7 Cara Menumbuhkan Minat Baca Bagi Diri Sendiri

Cara menumbuhkan minat membaca bagi diri sendiri

Berdasarkan studi “Most Littered Nation in the World” yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat baca.

Ini merupakan masalah yang serius bagi bangsa Indonesia. Seperti yang yang ditegaskan Presiden Jokowi bahwa melalui pendidikan masa depan suatu bangsa dipertaruhkan akan menjadi seperti apa. Selain itu, budaya membaca juga akan menumbuhkan kesadaran kritis masyarakat sebagai prasyarat tumbuhnya ekosistem budaya yang sehat.

Kesadaran kritis hanya bisa dipupuk melalui budaya membaca yang pada akhirnya akan melahirkan masyarakat yang cerdas, memiliki daya saing dan produktif. Jika masyarakat kita berdaya saing tinggi dan produktif, maka langkah menuju kesejahteraan tinggal selangkah lagi.

Oleh karena itu, untuk menjadi bangsa besar, sebagai masyarakat kita harus mulai membudayakan membaca mulai dari diri sendiri. Jangan khawati, jika Anda masih belum terbiasa membaca dan masih belum tertarik, maka berikut adalah cara menumbuhkan minat baca bagi diri sendiri :

1. Ketahui Manfaat Besar dari Membaca

Sadar atau tidak, sebenarnya kita bersaing satu sama lain untuk menjadi pribadi yang lebih baik dalam menjalani hidup. Yang terbaik yang akan mendapatkan semuanya. Dan salah satu cara untuk mengembangkan diri adalah melalui membaca.

Apa yang membuat minat membaca saya tumbuh adalah memikirkan besarnya manfaat membaca yang bisa saya peroleh sehingga saya merasa mampu bersaing dengan profesional lainnya.

Manfaat terbesar tentu pengetahuan dan wawasan. Kumpulan pengetahuan dan wawasan tersebut merupakan sumber ilmu yang akan membawa saya kepada kebijaksanaan. Ketika saya terus memikirkan manfaat membaca yang akan saya peroleh, saya menjadi bersemangat.

Dan Anda bisa menebak, beberapa jam kemudian saya hanyut dalam bacaan-bacaan selama beberapa jam. Anda juga melihat manfaat lainnya dengan membaca “Mengapa Membaca? Ini Versi Saya

Setelah mengetahui potensi dari kegiatan membaca, saya rasa hanya orang-orang keras kepala yang tidak tergerak untuk mulai membaca. Untunglah saya yakin Anda bukan termasuk orang keras kepala.

2. Alokasikan Waktu Khusus untuk Membaca

Punya niat saja tidak cukup. Agar minat membaca Anda tumbuh subur, Anda perlu memastikan bahwa Anda benar-benar akan rutin membaca. Oleh karena itu, rencanakan dengan baik kapan waktu khusus yang akan Anda gunakan untuk membaca.

Dari 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu, kapan Anda benar-benar bebas? Misalnya saya yang tidak mau repot cenderung meluangkan waktu beberapa menit sebelum tidur malam. Dengan begitu, minat membaca yang selama ini terpendam mulai berkembang dan menjadi kebiasaan. Bahkan saya membaca hampir setiap hari.

Anda pun mampu melakukannya.
Kuncinya pada disiplin. Lakukan setiap hari selama 30 sampai 60 menit, dan Anda akan semakin berminat melahap buku lain manakala Anda berhasil menyelesaikan sebuah bacaan.

“Saya selalu membayangkan bahwa surga akan seperti sebuah perpustakaan” Jorge Luis Borges

3. Temukan Buku-Buku yang Tepat

Kesalahan yang sering dilakukan orang adalah memilih buku-buku yang salah. Mungkin mereka sudah memiliki kesadaran tinggi tentang membaca, namun saat mereka benar-benar mengeksekusi rencana, mereka menjadi bosan dan tidak bersemangat dengan bacaan.

Perlu Anda ketahui, masing-masing orang punya kepribadian yang berbeda-beda. Buku yang bagus menurut orang lain, belum tentu pas untuk Anda. Jadi, ketika Anda baru mulai membaca, usahakan mencoba berbagai genre buku yang ada. Mana yang paling membuat Anda penasaran atau tertarik membuka lembar demi lembar?

