Cara Sederhana Mengatasi Komentar Spam di Blog

Cara mengatasi komentar SpamSumber gambar : sahiluqman.blogspot.com

Anda telah menulis sepanjang malam. Pada akhirnya, tepat sebelum 12 malam, Anda telah menyelesaikan sebuah postingan. Anda lelah, tapi merasa puas. Jadi, Anda langsung memublikasikannya dan langsung pergi ke alam mimpi.

Di pagi hari, bahkan sebelum Anda mengosok gigi atau sarapan, Anda melihat notifikasi panjang di smartphone. Postingan Anda memanen banyak komentar. Anda begitu antusias untuk membaca semua komentar yang masuk.

Tiba-Tiba kegembiraan Anda sirna dan berganti dengan kekesalan. Mayoritas komentar yang masuk merupakan spam. Dan yang lebih parah lagi, keesokan harinya dan minggu depannya blog Anda masih terserang spam.

Benar… rasanya menyakitkan seolah para spammer tidak menghargai kerja keras Anda. Dan Anda tidak sendirian. Diluar sana banyak korban spam berjatuhan. Itulah mengapa di postingan kali saya ingin membantu Anda keluar dari masalah dan menawarkan beberapa cara terbaik mengatasi spam yang menyerang blog.

Hanya jika Anda punya waktu tidak lebih dari 10 menit untuk melanjutkan membaca sisa artikel ini.

Bahaya Komentar Spam Bagi Bloger

Komentar spam bukan masalah sepele. Bahkan Google memublikasikan fakta berikut ini :

  1. Menyalahgunakan kotak komentar pada situs yang tidak bersalah adalah cara buruk dan berisiko dalam mendapatkan link menuju situs Anda. Jika Anda memilih untuk melakukannya, Anda menodai kerja keras orang lain dan menurunkan kualitas web, mengubah sumber informasi yang potensial menambah informasi menjadi  list of nonsense keyword.
  2. Spammer komentar sering mencoba meningkatkan rangking pencarian organik situs mereka dengan menciptakan inbound link yang meragukan menuju situs mereka. Google memahami tentang grafik link web, dan memiliki algoritma sebagai cara untuk menemukan perubahan tersebut dan menangani mereka. Bagian terbaiknya, link-link spammer yang membutuhkan waktu berjam-jam menanam link, link tersebut hanya berimbas sedikit, bahkan tidak berguna sama sekali karena Google sangat bagus mendevaluasi link jenis ini.

Intinya, komentar spam bisa merusak reputasi blog Anda di mata Google. Jika Anda hanya membiarkan komentar-komentar spam, maka jangan heran jika peringkat situs Anda ikut terkena dampak negatif.

Ada tiga dampak negatif lagi yang bisa Anda peroleh jika membiarkan komentar spam dan tidak segera mengatasinya :

  • Membuat Pengunjung Malas Berkomentar –Kotak komentar ada sebagai media diskusi atau tanya jawab antara pengunjung dan pemilik situs. Bukan untuk promosi dan menanamkan link. Jika komentar-komentar yang masuk hanya orang-orang yang berjualan obat atau hanya mengatakan “pertamax”, pengunjung yang membacanya akan langsung malas berdiskusi dengan Anda melalui kotak komentar.
  • Anda Kehilangan Kredibelitas – Situs yang dipenuhi komentar spam menunjukkan bahwa pemiliknya tidak serius mengelola situs. Orang-Orang tidak akan berpikir dua kali untuk segera meninggalkan situs Anda jika dipenuhi dengan komentar-komentar berkualitas rendah.
  • Anda Membahayakan Pengunjung Blog Anda – Beberapa spammer meninggalkan link menuju situs yang memiliki virus atau malware. Seandainya ada pengunjung yang melakukan klik pada link di komentar dan mendapatkan pengalaman buruk, maka ia akan berkoar-koar dan merusak nama baik yang sedang Anda bangun.

Apa itu Komentar Spam dan Siapa yang Melakukannya?

Komentar spam itu akan terlihat seperti gambar di bawah ini :

Cara mengatasi komentar spam di blogItulah komentar spam. Komentarnya tidak relevan dan dipenuhi dengan link-link yang tidak ada hubungannya dengan isi postingan.

Komentar semacam itu tidak ada gunanya dan malah dapat menganggu antusiasme pengunjung lainnya. Jadi, siapa dibalik semua kekacauan di dunia blog ini?

