10 Kebiasaan Orang Sukses yang Ingin Saya Tiru Setiap Hari

Kebiasaan orang sukses setiap hari​Sumber gambar : investasionline.org

Mungkin Anda pernah melihat betapa sempurnanya kehidupan seseorang. Punya banyak waktu luang, makmur, keluarga, bisnis yang maju, dan semua hal yang merupakan tolak ukur sebuah kesuksesan besar.

Tapi melihat saja tidak akan membuat Anda mendapatkan apa yang mereka raih. Karena semua itu adalah hasil dari jerih payah selama bertahun-tahun. Tidak ada yang tahu betapa banyak rasa frustasi dan kegagalan yang menghalangi mereka, dan bagaimana mereka melalui semua hambatan dan berdiri di puncak kesuksesan saat ini.

Tapi kita tahu satu hal, kita bisa meniru kebiasaan-kebiasaan orang sukses tersebut. Bagaimana pun juga, kebiasaan yang bagus merupakan langkah awal untuk mencapai kesuksesan yang kita impikan. Sementara itu, kebiasaan buruk akan membuat kita mengulangi kegagalan lebih lama dibanding dengan mereka yang mulai belajar mengembangkan diri membangun kebiasaan baik.

Kebiasaan baik yang dilakukan berulang-ulang akan menghasilkan. Setidaknya itulah yang saya yakini hingga saat ini. Dan itu membuat saya ingin meniru kebiasaan-kebiasaan orang sukses, apa rutinitas mereka, dan bagaimana mereka menghabiskan 24 jam sehingga saya pun menjadi lebih sukses lagi di masa depan.

Penasaran kebiasaan apa saja yang saya maksudkan? Berikut adalah kebiasaan yang ingin saya tiru dari orang-orang sukses setiap hari :

1. Membaca Banyak Buku

Kutu buku pecundang dan tidak punya teman? Sepertinya Anda harus merubah pemikiran konyol semacam itu. Lihat kenyataan bahwa hampir semua orang sukses pasti memiliki kebiasaan membaca yang baik.

Mark Cuban bersikeras untuk membaca 3 jam sehari, Bill Gates membaca 1 jam sebelum tidur, J.K Rowling, penulis milyarder pertama, membaca “Benar-Benar segalanya” ketika kecil. Presiden Obama, Sheril Shanberg, dan Albert Einstein juga pecinta buku.

Membaca adalah cara terbaik mendapatkan pengalaman. Baik itu kegagalan maupun kesuksesan. Ini seperti memiliki peta yang akan mengantarkan Anda pada kesuksesan. Dan tentu saja, Anda akan sampai pada kesuksesan suatu saat nanti jika menggunakan peta dengan benar.

Untunglah saya sudah terbiasa membaca sejak saya masih kecil. Dan membaca telah menjadi bagian hidup saya. Saya berhasil menyelesaikan sebuah buku setidaknya dalam waktu 10 hari dan membaca puluhan artikel setiap harinya. Saya bahkan meyakini, jika saya menginvestasikan waktu yang saya miliki untuk membaca, saya akan mendapatkan keuntungan berlipat-lipat di masa depan.

Seandainya Anda belum memilikinya, maka Anda bisa mengakses panduan membangun kebiasaan membaca buku.

2. Merencanakan Hari Esok di Malam Hari

Modal semua orang untuk sukses sama, yakni waktu 24 jam. Siapa yang paling bijaksana dalam menggunakan waktu, maka ia akan menjadi barisan pertama yang akan meneguk manisnya kesuksesan.

Orang-Orang sukses biasanya merencanakan semua kegiatan di hari esok di malam hari. Tujuannya hanya satu, agar semua lebih terstruktur, efektif, dan efisien sehingga akan mencapai hasil maksimal setiap harinya. Mereka punya to do list dan tidak akan ada waktu yang sia-sia.

Di bagian ini saya kadang merasa sedih. Saya tidak punya to do list. Kehidupan saya sangat teratur dan saya merasa sudah cukup hafal untuk menjalankan semua pekerjaan dengan baik.

