Memberi Garansi dalam Copywriting

Memberi garansi dalam copywriting

Anda mungkin sudah menciptakan blog yang siap menjual. Trafik sudah tinggi dan konten bermutu sudah melimpah. Sekarang konsentrasi Anda terfokus mencari cara untuk mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan Anda. Maka Anda butuh copy yang meyakinkan.

Pengunjung punya ketakutan sendiri. Bagaimana pun Anda memuat semua benefit yang mungkin bisa mereka dapatkan ketika menggunakan produk Anda, mereka akan tetap ragu. Mereka akan berpikir,”Bagaimana jika orang ini berusaha menipu saya?”

Itulah sebabnya copy harus mencantumkan garansi. Garansi merupakan pelenyap ketakutan dan keraguan yang paling bagus. Ketika orang-orang mengetahui bahwa produk yang akan mereka beli tidak sesuai dengan iklan, maka kapan pun mereka bisa mendapatkan uang mereka kembali.

Kepercayaan Diri dan Risiko

Perlu diingat, garansi Anda adalah janji. Manakala ada pembeli yang merasa tidak puas, maka Anda harus menepati apa yang Anda katakan. Agar kepercayaan mereka tetap terjaga. Kalau ada syarat dan ketentuan berlaku, sebaiknya Anda mencantumkannya di dalam copy dengan jelas.

Kita adalah pemasar yang jujur. Bermain akal-akalan dengan pembeli hanya bentuk lain dari meminum racun sedikit demi sedikit. Cepat atau lambat pelanggan akan menyadarinya. Dan jika mereka mengetahui bahwa Anda hanya bermain akal-akalan dan tidak jujur, gosip negatif akan tersebar dengan sangat cepat, sama seperti ketika Anda pergi tidur dengan keadaan baik-baik saja dan tiba-tiba terbangun di medan perang yang Anda ciptakan sendiri.

Oleh karena itu, pastikan produk Anda benar-benar berkualitas. Karena garansi adalah kepercayaan diri tertinggi mengenai manfaat produk yang kita tawarkan sebagai solusi suatu permasalahan. Hanya itu satu-satunya cara kita bisa menggunakan garansi di dalam copy dengan aman.

Lagipula garansi merupakan bentuk lain dari pengalihan risiko. Tanpa garansi, risiko besar terletak pada pundak konsumen. Garansi merupakan pemindahan risiko dari konsumen kepada diri Anda. Kalau produk Anda tidak bagus dan Anda hanya meniru copy orang lain (mencantumkan garansi yang terlalu besar), Anda hanya menyusahkan diri sendiri.

Jadi, pikirkan dengan seksama garansi yang Anda berikan. Apa ketakutan terbesar konsumen? Kemudian berikan garansi untuk melenyapkannya.

3 Bentuk Garansi

Ada tiga bentuk garansi yang bisa Anda tampilkan di dalam copy. Diantaranya :

1. Garansi Terhadap Produk

Garansi ini merupakan klaim yang akan membuat konsumen puas dengan produk Anda. ini merupakan apa yang biasa disebut beberapa pemasar sebagai garansi klasik.

Template standar untuk garansi produk :

“Kami tahu bahwa Anda akan menyukai ……(produk)….. sebagaimana kami mencintainya. Faktanya, jika ada alasan apapun sehingga Anda tidak puas, tinggal kembalikan ……(produk)….. dalam …..(jumlah)…. hari dan kami akan melakukan refund.”

2.Garansi Terhadap Jasa

Untuk memberi garansi terhadap jasa, lihat bagaimana Domino melakukannya dengan sangat baik:

30 Minutes or less…. or it’s free
Itu jaminan bahwa pelanggan mendapatkan pizzanya dalam 30 menit. Jika tidak, maka berarti gratis. 

Garansi jasa biasa digunakan di industri jasa. Hotel dan Situs Booking Hotel menggunakan garansi yang kuat untuk menanamkan kepercayaan.

Coba lihat pada garansi hotels.com yang menarik:

Menulis garansi di copywriting

Ingin memastikan bahwa Anda membayar pada harga terendah? 

Kami memberi garansi.
Kami mengecek ribuan harga hotel setiap hari untuk memastikan Anda membayar lebih sedikit untuk booking Anda. Anda tidak akan menemukan hotel lain yang lebih murah. Tapi jika ada yang lebih murah, kami akan mengembalikan selisihnya. Itulah Price Match Guaranteed kami dan ini hanya merupakan salah satu cara bagaimana kami membantu Anda menemukan hotel yang sempurna
.

3. Garansi Hasil

Template dasar untuk garansi hasil :

“Jika Anda tidak mendapatkan…..(hasil)….. dalam ….(hari)…., maka Anda bisa mendapatkan 100% investasi Anda kembali.”

Di atas merupakan garansi yang umum digunakan untuk produk diet dan fitness karena mayoritas hanya hasil yang bisa mereka berikan garansi.

Berikut juga merupakan gaya garansi yang banyak digunakan untuk program menghasilkan uang seperti kursus kerja dari rumah dan investasi. Sebuah contoh misalnya :

“Jika Anda mengikuti petunjuk saya, saya menjamin Anda akan melipatgandakan investasi Anda pada akhir kursus enam minggu ini atau saya akan mengembalikan uang Anda dua kali lipat.”

