9 Cara Mencari dan Mendapatkan Inspirasi Menulis Postingan

Cara mencari dan mendapatkan inspirasi menulis​Sumber gambar : ajbcutting.com

Pernahkah Anda ingin menulis postingan tapi tidak punya ide? Tak peduli betapa kerasnya Anda berusaha, tulisan tak kunjung selesai. Kalau pun Anda bisa menulis setelah memaksakan diri, itu pun tidak lebih dari 500 kata.

Pikiran Anda buntu. Ide apapun tampak tidak menarik. Sedangkan waktu terus berputar dan Anda harus segera menyelesaikan tulisan agar blog mendapatkan makanan. Karena jika telat makan, pengunjung akan meninggalkan blog.

Bukannya bermaksud sombong, tapi saya cukup berpengalaman dalam mencari inspirasi untuk menulis konten-konten blog. Bayangkan posting setiap hari dan Anda akan tahu apa yang saya maksudkan.

Apakah saya bekerja keras? Tidak.

Apakah ini akan mudah dilakukan? Tentu saja. Bahkan siapapun bisa melakukannya.

Inspirasi tidak datang begitu saja. Meskipun dalam beberapa kasus tidak demikian, Anda harus mencarinya. Kenyataannya inspirasi bisa ada di mana saja. Dan Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada halaman kosong ketika menemukan inspirasi yang tepat, sesuatu yang memicu Anda untuk menyelesaikan sebuah postingan.

Dan tentu saja, Anda tidak akan lagi mendapati lumpur ketika melemparkan ember ke dalam sumur kreatif.

Aturan Pertama : Tenang, Tapi Tetap Serius

Pengalaman menulis setiap hari mengajari saya cara mencari inspirasi menulis postingan. Biasanya saya sudah punya gambaran kasar tentang apa yang ingin saya tulis di siang hari. Dan ketika malam hari tiba, saya tidak mengalami hambatan yang berarti.

Tapi ada saat di mana saya masih belum punya ide sama sekali. Jangan khawatir, itu bukan masalah besar selama saya mampu tenang dan kemudian berusaha mencari inspirasi.

Saya tinggal menyulut rokok, menyalakan musik, minum kopi, dan apapun yang membuat saya rileks. Baru kemudian saya berusaha menemukan inspirasi yang paling menakjubkan.

Mengingat dalam sekali percobaan terdapat berbagai macam inspirasi, diperlukan keseriusan untuk membedakan mana yang bisa Anda kerjakan secepat mungkin. Ini bukan lagi masalah ide mana yang terbaik, melainkan mana yang paling bisa Anda tuliskan dengan baik dalam waktu singkat. Kita bertempur dengan waktu. Dan itu merupakan tindakan bijaksana untuk memproduksi konten-konten bermutu untuk blog.

Ingat, jangan memilih ide terbaik yang butuh waktu lama untuk menyelesaikannya, tapi ide paling realistis yang bisa Anda selesaikan saat itu juga.

9 Trik untuk Mencari Inspirasi Menulis Postingan Blog

Cerialah. Penulis dan bloger harus bersahabat dengan deadline. Itu merupakan bumbu untuk menjaga kedisiplinan. Di saat Anda benar-benar telah kering ide, Anda bisa mencari inspirasi dari sumber-sumber terbaik berikut ini :

1. Postingan Teman-Teman Ngeblog

Anda tahu apa yang saya sukai bergaul dengan bloger-bloger amatir? Mereka hampir tidak peduli dengan pembaca. Mereka menulis sesuai kata hati. Dan terkadang, tulisan mereka benar-benar alami dan jenius. Itulah mengapa bloger yang rajin blogwalking tidak akan pernah kehabisan inspirasi.

Blogwalking adalah sumber inspirasi yang murah. Anda bisa terpicu untuk menulis postingan lain yang masih berhubungan dengan tulisan bloger lain. Karena perbedaan pengalaman dan pemikiran, tentu masing-masing individu punya pendapat masing-masing. Dan Anda bisa menuliskannya sebagai postingan mandiri untuk menjawab tulisan bloger lain.

Tulisan profesional mungkin memberikan informasi terbaik. Tapi tulisan semacam itu terlalu kaku untuk dapat menginspirasi.

2. Buku Penulis Terkenal

Kalau ada harta karun bagi penulis, itu pasti karya-karya tulis seperti buku populer. Bacalah buku-buku tersebut untuk menemukan kata-kata jenius, sesuatu yang ingin Anda cantumkan dalam postingan blog Anda, dan Anda akan punya gambaran baru untuk berkreasi.

Terkadang karena paragraf yang bagus atau ide yang bagus, atau kata yang keren, atau kalimat jenius, bagian yang selalu menanti untuk ditemukan di dalam sebuah buku, bisa menjadi inspirasi terbaik.

Anda mungkin tidak menyadarinya ketika membaca buku untuk mendapatkan hiburan, namun ketika Anda mencari inspirasi dan fokus, Anda akan menemukan apa yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan tugas Anda hari itu juga.

