6 Alasan Mengapa Harus Memakai Eksternal Link dalam Postingan

Menulis menggunakan eksternal link​Sumber gambar : trikmudahseo.blogspot.com

Salah satu teknik SEO On Page yang mudah tetapi jarang digunakan oleh bloger-bloger pemula adalah menggunakan eksternal link dalam postingan.

Beberapa webmaster berdebat dan enggan untuk rutin menyertakan eksternal link karena takut akan dampak-dampak negatif berikut :

  • Merusak reputasi website
  • Menghancurkan rangking di mesin pencari
  • Menciptakan pintu keluar bagi pengunjung

Atau mungkin beberapa gosip lainnya yang sebenarnya tidak sesuai dengan fakta. Oleh karena itu, saya mencari pendapat profesional dan menemukan konten mengenai hal ini di Moz. 

Berikut apa yang dikatakan Rand Fishkin mengenai eksternal link di dalam postingan :

Link eksternal akan merusak reputasi website: “Menurut opini saya, kekhawatiran ini sebagian besar tidak mendasar. Membuat link merupakan praktik yang umum dilakukan di web – diharapkan dan dihormati oleh pengguna dari berbagai kalangan – dan karena itu, sangat tidak mungkin membahayakan reputasi Anda. Bahkan jika Anda memberi link sesekali ke situs atau halaman yang diambil alih oleh penjahat, calon pornographer atau penggemar twilight yang terpesona, pengunjung cenderung memaafkan, terutama jika link yang Anda berikan merupakan link lama.”

Eksternal link menghancurkan rangking di mesin pencari: “Mesin pencari menyadari bahwa bahkan situs web terbaik kadang-kadang memberi link menuju wilayah kebohongan di cyberspace. Selama Anda tidak sembarangan memberi link ke pemasangan malware dsb, Anda tidak perlu terlalu berhati-hati seperti ketika Anda menghubungkan ke halaman yang mungkin akan mengalami 404.

Dan terakhir, menciptakan pintu keluar bagi pengunjung : “Pengguna akan meninggalkan situs – abaikan bukti-bukti bahwa halaman atau situs akan mendapatkan banyak manfaat dari link keluar. Berpikirlah tentang jasa yang paling populer dan paling banyak digunakan di web – sebuah situs web yang membuat kita berpaling hingga selusin atau bahkan ratusan kali setiap bulan – Google. Mereka menjadikannya bagian dari kredo perusahaan untuk membuat pengguna keluar dari situs secepatnya dan mendapatkan banyak manfaat dari keadaan tersebut. Demikian pula sebuah survey terhadap surat kabar terbesar di web menemukan bahwa mereka yang memberi link keluar cenderung mengungguli mereka yang tidak memberi link keluar dilihat dari banyak metrik kinerja. Jika Anda menginginkan lebih banyak contoh lagi, lihat Digg, Reddit, Yelp, Twitter, dan Delicious – yang memberi begitu banyak link keluar pada situs mereka sebagai bagian dari bagian dari inti perusahaan dan tetap mendapatkan pengunjung yang datang lagi dan lagi. Saya belum melihat bukti apapun yang membuat link keluar menuju situs berkualitas yang akan diapresiasi dan dinikmati pengguna benar-benar merugikan dalam jangka panjang.

Bahaya Link Keluar Sesungguhnya

Karena begitu banyak efek positif dan tidak berpotensi merugikan, banyak webmaster dan bloger beramai-ramai membuat link keluar tanpa aturan. Untuk menjaga dunia SEO tetap kondusif, maka Google mengeluarkan penalti yang disebut Unnatural Outbound Link Penalty.

Jangan khawatir, penalti ini diberikan hanya kepada mereka yang melanggar kebijakan Google dalam memberikan link eksternal seperti :

  • Praktik bertukar link
  • Link menuju situs spam atau berkualitas rendah
  • Penulis tamu yang hanya bertujuan mendapatkan link
  • Sponsor post dan review yang tidak menggunakan attribut no-follow

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengakses “Cara Menghindari Penalti Outbound Link dari Google”.

Selama kita menggunakan eksternal link secara wajar, maka semua akan baik-baik saja dan kita akan mendapatkan manfaat-manfaat nyata, terutama untuk keperluan SEO dalam jangka panjang.