Jika sudah menemukannya, maka Anda tidak akan kesulitan menemukan buku sejenis yang bisa membuat Anda terus bersemangat untuk membaca sehingga mampu menumbuhkan minat baca yang lebih besar lagi.

4. Buat Diri Anda Terpaksa Membaca

Salah satu halangan terbesar bagi orang-orang yang minat bacanya masih sangat kecil adalah kebiasaan menunda-nunda. Karena memandang kegiatan membaca sebagai sesuatu yang tidak penting, biasanya orang tidak segera melakukannya dan kemudian benar-benar melupakannya tanpa merealisasikan minat yang terpendam.

Itu sebabnya, manakala Anda sudah merasa membaca itu penting dan masih memiliki minat yang kecil, jangan ragu untuk pergi ke toko buku secara rutin dan langsung membeli beberapa buku yang sesuai dengan Anda sesuai dengan poin nomor tiga.

Dengan demikian, Anda akan merasa “Terpaksa” membaca karena telah menginvestasikan uang Anda. Bagaimana pun juga, orang-orang cenderung termotivasi untuk menghindari kerugian-kerugian apapun sehingga Anda akan segera membaca buku-buku yang telah Anda beli.

5.Baca Review-Review Tentang Buku

Agar minat Anda semakin berkembang, sebaiknya Anda mulai membaca review-review buku di internet. Dengan membaca kelebihan dan kekurangan buku, Anda dapat mengetahui kualitas buku sehingga Anda tidak akan mendapatkan zonk ketika sudah menentukan buku bacaan yang ingin Anda baca. Dan minat membaca akan tumbuh jika Anda membaca buku-buku dengan review terbaik.

Anda pun bisa menulis review buku sendiri. Rasanya menyenangkan menyampaikan pendapat kita tentang buku-buku yang telah kita nikmati. Selain bisa membantu orang lain menemukan buku-buku terbaik, Anda pun akan sungguh-sungguh ketika membaca agar penilaian tidak bias.

Secara tidak langsung, pemahaman Anda mengenai bacaan akan menjadi lebih baik lagi. Saya tahu hal tersebut dengan pasti karena saya benar-benar merasakannya perbedaan fokus antara membaca yang disertai menulis review dan membaca tanpa menulis review.

6. Bergabunglah dengan Komunitas

Mungkin komunitas membaca terbesar di internet adalah Goodreads. Di sana ada banyak diskusi mengenai buku dan sebagiannya. Bergaul dan berdiskusi tentang bacaan akan membuat Anda tetap bersemangat untuk menyelesaikan lebih banyak bacaan.

Anda pun bisa termotivasi jika melihat buku-buku yang sudah dibaca oleh member lain atau teman-teman lainnya. Sudah kodratnya jika manusia itu tidak mau kalah. Jika Anda melihat teman Anda telah menyelesaikan lebih banyak buku, maka Anda pun akan termotivasi untuk membaca lebih banyak juga.

Tidak dibutuhkan biaya untuk bergabung di Goodreads alias gratis. Atau Anda bisa bergabung di komunitas-komunitas membaca di daerah Anda. Yang jelas, untuk menjaga minat baca Anda dan menumbuhkannya, Anda harus berada di lingkungan yang mendukung di mana semua orang membaca sebagai bagian dari rutinitas mereka.

7. Sampaikan Apa yang Anda Baca

Bagian terbaik dalam membaca tentu adalah ilmu pengetahuan yang kita dapatkan. Agar Anda merasakan manfaat nyata, maka jangan malu untuk berbagi ilmu-ilmu yang Anda dapatkan melalui perkataan, perbuatan, bahkan jika bisa melalui tulisan.

Dengan menyampaikan ilmu yang kita peroleh, kita akan menjadi semakin yakin bahwa membaca dapat mengubah banyak hal besar yang membuat hidup kita, menjadi lebih baik. Tentu saja, hasilnya kita menjadi lebih bersemangat lagi untuk membaca buku-buku lainnya.

Sesekali mungkin Anda perlu berdiskusi dengan orang lain. Seandainya orang lain juga mempunyai ilmu lain yang bertentangan dengan ilmu yang Anda sampaikan, tidak masalah. Justru itu yang akan membuat pemahaman Anda tentang bacaan Anda menjadi lebih baik dibanding Anda hanya berdiam diri tanpa menyampaikannya karena lebih berpotensi untuk lupa.

