Penulis dan Blog dan Lebih Serius

Penulis harus serius menulis di blog​Sumber gambar : izwie.com

Blog merupakan tools terbaik bagi penulis. Blog menyebarkan ide-ide Anda seperti virus. Anda tidak akan pernah menjadi penulis hebat jika hanya menyimpan karya-karya Anda di dalam komputer.

Ini seperti Anda mempunyai pidato terhebat. Tapi Anda mengatakan di ruangan kosong. Jika tidak ada yang mendengarkan, sehebat apapun pidato Anda, itu hanya berakhir dengan kesia-siaan.

Penulis butuh pembaca. Untuk mengevaluasi, baik itu kritik atau pujian. Untuk terus menciptakan karya yang lebih baik dibanding karya-karya sebelumnya. Untuk menjadi penulis yang lebih baik lagi.

Ada 3 manfaat blog yang perlu dipertimbangkan penulis menurut Ali Luke dan Joe William :

1. Anda Ingin Membangun Platform

Platform online Anda adalah kemampuan Anda untuk menjangkau orang-orang. Jika Anda berencana untuk mendekati agen-agen atau para editor untuk naskah Anda, sebuah blog dengan beberapa ratus (atau bahkan beberapa ribu) pembaca dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk diterima.

Jika Anda ingin mandiri, sebuah blog merupakan tools yang sangat powerfull. Anda bisa menawarkan jasa – seperti penulis freelance atau mengedit – melalui blog Anda. Para pembaca yang menganggap konten Anda bernilai akan mempekerjakan Anda. Untuk penulis non-fiksi, sebuah blog juga merupakan cara yang bagus untuk memberi pembaca rasa terhadap tipe konten yang bisa mereka harapkan dari buku atau ebook Anda.

2. Anda Ingin Menjadi Bagian dari Komunitas Ngeblog

Menulis bisa menjadi pekerjaan yang sepi – dan dunia online merupakan tempat bagus untuk berhubungan dengan like-minded people (orang dengan ide, opini, dan ketertarikan yang sama).

Meskipun blog menjadi lebih sulit dan profesional beberapa tahun terakhir, masih ada banyak orang yang ngeblog hanya untuk sekadar berbagi pemikiran, untuk berbagi perkembangan menulis mereka, dan menjalin hubungan pertemanan baru.

3. “Blog” Anda adalah Website Anda

Tidak ada aturan yang mengatakan bahwa Anda harus mengupdate blog setiap hari, setiap minggu, atau bahkan setiap bulan. Beberapa penulis menggunakan software (terutama WordPress) untuk membangun dan mengelola website mereka. WordPress gratis dan cukup mudah digunakan – dan blog Anda tidak perlu menjadi bagian penting dari website Anda.

Maka, Anda bisa menggunakan blog untuk sesekali memberitahu para pembaca tentang perkembangan Anda (sebagai contoh saat Anda akan memublikasikan buku baru) – Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk menulis setiap hari atau setiap minggu.

Blog untuk Penulis Pemula

Berapa banyak penulis-penulis baru di luar sana yang mengambil sebuah langkah besar dan mengalami kegagalan? Dan setelah kegagalan tersebut biasanya diikuti oleh sikap tidak percaya diri. Bahkan langsung berhenti menulis.

Anda tidak perlu gagal. Mungkin beberapa orang berhasil melakukannya, namun sangat bijak bagi penulis pemula untuk membuat langkah-langkah kecil dulu. Dan blog adalah jawaban yang tepat.

Cobalah untuk menulis secara teratur dan berapa banyak orang yang tertarik dengan karya Anda. Tentu tidak serta merta blog Anda akan langsung ramai sekalipun tulisan Anda benar-benar bernilai tinggi. Blog butuh waktu untuk berkembang. Dan selama proses tersebut, Anda harus rajin menciptakan karya-karya yang bagus.

Ada yang bilang bahwa berlian yang bagus akan selalu menjadi rebutan. Bahkan jika berlian itu berada di antara tumpukkan kotoran. Begitu pula karya Anda. Kalau dalam waktu lama tulisan-tulisan Anda tidak mendapat perhatian, maka berlatihlah menulis lebih giat lagi karena pembaca tidak bohong.

Saat tulisan Anda sudah bagus, saat itulah pembaca datang dengan sendirinya seperti laron yang mengerubungi sumber cahaya.

Mengapa Banyak Penulis yang Tidak Serius Ngeblog?

Semua orang bebas bermimpi. Tapi impian tidak akan terwujud jika Anda tidak memperjuangkannya.

