Review Buku Agar Siapa Saja Mau Melakukan Apa Saja untuk Anda by David J.Leibermen

Review Buku Agar Siapa Saja Mau Melakukan Apa Saja untuk Anda by David J.Leibermen​Sumber gambar : griyabuku.co.id

19 April 2017, hari di mana aku bingung pada tepat pukul 12 lewat satu menit. Setelah menulis postingan “Tips Ngeblog : Cara Blogwalking yang Baik dan Benar”, aku langsung berlanjut menulis sebuah puisi, dan setelahnya ingin tidur tapi belum mau melakukannya.

Akhirnya kuputuskan membaca ebook saja. Koleksiku cukup banyak akhir-akhir ini setelah mendowload ebook dari berbagai macam situs.

Sebagian ebookku tidak memuaskan, tapi sebagian lainnya menariknya. Jadi, aku berinisiatif menyelesaikan salah satu buku karya David J. Leibermen. Di mulai malam ini. Berikut adalah review buku Agar Siapa Saja Mau Melakukan Apa Saja untuk Anda.

Judul : Agar Siapa Saja Mau Melakukan Apa Saja untuk Anda

Penulis : David J. Leibermen Ph.D.

Penerjemah : Kurniawan Abdullah

Penerbit : Serambi

Halaman : 242 (Versi Ebook) 400 (Versi cetak)

Catatan : Bagi yang ingin mendapatkan ebook ini bisa menyertakan email di dalam kotak komentar. Nanti akan segera saya kirimkan.

Isi Buku Agar Siapa Saja Mau Melakukan Apa Saja untuk Anda

APAKAH ANDA BOSAN diperalat dan dimanfaatkan? Apakah anda terkadang merasa tidak didengar, tidak dihormati dan tidak mendapatkan kerja sama yang semestinya?

Di sini Anda memasuki sebuah dunia di mana psikologi berkuasa dan mendeteksi kebohongan, mengubah pikiran seseorang atau mengendalikan situasi dengan rumus-rumus yang mudah diikuti serangkaian teknik dan taktik sederhana.

Di bagian awal, dibahas mengenai cara membuat hidup menjadi lebih mudah. Agar setiap orang menyukai, mencintai, atau sekadar menganggap Anda hebat. Ada sembilan hukum dan fenomena psikologis yang mempengaruhi, menentukan dan bahkan mengubah pandangan kita tentang seseorang,sehingga Anda bisa membuat siapapun menyukai Anda.

Berikut adalah 9 hukum pertama :

  • Hukum pergaulan
  • Sering menampakkan diri
  • Saling menyukai
  • Persamaan
  • Cara menarik simpati seseorang
  • Menyesuaikan diri
  • Biarkan dia membantu
  • Saya hanyalah manusia biasa
  • Sikap positif

Juga dibahas suatu hukum yaitu membuat orang tertarik. Jika Anda disukai oleh orang lain, secara tidak sadar orang tersebut akan menganggap Anda menarik. Kita bisa terlihat menarik bagi orang lain dengan cara yang mudah. Sekalipun fisik Anda dan tubuh Anda tidak menarik.

Ada juga bab yang membahas tentang 4 kesalahan mendasar sehingga Anda semakin menjauh dengan orang yang Anda sukai dan didekati oleh orang-orang yang tidak Anda sukai. Itu semua bukan kebetulan. Melainkan secara tidak sadar Anda melakukan hal-hal yang seharusnya tidak Anda lakukan.

Ada pula trik psikologi yang dijabarkan mengenai cara bernegosiasi. Aturannya sederhana, mintalah setinggi bintang dan Anda akan mendapatkan setinggi bulan. Jika Anda ingin menaikkan harga diri Anda atau sesuatu yang Anda miliki, maka Anda harus memasang citra yang benar. Pasang harga setinggi mungkin agar orang lain menganggap Anda serius.

Ada juga trik sederhana agar menjadi pribadi yang lebih tenang dan percaya diri dalam segala situasi. Semua dibongkar dengan penjelasan-penjelasan ilmiah tentang bagaimana cara kerja tubuh kita. Ternyata bukan masalah besar untuk tetap tenang di situasi-situasi sulit.

