Surat Singkat untuk Pembaca Shiq4

Surat untuk pembaca shiq4ā€‹

Saya memulai blog ini tanpa harapan apapun. Sejak postingan pertama, saya hanya menulis untuk mencari kepuasan pribadi. Menulis merupakan pelarian saya karena rasa frustasi sejak menderita skizofrenia. Dan sangat kebetulan sekali saya cocok dengan kegiatan menulis.

Pertama, mungkin saya hanya ingin menyampaikan terima kasih. Terutama bagi bloger-bloger yang sejak awal berkomentar di Shiq4. Sebenarnya saat itu saya merasa kesepian. Dan kehadiran kalian merupakan sebotol air di padang gurun. Meskipun saya tidak pernah berharap sedikit pun akan ada yang membaca tulisan saya, kenyataannya saya senang ketika melihat statistik pengunjung yang kian meningkat saja tiap bulannya.

Bagian yang mungkin membuat saya bingung adalah pembaca-pembaca yang menganggap saya bloger profesional. Sebenarnya tidak demikian. Mayoritas isi blog merupakan catatan pribadi saya. Ketika saya mempelajari sesuatu, maka saya akan mencari referensi sebanyak-banyaknya. Yang terjadi kemudian adalah saya mencatat semua informasi tersebut menjadi konten baru. Walaupun 100% akan lolos copyscape, tapi saya harus mengakui bahwa ide di dalamnya merupakan pemikiran-pemikiran bloger lain. Saya suka mencuri ide. Jadi, saya tidak cukup mengetahui banyak tentang seluk beluk dunia blog, terutama bagian monetisasi.

Agar tidak lagi terjadi kesalahpahaman serupa, akhir-akhir ini saya menyertakan link-link keluar di dalam konten saya. Agar Anda tahu bagian mana yang bukan bagian dari pemikiran saya. Lagipula link keluar akan membuat blog ini lebih baik di mata mesin pencari. Selain itu, pasti dapat menghindarkan saya dari anggapan konyol pembaca Shiq4 yang mengatakan terlalu berlebihan mengenai kapasitas saya sebagai bloger. Bukannya tidak senang, hanya saja saya merasa belum pantas.

Lebih jauh lagi, sebenarnya saya memang belum memperhatikan pembaca-pembaca Shiq4. Anda mungkin pernah dengar bahwa penulis yang baik selalu memperhatikan keinginan pembacanya. Saya cukup buruk dalam hal ini. Mengingat saya masih berjuang mencari jati diri sebagai penulis, tidak ada waktu memahami pembaca atau pengunjung Shiq4. Itulah mengapa tidak ada gaya menulis yang konsisten dalam penyajian informasi di Shiq4.

Di satu konten mungkin Anda menemukan tulisan yang bagus. Namun di konten lain Anda akan ingin menangis karena telah membaca konten yang luar biasa buruk. Itu kesalahan saya. Dan saya mohon maaf atas terbitnya konten-konten yang tidak sesuai ekspektasi Anda. Tapi Anda hanya perlu mengingat satu kalimat : Tidak ada yang menodongkan pistol untuk memaksa Anda membaca. Jadi, Anda bisa pergi kapan pun Anda inginkan.

Tapi jika memungkinkan, saya ingin Anda bersabar dan menikmati saja apa yang saya sajikan sampai saya benar-benar mahir dalam menulis. Agar semuanya menjadi lebih baik dan Anda mendapatkan kepuasan yang lebih tinggi, tidak ada salahnya meninggalkan saran dan kritik bagi penulis yang masih dalam proses belajar ini. Pasti rasanya menyenangkan membaca komentar-komentar yang seperti itu. Dan saya akan berterima kasih bagi Anda yang melakukannya.

Satu-Satunya yang bisa saya janjikan saat ini adalah saya berusaha menulis sebaik-baiknya. Bukan sekadar untuk memuaskan pembaca, melainkan harus bisa memuaskan diri sendiri juga. Saya ingin tetap menulis dengan perasaan senang tanpa beban, sekaligus memperbaiki kualitas tulisan. Penilai terbaik tentu Google. Jika konten Shiq4 muncul di halaman hasil pencarian, maka kualitasnya sudah cukup baik. Jika tidak, maka saya akan terus melakukan evaluasi untuk memperbaiki kualitas konten-konten di masa depan.