Jawaban yang hampir selalu tepat adalah orang-orang yang ingin mendapatkan backlink. Tapi mereka tidak pernah tahu bahwa backlink dari kotak komentar tidak ada gunanya sama sekali dalam usaha meningkatkan rangking situs mereka. Biasanya pelakunya adalah pemula di bidang internet marketing.

Ada pula yang berpromosi. Ini juga sangat memalukan melihat betapa banyak pemasar baru yang melakukannya. Alih-Alih mendapat pelanggan baru, tindakan mereka justru merusak brand produk yang mereka jual.

Jadi, komentar spam bukan hanya bersifat merusak bagi pemilik situs, pelakunya pun sebenarnya merusak reputasinya sendiri. Dan sebaiknya mulai saat ini Anda mulai menghancurkan semua komentar spam yang masuk agar kesehatan situs Anda terjaga.

Cara Mengidentifikasi Komentar-Komentar Spam

Menurut Beth Hayden, komentar terdiri dari tiga kategori.

Beberapa komentar sudah jelas merupakan spam. Komentar jenis ini komentar terang-terangan termasuk link yang menuju situs porno, malware, dan situs dengan konten yang tidak diinginkan.

Demikian pula beberapa komentar yang jelas bukan spam. Ini adalah komentar hasil berpikir secara hati-hati dari pembaca sebenarnya, beberapa diantara mungkin Anda kenali sebagai pembaca setia.

Tapi komentar jenis ketiga berada diarea abu-abu, antara spam dan bukan.

Komentar jenis ketiga ini mungkin terlihat bagus pada awalnya, tapi komentar mereka tidak bernilai apapun seperti “Thanks gan” dan komentar bersifat umum lainnya.

Ini bukan pekerjaan profesional. Mereka mungkin pemula dan berharap mendapatkan tambahan sedikit trafik dari komentar. Mereka tidak tahu bahwa berkomentar bertujuan menjalin hubungan baik dengan sesama bloger, bukan sekadar mencari trafik saja.

Oleh karena itu, Beth Hayden memberi tiga pertanyaan untuk menilai apakah komentar yang masuk merupakan spam atau bukan :

  1. Apakah Komentarnya Spesifik, dan apakah relevan dengan isi postingan? Beberapa komentar spam tampak meragukan. Seperti pujian yang terdengar merdu. Jika komentarnya sudah terlalu umum dan terdapat di situs manapun, maka kemungkinannya spam.
  2. Apakah alamat e-mail dan website komentator terlihat masuk akal? Jika pengomentar menggunakan frasa “Cheap NFL Jersey From China” pada nama di kotak komentar, komentar itu adalah spam. Jika alamat emailnya terlihat seperti hasil komputer (software) dan bukan manusia, itu juga merupakan indikasi kuat dari komentar spam.
  3. Apakah Komentarnya Penuh dengan Kata Kunci? Komentar spam biasanya berisi kata kunci dan kalimat kata kunci, dimana spammer berusaha mendapatkan extra poin dari Google. Jika komentarnya terlihat seperti iklan yang ditulis dengan buruk, itu terlihat seperti spam. Anda juga akan sering menemukan kata “buy mens shoes online” di bagian nama maupun di dalam komentarnya.

Cara Sederhana Mengatasi Komentar Spam di Blog

Cara melawan komentar komentar spamSumber gambar : bestwebsoft.com

Karena di dunia digital ini penuh dengan komentar-komentar spam yang tidak ada gunanya, maka ada cara sederhana untuk mengatasi komentar spam yang menyerang blog Anda. Langsung saja lihat di bawah ini tips dari Kristi Hines:

1. Moderasi Komentar dari Komentator yang Pertama Kali Berkomentar

Tidak hanya akan membuat blog Anda menjadi spamfest, tetapi akan memungkinkan orang yang komentarnya telah disetujui menjadi otomatis disetujui saat berkomentar lagi di masa depan sehingga hanya meninggalkan sedikit komentar untuk dimoderasi. Komentator yang merubah beberapa hal seperti nama, alamat email, atau link website akan butuh dimoderasi lagi. Hal ini akan membuat orang yang telah disetujui dapat berkomentar lagi di masa depan dan tidak akan memperbolehkan orang yang tidak disetujui meninggalkan komentar.

Perhatikan juga, Anda harus tetap mengawasi komentator yang sudah Anda setujui sebelumnya – Beberapa orang tahu bagaimana sistem bekerja dan mereka meninggalkan komentar yang bagus untuk disetujui, kemudian mereka meninggalkan komentar yang buruk karena mereka tahu bahwa komentar mereka akan disetujui secara otomatis.