Atau mungkin Anda pernah kesal karena dibodohi dan dimanfaatkan? Mari kita hadapi kenyataan bahwa di dunia ini ada orang yang melakukan apa saja untuk memenuhi tujuan hidupnya.

Pertama, akan ada akan mengetahui apakah teman Anda adalah teman sejati atau mereka tidak berguna bagi Anda sama sekali. Ada enam tes yang harus dijalankan. Dan jika mereka tidak lulus, mereka sebenarnya bukan teman-teman Anda.

Dilanjutkan dengan teknik conudrum untuk mengetahui kebohongan seseorang. Ketika Anda ragu dengan perkataan seseorang dan ingin tahu apakah ia berbohong atau tidak, maka Anda bisa menggunakan teknik ini setiap saat. Seperti alat deteksi kebohongan.

Dibahas pula 7 taktik manipulator yang ingin mengambil keuntungan dari Anda. Ini teknik mematikan. Jadi, mengetahuinya akan menghindarkan Anda dari dimanipulasi oleh orang-orang jahat.

Ada juga trik sederhana untuk mengetahui bahwa lawan hanya menggertak saja. Ia tampil secara berkebalikan dengan kondisi aslinya. Anda bisa menggunakannya untuk sekadar bersenang-senang seperti bermain poker dan melatih kemampuan ini.

Kemudian teknik skenario di mana Anda dapat melakukan tes psikologi secara lisan untuk mengetahui pikiran orang lain. Tekniknya cukup sederhana dan jika orang tersebut merasa tidak nyaman atau merasa bersalah, maka dialah orang yang seperti Anda pikirkan.

Ada juga teknik yang memaksa orang lain mengatakan apa yang dipikirkannya. Anda dapat memanipulasi hal ini menggunakan teknik-teknik psikologi sederhana. Jangan khawatir, semua disertai dengan contoh-contoh sederhana.

Memasuki bab 3, merupakan bab agar situasi terkendali dan siapapun melakukan apapun. Kesuksesan hidup sering kali bergantung pada kemampuan kita mempengaruhi sikap, kepercayaan, dan pandangan orang lain. Kita tidak sedang membicarakan kesuksesan melalui usaha memanipulasi, melainkan menggunakan strategi-strategi psikologis tertentu.

Yang pertama merupakan jabaran psikologi agar orang segera bertindak cepat dalam situasi tertentu. Ada 6 tips sederhana yang mudah dipahami.

Kemudian di bab 14 akan dijelaskan agar siapapun mengikuti saran Anda. Bayangkan ide-ide hebat Anda didengarkan oleh orang lain, bahkan mereka yang meminta saran Anda akan mengikuti apa yang Anda katakan. Tiga faktor utama adalah emosi, strategi, dan konsekuensi.

Disusul dengan bab yang membuat setiap orang untuk menepati janjinya. Apakah Anda bosan ketika orang-orang tidak menepati janji mereka? Maka ada strategi yang akan membantu Anda untuk melakukannya.

Ada juga teknik menghadapi orang keras kepala. Strategi ini bisa membuat Anda mengubah pemikiran seseorang tanpa hambatan yang berarti. Selanjutnya ada bab mengenai agar semua orang mengabulkan permintaan Anda (Agar mau bekerja sama dengan baik). Bukankah menyenangkan jika kita bisa meminta bantuan siapapun di situasi apapun? Akan ada taktik-taktik sederhana yang merupakan penggabungan bab-bab awal.

Di bab 18, dibongkar rahasia kepemimpinan. Agar semua orang mengikuti Anda. Kepemimpinan bukan seni, melainkan ilmu. Anda akan belajar menjadi pemimpin yang kharismatik, berpengaruh, dan didambakan. Ada tiga faktor kunci yang harus dipahami dan diterapkan, yakni kerendahan hati, kesederhanaan, dan wibawa.