Meskipun begitu, saya menyadari bahwa masih begitu banyak waktu yang terbuang percuma. Oleh karena itu, saya mencoba berbagai kegiatan positif untuk memadatkan jadwal kehidupan saya.

Diharapkan saya akan benar-benar sibuk di usia produktif ini. Dan tentu saja, hasilnya akan baru terlihat ketika saya disiplin dan menjalankan semua rencana dengan sempurna. Setidaknya saya sudah mencobanya.

3. Mengorganisir Semua Pelajaran untuk Diaplikasikan

Di zaman serba canggih seperti saat ini, Anda bisa membaca banyak panduan untuk melakukan sesuatu sehingga menjadi pribadi yang lebih baik. Mungkin Anda mengkonsumi buku terhebat dan konten-konten para profesional. Tapi tidak ada gunanya jika Anda melupakan dan menganggapnya sebagai sesuatu yang tidak penting.

Tapi tidak dengan Ryan Holiday, penulis The Obstacle is the way, dan Robert Green, penulis The 48 Laws of Power, keduanya memiliki metode hebat untuk mengelola dan menyimpan informasi.

Di bagian ini saya cukup bagus. Misalnya ketika mendapatkan berbagai informasi mengenai hal apapun yang menarik dari blog-blog otoritas, setidaknya saya akan menulis konten serupa berdasarkan konten-konten tersebut dan menjadikannya sebagai rujukan. 

Saya melakukan hal ini untuk mengoleksi informasi dan mengarsipkan semua informasi di blog ini.

Saya juga tidak ragu untuk mengaplikasikannya. Meskipun memang pada beberapa bagian yang membutuhkan penyesuian, tetapi itu tidak membutuhkan waktu lama. Dan saya merasa menjadi pribadi yang lebih baik ketika berhasil melakukan apa yang diajarkan para profesional di bidangnya masing-masing. Selama sumber informasinya terpercaya, tidak ada alasan untuk tidak segera mencobanya.

4. Memprioritaskan Kesehatan

Sangat sulit untuk mengejar kesuksesan jika Anda tidak menjaga kesehatan dengan baik. Tubuh dan pikiran merupakan aset terpenting untuk bertindak, jika ada sesuatu yang salah dengan kesehatan Anda, maka semuanya bisa menjadi berantakan.

Orang-Orang sukses memahami hal ini dan mereka memiliki pola hidup sehat seperti makan makanan yang bergizi, tidur tepat waktu, hingga rutin berolah raga. Dengan demikian, mereka selalu berada di kondisi tubuh terbaik untuk bekerja lebih keras dan mencapai target-target yang mereka tetapkan.

Bagian ini yang mengecewakan. Sejujurnya saja, saya masih belum memiliki pola hidup sehat. Padahal kesehatan merupakan jaminan bagi saya untuk mengeluarkan semua potensi terbaik saya setiap saat. Tubuh yang bugar dan pikiran jernih akan membuat saya mampu tampil sempurna untuk menyelaikan setiap pekerjaan dalam kesehatian.

Oleh karena itu, saya berjanji akan sering-sering membaca tulisan ini dan akan berusaha untuk memiliki semua kebiasaan-kebiasaan orang sukses. Meskipun jangka waktunya tidak diketahui kapan akan benar-benar terwujud. Entah 12 bulan, 18 bulan, atau 24 bulan. Yang jelas saya ingin mengevaluasi lagi pola hidup saya yang terbilang tidak karuan.

5. Bangun Lebih Pagi

Beberapa orang penganut bangun pagi antara lain : Sir Richard Branson dari Virgin Group, CEO Disney Robert Iger, dan Marissa Mayer dari Yahoo.

Bangun pagi membuat Anda punya banyak waktu untuk menenangkan diri dengan secangkir kopi, sarapan yang lezat, dan menyiapkan segalanya sebelum benar-benar hanyut dalam kerja keras. Untuk meraih semua kesuksesan, hal-hal kecil semacam ini akan berperan besar. Dan biasanya kebahagiaan yang didapat di pagi hari akan bertahan hingga sepanjang hari yang akan Anda lalui. Jadi, pastikan Anda bangun pagi dan mendapatkan kebahagiaan kecil.