Saya berharap di masa depan Shiq4 akan menjadi situs otoritas dan mampu memberikan informasi terbaik kepada pengguna internet. Terutama bagi Anda, pembaca setia Shiq4.

Sekarang Anda tahu bagaimana pemikiran saya tentang pembaca. Akan sangat sangat adil jika saya mendengar apa yang Anda pikirkan tentang penulis di kotak komentar. Jadi, jangan ragu untuk meninggalkan komentar yang bagus untuk saya.

Iklan

50 tanggapan untuk “Surat Singkat untuk Pembaca Shiq4

  1. Kayaknya nggak harus memperhatikan pembacanya mas…
    Kan, minat baca orang tuh beda2..
    Aku sih, biasanya tertarik dengan judulnya dulu, baru aku memutuskan untuk membaca isi artikelnya

    Suka

  2. Bagi saya mas shiq merupakan motivator dan inspirator bloger lain terutama saya. Sebelumnya saya ngeblog tidak rutin dan buta tentang blog, tapi setelah saling follow dengan mas shiq4 pengetahuan saya tentang ngeblog sedikit demi sedikit bertambah sehingga memotivasi saya untuk terus nge- blog sampai saat ini. Seingatku mas shiq yang duluan follow saya, padahal saat itu pengikutku baru 2 orang dan blogku masih sangat sepi, tetapi setelah follow balik mas shiq followerku terus bertambah sehingga menambah semangatku untuk terus nulis. Oleh karena itu saya berterimaksih banyak pada mas shiq
    Semoga mas shiq semakin sukses sbg penulis dan diberkahi Allah. Aamiin..

    Disukai oleh 1 orang

    1. Kalau mau dapat banyak follower usahakan dapat like dan di follow dari blogger2 yg punya follower banyak. Soalnya nanti blog kita akan mendapatkan rekomendasi dan muncul di tab “blog yg mungkin anda sukai” sehingga bloger baru akan memfollow blog kita. Saya dulu juga sempat merasa senang kok mbak nur ketika baru ngeblog ada blogger lain yg berkomentar di blog saya. Mungkin sudah diatur. Jadi gantian deh he he he…….

      Disukai oleh 2 orang

  3. Wiih mas Shiqa, saya baru tau part schizo-nya. Barusan mampir dan baca tulisan njenengan tentang itu. šŸ™šŸ»
    Sudah pernah mencoba latihan mindfulness mas..?

    Suka

    1. Iya sudah 7 tahun mas kena skizo. Syukurlah tahun ini sudah baikkan dan sebelum akhir tahun mungkin sudah lepas obat. Setelah itu baru pemulihan mental untuk beraktivitas secara normal.

      Suka

  4. apapun kondisinya, saya cukup menikmati tulisannya Mas Shiq4. karena dari setiap tulisannya ada pembelajaran bagi saya pribadi. soal skizo, saya yakin itu bisa sempuh total. InsyaAllah sembuh mas..

    Suka

    1. Iya pak sudah hampir lepas obat tahun ini. Tahun berikutnya mungkin mulai bisa beraktivitas layaknya orang normal lainnya. Cuma mesti rajin konsultasi ke dokter kalau ada tanda2 kekambuhan.

      Suka

  5. Jujur pas pertama kali tahu blog ini, saya kira artikel-artikel yang mas posting adalah hasil copas.

    “Mana mungkin ada blog yang hanya dikelola sendiri bisa posting artikel bagus setiap hari?”, pikir saya saat itu.

    Tapi lama-lama saya sadar kalau anda punya gaya tersendiri dalam menulis. Orang yang sering copy paste tak akan punya itu. Kalaupun anda mendapatkan ide dari tulisan orang lain, saya rasa anda berhasil mengemasnya menjadi tulisan yang lebih menarik, dengan gaya khas anda sendiri tentunya.

    Saya pribadi tak pernah menemui bloger yang begitu konsisten dan tekun seperti anda.

    Tetap semangat mas, saya percaya tujuan anda sudah dekat.

    Disukai oleh 2 orang

    1. Mas firman bukan yang pertama. Dulu ada juga kok yg bilang saya copas. Tapi dulu itu kejadian sebenarnya saya nggak tahu tata penulisan dan asal menerjemahkan untuk koleksi pribadi. Untung ada yg ngitik jadi klo nerjemahkan sekarang saya sebutkan sumbernya.

