10 Saran Terbaik yang Terbukti Bekerja dengan Baik untuk Bloger Pemula

Saran untuk blogger pemula
Saya masih ingat ketika masih pemula. Hampir setiap hari menjelajahi internet untuk mencari tips, nasihat, maupun saran dari bloger-bloger berpengalaman. Bukan perkara mudah, terkadang hasil pencarian Google begitu buruk. Satu-Satunya cara adalah mengubrak-abrik arsip blog-blog terkenal dan mengikuti link-link yang merekomendasikan bloger sukses lainnya.

Masalah tidak selesai ketika saya sudah menemukan apa yang yang saya cari. Dari sekian banyak tutorial yang saya baca, mayoritas benar-benar sulit diterapkan untuk pemula dan hanya mampu dipahami oleh bloger-bloger profesional. Jadi, harus sering bereksperimen agar menemukan mana saran yang bekerja dengan baik untuk mengembangkan blog yang saya kelola.

Teringat pengalaman buruk belajar ngeblog di masa lalu, saya menyusun beberapa saran yang sudah terbukti bekerja dengan baik untuk mengembangkan blog berbahasa Indonesia sehingga bloger-bloger pemula tidak lagi kebingungan mencari saran terbaik di internet.

Berikut adalah beberapa saran yang saya dapat dari pengalaman ngeblog selama lebih dari 2 tahun :

1. Ciptakan Kebiasaan Menulis

Ngeblog itu identik dengan kegiatan menulis. Jika Anda berhenti menulis, maka tidak ada blog. Artinya tidak ada bisnis.

Perlu juga digarisbawahi bahwa berhenti ngeblog untuk sesaat sangatlah berbahaya bagi blog Anda. Seandainya selama satu bulan Anda tidak memublikasikan satu pun konten, besar kemungkinannya Anda akan kehilangan pembaca setia. Dan jika sudah demikian, maka Anda seolah membangun blog lagi sedari awal. Tentu itu merupakan masalah besar.

Jika harus memberikan satu saran saja untuk bloger pemula, maka saya akan mengatakan :

“Hal pertama yang harus dilakukan oleh bloger pemula adalah membangun kebiasaan menulis. Dengan begitu blog Anda akan teratur mendapatkan makan sehingga bisa bertumbuh dengan baik sesuai dengan harapan di masa depan.”

Walaupun terkesan sepele, tapi kebenarannya adalah Anda harus teratur menulis sepanjang tahun. Ini sangat krusial. Karena tugas utama bloger adalah terus menulis. Dan jika Anda tidak lagi menulis atau tidak teratur mengupdate blog, maka Anda bisa melupakan impian menjadi bloger sukses.

Klik di sini untuk mengetahui cara membangun kebiasaan menulis.

2. Belajar Menulis Lebih Baik Lagi

Blogger pemula yang mencari saran terbaik​Sumber gambar : goconqr.com

Tidak semua orang memiliki kemampuan menulis yang baik ketika memutuskan menjadi bloger. Jadi, sudah sepantasnya Anda meluangkan waktu untuk memperbaiki kualitas tulisan yang Anda hasilkan.

Percuma saja Anda berusaha mempromosikan konten-konten blog dengan gencar apabila tulisan Anda masih belum cukup baik. Pengunjung akan lari sebelum menyelesaikan bacaan. Dan itu merupakan pertanda buruk bagi perkembangan blog Anda.

Oleh karena itu, sangat wajar jika saran kedua adalah terus belajar menulis. Luangkan waktu khusus (setidaknya sehari dalam seminggu) untuk membaca tips-tips menulis atau teori-teori tentang konten berkualitas dan bagaimana menyajikan konten di blog.

Juga jangan lupa untuk berkesperimen dengan gaya menulis Anda. Temukan gaya menulis yang paling cocok bagi audiens Anda.

3. Tidak Perlu Berlagak Profesional

Anda bisa membeli theme premium, ikut kursus ngeblog termahal, membeli domain profesional, atau membeli tools-tools ngeblog premium. Tapi itu tidak serta merta menjadikan Anda menjadi bloger profesional dalam semalam.

Bayangkan apa yang terjadi pada pemuda 17 tahun yang baru belajar sepak bola. Meskipun ia mampu membeli seragam terbaik, sepatu profesional, dan dilatih oleh profesional pun, jika ia berhadapan dengan pemain lain yang benar-benar profesional, maka ia akan dihancurkan dengan mudahnya.