6 Alasan Mengapa Harus Menaruh Link Eksternal di dalam Postingan

Berikut adalah manfaat-manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan membuat link eksternal menuju website lain :

1. Link Keluar adalah Sesuatu yang Bagus untuk Kredibilitas Anda

Sebagai penulis tentu Anda harus memback-up semua yang Anda ucapkan dengan bukti-bukti dari sumber yang terpercaya. Anda tidak perlu menuliskan semua informasi, cukup memberi link keluar menuju situs-situs otoritas di bidangnya dan kredibilitas Anda akan naik.

2. Link Keluar Merupakan Mata Uang di Dunia Web

Internet adalah tempat termudah untuk mendapatkan segala informasi yang kita butuhkan. Dengan memberi link keluar menuju halaman-halaman berkualitas, kita ikut memfilter agar hanya halaman-halaman terbaik saja yang keluar di mesin pencari.

Link keluar adalah mata uang. Sayang sekali jika karena ketidaktahuan Anda tidak menggunakannya sehingga halaman-halaman yang muncul di halaman pertama tidak relevan dengan kata kunci yang diketikkan pengguna internet lainnya.

Kita bisa menciptakan internet yang lebih baik dengan berkontribusi memberi backlink bagi konten-konten berkualitas.

3. Kutipan dari Situs Relevan Membuat Konten Anda Lebih Baik

Salah satu tujuan SEO paling mendasar adalah memuaskan pengunjung dengan segala informasi yang berkaitan dengan kata kunci yang mereka ketikkan.

 Jika Anda kesulitan membuat konten panjang karena keterbatasan informasi yang Anda miliki, maka Anda sangat bisa mengutip opini atau pendapat-pendapat para ahli di bidangnya untuk menulis konten berkualitas sesuai standar Google.

Kutipan membuat lebih sempurna. Tentu saja Anda harus menyertakan link menuju sumber sebagai bentuk penghormatan terhadap orang yang memberikan infomasi sebagai pendukung tulisan Anda. Begitulah aturan dalam kepenulisan.

4. Mendapat Perhatian dari Bloger Lain

Setiap kali link keluar di klik pengunjung, maka mereka akan mendarat di website lain. Sumber trafik yang berasal dari blog kita akan terlacak oleh bloger lain. 

Mungkin mereka akan mengecek untuk memastikan bahwa sumber bukan semacam spam atau mesin yang mengirim bot. Dan jika mereka menyukai apa yang mereka baca tentang situs mereka, mungkin saja mereka tertarik berbisnis dengan Anda (memakai jasa Anda atau membeli produk Anda).

Atau paling tidak mereka juga mungkin tertarik untuk memberi link keluar menuju situs kita di situs mereka. Sebagai balas budi dan usaha untuk menjalin hubungan baik sesama bloger.

5. Menjadi Otoritas

Situs otoritas adalah situs yang memuat hampir semua konten yang berhubungan dengan topik yang mereka angkat. Misalkan situs Anda membahas tentang otomotif, maka setidaknya Anda harus memublikasikan hal apapun berkaitan dengan otomotif, terutama berita-berita terhangat.

Dan cara termudah adalah mengumpulkan berbagai resource di internet tentang berita terbaru tersebut dan menjadikannya sebagai kumpulan resource dalam satu artikel utuh sehingga situs Anda benar-benar menjadi otoritas.

 Tentu saja Anda harus menyertakan link keluar untuk sumber-sumber berita lain yang kontennya Anda gunakan sebagai referensi membuat konten Anda.

6. Link Keluar Berdampak Positif Bagi SEO

Bagian terbaik dari membiasakan diri menyertakan link keluar adalah berdampak positif bagi SEO blog. 

Berbagai penelitian telah menunjukkan korelasi antara adanya link keluar dan hasil SERP yang lebih baik. Mereka yang memberi link keluar cenderung memenangkan persaingan.

Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa membaca “Outbound Link Berdampak Positif bagi SEO”.

Berapa Banyak Outbound Link yang Baik?

Menurut Brian Dean, “Link keluar merupakan strategi white hat SEO yang mudah untuk mendapatkan trafik. Outbound link ke halaman yang relevan membantu Google memahami topik halaman Anda. Itu juga merupakan indikasi bahwa halaman Anda berkualitas.”