Garansi Memberi Profit yang Lebih Tinggi

Adanya garansi yang bagus akan meningkatkan penjualan lebih banyak lagi. Tanpa keraguan, konsumen akan senang mencoba apa yang ditawarkan. Karena garansi memberi rasa aman dan kepercayaan.

Tapi mungkin Anda berkata, “Itu terlalu berisiko, saya tidak bisa melakukannya!”.

Brian Clark memberi tahu beberapa poin penting di sini :

  • Pertama-tama, Anda akan menerima beberapa klaim, tidak peduli berapa besar value yang Anda berikan. Alasannya adalah garansi Anda akan menghasilkan lebih banyak angka penjualan. Dengan menghilangkan risiko dari pembeli, Anda akan selalu menjual kepada seseorang yang tidak sesuai dengan produk. Itu tidak apa-apa. Jumlah pembeli yang banyak akan bekerja untuk Anda.
  • Klaim akan lebih sedikit dari apa yang Anda pikirkan, bahkan diantara mereka yang mengalami penyesalan. Kita ingin tetap konsisten secara psikologis, dan otak kita bekerja keras untuk memvalidasi pengambilan keputusan sebelumnya. Pasangkan dengan ambivalensi yang dialami orang-orang saat menghadapi proses klaim (terutama untuk produk fisik), dan penjualan akan tetap pada tempatnya.
  • Ketika kita membicarakan produk informasi, beberapa orang akan menghancurkan Anda. Mereka suka ketika mengkonsumsi pengetahuan yang Anda tawarkan, tetapi mereka masih meminta refund (garansi). Jika produk Anda digital, beberapa akan membagikan kerja keras Anda kepada orang lain, dan Anda tidak akan menghasilkan uang sepeser pun. Jangan khawatirkan hal tersebut. Percaya atau tidak, mayoritas orang jujur. Jangan sampai tidak tidur hanya karena hal tersebut. Penjualan Anda (dan keuntungan) akan meningkat, karena garansi Anda. Bukankah itu tujuannya?

Saatnya Bekerja

Karena garansi bekerja dengan sangat baik dalam konversi, maka sangat mengherankan jika Anda belum menggunakannya hingga saat ini. Sekarang pikirkan produk Anda dan garansi apa yang bisa Anda berikan. Bahkan garansi kecil akan sangat mempengaruhi segalanya.

Buat keputusan dan lakukan A/B testing. Dan Anda akan berada di jalur yang tepat untuk sukses.

Jika Anda masih belum tahu bagaimana memulai bisnis online di masa kecanggihan internet saat ini dan ingin mencobanya, kemudian menerapakan semua ilmu copywriting yang Anda dapatkan, jangan ragu untuk membaca “Cara Memulai Bisnis Online yang Benar-Benar Menghasilkan”.

Karena saya menjamin konten tersebut akan membuka mata Anda.

Apakah Anda sudah menggunakan garansi dalam copy Anda? Bagaimana hasilnya? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

9 tanggapan untuk “Memberi Garansi dalam Copywriting

  1. Saya kadang membaca ada tulisan di label produk yang saya baca, katanya garansi 1 tahun, tapi kelihatannya itu cuma formalitas, penjual dan pembeli gak trllu memperhatikan juga, apakah mungkin penjualnya sudah tangan ke2, ke3 atau ke sekian?

    Pernah juga saya bca/tonton tyngan di tv ttg keunggulan suatu produk diet (utk nurunin brat bdan), katanya klo gak brhasil sprti diiklankan, maka uang kita kmbli 100%, sprtinya betul, tapi krn saya sendiri blum coba, yah..blum tahu dech apa emang bnar.

    Tapi klo Shiq4 yg jamin, khususnya ttg tips menulis, sprti yg Anda lkukan, saya hrus prcya, krn trbukti, heeee…

    Disukai oleh 1 orang

    1. Karena di indonesia tipe pembelinya tidak berani berterus terang. Mungkin karena sungkan. Juga bisa karena menganggap hal semacam itu sesuatu yg sepele dan tidak penting. Tapi di negara2 maju garansi bukan pajangan. Jika mereka menerima komplain maka uangnya akan benar2 dikembalikan (meskipun ini cuma opini saya). Saya juga pernah dengar undang2 perlindungan konsumen. Jadi klo iklan terlalu berlebihan dan tidak sesuai kenyataan, itu melanggar hukum dengan unsur penipuan. Klo di indonesia sendiri saya belum pernah membaca hukumnya seperti apa mengenai iklan yg tidak sesuai.

      Saya mau nyoba yg 100% uang kembali. Nanti akan saya komplain apa benar2 akan dikembalikan atau penjualnya sendiri gak bertanggungjawab dan hanya memakainya sebagai pajangan.

      Disukai oleh 1 orang

  2. Menurut saya garansi juga bisa berpengaruh terhadap harga. Misal, merk barang tertentu harganya 1.5 kali lebih mahal dari barang sejenis dr merek lain. Orang akan menganggapnya wajar kalau merk tersebut berani memberikan garansi yang meyakinkan.

    Suka

    1. Iya klo perusahaan besar kualitas produknya sudah melalui banyak riset dan percobaan sehingga berani memberi garansi yg tinggi. Meskipun harganya lebih mahal tapi klo ada garansi pembeli akan cenderung menyuksinya. Apalagi jika jangka waktu berlakunya garansi semakin lama.

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s