Review Buku Her Sunny Side by Koshigaya Osamu

Review Buku Her Sunny Side​Sumber gambar : berceritabuku.blogspot.com

Saya sedang jatuh cinta dengan novel-novel dari negeri sakura. Bukunya sederhana. Tapi ada kekuatan magisnya seolah membuat saya terhipnotis dan secara tidak sadar membuka lembar demi lembar. Bahkan ketika saya membaca Crying 100 Times terasa berat untuk melanjutkan membaca karena saya begitu menikmatinya.

Lalu ada kisah Totto-chan – Gadis Cilik di Jendela yang luar biasa. Diangkat dari kisah nyata, saya menyebut Tetsuko Kurayonagi sebagai penulis jenius yang mampu menampilkan sudut pandang anak kecil dengan sempurna.

Dan beberapa waktu lalu saya kembali membaca novel dari negeri para samurai Her Sunny Side karya Koshigaya Osamu. Berikut adalah reviewnya :

Judul
: Her Sunny Side (Hidamari No Kanojo)

Penulis
: Koshigaya Osamu

Penerbit
: Penerbit Haru

Penerjemah
: Faira Ammadea

Halaman
: 220 Halaman

Jalannya Cerita Her Sunny Side

Mou dan Kosuke bertemu dalam hubungan bisnis. Mereka telah berpisah 10 tahun. Dan pertemuan itu berlanjut dengan membahas tentang masa lalu masing-masing dan apa yang mereka kerjakan selama berpisah.

Di masa SMP Mou begitu bodoh sehingga ia menjadi korban kejahilan teman-temannya. Sedangkan Kosuke yang pernah membela Mou dijuluki “Si Tukang Marah”. Di masa sekolah mereka saling memiliki. Kosuke mengajari Mou memahami beberapa pelajaran. Dan mereka dekat dengan cara yang aneh.

Namun Kosuke harus pindah sekolah gara-gara orang tuanya pindah rumah. Mou menangis sepanjang hari di rumah Kosuke dan kemudian mereka berpisah. Meskipun jarak rumah mereka tidak jauh, tapi keduanya tidak pernah bertemu lagi.

Sejak bertemu lagi dengan Mou, Kosuke bahagia dengan keadaan Mou “Si Bodoh”. Mou memiliki karir gemilang. Lebih bagus dibanding pekerjaan Kosuke saat ini. Melihat hal tersebut, Kosuke yang merasa malu, menjadi bersemangat dan bekerja keras, dan mendapat kepercayaan dari bosnya berkat bantuan dari Mou.

Keduanya kemudian sering bertemu. Dan di suatu hari, keduanya saling menyatakan rasa cinta untuk pertama kalinya. Meskipun sebenarnya mereka sudah memiliki rasa itu sejak SMP. Bahkan ciuman pertama Kosuke adalah dengan Mou sewaktu SMP dulu. Dan mereka resmi berpacaran untuk pertama kalinya.

Orang tua Kosuke merestui hubungan mereka. Namun orang tua Mou tidak demikian. Alasannya sederhana ‘Kita tidak boleh merepotkan orang lain’. Begitulah kata ayah Mou yang sering dipikirkan oleh Kosuke. Selain masalah hilang ingatan sejak usia 13 tahun sehingga Mou sama sekali tidak ingat masa kecilnya, semua baik-baik saja. Dan Mou mengusulkan kawin lari setelah penolakan kedua orang tuannya.

Benar saja, ide spontan kawin lari ketika di kedai minum jadi kenyataan. Untungnya kata “Kita tidak boleh merepotkan orang lain” tidak terjadi. Kosuke bahagia dengan Mou. Begitu pula sebaliknya. Meskipun sikap bodoh Mou masih saja melekat, Kosuke bahagia dengan pernikahannya. Dan ia pun ikut-ikutan menjadi bodoh. Mereka kemudian menjadi “pasangan bodoh”.

Lalu Kosuke pun mengetahui julukan Mou di universitas yang tak kalah anehnya seperti ketika Mou di SMP. Hanya saja kali ini tampak mengesankan. Mou dijuluki “Perusuh kencan buta”. Gara-Gara Mou yang suka ikut pertemuan dan hanya suka ngobrol saja. Kemudian para pria berebutan Mou. Mengesankan.

Bagian romantis dan konyolnya adalah Mou selalu teringat Kosuke. Dan ternyata kerja sama dengan perusahaan tempat Kosuke bekerja bukan kebetulan. Mou mengatur semuanya. Dan pada akhirnya, kegigihan Mou benar-benar terwujud. Akhirnya ia pun berhasil menikahi Kosuke. Kosuke pun bingung setelah Mou menjelaskan detail semacam itu.