3. Pengalaman Selama Seharian

Sisi positif menulis di malam hari adalah kejadian selama sehari dapat membuat Anda terinspirasi. Seperti menulis diary, hanya saja kita memilah kejadian paling menarik yang kita alami selama seharian penuh.

Ingat, tidak ada ide buruk. Asalkan Anda menyajikannya dengan baik, kisah Anda akan mendapatkan pembaca. Karena pada dasarnya setiap orang menyukai cerita.

Lihat bagaimana kisah-kisah fiksi laris manis. Apalagi jika dipadukan dengan ilmu story telling, cerita remeh temeh Anda bisa menjadi sesuatu yang waow. Ini juga melatih kepekaan Anda untuk menulis kehidupan sehari-hari. Kata mbak Jo, biar lebih dekat dengan pembaca.

4. Buka Tabungan Ide Anda

Penulis harus punya tabungan ide. Bagaimana pun juga, sama seperti tabungan berupa uang, tabungan ide digunakan ketika keadaan benar-benar terdesak dan deadline sudah hampir tiba. Oleh karena itu, pastikan Anda menabung ide secara konsisten setiap hari.

Saya sendiri saat ini masih menyimpan sekitar 80 ide yang siap digunakan kapan pun saya inginkan. Dan itu membuat kehidupan menulis saya lebih tenang untuk dijalani.

Terkadang ada saat inspirasi tidak akan ditemukan begitu saja. Ketika hal tersebut terjadi, maka tabungan ide akan menyelamatkan Anda. Jadi, mulai sekarang catat apapun yang menurut Anda ide cemerlang dan dapat Anda tulis dengan baik kapan pun Anda inginkan.

5. Menulis Bebas

Menurut Jeff Goins, menulis bebas adalah adalah menulis tanpa mengkhawatirkan editing atau tanda baca atau apapun yang membuat Anda lepas dari benar-benar menulis. Artinya Anda menuliskan apapun yang ada pikiran secara bebas dan tanpa aturan.

Bagian yang kita cari, sesuatu yang kita inginkan terkadang sudah ada di dalam pikiran kita. Hanya saja kita tidak mampu melihatnya dengan jelas. Dengan menuliskan semua yang ada di dalam pikiran selama beberapa menit, kita akan mendapatkan teks yang sangat kasar.

Namun disitulah terdapat inspirasi. Anda menginspirasi diri sendiri. akan ada saat di mana Anda berteriak “Eureka” dan menemukan ide terbaik yang selama ini bersembunyi di pikiran Anda.

Klik di sini untuk mengetahui cara bermain teknik menulis bebas.

6. Baca Postingan-Postingan Lama Anda

Ada yang bilang bahwa hampir semua postingan saya selalu memiliki link, baik link keluar maupun internal link. Mungkin Anda juga menyadarinya. Saya sudah terbiasa melakukannya sejak blog ini didirikan. Karena saya sering menulis berdasarkan postingan-postingan yang sudah terlebih dahulu terbit.

Bacalah konten-konten lama dan Anda akan menemukan kekurangan-kekurangan atau informasi yang belum komplit. Maka tugas Anda tinggal menulis postingan baru untuk melengkapi postingan yang sudah ada. Dengan begitu, blog Anda bisa menjadi lebih lengkap lagi.

Kalau bisa lakukan hal ini secara rutin. Bukan hanya ketika sedang mencari inspirasi menulis saja. Agar Anda terbiasa melakukannya karena keefektifannya pun tergantung kemampuan masing-masing individu mengembangkan ide yang sudah ada.

7. Tutup Pintu Anda

Dalam bukunya, On Writing, Stephen King menyarankan untuk menulis draft kasar dengan pintu tertutup dan kemudian merevisi dengan pintu terbuka.

Tentu maksudnya bukan benar-benar menutup pintu dan menulis di ruang tertutup, melainkan untuk melupakan apapun hal negatif yang mungkin dipikirkan orang lain ketika menyelesaikan draft pertama.

Tentu tujuannya agar bisa fokus dan optimis tentang masa depan tulisan Anda. Karena jika kita takut tulisan terlihat jelek di mata orang lain terus, kita tidak akan menjadi penulis yang lebih baik selamanya.

Mungkin dengan begitu inspirasi akan datang begitu saja tanpa usaha apapun. Percaya kata hati Anda dan selesaikan pekerjaan Anda, bahkan jika Anda masih berpikir itu merupakan tulisan buruk sekalipun.

8. Dengarkan Pembaca Anda

Mungkin kegunaan terbesar mengapa Anda mempelajari cara-cara mendapatkan komentar di blog adalah Anda dapat mendengarkan suara orang-orang yang selama ini mengkonsumsi karya Anda.

Kalau Anda sedang tidak terinspirasi, akan sangat berguna jika Anda memperhatikan komentar-komentar yang masuk. Mungkin sebagian tidak terlalu membantu, namun sebagian kecil komentar dapat memicu Anda membuat postingan untuk hari ini.

Darrent Rowse pernah melakukannya. Saya pernah membaca postingan di Problogger yang menjawab komentar-komentar dan email yang masuk, kemudian menjadikannya postingan utuh sebagai frequensi ask question.

