Ebook Pertama Selesai : Tinggal Mengedit

Ternyata tidak butuh waktu lama. Hari ini saya telah berhasil menyusun E-book pertama saya, Panduan Idiot untuk Bloger Pemula. Terdiri dari 18.000 lebih kata, ebook ini sudah mencakup semua dasar-dasar ngeblog yang dibutuhkan para pemula.

Karena ini merupakan ebook gratis pertama yang saya rilis, tentu masih banyak kekurangan. Dan saya berniat merevisi ebook ini segera setelah mengumpulkan feedback dari pembaca.

Kalau Anda pembaca setia blog ini, sebenarnya Anda tidak perlu membaca ebook ini. Karena di dalamnya hanya merupakan kumpulan konten-konten lama blog yang saya susun secara sistematis menjadi seperti buku. Tapi jika Anda pernah merasa kesulitan dalam belajar ngeblog dan bingung mana yang harus dipelajari terlebih dahulu, maka ebook ini akan sangat membantu Anda.

Jadi, nantikan postingan untuk mendownload ebook ini beberapa hari ke depan.

Terima Kasih untuk Jeff Goins

Sebenarnya saya tidak pernah berniat merilis ebook apapun. Namun karena dalam suatu tantangan menulis yang diadakan Jeff Goins, tepatnya di hari ke-23, di mana peserta diberi instruksi untuk menulis bagian akhir sebuah buku, kemudian ada semacam tantangan lain untuk benar-benar menulis buku lengkap berdasarkan bagian akhir tersebut, akhirnya terciptalah ebook Panduan Idiot untuk Ngeblog.

Oleh karena itu, saya berterima kasih sebesar-besarnya kepada Jeff Goins yang telah mendorong penulis pemula untuk berani menulis sebuah buku.

Ini hanya permulaan. Dan saya lebih percaya diri untuk menulis buku-buku lain di masa depan. Meskipun demikian, saat ini saya merasakan sedikit kepuasan atas pencapaian kecil ini dan benar-benar berterima kasih juga kepada pembaca setia Shiq4 atas dukungannya selama ini.

Tentang Kualitas Ebook Saya

Sama seperti ketika saya memulai blog Shiq4, sebenarnya saya tidak terlalu yakin dengan apa yang saya lakukan. Hanya saja waktu itu saya terus menulis dengan konsisten, dan tiba-tiba saya banyak memahami lika-liku tentang dunia blog. Terutama bagaimana menulis konten-konten berkualitas untuk blog.

Karena ini karya pertama, tentu menimbulkan euforia tersendiri. Di sisi lain, saya juga merasa malu karena kualitasnya begitu jelek di mata saya. Tapi hal yang sama juga terjadi ketika saya menulis postingan-postingan Shiq4 di masa awal, masalahnya sama, takut jelek. Dan waktu membuktikan bahwa pembelajaran yang saya lakukan berhasil karena kini saya mampu menulis dengan sangat baik sekali.

Hal itu membuat saya merasa optimis. Tidak mengapa kualitas ebook pertama saya mungkin tidak cukup berkulitas bagi sebagian orang. Ini merupakan bagian dari proses. Jika saya terus belajar dan meluangkan waktu untuk menulis ebook-ebook selanjutnya, maka saya yakin di masa depan saya pun akan mahir dalam menyusun ebook.

Sepertinya saya akan mencoba dengan sungguh-sungguh.

Apa yang Saya Pelajari dari Menyusun Sebuah Ebook?

Sebenarnya saya sangat mampu menulis buku dengan kualitas lebih baik. Tetapi saya begitu malas untuk mengikuti jadwal menulis, yakni 500 kata setiap hari untuk menyelesaikan buku. Dan akhirnya, tiba-tiba saya membaca ebook-ebook Copyblogger dan merasa menemukan ide cemerlang : Saya tidak perlu menulis, cukup menyusun buku dari postingan-postingan blog selama ini.

Dan kemudian ide tersebut benar-benar saya realisasikan.

Itu mengapa saya masih menyimpan ide utuh tentang buku yang tadinya mau saya gunakan. Dan ide yang tersimpan ini akan saya gunakan untuk menyusun ebook berbayar di masa depan.

Bagian lainnya, tentu mengenai kekurangan buku pertama ini. Sebenarnya saya masih punya cukup banyak ide untuk menyusun ebook sepanjang 24.000 kata atau lebih, namun hal tersebut tidak saya lakukan guna memberi kesempatan bagi pembaca untuk request mengenai topik yang mereka inginkan. Di bagian akhir buku, Anda akan memahami maksud saya. Jadi, semua saran dan kritik yang masuk akan saya gunakan untuk merevisi buku ini sesuai keinginan pembaca.

