Hari ke-19 : 10.000 Pageview di Bulan Februari 2017

Cara mendapatkan puluhan ribu pageview dalam sebulanBulan Februari berlalu dengan cepat. Selama 28 hari itu aku menulis setiap hari ; menerbitkan konten lebih sering dari biasanya. Bukan karena aku sedang rajin, melainkan karena aku mengikuti tantangan menulis.

Instruksinya terkadang sangat mudah. Namun ada yang benar-benar sulit. Seperti e-mail yang kubuka tadi siang, perintahnya sangat jelas dan membuat malas : Write in the shoes of another person.

Aku bisa melakukannya, meskipun tidak pandai dan tidak mirip sama sekali. Pilihanku jatuh pada Ferenc Barnas, pengarang buku The Ninth. Berikut adalah kisahku mendapatkan 10.000 pageview dalam sebulan menggunakan sepatu Ferenc :

Bulan februari tahun ini merupakan bulan terberat yang pernahkulalui sebagai bloger. Aku tidak ingat detailnya, tetapi kurasa saat itu aku hanya merasa tertarik untuk mengikuti tantangan dari penulis terkenal. Dan sepertinya terlihat mudah, hanya 500 kata saja.

Karena tujuanku ngeblog adalah mengarsipkan kehidupan dan pengetahuanku, mustahil aku melakukannya selama 31 hari nonstop. Jadi, kuputuskan mengubah aturan mainnya : satu hari menulis tantangan; satu hari menulis konten seperti biasa. Artinya tantangan ini baru selesai pada hari ke-62. Kau bisa mengartikan aku akan menulis selama 62 hari berturut-turut.

Ternyata tantangannya cukup sulit. Aku sempat kewalahan. Untungnya aku sudah menyimpan banyak ide jauh sebelum menulis.Meskipun tulisanku tidak sempurna, kurasa aku cukup puas dengan perjalananku mengikuti tantangan sesuai dengan aturan yang kubuat sendiri.

Di akhir februari aku begitu terkejut. Aku melihat tampilan gambar seperti di bawah ini:
​​

10.000 pageview dalam sebulanTernyata pageview blogku mencapai lebih dari 10.000. Itu sekitar 58% dari total pageview sepanjang tahun 2015.  Dan pencapaian ini merupakan yang tertinggi dalam karier ngeblogku. Kurasa aku cukup bangga.

Penyebab utamanya mungkin karena rajin posting. Walaupun sebenarnya aku sendiri menilai ada beberapa tulisan yang buruk, tapi sepertinya pembaca blogku menyukainya. Komentarnya pun lumayan banyak. Aku senang melihatnya.

Lalu yang paling penting adalah ternyata topik menulis dalam tantangan ada yang benar-benar bagus. Secara ajaib aku mendapatkan data-data yang kubutuhkan tak kurang dari 24 jam. Kemudian aku menyusunnya menjadi tulisan yang tampak profesional. Dan aku menyukai karyaku yang seperti itu. Apalagi bisa nangkring di halaman pertama hasil pencarian untuk kata kunci yang kubidik. Ini juga kuindikasi sebagai penyebab naiknya pageview blogku.

Mungkin ini hanya kebetulan. Aku melihat halaman daftar isi diakses beberapa orang. Dan ketika halaman daftar isi diakses,aku tahu orang tersebut akan menjelajahi lebih banyak tulisan di blogku. Itu terjadi berkali-kali sepanjang tahun. Hanya saja tepat di bulan februari, jumlah pengakses halaman daftar isi menjadi lebih banyak dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Dan asumsi lainnya, ini merupakan perkembangan yang wajar. Jumlah konten blogku semakin banyak. Sudah mencapai 400-an artikel dan beberapa diantaranya duduk di halaman pertama. Kurasa semakin lama pageviewnya akan naik sendiri mengingat konten-konten baru juga mampu tampil impresif dengan duduk di halaman pertama Google.