Kalau blog Anda sudah punya pembaca setia dan mereka aktif berkomentar atau bertanya melalui email, Anda bisa memilih salah satunya dan membuat postingan berdasarkan hal tersebut.

9. Pastikan Anda Bahagia

Mungkin Anda tipe bloger yang menulis berdasarkan kata kunci yang paling banyak dicari sekalipun Anda tidak menguasai topik dengan baik. Itu pembunuh kreativitas nomor satu. Jika Anda menulis dalam keadaan tidak bahagia, maka kualitas tulisan bisa berantakan.

Oleh karena itu, hanya tulis sesuatu yang membuat Anda senang. Tulis tentang passion-passion Anda. Dan Anda akan mendapatkan senjata terkuat untuk menjaring inspirasi apapun untuk menulis konten-konten berkualitas.

Kebahagian merupakan jaminan produktivitas. Kalau tidak bahagia dengan kegiatan menulis, sepertinya Anda belum bisa disebut penulis sekalipun sudah menelurkan banyak karya.

Disiplin dan Lakukan Saat Ini Juga

Dalam menjalankan aktivitas apapun, malas adalah musuh terburuk. Sekali saja Anda kalah dan membiarkan malas menang, biasanya Anda akan terbiasa melakukannya dan menolerir kemalasan sampai Anda memilikinya sebagai kebiasaan buruk.

Sebelum hal tersebut terjadi, singsingkan baju dan mulai bertempur dengan aksara. Sekalipun malas dan perasaan menunda menyerang, Anda harus tetap menulis. SAAT INI JUGA!

Itu syarat mutlak untuk mengaplikasikan cara-cara mencari inspirasi menulis postingan blog di atas. Karena jika tidak begitu, sebenarnya Anda hanya ingin bermalas-malasan saja. Sekalipun inspirasi menampakkan diri dengan sendirinya, Anda tidak menghiraukannya.

Apakah Anda punya trik mencari inspirasi menulis lainnya? Bagikan di kotak komentar

Iklan

36 tanggapan untuk “9 Cara Mencari dan Mendapatkan Inspirasi Menulis Postingan

  1. Wah bnyak skli mas Shiq4 ide menulisnya, msh 80 an, hebat tu. Klo saya gak lebih dari 15, tapi ttp rutin menulis, hnya rilis sya sllu brusaha seminggu skli, klo pas santai 4 hri skli..

    Terima kasih, tips Anda sangat membantu skli.

    Suka

    1. Iya. Saya dari pukul 6 malam sampai 10 malam biasanya nulis sepulang kerja. Trus lanjut baca buku sampai malam. Jarang keluar. Begitu kehidupan saya sehari-hari.

      Suka

  2. Setidaknya dua dari 9 hal yang mas shiq tulis sduah saya lakukan, yakni membaca postingan teman ngeblog dan membuka postingan lama. Beberapa kali saya terinspirasi tulisan mas Nur Irawan dankemudian saya menulis dengan tema mirip. Postingan lama juga mulai kubuka dan kutulis lanjutannya. Tapi untuk menulis bebas saya belum berani pikiranku sering kacau kalau ngetik sering sekali typo

    Suka

    1. Saya juga masih belum mahir menulis bebas. Baru dapat ilmunya pas tantangan menulis bulan sebelumnya. Jadi, ya saya kurang tahu tips menulis bebas harus seperti apa. Tapi klo masalah typo nggak masalah, terus aja nulis. Ntar diedit lagi pas udah selesai.

      Disukai oleh 1 orang

        1. Iya. Klo di wordpress setelah menulis dan publish klo ada yg salah tinggal diedit. Kemudian tekan tombol mutakhirkan. Nanti otomatis teredit tulisannya.

          Disukai oleh 1 orang

  3. Ketika membuka postingan2 yang sudah lama, saya menemukan diri saya yang sebelumnya, yang rasanya cukup berbeda dengan yang sekarang… seru banget melihat kejadian2 sebelumnya dan akhirnya saya dapat ide lagi deh… hahahahahaha… asik nih tulisannya!

    Suka

  4. saya ngeblog taunya cuma bikin posting doang atau editing. shiq4 bisa kasih tau nggak aktivitas ngeblog yang lain? apa mungkin blogwalking atau lainnya. soalnya saya jadi jarang blogwalking atau promosi blog biar blognya efektif.

    Suka

    1. Saya juga cuma nulis doang kok mas. Memangnya aktivitas ngeblog seperti apa? Klo profesional biasanya juga membangun link. Cuma saya nggak punya waktu untuk melakukannya.

      Suka

  5. Ada masa saat aku benar2 ga ada ide untuk menulis,,,, karena takut ga update…. Aku pun terpaksa membuat artikel sederhana berupa vlog….. Apakah caraku itu terlalu dipaksakan kak ??? Mohon jawabannya

    Suka

    1. Ya nggak papa mas. Namanya konten gak sebatas artikel, video, podcast, infografic, ata meme juga gak masalah. Yg penting teratur update sesuai jadwal.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s