      Kalau ide mencuri ide itu datang dari pengakuannya jon morrow. Lupa saya linknya, yg jelas jon morrow itu dulu ngakunya mengamati tulisan brian clark, terus ditiru deh formatnya untuk menyajikan ide lainnya.

      Terinspirasi dari pengakuan jon morrow, saya ikut2 an mencuri ide dgn cara sendiri. Klo bisa lebih bagus dari konten yg sudah ada.

      Disukai oleh 2 orang

      1. Saya jadi ngerasa bersalah pernah punya pikiran kayak gitu mas, maaf.

        Kalau nerjemahin konten dari luar sih menurut saya masih wajar mas. Saya sering menemui media-media ternama di Indonesia juga kadang mengutip atau bahkan menerjemahkan langsung dari media luar.
        Tapi biasanya memang disertakan sumbernya sih.

        Saya pun sebenarnya suka sama konten-konten seperti ini karena banyak informasi menarik di dalamnya. Dan saya juga merasa terbantu karena kadang nggak ngerti kalau membaca langsung dari sumbernya.

        Disukai oleh 1 orang

        1. Nggak usah merasa bersalah mas firman. Saya aja jarang merasa kayak gitu. Ya namanya oranh pasti berprasangka kok. Entah itj baik atau buruk. Saya juga kadang2 prasangka sama blogger lain, cuma nggak berani mengungkapkan saya ha ha ha……

          Suka

  6. Just keep on writing shiq…whatever u like selama itu baik dan bermanfaat

    Aku nulis drama korea terus akhir2 ink mungkin bikin pembacaku eneg..tapi buat beberapa yang sehobi ya malah seneng…hehe

    Suka

  7. Menurutku saya Anda bloger yg sangat konsisten yang pernah saya tahu. Dan gaya menulis Anda juga sangat khas; bahasa Indonesia bagus sekali. Dari gaya Anda menyajikan konten, saya rasa Anda bukan bloger amatir, tampak sistematis, jelas dan bernas. Anda juga sangat memahami apa yang Anda tulis.

    Walaupun Anda mantan pengidap skizoprenia, rasanya sulit dipercaya kalau Anda kemudian menjelma menjadi bloger konsisten yang tulisannya sangat bagus, dan selalu seperti vitamin bagi saya.

    Teruslah menulis mas Shiq4, dan saya yakin blog Shiq4 menjadi otoritas dlm hal tips ngeblog, apalagi di masa depan, semoga semakin sukses.

    Suka

    1. Wah terima kasih atas apresiasinya mas desfortin. Saya senang di puji. Cuma kadang-kadang merasa nggak enak klo komentar yg memuji dibaca orang lain ha ha ha…..

      Tapi ini belum apa-apa. Target saya adalah menyamai levelnya neil patel klo soal menulis konten-konten blog. Cuma saya selalu saja kehabisan waktu untuk belajar. Kedepannya saya berusaha lebih baik lagi :).

      Disukai oleh 1 orang

  8. semoga kedepannya bisa terus semakin baik ya tulisan-tulisan nya! šŸ™‚ Saya mulai membaca tulisan kak Shiqa semenjak saya mulai kembali ke dunia blog. Saya hijrah dari blogger ke wordpress. Dan tulisan kak Shiqa bagus-bagus sangat membantu untuk belajar hal-hal yang berkaitan dengan dunia blog. šŸ˜€

    Suka

    1. Saya dulu sempat di blogspot, cuma nggak ada yg mau follow dan rata-rata banyak yg nyepam komentarnya. Tulisan bloger lain juga bagus-bagus kok. Sama aja di wordpress rata2 nulis sesuatu yg mereka sukai.

      Suka

        1. Ya banyak mas. Hal semacam itu disebut waham. Yakni kepercayaan skizo terhadap sesuatu yg salah. Kan ada penderita yg mengganggap dirinya polisi padahal sebenarnya bukan polisi. Atau yg ngaku nabi dan sebagiannya. Ya gara2 halusinasi itu.

          Disukai oleh 1 orang

        2. Bisa kok lepas obat. Kalau kondisinya sudah bagus nanti nggak minum obat lagi. Sekarang saya masih minum satu pil per hari. Tahun depan mungkin sudah lepas obat.

          Disukai oleh 1 orang

  9. Kak Shiq maaf nih saya komen oot, tapi saya penasaran sekali. Kak Shiq pernah nggak menemui ada bloger yang copas tulisan kak Shiq tanpa ada izin atau asal comot aja?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s