“Tidak memberi link keluar mungkin adalah kesalahan nomor satu yang saya lihat dilakukan orang. Saya mencoba memberi 2-4 outbound link setiap 1000 kata.”

“Perlu diperhatikan bahwa situs tujuan dalam link keluar merefleksikan Anda. Jadi, pastikan memberi link keluar ke situs otoritas jika memungkinkan.”

Kesimpulan

Dan sekarang mata Anda terbuka bahwa tidak ada dampak negatif ketika membuat link keluar. 

Sebagian besar hanya mitos yang disebarkan oleh orang-orang yang tidak pernah tahu bagaimana cara kerja web di masa kini. Jadi, usahakan membuat link keluar ketika menulis postingan dan dapatkan segudang manfaat di atas.

Apakah Anda sudah terbiasa membuat link keluar? Mengapa tidak dan mengapa ya? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

19 tanggapan untuk “6 Alasan Mengapa Harus Memakai Eksternal Link dalam Postingan

  1. Kalo aku link keluar untuk merujuk seandainya tulisan merupakan review (PTR) , dan juga merujuk ke sumber tulisan/ referensi, sebagai penguat tulisan yang memang bukan tulisan sendiri dan sebagai bentuk penghormatan terhadap sumber tersebut.

    Suka

  2. sampai sekarang saya masih belum paham bedanya eksternal link dan back link, Dapatkah mas shiq4 menjelaskannya pada saya?. Seperti tulisan saya dua hari lalu yang menginformasikan tentang Festival sastra Banggai, dan saya meminta kepada pembaca jika ingin tahu tentang sastrawan yangsaya tuliskan hadir di FSB silahkan baca di http/……(link dari FSB) apakah itu termasuk eksternal link?, jika iya lantas seperti apa back link?

    Suka

      1. Oh…begitu ya baru tahu saya, makasih mas. Kalau boleh saya tanya lagi ya mas, Begini di blog saya dibawah pernah ada tertulis nama domain blog lain, seperti domain mas shiq seingatku pernah tertulis di blog saya. itu apa namanya ya? Trus gmn caranya supaya domain saya ada di blognya orang lain juga ? mf ngrepotin mas shiq

        Suka

        1. Klo ingin nama blog kita berada di blog lain kita harus menulis konten yg bagus, biar dipakai rujukan oleh bloger lain. Yang paling mudah menjadi penulis tamu di blog lain kemudian menyertakan link menuju blog kita.Info lebih lanjut Bisa nyoba mengetik “cara mendapatkan backlink”.

          Klo yg otomatis muncul di blog banyak sebab mbak nur, cuma yg otomatis biasanya tidak dihitung Google. Jadi lebih baik fokus mencari backlink dari blog lain.

          Saya biasanya dapat backlink cuma dari teman2 bloger lain plus menjadi penulis tamu. Di saat ini saya mencoba mempromosikan tulisan saya di kompasiana. Setial tulisan pasti akan ada link yg menuju blog ini agar mendapat pembaca baru plus mendapatkan manfaat lainnya, terutama menjadi situs berkualitas di mata Google.

          Disukai oleh 2 orang

        2. Bagus mas kalau jadi penulis tamu di kompasiana.com, apalagi konten2 Shiq4 keren abis.

          Hanya saya kadang bingung log in nya. Beberapa kali ini gagal, akhirnya malas dech

          Suka

  3. Saya kadang membuat link keluar. Alasan pertama karena saya tak punya ulasan terkait. Kedua, karena sedikit mengetahui bahwa itu berdampak bagus pada SEO Blog, khususnya beberapa tips dari Shiq4.

    Suka

  4. Sejauh ini gak terlalu care dengan external link di postingan pribadi karena tulisannya memang gak serius2 amat.

    But external link itu memang bagus. Kayak footenote-nya karya ilmiah kan? Kita (yang idealis) gak mungkin asal pasang link (rujukan) abal-abal.

    Hmm…kalo link2 yang kaitannya sama monetizing saya no comment deh 😗. Gak tertarik 😁

    Suka

    1. Iya. Nggak masalah kok 404. Tapi untuk mencegah kemungkinan tersebut lebih baik link keluar ke blog yg sudah otoritas karena jarang mengubah halaman atau tutup.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s