Bahkan mungkin Anda akan berminat membaca buku yang digunakan sebagai referensi orang lain. Tentu ini hal bagus untuk mengembangkan minat membaca Anda.

Membicarakan apa yang kita baca, menuliskan apa yang kita baca, dan melakukan apa yang kita baca akan membuat kita ingat bacaan kita diluar kepala.

Kesimpulan

Mengingat betapa rendahnya minat baca orang indonesia, sudah menjadi tanggung jawab kita untuk mengubahnya. Caranya mudah, dimulai dari diri sendiri. Kalau memungkinkan, sangat dianjurkan untuk menularkan virus membaca kepada orang lain.

Setelah mengetahui cara menumbuhkan minat baca di atas dan niat Anda sudah bulat, Anda juga dapat mengakses konten “8 Cara Membangun Kebiasaan Membaca” agar minat Anda subur dan berkembang menjadi lebih kuat lagi.

Apakah saat ini Anda sudah punya minat baca yang tinggi? Upaya apa yang Anda lakukan untuk menjaga minat baca tersebut? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

28 tanggapan untuk “7 Cara Menumbuhkan Minat Baca Bagi Diri Sendiri

  1. dan hari ini aku mulai pegang buku lagi ,,, pastinya untuk dibaca,,, pas mulai masih males malesan… tapi selanjutnya makin mengalir,,, akhirnya baca buku lagi *gitu kata yulia dalam hati hehehe…

    Suka

  2. Minat membaca buku saya masih tinggi. Namun saya mulai menelaah kembali menganai buku-buku yang sudah saya baca. Hal paling menarik dari membaca buku adalah menambah sudut pandang baru dan pencerahan-pencerahan.

    Disukai oleh 1 orang

  3. Saya urusan membaca sangat berminat, dan thn 2017 ini nampaknya beralih ke ebook lg, dari beberapa ebook yg prnah Shiq4 share ke saya ada beberapa yg sdh sya tuntaskan, hnya sya kurang tertarik mereview nya, ada sbgian yg rasa sulit sy phami, kecuali Totto-Chan keren banget, tp itupun dah direview Shiq4.

    Klo bicra lingkungan, sy trmsuk tinggal di lingkungan yg minat bcanya rendah, tp syukurlah saya tdk trpngruh…

    Tks mas Shiq4, blog ini bagus utk dibaca, ijin share di fb ya.

    Suka

    1. Klo masih kurang saya masih buanyak mas desfortin ebooknya. Hubungi saja saya kalau butuh.

      Review kan nggak mungkin sama. Jadi nggak papa kok. Soalnya yg ngeview buku yang sama begitu banyak.

      Suka

  4. Oh Indonesia paling buncit nomor dua dari 60 lebih negara. Prestasi membaca yang kurang menyenangkan. Semoga saja saya di Indonesia ketemu buku-buku bagus yang memancing minat baca sehingga membaca bukan lagi sebuah beban tapi kebutuhan

    Disukai oleh 1 orang

  5. wah, menarik sekali mas..
    jadi termotivasi untuk membaca deh, hahaha
    sayang, aku nggak ada buku yang ingin aku baca..
    yah, baca-baca postingan dari teman-teman kan juga termasuk baca ya mas..?

    Suka

    1. Bill gates setidaknya membaca 50 buku setiap tahun. Tentu buku2 paling berkualitas yg pernah ada. Coba cari aja daftar bukunya bill gates, saya pernah liat kayaknya.

      Suka

  6. Saya pernah “memancing” minat baca dgn membeli banyak buku (tujuan poin.4), tapi tetap juga malas membaca. Sampai akhirnya saya tata buku-buku itu di rak dan dikumpulkan semua dalam ruang tamu. Sekarang seperti perpustakan kecil. Dan ketika duduk di ruang tamu, akhirnya ambil juga satu atau dua buku, mulai membaca. Thanks untuk Artikel nya. Ternyata saya tidak sendiri. 🙂

    Suka

    1. Sekarang banyak juga pak ebook berkualitas yg gratis. Tinggal downloaf banyak ebook. Nanti bacanya santai saja. Biasanya saya menyelinginya dengan buku fisik biar gak bosan.

      Suka

  7. Semoga yang saya baca di sini benar – benar akan menginspirasi saya yang ingin belajar menulis. Terima kasih Mas , telah memberi kesempatan untuk ikut membaca di sini.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s