Itulah mengapa jangan pernah sekalipun berlagak profesional dalam tulisan Anda (cakap besar) seolah Anda benar-benar tahu apa yang Anda katakan tentang topik yang Anda angkat. Biasanya klaim-klaim sepihak tanpa mampu membuktikan sendiri apa yang yang Anda sampaikan hanya merupakan bentuk lain bunuh diri.

Pantaslah jika beberapa bloger mengatakan untuk menjadi diri sendiri ketika ngeblog. Jangan khawatir, seiring berjalannya waktu, pengalaman ngeblog Anda akan bertambah dan pemahaman pun menjadi lebih baik. Saat itu tiba, tanpa harus menyebut pencapaian Anda sekalipun, orang-orang akan mempercayai apa yang Anda sampaikan dalam tulisan.

Ingat, rendah hati merupakan salah satu sikap yang harus dimililki bloger agar sukses. Jangan lupakan nasihat sederhana tersebut agar keberhasilan semakin dekat dengan Anda.

4.Bangun Jaringan Sebanyak Mungkin

Nasihat terbaik untuk blogger pemula​Sumber gambar : peluangusahaterbaruku.com

Ngeblog lebih rumit daripada apa yang Anda pikirkan. Anda butuh orang lain untuk mencapai kesuksesan. Dan itu harus Anda sadari sedari awal sejak pertama kali blog Anda diluncurkan.

Alasannya sederhana, jika Anda hanya menulis dan promosi saja, tanpa menjalin hubungan dengan bloger lain, maka dalam waktu 12 atau 24 minggu Anda akan merasa bosan sendiri. Bagaimana pun juga, manusia itu makhluk sosial dan suka berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki kesamaan. Tanpa teman, kegiatan ngeblog Anda akan sepi dan tidak menyenangkan.

Lebih jauh lagi, teman ngeblog merupakan sumber komentar dan sumber backlink. Keduanya merupakan komponen penting dalam membangun blog. Dan itu hanya mudah didapatkan melalui hubungan pertemanan dengan bloger lain.

Juga akan ada saat di mana Anda akan merasa demotivasi. Saat hal tersebut terjadi, teman-teman ngebloglah yang akan menginspirasi dan memberi semangat. Jadi, mulailah menjalin hubungan pertemanan dengan bloger lain.

5. Jangan Terlalu Orisinil

Orisinilitas merupakan jaminan kesuksesan karena orang-orang selalu suka membaca informasi-informasi baru. Tapi jika bloger pemula yang melakukannya, Anda akan kehabisan ide dan otak Anda akan terbakar sebelum Anda menyadarinya.

Strategi terbaik adalah menjadi pengikut terlebih dahulu. Anda bisa meniru ide-ide dari blog yang menjadi pemimpin dalam niche Anda. Kemudian Anda berusaha menulis dengan gaya menulis lain sehingga tidak terjadi duplikasi atau memberi paradigma baru dengan menyertakan informasi-informasi dari sumber terpercaya.

Lagipula jika bloger pemula yang melakukannya, tidak akan ada yang percaya. Terutama jika apa yang Anda katakan merupakan hal-hal baru atau ide-ide yang belum ada di industri Anda sebelumnya. Kecuali jika Anda sudah punya personal brand yang baik, saya rasa hal tersebut tidak akan menjadi masalah.

6. Anda Mencoba Semua Cara untuk Mendapatkan Pengunjung

Tips dan saran buat blogger-blogger baru dan blogger pemula​Tidak ada gunanya punya blog tanpa pengunjung. Anda tidak akan menghasilkan apa-apa tanpa pengunjung. Tetapi terlalu ambisius dan menggunakan semua cara yang tersedia untuk mendapatkan pengunjung merupakan pilihan paling konyol yang dilakukan bloger pemula.

Lakukan hal tersebut dan Anda tidak akan kemana-mana. Anda perlu menjadi expert di satu cara mendapatkan pengunjung saja. Dengan begitu fokus Anda tidak akan terganggu dan usaha Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Sejak blog didirikan, Anda perlu menentukan satu-satunya cara mendapatkan pengunjung. Apakah berfokus pada SEO, sosial media (twitter, facebook, linkedin dll), sosial bookmark, iklan, atau email marketing, atau sebagiannya.

Tapi ingat, Anda punya energi yang terbatas dan tidak bisa melakukan semuanya. Jadi, fokuslah pada satu cara saja dan jadilah expert. Kecuali Anda punya tim dan dana besar, sepertinya berambisi mendapat pengunjung dari berbagai channel pemasaran merupakan ide terbaik yang pernah Anda pikirkan.