Untuk menahan orang yang pertama kali berkomentar, Anda bisa masuk dashboard wordpress > Settings > Discussion. Pada seksi “the before comment appears“, centang kotak “comment author must have previously approved

2. Matikan Trackback dan Pingback

Trackback spam terkadang sama tidak bergunanya dengan komentar spam. Jadi, Anda perlu untuk untuk menggunakannya atau tidak menggunakannya sama sekali. Anda masih bisa mengetahui siapa saja yang melink ke postigan Anda melalui “the incoming link portion” pada dashboard wordpress Anda.

3. Matikan Komentar Setelah 30 – 60 Hari

Orang yang bertujuan untuk Link Building (SEO Spammer) biasanya mencari postingan blog yang memiliki Pagerank 1-10 (sekarang DA dan PA tinggi). Biasanya postingan dimulai dari pagerank o (PA dan DA 0) dan hanya akan mendapatkan pagerank (PA dan DA) setelah beberapa bulan. ini berarti spammer akan menarget postingan yang lebih tua.

Biasanya popularitas tinggi sebuah postingan akan terjadi pada dua minggu pertama. Itu juga merupakan saat Anda mendapatkan mayoritas komentar (kecuali jika Anda rutin mengupdate postingan).

Oleh karena itu, jika Anda menutup komentar blog setelah 30-60 hari berdasarkan preferensi Anda, Anda akan memiliki sedikit komentar untuk dimoderasi.

Untuk menutup komentar secara spesifik (Setelah berapa hari dari tanggal terbit),  masuk ke dashboard wordpress > Settings > Discussion. Pada “Under the comment setting”, centang opsi “automatically close comment on article older than… days” Dan isi dengan jumlah hari dimana postingan akan dibuka untuk komentar. Jika harinya sudah lewat, secara otomatis postingan tersebut akan tidak bisa dikomentari lagi.

4. Gunakan Plugins untuk Mengontrol Spam

Sekarang, mari kita lihat beberapa plugins yang bisa Anda gunakan untuk mengurangik komentar spam atau setidaknya membuat lebih mudah untuk mengontrolnya.

  • Akismet – Akismet adalah plugins yang dibangun di dalam sistem wordpress yang akan memfilter komentar-komentar yang dianggap sebagai spam ke folder spam tertentu. Untuk mengaktifkannya, Anda butuh untuk sign up agar mendapatkan API keys dari situs web mereka. Hal ini gratis untuk blog pribadi dan harganya diantara $5 sampai  $ 50 per bulan untuk blog non personal. Perlu Anda ingat bahwa Anda wajib memeriksa folder spam Anda karena ada komentar berkualitas yang terkadang karena kesalahan masuk ke dalam folder spam. Anda bisa menandai sebagai bukan spam kemudian menyetujui komentar-komentar yang berkualitas setelah itu.
  • G.A.S.P – Singkatan dari Grownmap Anti Spambot Plugins. Adalah plugins gratis yang memperbolehkan  Anda menambah checkbox captcha sederhana pada kotak komentar. Komentator harus mencentang kotak tersebut untuk mengkonfirmasi mereka adalah manusia dan tidak menggunakan software untuk berkomentar. Hal ini akan mengurangi jumlah spam yang menggunakan software secara signifikan.
  • CommentLuv – Commentluv bukan plugins yang berhubungan dengan spam. Plugins ini memperbolehkan komentator meninggalkan link menuju ke postingan terakhir mereka. Hal ini akan membantu pemilik blog untuk melihat website yang tidak relevan karena plugins ini  akan menampilkan postingan terakhir komentator.

Beberapa tambahan dari Shiq4 :

5. Buat Semua Link di Kotak Komentar Menjadi No-Follow

Terkadang saya menemui bloger-bloger baru yang membuat link di komentar menjadi do follow untuk mendapatkan lebih banyak komentar. Ingatlah satu hal, jika Anda melakukannya, tindakan Anda hanya akan mengundang para spammer SEO. Mereka hanya ingin mendapatkan backlink dan tidak peduli dengan tulisan Anda. Juga mungkin komentar mereka buruk sekali.

Terkadang lebih baik memiliki komentar sedikit namun berkualitas dibanding dengan puluhan komentar yang tidak berguna sama sekali, baik bagi Anda maupun pembaca lainnya. Jadi, pastikan link di komentar bersifat no follow.

