5 Cara Menghilangkan Rasa Takut Gagal

Cara menghilangkan rasa takut kegagalanSumber gambar : stevenaitchison.co.uk

Rasa takut gagal sering menghinggapi sebagian orang, terutama bagi mereka yang mengejar target-target tertentu dan berusaha menaklukan tantangan-tantangan baru untuk pertama kalinya.

Namun ketakutan akan kegagalan yang berlebihan bisa membuat orang mengalami paralisis. Mereka yang tidak berani mencoba tidak akan pernah berhasil. Karena definisi keberhasilan merupakan nama lain dari “Melalui berbagai macam kegagalan dan kemudian bangkit lagi.”

Ingatlah kisah Thomas Alfa Edison menemukan bola lampu. Di sebuah judul surat kabar tercetak judul “Setelah 9.955 kali berhasil menemukan lampu yang gagal menyala, Edison akhirnya menemukan lampu yang menyala.

Bayangkan 9.955 percobaan dan Anda akan mengetahui apa yang disebut perjuangan.

Bagi Anda yang masih membutuhkan motivasi yang lebih masuk akal, saya punya cara sederhana menghilangkan rasa takut gagal yang bisa Anda coba. Anda bisa membacanya di bawah ini :

1. Peluang Hanya Muncul Jika Anda Berani Mencoba

Anda mungkin merasa bahwa ide Anda sangat luar biasa. Bahkan Anda sudah membayangkan akan mencapai keberhasilan besar. Satu-Satunya masalah yang menghalangi Anda untuk melangkah adalah perasaan takut menghadapi kegagalan. Jadi, bagaimana mengatasinya?

Dalam situasi seperti itu biasanya saya selalu mengatakan kepada diri sendiri kalimat di bawah ini :

Jika saya berani mencoba maka hanya ada dua kemungkinan, yaitu berhasil atau gagal. Namun jika saya tidak berani mencoba, satu-satunya kepastian adalah kegagalan.

Kita memang tidak pernah tahu apakah usaha yang kita lakukan akan menuai keberhasilan. Tapi jika Anda berhenti karena pikiran-pikiran negatif yang belum terjadi, ini seperti menyerah sebelum perang. Lebih baik berusaha dan gagal (setidaknya ada pelajaran di dalamnya ) daripada menyesal di kemudian hari karena tidak pernah benar-benar mencoba.

2. Bersikaplah Realistis

Hanya karena Anda membaca tutorial menghasilkan uang dari blog atau bisnis online lainnya bukan berarti Anda bisa dengan mudah melakukannya.

Bermimpi besar tidaklah salah, namun hal tersebut harus diiringi sikap realistis untuk mencapai target-target kecil terlebih dahulu.

Saya pernah melihat bagaimana internet-internet marketer-baru frustasi karena tidak kunjung menghasilkan uang yang diharapkan. Padahal mereka sudah mengeluarkan banyak modal, banyak waktu, banyak pikiran, dan banyak usaha. Tapi mereka tetap saja gagal.

Mereka berpikir pekerjaan internet marketer itu mudah dan cara termudah untuk cepat kaya. Dan mereka telah memahami pelajaran penting bahwa tidak ada yang mudah dalam pekerjaan apapun, termasuk menjadi bloger profesional.

Dalam berbisnis apapun, mindset terbaik adalah realistis. Takut gagal merupakan alarm positif bagi Anda untuk berhati-hati dalam melangkah. Jika Anda merasa takut menghadapi kegagalan, maka buatlah perencanaan yang lebih matang lagi sehingga mengurangi risiko kegagalan. Dan rasa takut itu akan hilang dengan sendirinya seiring dengan rencana yang teliti dan seksama.

“Gagal merencanakan berarti merencanakan kegagalan.”