Perlu juga untuk membuat orang lain memahami sesuatu. Seperti kata-kata umum yang biasa digunakan : Jika Anda tidak bisa menjelaskan sesuatu kepada anak berusia 12 tahun, maka sebenarnya Anda belum memahaminya. Di bagian ini kita akan dibimbing agar siapa pun memahami apapun.

Ada dua faktor penting. Pertama, sebelum menjelaskan sesuatu, pastikan orang lain memahami konteks atau gambaran besarnya. Dan kedua,beberapa penelitian menemukan bahwa ekspektasi erat kaitannya dengan kesanggupan seseorang memahami sesuatu. Jadi, sebelum menjelaskan rencana Anda atau menjelaskan segala seluk beluk rumit, jelaskan duduk permasalahan dan harapan Anda. Lalu, pengaruhi pikiran orang lain bahwa apa yang Anda ingin ia lakukan adalah sesuatu yang mudah dan sederhana. Dan ia akan mampu melakukan tugasnya.

Anda juga bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan di saat orang lain menginginkan hal lain. Karena sejarah penuh dengan pemikiran orang-orang yang mampu membentuk masa depan. Tetapi permasalahan Anda mungkin tidak sebesar itu. Contohnya bagaimana jika Anda menginginkan sushi sedangkan teman-teman Anda menginginkan makanan italia? Tidak masalah. Bahkan jika Anda kalah pengikut dan suara, Anda dapat mengubahnya.

Teknik selanjutnya adalah cara agar mengompakkan sebuah kelompok. Anda bisa menyelesaikan perselisihan dengan cepat. Bisa diterapkan dalam hubungan pertemanan atau keluarga.

Ada juga yang membahas mengenai cara memenangkan persaingan dalam hal cinta, pekerjaan, dan permainan. ADA SEBUAH KISAH menggelikan tentang dua lelaki yang sedang berkemah di hutan. Suatu saat, salah satu dari mereka berpapasan dengan seekor singa ganas. Lelaki yang satunya lagi membungkuk, mengambil sepatu joging dari ranselnya dan bergegas melepas sepatu botnya, “Apa yang kamu lakukan?” seru temannya. “Kamu tidak akan bisa mengalahkan kecepatan lari singa Itu.” Dengan tenang, lelaki itu menjawab, “Aku tidak harus mengalahkan kecepatan lari singa itu, tetapi aku harus mengalahkan kecepatan larimu.”

Ada dua wilayah strategis berbeda yang harus diperhatikan agar memenangkan persaingan :

  1. Diri Anda : Rahasia menjadi petarung psikologis yang handal.
  2. Medan Psikologi : Gunakan psikologi untuk memenangkan persaingan.

Bagian lain yang tak kalah menarik adalah cara seseorang berjudi dan bagaimana ia menjalani hidup adalah sama. Akan dijelaskan kesalahan terbesar yang paling sering dilakukan orang. Dengan mengetahuinya, Anda akan terhindar dari kesalahan-kesalahan yang tidak perlu dilakukan untuk memenangkan permainan apapun.

Lalu bab 5 : Agar Hidup Menjadi Lebih Mudah CaraCepat Mengatasi Situasi-Situasi yang Sulit, Menjengkelkan dan Membuat Frustrasi, serta Cara Meraih Posisi Menguntungkan, Setiap Saat!

Ada teknik agar orang lain segera menelepon Anda. Manfaatkan rasa ingin tahu dan kegemberiaan pada pesan yang Anda berikan. Dan ia akan segera mengangkat teleponnya untuk menghubungi Anda.

Teknik lain yang tak kalah bagus adalah cara agar setiap orang memaafkan kesalahan yang telah Anda lakukan. MISALKAN SAJA ANDA telah berbuat khilaf, merasa bersalah dan berjanji untuk tidak mengulanginya. Jika semua itu dapat menormalkan keadaan, sungguh luar biasa, Namun, kita tahu bahwa kadang-kadang dibutuhkan lebih dari sekadar berucap “maafkan aku” untuk membuat segalanya kembali normal. Kita akan melihat bagaimana psikologi, dapat membatu Anda dalam mendapatkan maaf, secepatnya.