6. Hilangkan Kolom URL dalam Komentar

Kolom URL merupakan bagian yang paling diincar oleh para spammer. Jika Anda menghilangkan kolom url dalam komentar, otomatis komentar yang masuk pun akan terbebas dari spammer SEO. Namun yang menjengkelkan akan masih Anda temui komentar-komentar yang menawarkan produk tertentu. Itulah mengapa Anda tetap harus memoderasi semua komentar yang masuk.

Klik di sini untuk mengetahui cara menghilangkan kolom url pada komentar di blog.

Kesimpulan

Semua bloger menyukai komentar. Tapi tidak dengan komentar spam.

Komentar spam hanya bersifat merusak, bahkan tidak layak untuk dibaca. Dengan mendeklarasikan perang melawan para spammer, kita juga ikut membantu agar tercipta dunia online yang baik untuk mendapatkan informasi bermutu yang terbebas dari komentar-komentar sampah sehingga diskusi di dalam sebuah blog pun menjadi lebih baik dan menyenangkan.

Ingatlah satu hal, jika Anda berkomentar buruk di blog orang lain, maka reputasi blog Anda pun akan tercoreng. Oleh karena itu, mari mulai dari diri sendiri untuk tidak berkomentar spam. Juga pastikan blog Anda terbebas dari spam agar pembaca Anda merasa nyaman untuk berdiskusi melalui kotak komentar.

Apakah Anda pernah mendapakan komentar spam? Bagaimana Anda menanggapinya? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

19 tanggapan untuk “Cara Sederhana Mengatasi Komentar Spam di Blog

  1. Saya rasa saya belum pernah dpt komentar spam, tapi entahlah klo dicek via tool atau media lainnya.

    Mkasih atas informasinya mas. Bnyak masukan baru yg saya dapatkan setelah tuntas baca artikel Anda ini.

    Suka

    1. Yg no 6 biru maxmanroe dan daripada mbak nella. Kalo blog udah besar dan banyak spamnya, pengulangan url jadi solusi tepat. Tapi memang sih kalo buat blog yg masih kecil pasti bikin teman lain malas komentar he he he……

      Suka

  2. wah….makasih mas, masukannya. Sudah lama saya bertanya-tanya dalam hati bagaimana cara mengidentifikasi komentar spam. Karena di blogku juga banyak komentar spam yang sdh diidentifikasi Askimet, Tapi sy heran kok semuanya berbahasa asing, apa komen yg berbahsa asing selalu dicurigai sebagai spam? Padahal kan ada juga komen yang baik, jadi kadang saya klik bukan spam, tapi akhirnya saya khawatir jangan2 spam betulan…jd sy sering bingung…gmn mas, sebaiknya?

    Suka

    1. Kalau dalam bahasa asing saya biasanya nggak approve. Lagian Blognya kan bahasa indonesia. Komentarnya pun biasanya cuma mengatakan hal hal yang bersifat umum saja, tidak spesifik seperti tema menulis kita. Saya sering dapat komentar bahasa inggris, cuma nggak pernah saya approve.

      Disukai oleh 1 orang

  3. Semua bloger menyukai komentar. Tapi tidak dengan komentar spam.

    agree..

    ato ga dia cuma ngelike artikel kita dg tujuan kita kunjung balik ke dia 😦
    kayaknya klo blog aku udah otomatis deh, pake akismet ya kayaknya, tapi kemarin itu komen2ku juga masuk ke spam semua kenapa ya? padahal aku bukan spammer huhuhu

    Suka

    1. Biasanya kalo pernah ditandai blogger lain sebagai spam, otomatis di blog tersebut komentar kita masuk spam. Kalo sering masuk spam sebaiknya hubungi pihak wordpress.com sehingga blog kita dikeluarkan dari list spamnya akismet.

      Suka

    1. Iya bloger2 blogspot rata2 matre semua. Jadi ya banyak yg nyepam. Kalo orang yg cuma hobi nulis dan ingin berbagi saja ya di wordpress. Dan mereka nggak perlu spam sana-sini karena memang gak terlalu peduli dengan jumlah pengunjung.

      Suka

  4. Betul sekali…
    Spam sangat menganggu blog.
    Hati sudah seneng seneng karena ada notif dikomentar banyak sekali.
    Saat itu hati sangat gembira ria.
    Dan saat membukanya ternyata…….

    Isinya SPAM…

    Oh no no no
    Hancur hati ini
    Hancur raga ini

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s