Pada akhirnya, semoga ini langkah awal yang baik untuk mengembangkan blog Shiq4. Dan saya tidak sabar untuk segera memulai project-project sederhana lainnya segera setelah menyelesaikan ebook gratis ini.

Jadi, apakah kira-kira Anda mau membaca ebook pertama saya dan memberi saran dan kritik? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

36 tanggapan untuk “Ebook Pertama Selesai : Tinggal Mengedit

  1. Keren, bisa bikin ebook…
    berani mencoba hal baru itu udah awal yang bagus gan πŸ˜€ (eheh… bener ngga sih?)
    mau coba baca dong kalo udah di share… berhubung aku masih bloger pemula

    Suka

  2. Aku merinding ih. Baru tadi pagi aku kepikiran bikin E book blog dan ka Shiq udah selangkah di depan, kece seperti biasa, aaak!

    Aku tungguu, dan tentu saja mau, apalagi blm paham seo dll πŸ˜‰

    Suka

    1. Saya seo cuma bahas dasarnya saja. Ah itupun cuma berdasarkan pemahaman saya saja. Tapi klo udah paham dasarnya saja sudah cukup kok bersaing dengan bloger lain di mesin pencari.

      Suka

  3. Semoga segera selesai mas Shiq. Sebagai sahabat blog, Cinta ucapkan selamat ya mas.

    Cinta mau ikutan baca, pasti.

    Mas, Cinta boleh keluarin uneg2 ga perihal cerbung duet qt? Itu crbung sprtinya mmbuat masalah buat Cinta mas, menimbulkan kesalahpahaman pd pembaca…Cinta jd blank. Jadi ga ada ide lg. 😞

    Suka

    1. Nggak usah mikirin pembaca cinta hua ha ha…. Nikmati saja proses menulisnya. Tulis aja apa yg pingin ditulis. Biarin aja pembaca salah paham. Yg penting penulisnya senang. He he he….. Memang ada masalah apa cinta?

      Disukai oleh 1 orang

      1. Ya ga gtu jg mas Shiq…ada saja yg salah paham dikiranya ada apa2.

        Harusnya mas Shiq bantu jelasin dunk. Yag bkin tema crbung kan mas Shiq, yg ngajak duet crbung jg mas Shiq…πŸ˜‘

        Kl gni kan seolah-olah pmbaca ditipu mas Shiq, dikira Cinta yg bkin trma, dikira jg Cinta yg ngajak duet cerbung..dan Cinta ga suka itu. BETE πŸ˜‘

        Suka

        1. Maksudnya ada apa-apa gimana ya? Ditipu gimana? Saya bingung sendiri. Nggak usah bingung mikirin prasangka orang lain. Jadi diri sendiri saja. Orang yang berprasangka itu sebenarnya nyiksa diri sendiri. Selama kita nggak menganggu mereka atau menyakiti mereka, itu bukan dosa.
          Lagian saya terlalu bodoh untuk memahami orang lain. kalau mereka nggal bilang ya mana saya tahu? Emang ada apa sih cinta?

          Disukai oleh 1 orang

        2. owh ya, Cinta mgkn setelah ini akan jarang komen di tempatnya mas Shiq…mohon maaf mas Shiq, bukan maksudnya Cinta bgtu, sampai smua salah pahamnya hilang…

          Mmm, kl mas Shiq butuh apa2/ discuss masalah crbung tinggal wa saja atau email msh ada kan?

          Mohon maaf sekali lagi. πŸ™πŸ™πŸ™

          Suka

  4. Well done mas Shiq4. Ditunggu ni rampungnya suntingan e-book Anda itu.

    Saya janji akan membacanya dan memberikan komentar.

    Saya yakin apa yang Anda hasilkan, tidak akan sia2. Smoga hasil yg akan menyusul itu sbanding dg usaha Anda.

    Suka

    1. Iya mas desfortin. Makasih. Udah selesai kok ebooknya. Tinggal publish aja. Tapi sebelum itu ada banyak artikel yg harus dipublikasikan terlebih dahulu. Di tunggu aja ebooknya. Terima kasih sekali lagi atas supportnya.

      Disukai oleh 1 orang

  5. wah menarik… sangat ditunggu. Tulisan-tulisanmu tentang ngeblog berguna banget sih. kalo udah di satuin jadi buku berarti jadi lebih terstruktur belajarnya. sangat ditunggu. mana nih… πŸ˜€

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s