7.Utamakan Menulis Konten Panjang

Sebaiknya bloger pemula berfokus menciptakan konten-konten panjang (in depth content) karena alasan berikut :

  • Pembaca Menyukainya – Konten panjang dan lengkap cenderung disukai pembaca karena pembaca tidak perlu mencari referensi lain berhubungan dengan tema yang dibahas. Sekali membaca mendapatkan berbagai informasi. Apa yang lebih baik dari hal semacam itu? Sayangnya tidak ada.
  • Bloger Lain Malas Melakukannya – Menulis konten panjang butuh perjuangan dan usaha ekstra. Itulah mengapa sebagian besar bloger tidak mau melakukannya. Kabar baiknya, jika Anda benar-benar melakukannya (menulis konten-konten panjang), maka Anda akan berbeda dan lebih menonjol dibanding bloger lain.Dan itu bagus untuk blog Anda.
  • Bekerja dengan Baik untuk SEO – Meskipun tanpa pengetahuan SEO mendalam, di masa awal mendirikan blog ini saya menulis konten-konten lebih dari 2000 kata. Dan Anda tahu hasilnya? Konten saya banyak yang duduk di halaman pertama Google. Sangat banyak penelitian mengenai korelasi panjang konten dan SEO. Itu alasan masuk akal mengapa Anda harus mulai menyusun konten-konten panjang : untuk menguasai mesin pencari.
  • Sulit Ditiru Pesaing – Di niche yang begitu ketat, salah satu strategi yang dipakai oleh bloger profesional adalah meniru ide pesaing. Jika ada pesaing yang membahas A, maka keesokan harinya mereka akan membahas A juga. Untuk mencegah kalah bersaing dan mempertahankan harga diri, konten panjang merupakan jawaban terbaik.

Intinya, bloger baru harus rutin menerbitkan konten panjang. Setelah Anda punya cukup banyak trafik, sesekali menulis konten pendek akan sangat menyenangkan.

8. Terlalu Khawatir dengan SEO

Blogger pemula belajar dan dapat nasihat dan saran dari blogger berpengalaman​Sumber gambar : searchenginejournal.com

Bloger-Bloger baru selalu beranggapan bahwa konten terbaik adalah konten yang paling banyak dicari pengguna internet. Mereka melakukan riset kata kunci, menyusun konten terbaik, dan berharap konten mereka duduk di halaman pertama Google.

Tapi itu salah. Ngeblog bukan tentang trafik. Ubahlah mindset Anda. Ngeblog itu tentang menulis konten berkualitas. Meskipun tidak banyak yang mencari, tapi jika konten Anda luar biasa bagus, maka Anda akan mendapatkan backlink dan dibicarakan oleh bloger lain.

Tanpa melakukan proses panjang SEO sekalipun Anda akan tetap sukses. Cobalah lihat bagaimana blog-blog terkenal : apakah konten-konten mereka duduk di halaman pertama Google? Tidak selalu. Tapi blog mereka selalu dibicarakan. Dan ketika orang-orang mengunjungi blog tersebut, mereka selalu menemukan konten-konten menarik yang tidak pernah mereka cari sebelumnya.

Jadi, berhenti khawatir tentang SEO. Tulis apapun yang menurut Anda menarik bagi audiens Anda dan semua akan berjalan seperti bola salju yang menggelinding.

9. Akan Lebih Baik Jika Memiliki Visi

Visi adalah pandangan yang jauh ke depan. Apa yang ingin Anda capai dengan blog dalam waktu 5 tahun atau 10 tahun ke depan? Itulah yang disebut visi dan sebaiknya Anda mulai memikirkannya dengan serius saat ini juga.

Visi yang baik akan menuntun Anda membuat perencanaan yang detail. Juga Memprediksi kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa terjadi di kemudian hari. Dengan begitu Anda bisa dengan mudah melewati halangan-halangan atau hambatan yang menghadang Anda.

Visi yang jelas juga merupakan motivasi terbaik. Ketika Anda sedang tidak bersemangat atau bosan, atau merasa tidak yakin lagi, visi akan membangunkan Anda untuk terus berjuang mewujudkan apa yang sudah Anda impikan sejak lama.

Tanpa visi, saya berpendapat blog Anda hanya akan berputar-putar saja tanpa perkembangan yang signifikan. Bahkan setelah berbulan-bulan melakukannya.