Aku mungkin masih pemula dan tidak tahu banyak tentang cara meningkatkan pageview atau mengelola blog seperti profesional. Tapi aku berbakat menjadi detektif. Dan kurasa begitulah sedikit analisisku bagaimana aku mendapatkan 10.000 pageview dalam sebulan. Kau boleh meniruku dan melihat sendiri hasilnya pada blogmu. Dan jika kau tidak mendapatkan hasil yang sama, berarti analisisku termasuk konyol. Satu-satunya yang harus kau tahu adalah aku memang terkadang sok tahu. Dan kurasa itu bukan dosa besar. Aku suka melakukannya. Dan tidak ada yang memaksamu mempercayai apa yang kuucapkan. Ambil bagian baiknya dan buang bagian buruknya. Setidaknya kau akan tampak bijaksana dengan melakukan hal tersebut.

Apakah kau ada pertanyaan untuk menganalisis kasus ini? Atau kau punya opini lain? Bagikan di kotak komentar dengan cinta, jangan dengan kebencian. Kumohon…..
​

Iklan

80 tanggapan untuk “Hari ke-19 : 10.000 Pageview di Bulan Februari 2017

        1. Ini blog sejak awal maunya gak ada iklan apapun. Jadi isinya ya tentang saya dan pengetahuan saya. Klo ada yg nawarin pasti saya tolak he he he….. Saya punya banyak aturan klo melakukan sesuatu.

          Disukai oleh 1 orang

        2. Ohiya ingat ding dulu sudah sempat dibahas juga ya kak ._.
          Memang udah jadi prinsip sih, kalau dikasih iklan mungkin bakal banyak visitor yang merasa terganggu juga ya kak ><

          Suka

        3. Nggak masalah harga diri aja. Sekarang harga iklan itu terlalu murah. Klo masih banyak bloger yg nerima job dengan bayaran gak seberapa, dunia blog gak bakalan berkembang. Harus mulai menghargai diri sendiri aja sih. Gitu alasan sebenarnya :).

          Disukai oleh 1 orang

  1. ehmmmm ehmmmm kenapa kenapa kenapa nama Cinta koq jd endingnya ya? Kan jd komen ini Cintanya haaaa πŸ˜‚πŸ˜…πŸ˜

    Mas Shiq bukan sok tahu koq. Mas Shiq jg profesional mnurut Cinta. Cinta doakan smoga smakin bagus ke dpannya ya mas

    Suka

  2. Menurut Cinta ga lucu, beda donk qt weks 😝
    Mnurut Cinta yg lucu itu kata2 “kau”
    krn Cinta biasanya mnggunakan “kau” utk someone special. Nah kl utk tmn blog biasanya Cinta gunakan : guys, kamu semua, atau kalian.

    Mnurut Cinta ini jd brkesan surat / diary yg ditujukan utk satu org sja hehe. Tp entahlah mnurut org lain, ini cm mnurut Cinta, bs jd pndapat Cinta itu salah 😁

    Disukai oleh 1 orang

        1. ahahaha. Yakin bisa? Yakin mas? Kan mas Shiq introveet mana biaa godain Cinta? Yang ada malah Cinta yang godain mas Shiq mulu, colek-colek baju sambil bilang, “mas Shiq ngomong dunk, ngomong mas, koq diem aja? Ga lagi sakit hati kan, eh sakit gigi, haha 😝”

          Suka

        2. Introvert itu kepribadian yg saya kembangkan untuk diri sendiri dan berhubungan dgn orang lain. Bukan berarti saya gak bisa menjadi orang yg menyenangkan. Saya bisa dgn mudah melakukannya seperti membalik telapak tangan :). Biasanya apa yang saya inginkan bakalan terwujud. Saya ini gigih loh biar pun tipe pemalas :).

          Disukai oleh 1 orang

        3. Saya gak perlu membuktikan apapun. Permainan cuma percaya apa nggak? Gitu aja. Saya sih Santai saja. Semua ada waktunya :). Biar waktu yg membuktikan, pelan-pelan sampai Cinta gak menyadarinya he he he….. Biasanya saya gitu sih sama2 cewek2 cantik.