Kemudian ada cara untuk menyampaikan berita buruk. DALAM HIDUP INil, kita terkadang harus menerima tamparan berupa kenyataan-kenyataan pahit. Bila Anda sedang menjadi pembawa berita buruk, strategi ini dapat sangat membantu Anda. Dengan mengubah cara Anda menyampaikan informasi. Anda dapat mengubah secara dramatis cara seseorang dalam merespons situasi apapun.

Ketika seseorang gundah akan sebuah peristiwa dalam hidupnya, hal itu disebabkan oleh salah satu atau kombinasi dari tiga keyakinan kognitifnya: (1)dia merasa bahwa situasi semacam itu bersifat permanen; (2)dia merasa bahwa peristiwa itu sangat penting. Artinya, peristiwa itu lebih penting daripada kenyataan yang sebenarnya; dan (3)dia merasa bahwa peristiwa itu berdampak luas, bahwa ia akan melanda dan mempengaruhi bidang-bidang kehidupan lainnya.

Dengan sengaja mengecilkan ketiga faktor tadi Anda bisa mengubah sikap seseorang dengan cepat dan membuat perasaannya lebih positif.

Selanjutnya ada bahasan mengenai mengambil kembali apa yang dipinjam orang lain. BANYAK ORANG YANG meminjamkan sesuatu-baik itu uang, gergaji atau apapun – tetapi mereka merasa tidak enak hati ketika harus memintanya kembali, Tentu saja, bukan kewajiban Anda untuk memintanya kembali, tetapi orang yang Anda pinjamilah yang seharusnya mengembalikan tanpa harus Anda minta. Tetapi, ketika dia tidak mengembalikannya, inilah cara cepat dan mudah untuk mendapatkan kembali milik Anda.

Hanya ada 3 teknik di bagian ini. Dan karena kesederhanaanya, saya rasa semua orang akan dapat menguasainya dengan sempurna.

Atau Anda sering tertekan dan merasa tidak enak sehingga mengatakan ya untuk permintaan-permintaan orang lain? Maka ada cara mudah untuk mengatakan tidak tanpa rasa bersalah.

Begitu pula jika Anda ingin berteman baik dengan orang-orang yang menjengkelkan dan ofensif. Bayangkan jika Anda bisa menaklukan siapa pun untuk menjadi teman Anda.

Ada 4 hal yang menyebabkan orang menyakiti Anda :

  • Orang tersebut mengira Anda tidak menyukainya
  • Dia merasa terancam oleh Anda
  • Dia suka bertindak ofensif kepada siapa pun
  • Anda memberinya alasan untuk tidak menyukai Anda

Sebenarnya bahasan ini berkaitan dengan bab-bab sebelumnya, hanya saja kali ini lebih detail. Anda bisa menjalin hubungan dengan siapapun jika orang tersebut merasa nyaman dengan Anda. Seperti yang dikatakan Dale Carnagie, tertariklah kepada orang lain, maka Anda bisa membuat mereka menyukai Anda lebih cepat daripada Anda berusaha menarik perhatian mereka setiap hari.

Juga ada bahasan mengenai menghentikan rumor sebelum reputasi Anda jatuh. Inginkah Anda membela diri tanpa terkesan defensif? Dengan teknik psikologis Anda bisa melakukannya sebelum Anda terpuruk. Jangan membantah rumor karena orang-orang akan semakin meyakini kebenarannya. Sebaliknya, sebarkan rumor yang lebih heboh sehingga orang tidak lagi mempercayai kebenarannya. Pilihannya hanya hitam dan putih. Jika Anda melakukannya, otomatis rumor akan tenggelam dengan sendirinya.

Diteruskan dengan cara cepat menghentikan umpatan seseorang. Sangat efektif untuk mengendalikan amarah Anda. karena jika Anda ikut marah, maka Anda sudah kalah. Bagaimana pun juga, orang tersebut yang bermasalah, bukan Anda. Jadi, tidak ada untungnya ikut marah atas permasalahan yang tidak terletak pada diri Anda.