Beberapa penulis pemula mungkin punya rencana istimewa dengan blog yang mereka bangun. Mungkin mereka pernah mendengar jalur kepenulisan melalui blog. Tapi ini bukan sesuatu yang mudah dilakukan tanpa determinasi yang tinggi.

Biasanya dari kita mungkin tidak terlalu serius dalam ngeblog. Mengapa? Kata Jeff Goins, “Karena kita malas. Dan egois. Dan merasa insecure (tidak aman).”

“Kita mempertanyakan validitas pesan kita dan siapa di dunia ini yang mau mendengarkan kita berbicara. Tapi berikut adalah pencerahan yang mengejutkan : blog Anda tidak harus tentang Anda. Blog bisa tentang siapa saja. Blog bisa tentang ide bagus atau konsep luar biasa. Blog bisa tentang cara mengubah dunia atau apa yang membuat orang hidup dengan lebih baik.”

Intinya, tulis apapun yang ingin Anda tulis. Terkadang hal-hal kecil yang sudah Anda ketahui, sesuatu yang Anda anggap remeh, itu merupakan pengetahuan besar bagi orang lain.

Lagipula tidak ide yang benar-benar remeh. Tidak ada ide yang buruk. Yang ada hanya penulis buruk. Entah Anda mempercainya atau tidak.

Luangkan Waktu dan Ciptakan Karya Terbaik Anda

Menulis di blog memiliki tantangan tersendiri. Ada begitu banyak konten tercipta setiap hari dan Anda harus menonjol di antara ribuan konten yang sudah ada. Jika Anda hanya setengah-tengah dan tidak total menciptakan konten yang menarik, blog Anda tidak akan dikunjungi. Artinya tulisan Anda masih jelek.

Luangkan waktu untuk menciptakan konten-konten terbaik yang pernah Anda pikirkan. Dan biarkan pembaca yang menilai apakah Anda benar-benar pantas menjadi penulis atau tidak. Karena pembaca tidak bisa disuap. Mereka hanya membaca konten-konten terbaik.

Jadilah serius. Pelajari semua hal yang Anda butuhkan untuk menghasilkan tulisan berkualitas. Mungkin kesempatan akan terbuka.

Apakah Anda menemui hambatan dalam mengembangkan blog? Atau Anda ada pertanyaan berkaitan dengan menulis di blog? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

33 tanggapan untuk “Penulis dan Blog dan Lebih Serius

  1. Hambatan paling ttg kepenulisan kwkwk,

    tapi sejauh ini cuma asyik”an dan sekedar ngasi info” aja sih klo ngeblog, ga ada tujuan khusus.

    Intinya, saya sgt menikmati dunia pengeblog an dg wordpress ini, haha

    Suka

        1. Wah kurang tahu saya karena saya cek di kotak spam nggak ada. Biasanya karena ngelag. Seolah udah terkirim padahal belum. Karena koneksi tiba2 putus saat mdnekan tombol kirim.

          Suka

    1. Oh maaf mas desfortin, saya baru ingat kemarin memperbarui pengaturan. Ada kata f*llownya soalnya, makanya tidak terkirim. Soalnya blog saya banyak komentar f*llow back, jadi saya masukkan kata f*llow di blacklist spam.

      Suka

  2. Klo sya sampai hari ini, masih rutin ngeblog, cuma memang jdwal rutinnya ya minimal seminggu sekali rilis trbrunya, dan sampai saat ini masih blum sya lnggar.

    Oya, saya lihat ada tu blog yg update tiap hari blog terbarunya, tp kyaknya sepi, komenpun nihil, knp ya?

    Ap krn emang jrang blogwalking? Pdhal kontennya lmyan bgus nurut sya. Ap jg krn ga punya pmbca yg seminat atau gmna ya? Pdhal, pengikutnya jg bnyak lo, ga sebnyak Desfortin.

    Maaf, trkesan ngejudge, tp sy murni ingin brtnya kpd Shiq4 yg udah brpnglman, sbab tiap postingan Anda bnar2 vitamin yg mnyehatkan.

    Tks

    Suka

  3. Serius sejak memabca blog ini saya mulai mengirinmakan karya-karya saya di blog, Memang tidak seperti buku yang mendapatkan uang namun ini menjadi sarana kita untuk mempromosikan siapa itu kita. Mungkin saja ada penulis yang anati tertarik sama tulisan saya.

    Suka

    1. Saya belum kepikiran pak buat dapat uang dari nulis. Baru menyusun ebook gratis yg terdiri dari artikel-artikel lama blog ini. Klo banyak peminatnya, mungkin saya akan menulis ebook berbayar.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s