          Disukai oleh 1 orang

        4. Heeh….. Klau orang yg sudah pernah merasa dicintai orang lain sebenarnya dirinya pasti merasa cantik. Gitu maksudnya. Cinta kan pernah merasa dicintai, jadi secara otomatis pernah merasa cantik. Karena cinta itu bekerja seperti itu. Gadis yg jelek sekalipun jika dicintai seorang pria akan merasa dirinya cantik secara otomatis. Belum sadar ya?

          Disukai oleh 1 orang

        5. haha belum sadar jg mas. Krn org Cinta cintai malah ninggalin Cinta. Brrt Cinta ini ga brharga buat dia mas. Cinta dilupakan bgtu sja. Dan Cinta brnci dilupakan

          Suka

        6. Wkwkw…… Nanti klo ketemu orang yg tepat juga merasa cantik kok. Tinggal sabar saja. Memang manusia itu cuma dipermainkan Tuhan. Manusia gak bisa apa2, kecuali belajar berserah diri. Itu yg terbaik :).

          Disukai oleh 1 orang

        7. Saya sebenarnya nasihati diri sendiri juga. Soalnya sedang takut ingat-ingat pas sakit. Soalnya kemarin konsultasi dan semuanya semakin baik. Klo kambuh lagi saya curhatnya sama cinta saja. Nah nanti tolong nasihati saya dengan kata2 saya sendiri biar saya percaya dan nggak banyak komplain lagi. Masak saya harus menelan ludah sendiri, gak maulah.

          Disukai oleh 1 orang

  3. Wow, 10000. Blog saya bahkan nggak ada 10% nya. πŸ˜€

    Saya belum pernah baca tulisan Ferenc Barnas , tetapi tebakan saya (dr gaya tulisan yg mas shiq4 terapkan) bukunya mungkin bergenre thriller atau kriminal.

    Betul apa salah mas?

    Suka

    1. Bukan. Buku tentang pandangan anak kecil. Jadi tulisannya juga mirip kayak anak kecil. Cuma saya asal ambil buku dan tadi baru baca sampai halaman 27 wkwkwk…… Ini sekalian mau nyelesain bacaan.

      Disukai oleh 1 orang

      1. iya kah…
        3 bulan terakhir aku jarang post sih..
        sebenarnya setiap update, jumlah visitor lumayan banyak..
        terutama dari teman yang follow yang ngelihat…
        kalau lagi gak ada post berhari-hari, ya ya pengunjungnya cuma dari search engine aja

        Disukai oleh 1 orang

        1. Yup, justru itu poinnya… di atas langit ada langit. Mirip dengan konsumen 1, konsumen 2, konsumen 3 di Biologi… sama2 konsumen tapi beda tingkatan. #ngomong apa sih gue

          Disukai oleh 1 orang

    1. Ini kebetulan pas ngikut tantangan, suruh nulis terus. Abis ini paling nulis 3 hari sekali saja seperti biasa :). Kayaknya bakalan turun lagi deh pageviewnya.

      Suka

    1. Ha ha ha…… Ini lagi ikut tantangan. Makanya nulis setiap hari. Klo normal sih saya biasa rutin nulis seminggu dua kali minimal :). Ayo semangat mbak unita.

      Suka

  4. wah.. menarik banget mas Shiq… Blog saya yang di-follow 3000-an subscribers aja gak sampe segitu wakakak…. πŸ™‚ Yang penting kita nulis aja dah… Jadi ingat kata orang bijak, “ikatlah ilmu itu dengan menuliskannya”.. hahaha.. Okay mas, selamat berkarya.. Salam kenal mas Shiq… (btw, saya biasanya klo ke Mojokerto, ke Trawas n Pacet, ngisi pelatihan).

    Suka

    1. Salam kenal juga pak. Diatas kebetulan saja pak. Tidak bisa diulangi lagi kayaknya he he he…..

      Benar. Ikatlah ilmu dengan menulisnya agar tidak lupa. Kalaupun lupa akan lebih ingat ketika membaca kembali apa yg kita tulis.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s