3. Ubah Pikiran Negatif Anda Menjadi Pikiran Positif Saja

Dalam buku The Secret karya Rhonda Bhyrne dijelaskan mengenai kekuatan dan bahaya pikiran negatif dan mengapa Anda harus berlatih untuk berpikir positif. Lihat kutipan yang saya ambil :

Bagaimana pun, jika Anda terus menerus memikirkan pikiran-pikiran negatif dalam waktu lama, pikiran tersebut akan muncul dalam hidup Anda.” Hukum Tarik-Menarik

Cara mengatasi takut gagal adalah pikirkan apa yang benar-benar Anda inginkan secara terus menerus. Berpikir positif dan dibarengi dengan sikap realistis akan menuntun Anda meraih apa yang Anda inginkan.

Rasa takut yang Anda khawatirkan akan benar-benar terjadi di dunia nyata jika Anda terus memikirkannya karena menarik energi-energi negatif ke dalam lingkungan Anda. Sebaliknya, pikiran-pikiran positif akan membantu Anda mengatasi segala hambatan yang muncul di masa depan.

Jangan terus memikirkan potensi kegagalan Anda, sibukkan diri Anda untuk memikirkan langkah-langkah apa saja yang harus diambil untuk mewujudkan keinginan Anda. Bertanya kepada ahlinya, baca referensi sebanyak mungkin, dan ajak orang-orang terbaik untuk terlibat di project yang Anda buat.

Dan Anda akan terlalu sibuk dan aktif menapaki langkah-langkah sukses tanpa banyak memikirkan kegagalan-kegagalan yang mungkin hanya ada di dalam pikiran Anda sendiri.

4. Pengalaman Adalah Guru Terbaik

Sebenarnya tidak ada sesuatu yang benar-benar dikatakan gagal kecuali Anda telah menyerah untuk mencoba. Ada kata-kata bijak yang sering saya gunakan, “Keberhasilan adalah jumlah kegagalan ditambah satu usaha bangkit.”

Tidak ada yang tahu berapa banyak Anda akan gagal. Satu-satunya tugas Anda adalah terus bangkit, menambahkan satu usaha lagi dari jumlah kegagalan Anda. Begitu seterusnya.

Anda tidak akan percaya berapa banyak kegagalan yang saya alami berkaitan dengan SEO blog Shiq4. Di masa awal, tidak peduli seberapa sering saya mencoba, hasilnya hanya kegagalan. Tapi lihatlah sekarang, banyak artikel blog saya yang mendominasi mesin pencari. Bahkan hampir setiap minggu ada artikel yang muncul di halaman pertama Google untuk kata kunci yang saya targetkan.

Ubah pandangan Anda mengenai kegagalan. Kegagalan adalah cara untuk memahami bagaimana melakukan sesuatu dengan cara terbaik.

Kegagalan merupakan proses memahami sesuatu. Tidak mungkin ada pemahaman tanpa kegagalan. Karena pengalaman adalah guru terbaik, baik itu kegagalan atau keberhasilan. Tugas Anda adalah mencatat mana yang berhasil dan mana yang tidak. Dan catat mengapa hal tersebut terjadi?

Pengalaman adalah guru terbaik bagi semua orang. Karena Anda mengalami semua kejadian sendiri, Anda tidak akan pernah melupakannya. Tapi itu tidak akan terjadi jika Anda menuruti ketakutan-ketakutan akan kegagalan yang bahkan belum terjadi dan tidak pernah beraksi.

5. Tugas Kita Hanya Berusaha yang Terbaik

Semua manusia mempunyai takdir masing-masing yang sudah ditetapkan oleh Tuhan. Hidup adalah anugrah. Dan satu-satunya tugas kita adalah berusaha memberikan yang terbaik sebagai wujud syukur kepada Tuhan.

Tidak penting apakah nanti kita akan berhasil atau gagal. Pasrahkan saja hasilnya kepada Tuhan. Karena Tuhan selalu tahu apa yang terbaik bagi kita.

Lagipula kesuksesan akan terasa sangat manis setelah melewati banyak perjuangan. Tapi ingat, apapun keberhasilan yang kita dapatkan nanti, itu hanyalah bentuk lain dari kasih sayang Tuhan.

