Cara Efektif Membangun Kebiasaan Menulis

Cara membangun kebiasaan menulis yang efektif Sumber gambar : hipwee.com

Jika Anda ingin ikut terlibat aktif di dunia maya, maka berkontribusilah melalui tulisan. Opini dan pengetahuan Anda akan sangat membantu orang-orang yang membutuhkan infomasi. Karena tidak ada yang lebih baik dibanding dengan menjadi manusia yang berguna, benar?

Tapi tidak semua orang pandai menulis. Ada beberapa orang yang begitu cerdas dan memiliki banyak pengetahuan, tapi tulisannya begitu buruk dan sering berputar-putar. Dan bila Anda adalah salah satunya, maka satu-satunya jalan yang tersedia adalah membiasakan diri menulis agar menjadi mahir dalam menyusun aksara sehingga transfer ilmu bisa terjadi.

Di tulisan ini saya akan memandu Anda langkah demi langkah membangun kebiasaan menulis dengan cara yang sederhana, namun efektif. Anda hanya perlu membaca perlahan, memahaminya, kemudian melakukannya.

Mari saya mulai……

3 Hal yang Anda Butuhkan

Anda boleh mencari referensi apapun berkaitan dengan cara membangun kebiasaan menulis dari seluruh penjuru dunia. Tapi jika Anda tidak memiliki 3 hal utama yang dibutuhkan menurut Yosua Setyo Yudo berikut, Anda akan gagal:

  1. Keinginan – Jika keinginan menulis sudah ada, maka semua halangan yang lain akan mudah disingkirkan. