjung dan menghasilkan 10.152 pageview
Maret : 8.945 pengunjung dan menghasilkan 13.291 pageview
April : 10.787 pengunjung dan menghasilkan 16.469 pageview

Jika blog Anda baru, maka saya cenderung mengharuskan Anda update setiap hari selama 100 hari pertama.

2. Tulisan Minimal 600 Kata

Sekarang dunia blog sudah berbeda. Beberapa tahun lalu saya mulai blog dengan jumlah kata yang lebih sedikit dari 500 kata dan masih mendapatkan pengunjung. Setidaknya di tahun pertama saya berhasil mendapatkan pengunjung 30-50 pengunjung/hari.

Itu perkembangan yang lambat. Karena saya sering menulis konten-konten pendek di bawah 500 kata. Apalagi di zaman algortima yang semakin canggih, konten-konten kurus tidak akan diperhatikan oleh Google.

Belum lagi ekspektasi pengguna internet yang semakin tinggi saja setiap harinya. Mereka ingin konten yang padat dan ditulis dengan baik, bukan sekadar konten singkat sehingga hanya blog-blog yang punya konten bagus saja yang akan memenangkan persaingan.

Di masa sekarang, setidaknya harus menulis konten minimal 600 kata. Dengan begitu pondasi blog akan kuat dan siap bersaing dengan tulisan-tulisan bloger lainnya.

3. Berhenti Berharap pada SEO

Mungkin bloger baru yang ingin meningkatkan pengunjung akan mendengar tentang kehebatan SEO. Dan mereka benar-benar berharap terlalu tinggi kepada kekuatan SEO. Sayangnya, bukannya menjadi lebih baik, blog baru yang berfokus kepada SEO akan berakhir sia-sia.

Karena blognya masih baru, mustahil bisa rangking tinggi. Sekalipun Anda berusaha dengan keras, baik domain authority atau trust flow masih nol dan bagaimana pun Anda mengoptimalkan konten untuk SEO, Anda akan berakhir dengan kekalahan.

Setidaknya tunggulah selama 6 bulan dan teruslah mengupdate blog secara teratur. Untuk sementara cobalan mengoptimalkan blogwalking. Selain bisa untuk menjalin hubungan baik dengan sesama bloger, blogwalking yang teratur bisa menghasilkan hingga 70 pengunjung/hari.

Dan jangan lupa membaca “Cara Blogwalking yang Baik dan Benar“.

4. Fokus Membangun Backlink

Sebagai investasi awal dan persiapan untuk SEO di masa depan, selama Anda menunggu umur blog 6 bulan, sangat dianjurkan untuk segera membangun backlink. Bagaimana pun juga, di dunia web, backlink merupakan vote sebagai jaminan bagi Google. Semakin banyak backlink, semakin berkualitas situs tersebut.

Saya tahu bahwa jika kita rutin menerbitkan konten berkualitas, lama-kelamaan kita akan mendapatkan backlink berkualitas secara sukarela dari bloger lain. Tetapi itu benar-benar jarang terjadi. Di Indonesia sangat jarang bloger yang mau memberi backlink sekalipun tulisan Anda berkualitas. Karena mayoritas bloger Indonesia sangat jarang memakai eksternal link di dalam setiap tulisannya.

Anda bisa menunggu backlink sukarela, tapi Anda akan bosan dan hanya mendapatkan sedikit saja. Jadi, luangkan waktu khusus untuk berburu backlink. Karena tanpa backlink berkualitas, blog baru akan kesulitan menembus halaman pertama Google karena akan kalah bersaing dengan situs-situs yang lebih dulu eksis.

Agar hasilnya semakin memuaskan, Anda harus memastikan backlink Anda sudah berkualitas. Silakan baca β€œCiri-Ciri Backlink Berkualitas”.

5. Jadilah Penulis Tamu

Dewasa ini banyak blog yang menawarkan slot penulis tamu. Anda bisa memanfaatkannya untuk membangun backlink sekaligus merampok pengunjung blog yang bersangkutan. Jika memungkinkan, carilah slot penulis tamu yang memperbolehkan Anda menaruh link menuju tulisan Anda. Dengan demikian, kesempatan mendapat tambahan pengunjung akan semakin besar.

Tapi bukan itu tujuan utama dari penulis tamu. Tujuan paling ambisius adalah membangun brand personal Anda sehingga orang-orang mengenal dan mengetahui keahlian Anda. Jika semua berjalan lancar, blog Anda akan kebanjiran pengunjung dalam waktu singkat.

Oleh karena itu, ketika menulis untuk blog lain, pastikan Anda menggunakan standar kualitas sama tingginya seperti ketika Anda menulis di blog sendiri. Agar mendapatkan hasil maksimal dan tidak sia-sia menghabiskan waktu menulis untuk bloger lain.

