5 Alasan Betapa Pentingnya Menetapkan Tujuan dalam Hidup

Pentingnya menentukan tujuan hidupSumber gambar : tinybuddha.com

Kebahagiaan seseorang biasanya sangat berkorelasi dengan pencapaian hidupnya. Semakin sukses kehidupannya di berbagai bidang, semakin tinggi tingkat kebahagiaan yang ia dapatkan.

Meskipun begitu, masih banyak orang yang tidak mau bekerja keras selagi masih muda. Kalau membiarkan hidup mengalir tanpa tujuan yang terukur, kita cenderung terlalu banyak menghabiskan waktu pada kegiatan-kegiatan yang hampir tidak bermanfaat untuk kehidupan kita di masa depan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mulai menyusun tujuan-tujuan hidup yang ingin kita capai. Agar di masa depan kita memiliki hidup yang lebih produktif dan lebih bahagia lagi.

Jika Anda masih ragu-ragu tentang pentingnya menetapkan tujuan hidup sedini mungkin, maka berikut adalah alasan yang akan membuka pikiran Anda untuk segera menentukan target-target dalam hidup :

1. Tujuan Memberi Kita Motivasi

Perbedaan terbesar antara orang yang sudah mempunyai tujuan dan belum terletak pada motivasi untuk bekerja lebih keras. Tanpa memiliki tujuan yang jelas, sulit bagi seseorang untuk mengeluarkan semua potensi yang ada di dalam dirinya.

Menetapkan tujuan akan membantu kita tetap termotivasi dalam keadaan apapun. Mungkin kita akan bersedih karena sesuatu hal atau mengalami kegagalan yang menyakitkan. Tapi jika kita memiliki tujuan untuk diraih, niscaya kita punya kekuatan untuk bangkit lagi tanpa kenal kata menyerah.

Tujuan juga membuat kita menjadi fokus untuk membedakan mana kegiatan yang penting dan mana yang tidak penting sehingga rutinitas kita menjadi efektif dan efisien untuk meraih apa pun yang kita inginkan dalam hidup.

Menetapkan tujuan dan terus berpegang pada tujuan itu akan mengubah segalanya. – Cott Reed

2. Kita Mampu Mengukur Perkembangan Usaha Kita

Tidak ada yang mengatakan bahwa semua hal yang kita impikan akan mudah diraih. Semua butuh perjuangan dan pengorbanan. Tapi rasa puas dan bangga dan kebahagiaan tak terkira juga akan kita rasakan seiring dengan perkembangan atas segala usaha kita untuk mencapai tujuan di dalam hidup.

Meskipun terkadang kegagalan juga menghadang, setidaknya kita mampu mengukur segalanya dan belajar dari kegagalan tersebut. Kita bisa mengevaluasi lagi faktor-faktor kegagalan yang kita alami, kemudian menjadikannya sebagai pelajaran sehingga kita mampu melakukan segala sesuatunya dengan lebih baik lagi.

Ingat, kegagalan merupakan hal biasa bagi calon orang sukses. Tidak ada yang tahu gagal atau berhasil sebelum mencoba. Kalau Anda masih merasa takut gagal, maka Anda bisa membaca “5 Cara Menghilangkan Rasa Takut Gagal”.

Selain itu, kita juga bisa melihat seberapa dekat lagi dengan sasaran yang kita inginkan sehingga semakin terpacu untuk terus berusaha tanpa kenal lelah dan mengulangi kegiatan-kegiatan yang terbukti mampu meraih hasil maksimal.

Semua yang Anda impikan, Anda inginkan dan Anda harapkan, akan dapat Anda raih jika Anda memiliki kekuatan untuk bertahan, jika Anda dapat tetap terfokus pada tujuan Anda dengan intensitas yang cukup dan dengan satu tujuan. – O. S. Marden

3. Tujuan Memudahkan Kita Menentukan Langkah-Langkah Paling Realistis

Menentukan tujuan hidup membuat kita lebih mudah menyusun rencana atau langkah-langkah paling realistis untuk mencapai tujuan tersebut.

Misalnya saya yang ingin menjadikan Shiq4 sebagai blog otoritas. Untuk mewujudkan hal tersebut, setidaknya saya harus rajin menulis konten setiap hari. Juga menjalin hubungan dengan bloger lain dan langkah-langkah lain yang dirasa dibutuhkan untuk tercapainya tujuan.

Selagi saya gigih berjuang, saya rasa dalam waktu 24 bulan ke depan Shiq4 akan menjadi blog yang lebih terkenal di kalangan bloger Indonesia.

Bandingkan dengan beberapa bloger yang tidak punya tujuan apapun. Biasanya mereka ngeblog dengan tidak teratur dan menuruti suasana hatinya saja.

Begitu pula dalam hidup, tujuan yang jelas akan membuat kita mampu menyusun rencana yang lebih realistis, sesuatu yang bisa kita lakukan secepat mungkin dan mendekatkan kita kepada impian. 

