Review Singkat Smart Blogger Dot Com

Review Situs Smart Blogger Dot Com

Smartblogger.com merupakan brand baru dari boostblogtraffic.com. Blog ini milik Jon Morrow dan merupakan salah satu situs otoritas di kategori blogging.

Jon Morrow merupakan lelaki super yang sukses. Tangan dan kakinya tidak lagi bisa bergerak. Jadi, Jon menggunakan speech recognition technology untuk menulis dengan berbicara.

Meskipun demikian, Jon menjadi bloger sukses. Kabarnya sebuah artikel yang ditulisnya dihargai sampai $ 50,000 oleh majalah-majalah terkenal di Amerika. Anda bisa membaca kisah inspiratif Jon Morrow pada artikel “7 Life Lessons from a Guy Who Can’t Move Anything but His Face”.

Mari kita mulai review mengenai Smart Blogger.

Bagaimana Saya Mengetahui Smart Blogger

Pertama kali memiliki blog Shiq4, ketika saya masih tidak tahu banyak hal mengenai blog, di saat itulah saya mencari daftar situs tempat belajar ngeblog. kemudian saya mengenal Boost Blog Traffic.

Mengingat saat itu saya masih begitu awam dan tidak tahu apapun, saya pun tidak terlalu sering mengunjungi Boost Blog Traffic. Sekilas saya menganggap itu merupakan situs yang bertopik pada cara-cara meningkatkan trafik. Dan saya merasa belum siap untuk itu.

Barulah ketika saya mulai menyadari nama besar Jon Morrow, saya mulai mengunjungi Boost Blog Traffic secara rutin. Meskipun saya banyak tidak pahamnya saat itu, akhirnya saya pun berlangganan melalui email.

Setelah sekian lama, pada akhirnya Boostblogtraffic.com akhirnya ditutup dan dialihkan ke brand baru, smartblogger.com. Saat ini pun saya masih berlangganan artikel terbaru melalui email sehingga tidak ketinggalan update terbaru.

Merupakan Rumah Alien

Smart Blogger sukses bukan karena kebetulan. Melainkan karena konten-kontennya yang luar biasa dan tidak biasa. Saya menyebutnya sebagai rumah alien.

Apapun yang Anda percayai saat ini sebagai bloger, Anda tidak akan baik-baik saja setelah bermain ke rumah alien. Saya bahkan semakin bingung mana kebenaran dan mana kebohongan di dunia ngeblog. Iman ngeblog Anda akan diuji.

Kelebihan lain dari Smart Bloger adalah kontennya yang begitu panjang. Penulis-penulis di Smart Blogger merupakan para profesional di bidangnya masing-masing.

Sama seperti halnya Jon Morrow, penulis lainnya adalah alien yang sulit dipahami. Levelnya begitu jauh berbeda dengan bloger-bloger di Indonesia. Itu alasan mengapa saya tetap menyukai Smart Blogger. Untuk belajar ilmu ngeblog sebanyak mungkin dan mengaplikasikannya untuk mengembangkan blog Shiq4.

Update Blog

Saat ini Smart Blogger tidak terlalu sering update. Bahkan menurut saya jadwal updatenya begitu kacau akhir-akhir ini. Tapi itu bukan masalah besar mengingat sebagian besar kontennya merupakan evergreen sehingga konten-konten lama pun masih relevan dengan keadaan saat ini.

Lagipula lebih baik jarang update seperti ini. Karena seandainya sering update pun, belum tentu saya mampu menyerap semua ilmunya.

Cara Mempelajari Konten-Konten Smart Blogger

Mustahil membaca konten di Smart Blogger dan langsung memahaminya. Saya butuh membaca berulang kali, plus ditemani beberapa konten dari sumber lain untuk mengerti isi konten Smart Blogger. Tapi saya menikmati prosesnya.

Jauh di dalam hati, saya benar-benar menyukai konten-konten di dalamnya. Walaupun sekarang saya menyukai beberapa situs lain yang “lebih jinak” untuk pemula, tapi di masa depan saya ingin mencuri semua ilmu yang dibagikan di Smart Blogger.

Untuk saat ini, saya merasa belum mampu dan selalu berakhir dengan kebingungan. Namun saya akan berusaha untuk belajar lebih giat lagi agar bisa menggunakan ilmu-ilmu ngeblog dari Smart Blogger di masa mendatang.

Nilai

Saya memberi nilai 85 untuk Smart Blogger. Semoga situs ini bisa terus memberikan ilmu-ilmu ngeblog gratis. Karena tidak semua bloger punya setumpuk uang untuk membayar Ebook-Ebook mahal dan langsung menjadi profesional.

14 tanggapan untuk “Review Singkat Smart Blogger Dot Com

  1. Sampai saat ini saya belum pernah membuka blog luar, karena bahasa Inggris saya minim. jadi saya nunggu ilmunya setelah diambil mas shiq4 saja, meskipun untuk memahami ilmu2 yang mas bagikan yang sudah berbahasa Indonesiapun untukku gak gampang wk..wk…

    Suka

    1. Nanti bisa sendiri kok bu. Dulu saya juga kebingungan pas mulai belajar. Cuma sedikit demi sedikit akhirnya mulak mengerti cara ngeblog yg benar. Biar pengalaman yg menuntun menemukan satu-satunya cara terbaik melakukannya.

      Disukai oleh 1 orang

  2. Jon Morrow memang sangat inspiratif sosoknya mas … Pantang menyerah dan blogger yang pintar sekali. Luar biasa.. Saya pernah sedikit membaca artikel “7 Life Lessons from a Guy Who Can’t Move Anything but His Face”… belum sampai paham betul sih ..
    Saya lebih senang tulisan-tulisan pendek Seth Godin …

    Salam … 🙂

    Suka

  3. Jon ini memang keren ya mas. Dia gak patah semangat. Sejak dikenalkan sama sosoknya, saya jadi baca terus n langganan via email.

    Suka

Tinggalkan Balasan