Ini bukan bagian serius yang begitu sulit saya tiru. Saya bangun antara pukul 10-12 siang. Dan langsung berangkat ke pasar karena saya mendapatkan shift siang hingga pukul 6 malam. Tapi bisa juga baru selesai pada pukul 10 malam jika benar-benar sibuk.

Sebenarnya saya sudah lama memikirkan hal ini, dan memilih untuk beraktivitas di malam hari saja. Kegiatan malam saya antara lain : menulis, membaca, memikirkan kehidupan saya, berkhayal, nonton film, dan lain sebagiannya. Semua biasanya selesai pada pukul 3 malam.

Tapi setelah dipikir-pikir, sepertinya saya akan berusaha menjadi manusia normal yang bangun pukul 7 pagi saja dan tidur maksimal pada pukul 12 malam. Ini juga akan diusakan.

6.Tidak Terusik dengan Apa yang Dilakukan Orang Lain

Perjalanan orang lain mencapai kesuksesan bisa menjadi inspirasi; Anda bisa belajar banyak hal tentang kesalahan, kemenangan, apa yang harus dilakukan dan apa yang jangan dilakukan. Tetapi jika Anda mulai membandingkan progress Anda dengan mereka dan tidak menjadikan mereka sebatas inspirasi, Anda akan mulai merasa iri, stres, dan hanya Tuhan yang tahu dampak negatif apa yang akan ditimbulkan.

Semua orang pasti memiliki perjalanan kehidupan yang unik dan tidak bisa dibandingkan. Jadi, tetaplah fokus dan jangan mulai berandai-andai atau membandingkan pencapaian yang diraih oleh orang lain agar Anda tetap pada jalur kemenangan Anda sendiri.

Di bagian ini saya sudah menguasainya. Sebenarnya ada baiknya juga memiliki sikap tidak terlalu peduli dan kepo terhadap urusan orang lain. Karena saya memang tidak ingin mengetahui hal-hal lain yang tidak berhubungan dengan diri saya.

Apalagi soal pencapaian, saya merasa sudah cukup bersyukur dengan kehidupan saya saat ini dan menikmatinya. Tapi akan lebih menyenangkan jika lebih sukses lagi. Itulah mengapa saya menulis konten tentang kebiasaan-kebiasaan orang sukses dan menganggapnya sebagai target untuk ditiru dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

7.Donasi

Beberapa orang sukses terbiasa untuk memberikan sumbangan (berdonasi) atau menjadi pekerja Volunteer. Tom Corley, penulis Wealthy Habits : The Daily Success Habits of Wealthy Individual menyatakan 73% dari 233 orang kaya yang ia pelajari selama 5 tahun menjadi relawan lebih dari 5 jam dalam sebulan. Bill Gates, Oprah Winfrey, dan Mark Zuckerberg, semua menyumbang dengan alasan berbeda.

Mungkin benar apa yang dikatakan Rhonda Byrne dalam buku The Secret bahwa ketika memberi uang, sesuai hukum tarik-menarik, semesta akan membuka dan mengalirkan sejumlah uang kepada mereka dalam jumlah berlipat-lipat ganda.

Di bagian ini saya juga sudah cukup berperan dengan baik. Lihat bagaimana pengalaman-pengalaman saya dengan orang-orang bernasib malang, saya menolong mereka. 

Meskipun alasan sebenarnya saya hanya ingin agar tidak terlalu mencintai harta.

Kemudian saya juga menulis konten-konten bermanfaat dan ebook yang dibagikan gratis. Karena kekayaan saya masih sangat terbatas, maka saya bisa menyumbangkan semua pemikiran dan ilmu pengetahuan untuk pengguna internet lainnya. 

Jadi, silakan saja jika ingin menerbitkan tulisan-tulisan Shiq4 di blog Anda agar semakin banyak yang mengambil manfaatnya. Dan saya merasa tidak keberatan selama tidak dilakukan guna tujuan komersial.

8. Orang Sukses Hidup Seolah Ini Hari Terakhir di Dunia

Hidup ini sangat sibuk dan penuh kekacauan. Semua orang terlalu sibuk khawatir tentang apa yang terjadi selanjutnya dan tidak mampu menikmati semua momen yang terjadi di hidupnya. Akibatnya, mereka tidak bahagia. Dan ketidakbahagiaan menyebabkan mereka tidak mampu mengeluarkan semua potensi yang ada di dalam diri mereka.