Namun tiba-tiba Mou berubah. Ia sering bilang ‘Ah.. lelahnya’ berulang kali. Dan sering membahas hal-hal yang membuat khawatir seperti perpisahan. Mou bahkan menangis saat berpisah dengan sahabatnya seolah itu pertemuan terakhir. Juga ada rambut Mou yang sering rontok. Mou menyebutnya sebagai “Rambut musim panas” seperti halnya bulu beruang yang rontok dan muncul lagi.

Kosuke yang merasa khawatir akhirnya marah dan memaksa Mou melakukan pemeriksaan. Namun semua baik-baik saja. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Mou hanya mengatakan tidak ingin dilupakan oleh Kosuke dan ingin bersama selamanya.

Sampai di suatu pagi, Mou pamit untuk mengambil koran. Dan itulah terakhir kali Kosuke melihat Mou. Mou pergi untuk selamanya. Dan yang lebih menyakitkan, semua orang tidak ada yang mengingat apapun berhubungan dengan Mou. Seperti sihir saja. Pada akhirnya, Kosuke pun menemukan Mou. Hanya saja dalam wujud lain.

Kelebihan Buku Her Sunny Side

Beberapa kelebihan yang dimiliki buku berjudul Her Sunny Side di mata Shiq4 antara lain :

  • Percakapan yang Bagus – Biarpun percakapan-percakapan di dalam buku ini cukup sederhana, tetapi saya merasakan suasananya. Keromantisan, kemarahan, keluguan, dan sebagiannya. Ini merupakan bagian terbaik dalam buku ini.
  • Didominasi Perasaan Khawatir – Ketika membaca buku ini saya selalu khawatir dengan Mou. Dia begitu bodoh dan lugu. Dan secara tidak sadar saya hanya ingin hal-hal baik saja terjadi. Apalagi dengan kelakukan aneh Mou, semakin mengkhawaritkan saja ha ha ha……
  • Penuh Kebahagiaan – Saya selalu suka kisah bahagia. Dan buku ini banyak mengajari saya arti kebahagiaan yang sebenarnya. Bersikap seperti Mou yang apa adanya saja.

Kekurangan Buku Her Sunny Side

Bagian-bagian buruk yang terdapat di dalam buku ini antara lain :

  • Endingnya Kurang Memuaskan – Sepanjang halaman buku ini terasa sangat nyata. Tapi bagian akhirnya benar-benar jelek. Lebih masuk akal kalau Mou meninggal saja atau pergi ke suatu tempat karena kebodohannya dan tidak tahu jalan pulang. Bukan berakhir dengan takhayul.
  •  Terjemahan yang Salah – Ada bagian-bagian yang sulit dimengerti seperti kalimat yang tidak nyambung dan penggunaan tanda baca yang salah. Terutama di bab-bab awal. Menganggu sih. Tapi masih sangat bisa dimaafkan.

Penilaian

Saya memberi nilai 79 untuk Her Sunny Side. Seandainya saja bagian akhirnya bagus, pasti saya akan memberi nilai di atas 80. Ini buku sangat disayangkan karena dari segi cerita dan penyampaiannya sudah sangat berkelas untuk menjadi buku-buku terbaik.

Iklan

9 tanggapan untuk “Review Buku Her Sunny Side by Koshigaya Osamu

  1. Pnasaran juga sya bacanya. Sampai kawin lari. Dan kemudian brbgai crita slanjutnya yg menggugah emosi. Sy kurang pham dg mksud judulnya dg konten kseluruhan, trllu brklas kali ya atau karna sense of art sya yg parah, heee…😂😂

    Memang, saya selalu merasa heran dengan cara berpikir dan sudut pandang Jepang, khususnya dlm fiksi2 mereka, terkadang ada ide yg super jenius, konyol, aneh bahkan takhayul juga bisa. Sy sllu heran filsafat apa yg dominan mempengaruhi mereka.

    Oya, mas Shiq4, kmpulan novel ebook yg Anda kirim via email, entahlah knp sulit sya unduh, file nya kbesaran kali ya. Baru yg Totto-Chan yg udah sy bisa unduh.

    Suka

    1. Itu puluhan ebook klo nggak salah. Cuma 54 mb kok. Nanti klo gak bisa didownload akan saya kurangi filenya dan saya kirim lagi. :).

      Nanti sore mas desfortin saya coba kirim lagi dengan ukuran kecil.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s