Juga ada trik membuat siapa pun terbuka kepada Anda. Bukankah menjengkelkan jika kita mengajukan pertanyaan dan dijawab dengan tidak jelas? Anda bisa mengetahui informasi yang terlihat tidak jelas dan samar menjadi sesuatu yang jelas dengan menerapkan teknik-teknik psikologis.

Atau Anda pernah menghadapi orang yang terus menerus berkeluh kesah? Anda bisa menghentikannya dan mengakhiri pembicaraan yang membosankan. Pertama dengarkan keluh kesasnya. Kemudian bangkitkan egonya dengan mengulangi perkataannya seolah Anda memperhatikannya. Dan akhiri dengan pertanyaan apa yang bisa Anda lakukan untuknya.

Lalu cara meredamkan rasa cemburu untuk pasangan Anda. KEBANYAKAN DARI KITA meyakini secara keliru bahwa orang yang mudah cemburu adalah mereka yang suka minder. Bagaimanapun, jika seseorang percaya diri dan merasa berharga, dia tidak mudah khawatir kehilangan pasangannya. Tetapi, keyakinan yang menghubungkan kecemburuan dengan perasaan minder seseorang ini ternyata tidak sepenuhnya benar. Yang benar adalah bahwa orang cenderung merasa cemburu hanya pada wilayah-wilayah yang relevan dengan harga dirinya.

Tetapi Anda bisa meredakan cemburu dengan mengatakan hal-hal yang dirisaukannya. Jangan katakan Anda mencintainya dan sebagiannya. Melainkan berikan alasan bagus segera setelah Anda mengetahui sumber kecemburuan. Semua hanya masalah harga diri. Identifikasikan dan selesaikan.

KONON, SARAN ADALAH sesuatu yang Anda minta ketika Anda mengetahui jawabannya, tetapi Anda tidak menginginkannya. Konon pula, kita meminta saran hanya untuk memperkuat pandangan kita sendiri. Jadi jika Anda benar-benar ingim mencari, saran, bukalah pikiran Anda. Saran meyakinkan dan baik dari orang yang bisa, Anda percaya sangatlah bernilai. Masalahnya, kita tidak selalu mencari saran baik dengan cara yang benar.

Penyebab mengapa kita sering mendapatkan saran yang buruk adalah karena sangat sulit menemukan orang yang selalu menyelami kepentingan-kepentingan terbaik kita, yang tidak iri kepada kita dalam hal apapun dan yang tidak menganggap dirinya tahu yang terbaik bagi Anda.

Juga ada trik JIKA ANDA INGIN mengkritisi seseorang tetapi Anda khawatir tindakan Anda itu dapat melukai, egonya, membuatnya malu atau membuatnya tersinggung, maka gunakanlah strategi psikologis ini agar kritik Anda tidak menggondokkan hati siapapun.

Menjelang akhir buku, ditunjukkan teknik agar siapa pun membuka rahasianya kepada Anda dan mau mengakui apa saja. Anda bisa membujuk seseorang untuk menceritakan dan mengungkapkan apa saja yang ingin Anda ketahui. Kemampuan mendapatkan kepercayaan seseorang ini bisa Anda kuasai hanya dengan mengikuti strategi psikologi.

Bab 38, tentang cara untuk menjawab pertanyaan bodoh ataupun sulit. Agar siapapun akan mundur dan Anda memenangkan setiap perdebatan. KETERAMPILAN MEMBELA DIRI secara lisan merupakan asset yang tak ternilai, Kita sering kali terjebak dalam debat kusir dan terpancing untuk menjawab pertanyaan bodoh. Sudah banyak tulisan yang membahas dialog-dialog semacam itu, namun penentangan yang diajukan oleh buku ini terhadap kebanyakan saran tradisional adalah bahwa saran-saran itu mengharuskan Anda menciptakan percakapan yang cemas, logis dan bermakna dengan orang itu.

Lalu ada cara agar anak Anda berkelakukan dengan baik dan benar. Pada dasarnya, ada dua unsur penting dalam menciptakan kerjasama dangan anak-anak maupun dengan orang dewasa, yakni memberi dia perasaan berwenang dan menggunakan argumen berdasarkan emosi. Tetapi Anda harus tetap memberi batasan agar anak tidak berbuat sesuka hatinya.