Orang sukses tidak demikian. Kebiasaan orang-orang sukses adalah mereka hidup seolah hari ini merupakan hari terakhir mereka sehingga mereka mampu memanfaatkan setiap momen dan mendapatkan keuntungan dari setiap situasi. Dan seharusnya Anda juga begitu.

Seperti kata Steve Jobs :

“Jika hari ini adalah hari terakhirmu di dunia, akankah kamu akan melakukan hal yang sama seperti yang kamu lakukan hari ini?”

Mungkin pesan yang ingin disampaikan adalah apa saja hal-hal terpenting di dalam hidup kita masing-masing. Sejujurnya saja, saya tidak bisa berpikir bahwa hari ini merupakan hari terakhir kehidupan saya di dunia. Kalau memang itu terjadi, maka saya hanya ingin bersama anggota keluarga lainnya dan tertawa bersama-sama.

Ini membuat saya sedih. Saya ingin lebih banyak menghabiskan waktu dengan keluarga saja dan menciptakan kenangan-kenangan manis. Selama masih memiliki cukup uang untuk kebutuhan sehari-hari, saya sudah merasa cukup bersyukur.

Baiklah… saya akan mencoba terus berpikir bahwa hari ini adalah hari terakhir saya dan melakukannya setiap hari.

9. Berlatih dan Bekerja Keras

Kebiasaan orang sukses selanjutnya adalah rajin berlatih dan bekerja keras. Serena William bangun pukul 6 pagi untuk berlatih tenis, dan ia telah melakukan hal tersebut sejak ia masih kecil. Pemilik Dallas Maverick, tidak libur selama 7 tahun ketika perusahaannya baru berdiri.

Benar kata orang, latihan akan membuat sempurna. Dan kerja keras merupakan jaminan hasil yang memuaskan. Kawinkan keduanya dan tidak akan ada hal yang akan menghalangi Anda menaiki tangga kesuksesan.

Selain bekerja sebagai pedagang buah, saya masih punya cita-cita menjadi penulis. Saya menulis setiap hari di malam hari. Bahkan ketika tidak ada pesanan artikel atau terlibat suatu project. Saya hanya meyakini bahwa kualitas tulisan akan semakin baik jika saya banyak berlatih dan membaca teori-teori kepenulisan. Dan saat semua keadaan sudah terpenuhi, saya tinggal menulis novel atau buku pertama untuk diajukan ke penerbit mayor.

Sedangkan bekerja keras, saya merasa payah dalam hal ini. Baik ketika menulis maupun berdagang, saya masih sering bersikap malas seolah impian-impian saya merupakan sesuatu yang tidak mungkin, bahkan sekeras apapun saya berusaha. Tapi tidak mengapa, saya akan bekerja lebih keras sampai batas maksimal tubuh saya jika memungkinkan.

10. Orang Sukses Membuat Jurnal

Beberapa orang sukses dalam sejarah seperti Marcus Aurelius dan Napoleon Bonaparte menyimpan jurnal atau catatan pribadi.

Hal ini digunakan untuk mempelajari semua pemikiran dan tindakan, mana yang berhasil dan mana yang gagal. Sampai Anda menemukan satu-satunya cara terbaik melakukan sesuatu. Dengan begitu Anda akan menemukan banyak cara terbaik dalam melakukan suatu hal dan kehidupan Anda menjadi lebih baik lagi.

Saya sangat menyukai jurnal. Di blog inilah saya menulis semua hal tentang hidup saya, tentang perkembangan bisnis, tentang apa yang saya pelajari, dan semuanya. Dan saya merasa hal tersebut membuat perubahan besar dalam kehidupan saya. Terutama menjadi pribadi yang lebih bijaksana dalam mengambil keputusan-keputusan penting di dalam hidup.