6. Kustomisasi Theme dan Pastikan Tidak Bergonta-ganti

Jangan remehkan peranan theme dalam strategi membangun blog sukses. Theme yang terlihat cantik dan rapi akan membuat pembaca nyaman sehingga mereka betah berlama-lama di blog Anda. Mungkin mereka akan membuka beberapa halaman lagi atau mendownload produk-produk gratis yang Anda tawarkan karena tampilan blog tampak profesional.

Kesalahan yang biasa dilakukan bloger pemula adalah terlalu sering menganti theme. Meskipun secara sekilas tidak menimbulkan efek apapun, tetapi kerugian terbesar adalah membuat pengunjung kembali harus menyesuaikan diri ketika menjelajahi situs Anda.
Idealnya strategi terbaik adalah memilih theme yang paling mencerminkan isi blog Anda, kemudian lakukan kustomisasi seperlunya. Dan jika Anda sudah merasa puas dengan tampilan yang ada, maka berjanjilah untuk tidak mengutak-atik theme lagi dalam waktu lama.

Saya tahu mengkustomisasi theme merupakan godaan yang menyenangkan, namun terus mengubah theme tidak akan serta merta membuat blog Anda menjadi terkenal. Jadi, lebih baik gunakan waktu Anda untuk tugas-tugas yang lebih penting.

7. Selalu Membaca Konten-Konten Tentang Blog

Dunia blog sangat cepat berubah. Ada perubahan algoritma Google, ada perubahan strategi pemasaran blog, ada tools-tools ngeblog terbaru, dan ada berbagai macam informasi terbaru yang membuat kegiatan menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Sebagai bloger, Anda harus terus mengupdate informasi yang Anda miliki. Hukum yang berlaku adalah siapa yang paling cepat menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan, maka ia yang akan tampil sebagai pemenang.

Gunakan semua pengetahuan dan ilmu yang Anda pelajari untuk mengembangkan blog Anda tanpa keraguan. Meskipun hampir pasti Anda akan mengalami kegagalan, setidaknya pengalaman akan menuntun Anda menemukan cara terbaik untuk ngeblog yang paling sesuai untuk Anda. Saat Anda sudah menemukannya, saya rasa tidak ada yang akan menghalangi Anda untuk menjadi bloger sukses selanjutnya.

Lakukan dengan Sungguh-Sungguh

Dengan melakukan strategi-strategi ngeblog di atas, maka perkembangan blog baru akan sangat cepat. 

Lakukan dengan konsisten selama 6 bulan di tahun pertama. Dan jika Anda mendapatkan hasil positif dan sudah menguasai semua teknik di atas, maka Anda bisa melanjutkan untuk belajar strategi yang lebih rumit lagi.

Apakah Anda punya strategi ngeblog lain yang telah terbukti berhasil? saya akan senang untuk mencobanya di blog Shiq4. Jadi, jangan ragu berbagi di kotak komentar.

Iklan

30 tanggapan untuk “7 Strategi Ngeblog untuk Blog Baru

  1. Strategi yg menarik. Sayang waktu sya awal ngeblog dulu tidak membaca tips sprti yg Anda tulis ini.

    Syukurlah bagi yang masih awal ngeblog bs membaca postingan ini, dan saya pun masih menyebut diri newbie.

    Oya, mas Shiq4, sya liat bnyak bloger baru bermunculan di bulan Mei ini, kenapa ya?

    Suka

    1. Kurang tahu mas. Cuma beberapa hari yang lalu saya juga dapat follower sekumpulan anak2 smp. Mungkin ada tugas buat bikin blog dari sekolah di bulan mei untuk mengisi liburan. Saya sendiri juga kurang tahu ha ha ha…….

      Suka

  2. Kalau update tiap hari belum mampu, ahaha
    Tapi sekarang sedang mencoba rutin update 2 minggu sekali dengan jadwal yang teratur, tujuan utamanya sih melawan rasa malas untuk rutin nulis.
    Terima kasih tipsnya, ahaha semoga bisa saya terapkan untuk blog saya juga. πŸ˜€

    Suka

  3. update blog tiap hari selama 100 hari pertama?? mungkin bagiku masih terlalu sulit karena biasanya nggak banyak ide yang terdapat di otakku buat nge-post huhuu :’v
    Nah itu, gonta-ganti theme salah satu kebiasaanku hehe… ternyata ada efeknya juga
    tapi kalo gonta-ganti gravatar nggak masalah kan gan?

    Suka

  4. Mau tanya nih, SEO sama theme itu apa ya? Ternyata pengetahuan saya tentang blog masih super minim. Masih sangat banyak yang harus dipelajari. Nggak semudah perkiraanku dulu.

    Suka

    1. SEO itu segala upaya yg kita lakukan agar postingan mudah ditemukan di mesin pencari. Sedangkan theme adalah tema atau tampilan atau baju website. Themenya bisa digonta-ganti dan tersedia banyak di pengaturan wordpress.

      Suka

  5. Artikelnya bagus om. tapi saya punya pertanyaan, cara kita jadi penulis tamu itu kaya gimana ? dan supaya orang tau kalo kita bisa menulis artikel untuk mereka gimana ?

    Suka

Komentar ditutup.