10. Just Do It

Saran terbaik untuk blogger pemula​Sumber gambar : gatewaynazarene.org

Merencanakan semua dengan detail bukan sebuah kesalahan. Pun ketika Anda membaca semua hal tentang membangun blog yang sukses. Tapi itu semua percuma jika Anda tidak segera mengambil tindakan nyata. Mungkin akan ada kendala dan kesalahan, tapi itu merupakan guru terbaik untuk memahami apa yang sudah Anda pelajari dari bacaan.

Berhenti takut dengan kegagalan. Anda harus segera melangkah. Karena jika hanya berkhayal saja, itu tidak akan mengubah apapun. Just do it, bahkan melakukan sesuatu yang kecil sekalipun. Dengan begitu Anda akan tahu apa yang kurang dari Anda dan berusaha memperbaiknya untuk mencapai hal-hal yang Anda inginkan melalui kegiatan ngeblog.

Apakah Anda punya saran lain? Atau pengalaman bagus sebagai pelajaran? Bagikan di kotak komentar yang disediakan.

Iklan

38 tanggapan untuk “10 Saran Terbaik yang Terbukti Bekerja dengan Baik untuk Bloger Pemula

    1. Iya biasanya seperti itu. Mending konsisten nulis apapun meskipun yg ditulis nggak penting. Itu lebig baik daripada berhenti ngeblog.

      Suka

  1. Poin 1 saya sangat setuju. Hanya poin 7: konten panjang, walau alasannya logis, tapi krn melihat minat baca org Indonesia yang rendah, apalagi mayoritas org skrg pakai smartphone, agaknya relatif saja. Panjang tapi berkualitas seperti Shiq4, bacanya ga bosen.

    Sering saya baca khususnya blog ttg perjalanan yg panjang2, sangat sedikit yang saya betah bacanya. Intinya nulis konten panjang, bhasanya hrs menarik. Saya sering nulis panjang, tapi entah mengapa kadang saya sendiri ngerasa gak pede juga dg hasilnya. Memang harus beljar terus ya, heee…

    Suka

    1. Klo menulis konten panjang saya tahu triknya mas desfortin, gunakan kalimat pendek (ringkas) dan paragraf pendek.

      Cuma saya sendiri masih belajae menggunakannya. Bisa liat di quicksprout.com bagaimana menyajikan konten panjang yg menarik.

      Disukai oleh 1 orang

  2. Awal ngeblog saya menulis tulisan yang panjang. Beberapa tulisan itu adalah hasil tugas kuliah yang saya post ke blog, yang lain artikel dg tema tertentu yg sengaja saya tulis diblog.

    Selanjutnya, karena alasan memudahkan pembaca, saya lebih memilih menulis yang sedikit dan dari pengalaman pribadi.

    Dengan menulis pengalaman pribadi, saya selalu ada bahan untuk ditulis selain yang sudah saya siapkan.

    Nah, itu dulu menurut saya ☺️

    Suka

    1. Iya lebih mudah menulis dari pengalaman pribadi dulu saja. Ntar klo udah mahir bolehlah menulis seperti profesional dengan data2 ilmiah.

      Suka

  3. Ada seorang teman menyarankan untuk mencari cara supaya blog saya mendapatkan iklan dan mendatangkan rupiah. Tetapi rasanya saya setuju pada pernyataan Anda soal fokus saja membuat tulisan yang berkualitas. Saya masih fokus di situ.

    Suka

    1. Sepertinya klo dapat iklan mandiri di zaman sekarang susah. Kecuali iklan dari pihak ketiga seperti Google adsense. Klo trafik udah ribuan per hari cara apapun bisa dgn mudah mendatangkan uang kok. Fokus buat konten berkualitas agar dapat trafik organik saja dulu. Harusnya sih meningkat terus trafiknya seiring jumlah konten yg diterbitkan.

      Disukai oleh 1 orang

        1. Ooo.. Dpt reward ga gan ikut tangangan smcam itu? Hhehehe… Tpi saya jadi pnsran nihhh.. Sulit ga?

          Suka

        2. Sulit tantangannya nulis setiap hari selama 31 hari. Bisa cari di google “tantangan jeff goins” ntar pasti muncul halamannya (blognya jeff goins dalam bahasa inggris).

          Suka

  4. Paten kali postingannya mas.. makasih mas.. sebagai bloger pemula saya merasa sangat terbantu.. 🙂

    Suka

Komentar ditutup.