Referensi :

1. Bussiness Insider, 18 Habbits of Highly Successfull People

2. Keep Inspiring, 10 Habits of Ultra Successfull People : The Secret Sauce to Success

3. Success, 5 Daily Habits of Highly Successfull People

Kesimpulan

Kebiasaan adalah hal kecil pertama untuk mencapai kesuksesan. Di atas merupakan kebiasaan orang-orang sukses yang ingin saya tiru sepenuhnya dan membuat kehidupan saya menjadi lebih berarti dan menjadi lebih sukses lagi di masa depan.

Tentu bukan masalah sepele untuk mulai membiasakan diri dengan berbagai kebiasaan di atas, namun jika Anda benar-benar melakukannya dalam kehidupan sehari-hari, Anda sudah punya satu syarat untuk menjadi orang sukses berikutnya.

Apakah Anda punya kebiasaan lain untuk menjadi lebih sukses lagi? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

25 tanggapan untuk “10 Kebiasaan Orang Sukses yang Ingin Saya Tiru Setiap Hari

  1. Luar biasa Mas, pagi2 buka email dan baca artikel ini, terima kasih, saya yakin akan menjadi motivasi bagi hidup saya…..semoga bisa .

    Suka

  2. Setiap orang memang berbeda pendapat, sama seperti melakukan sesuatu hanya saja hampir sama persis untuk menjadi sukses
    Semua orang yang telah membaca artikel ini pasti mempunyai keinginan menjadi orang sukses dimasa depannya, termasuk saya
    Dan saya harap semua itu terjadi sesuai penentuan kita yaitu dari usahanya. Tambahan mungkin kebiasaan dari saya . Giatlah buktikan jika kita belum bisa menjadi yang terbaik tetapi kita bisa berusaha jadi lebih baik dan seterusnya mengulangi kebiasaan itu lihat diartikel, maka jika menjadi kebiasaan akan menjadi yang terbaik dikemudian nantinya
    Apakah kata kata saya dimengerti? Hehe bingung ngungkapinnya

    Disukai oleh 1 orang

    1. Ya klo sudah merasa jadi yg terbaik nanti jatuhnya sombong mas. Sedangkan berusaha menjadi lebih baik lebih nyaman didengar dan merupakan cara yg benar mengeluarkan semua potensi di dalam diri kita.

      Suka

      1. Itu gimana orangnya, tapi ada benernya juga berusaha menjadi lebih baik karna
        Guru sekolahku pernah bilang tentang semua potensi dapat dikeluarkan dengan mantap itu karna ia sadar masih ada yang kurang pada dirinya kata tersebut hanya menurut pandangan saya

        Suka

  3. Benar2 inspiratif. Hanya, mungkin poin 8 sya msih brmslah, saya juga msih brgumul memahami perkataan Augustus, jika esok hari kiamat, dan ia sebagai petani, mka dia akan ttp menanam padi.

    Suka

  4. Yang paling menyenangkan itu kalau bisa bangun lebih awal, jadi bisa lebih punya banyak waktu yang bisa dialokasikan untuk melakukan beberapa kegiatan yang tidak sempat dilakukan 🙂

    Suka

    1. Benar. Bangun pagi merupakam jaminan kecil agar tidak tergesa-gesa menjalani hari dan mampu melaksanakan semua persiapan untuk menghabiskan satu hari.

      Suka

  5. Saya sudah hampir melakukan seluruhnya, semoga segera terealisasi dalam waktu dekat. Yang sedang jadi fokus saya saat ini memang menulis jurnal pribadi (benar-benar pribadi sehingga hanya saya yang boleh baca, hehe), lalu mematuhi jadwal harian yang sudah saya susun untuk rencana dekat ke depan. Sangat bermanfaat mas.

    Disukai oleh 1 orang

  6. Nice mas, rencana hari esok yg saya buat di malam hari selalu saja gagal di laksanakan keesokan harinya karena saya kurang disiplin dan sangat lemah time managementnya. Dan sekarang saya sedang berusaha untuk berubah. Mari kita songsong masa depan yang lebih baik! Haha

    Suka

    1. Saya malah jarang buat perencanaan. Soalnya waktu kerja saya sangat nggak teratur tergantung cuaca dan kedatangan barang di juragan. Tapi saya juga mau belajar hidup lebih teratur lagi 🙂

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s