Dan di bab terakhir ada teknik agar lepas dari kekerasan fisik dan seksual. Merupakan cara hidup cerdik bagi kaum lelaki dan perempuan. DARI SEMUA TAKTIK dalam buku ini, taktik inilah yang, mungkin bisa menyelamatkan bukan hanya kesehatan jiwa dan kehormatan diri Anda, tetapi juga nyawa Anda.

Begitulah isi dari buku agar siapa saja mau melakukan apa saja untuk Anda. Untuk melengkapi review buku, saya juga memberi penilaian tentang kelebihan dan kekurangan di buku ini di bawah ini.

Kelebihan Buku Agar Siapa Saja Mau Melakukan Apa Saja untuk Anda

Poin pertama tentu terletak pada bibliografinya. Buku ini disusun berdasarkan hasil-hasil penelitian tentang psikologi. Jadi, hampir pasti jika kita mampu membaca situasi dengan tepat dan menerapkan teknik yang tepat, maka hasilnya pun akan seperti yang kita harapkan. Bukti-Bukti penelitian tidak akan pernah berbohong.

Kedua, gaya menulis buku ini sangat sederhana sehingga mudah dibaca dan dipahami. Terlepas dari kesederhaannya, isinya berbobot dan berkualitas. Terkadang hal-hal yang begitu sederhana sering dilihat sebagai sesuatu yang rumit sehingga kita malas untuk mempelajarinya. Buku ini sempurna bagi orang awam, terutama bagi mereka yang tidak memiliki hubungan baik dengan orang lain.

Dan terakhir, ini bukan buku satu-satunya karya David J. Leibermen. Saya masih memiliki beberapa buku lagi untuk dibaca. Dan semoga saja isinya saling melengkapi satu sama lain untuk membuat hidup menjadi lebih mudah lagi.

Kekurangan Buku Agar Siapa Saja Mau Melakukan Apa Saja untuk Anda

Kalau ada kekurangan tentu karena antara topik yang satu masih berkaitan antara satu dan lainnya. Agar mampu memahami dengan baik, sangat perlu untuk membaca ulang setiap kali Leibermen menyebut teknik-teknik tertentu yang telah diajarkan di bab-bab sebelumnya. Jadi, ketika membaca buku ini, saya sering meloncat kembali ke halaman-halaman awal untuk mendapatkan pemahaman yang utuh. bahkan saya terpaksa mengulangi bab-bab tertentu untuk menghafalkan isinya seolah saya masih anak sekolah yang akan menghadapi ujian.

Dan terakhir, terlalu banyak typo di dalam buku. Walaupun sepele, terasa sekali sangat menganggu kenikmatan membaca. seandainya saja lebih berhati-hati dalam mengetik ebook ini, tentu kualitasnya akan menjadi lebih baik lagi.

Penilaian

Saya memberi nilai 80 untuk buku Agar Siapa Saja Mau Melakukan Apa Saja untuk Anda. Terima kasih sudah membaca reviewnya dan nantikan review-review buku selanjutnya.

31 tanggapan untuk “Review Buku Agar Siapa Saja Mau Melakukan Apa Saja untuk Anda by David J.Leibermen

  1. Keren bukunya mas Shiq4. Pas bnget buat saya, kontennya menjanjikan banget, banyak yang menarik saya berdasarkan ulasan Anda di atas, khususnya menghadapi org kras kpla dan juga ttg kepmimipnan, yakni memimpin tdk hnya seni tp ilmu, pnsran saya.

    Email saya tetap yang sama mas. Maaf ni, minta share grtis trus saya. Mksih

    Suka

  2. Wah apik banget resensinya. Makasi banyak ya sdh menyempatkan diri membuat resensi ini. Kalau berkenan, saya mau ya mas ebooknya. Kalau ada yg sejenis juga mau mas. Berikut emailnya: aksaraini@gmail.com
    Makasi banyak sebelumnya

    Suka

Komentar ditutup.