Kalau tidak punya tujuan yang jelas, semua tindakan kita hanya berdasarkan suasana hati saja dan kehidupan kita tidak akan berkembang ke arah lebih baik.

4. Tujuan Membuat Kita Mendapatkan Hal-Hal yang Benar-Benar Kita Inginkan

Tidak semua orang meluangkan waktu untuk benar-benar berpikir mengenai hal-hal apa saja yang ia inginkan dalam hidup. Biasanya sebagian orang terjebak rutinitas hidup dan terkadang melakukan hal-hal yang membuatnya tidak bahagia. Meskipun begitu, ia tidak pernah tahu mengapa ia tetap melakukan semua hal yang membuatnya stres tanpa bisa menghentikannya.

Dengan menentukan tujuan hidup, kita akan mampu menetapkan skala prioritas dalam hidup. Bayangkan saja, kita hanya melakukan apapun yang benar-benar kita inginkan, tidak sekadar ikut-ikutan tren saja. Kita menjadi diri sendiri dan menikmati hidup dengan sepenuhnya.

Tujuan kehidupan, pada akhirnya, adalah untuk dinikmati, untuk mencicipi pengalaman yang paling hebat, untuk meraih pengalaman-pengalaman baru dan lebih kaya dengan penuh semangat serta tanpa takut. – Eleanor Roosevelt

5. Tujuan akan Mengeluarkan Semua Potensi Kita

Kalau ada bagian yang paling penting mengapa harus menentukan tujuan hidup, itu pasti karena membuat kita mengeluarkan semua potensi di dalam diri kita. Tidak ada orang yang setengah-tengah dalam berusaha ketika telah menetapkan sasaran yang ingin diraih.

Percaya atau tidak, kita akan memberikan semua yang terbaik dari kita untuk berusaha sekuat tenaga sebagai upaya mewujudkan semua tujuan hidup yang kita tetapkan. 

Lagipula orang yang terbiasa menetapkan sasaran pasti punya akuntabilitas terhadap diri sendiri.

Tidak ada lagi waktu yang sia-sia. Tidak ada lagi kegiatan yang tidak bermanfaat. Semua dikarenakan tujuan dan sasaran membuat kita lebih menghargai waktu. Semakin cepat tujuan tersebut terwujud, maka semakin banyak pilihan untuk menetapkan tujuan lainnya.

Sangat benar jika ada yang mengatakan bahwa kesuksesan yang satu akan membawa kepada kesuksesan lainnya. Sekarang coba Anda tetapkan satu tujuan kecil dan berusahalah mencapainya. Maka Anda akan segera mencari tujuan yang lebih besar dari tujuan sebelumnya. Begitulah proses hidup produktif dan sukses terjadi.

Kesimpulan

Mungkin ini bukan satu-satunya konten yang pernah Anda baca mengenai pentingnya menetapkan tujuan dalam menjalani hidup, tapi semua orang yang berhasil memulai segalanya dengan menetapkan tujuan-tujuan kecil terlebih dahulu.

Ketika Anda sudah terbiasa mencapai tujuan-tujuan kecil dengan mengeluarkan segala yang Anda miliki, maka dengan sendirinya Anda akan beralih ke tujuan-tujuan yang lebih besar di masa depan.

Tapi juga perlu diperhatikan aturan-aturan dalam mencapai tujuan. Setidaknya jangan melanggar hukum atau norma-norma yang berlaku hanya untuk meraih apa yang Anda inginkan. Lakukan dengan cara yang baik agar hasilnya baik pula.

Apa tujuan kecil Anda di masa sekarang? Kira-Kira kapan hal tersebut terwujud? Bagikan di kotak komentar.

17 tanggapan untuk “5 Alasan Betapa Pentingnya Menetapkan Tujuan dalam Hidup

  1. Renungan yang cukup mengena karena saya mulai memasuki usia dimana saya mempertanyakan tujuan hidup saya. Rasanya hidup seperti air mengalir sudah harus mulai saya hilangkan dari prinsip hidup saya ya kak 😢

    Suka

    1. Pasang target aziza. Di masa depan mau jadi apa. Biar semangat terus. Klo saya tahun ini targetnya lepas obat alias sembuh dari skizofrenia. Sepertinya akan berhasil he he he…..

      Disukai oleh 1 orang

  2. Gan tahu Chandra Putera Negara? Dia adalah motivator yang keren gan… Dia pernah bilang soal tujuan, dan definisi tujuan bisa berbeda-beda. Salah satu faktornya adalah umur, saya menyarankan agan agar nnton videonya di youtube keren!

    Suka

  3. Betul skli mas, utk hidup terarah dan sukses, jlas kita hrs punya tujuan. Setuju dg isi postingan ini, sangat menggugah.

    Utk tujuan kcil skrg, saya ingin lbih fokus dg krjaan sbgai guru, spy thn dpn bisa promosi, smoga…

    Suka

Komentar ditutup.