Kesimpulan

Takut akan kegagalan merupakan perasaan manusiawi. Namun bukan berarti Anda terus terkungkung dengan pikiran negatif Anda sendiri dan tidak berani melakukan tindakan untuk mewujudkan apa yang benar-benar Anda inginkan dalam hidup.

Rencanakan dengan seksama, ambil hikmah dari semua kejadian sehingga menjadi bijaksana, berpikir positif yang dibatasi dengan sikap realistis, dan pasrahkan semua kepada Tuhan. Dan Anda telah memiliki semua yang dibutuhkan untuk kesuksesan.

Satu-satunya yang tersisa adalah segera lakukan. Karena apapun yang inginkan, itu tidak akan pernah terwujud jika Anda tidak segera melakukan action. Tidak ada yang gratis di dunia ini. Semua butuh perjuangan.

Apakah sekarang Anda sudah tidak takut lagi dengan kegagalan? Apa lagi yang Anda takutkan? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

13 tanggapan untuk “5 Cara Menghilangkan Rasa Takut Gagal

  1. Gan kayaknya ada typo deh…
    Coba lihat yang ini

    Bayangkan 9.955 percobaan dan Anda akan mengetahui apa yang disebut perjuangkan.

    Harus nya perjuangan kan?
    Btw ini artikel oke.. Udh pernah baca buku the secret gan? Itu buku lumayan juga memotivasi kita..

    Disukai oleh 1 orang

    1. Baca ini saya jadi ngebayangin, bisa jadi sebelum Edison ada orang yang mencoba membuat lampu, terus setelah beberapa percobaan yang gagal dia berhenti. Kira-kira gimana ya perasaan orang ini ngeliat Edison dan kesuksesannya? Haha

      Suka

      1. Ya memang seperti itu di zaman dulu, berlomba menemukan hal-hal baru. Itulah kenapa jangan mudah menyerah, nanti bakalan nyesel klo liat orang lain ternyata biza melakukannya.

        Suka

  2. Benar-benar listicle bagus tentang motivasi. Walau temanya tentang hal abstrak, Anda menguraikannya dengan bahasa yang mudah dipahami, tapi tetap begitu condensed dan logis.

    Saat membacanya, pikiran saya begitu tertarik untuk mengikuti tips Anda ini. Karenanya, saya terpacu untuk terus membacanya sampai akhir.

    Saya begitu kagum dengan cara seorang Shiq4 memandang suatu isu. Sayapun kagum karena Anda menulisnya dengan baik sekali. Anda tampak ahli saat menjelaskannya.

    Walaupun di bagian kesimpulan, satu paragraf sebelum paragraf terakhir, ada satu kata yang perlu disunting kembali, namun karena mayoritas kontennya sangat bernas, maka itu hanya hal sepele yang tidak mengurangi mutu tulisan ini.

    Terkait rasa takut gagal, saya adalah orang yang pernah dan sering dilanda rasa takut pada kegagalan di masa lalu. Namun setelah saya memahami kekuatan positive thinking, dan belajar dari kesalahan-kesalahan masa lalu, maka saya bisa menatap masa depan dengan cara yang lebih baik dan lebih optimis.

    Terima kasih untuk blog Anda ini, semakin menguatkan dan memotivasi saya agar lebih lagi dalam menjalani hidup ini._

    Suka

    1. Hidup saya sebenarnya penuh kegagalan mas desfortin. Saya itu termasuk orang ceroboh, jadi suka gagal dan kurang hati-hati dan cenderung melakukan kesalahan-kesalahan yang tidak perlu. Jadi, dari pengalaman2 buruk itulah konten ini dibuat. Tapi sdjujurnya saja, meskipun gagal rasanya puas kok. Bahkan cenderung penasaran untuk melakukan lagi. Sampai benar2 berhasil. :).

      Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s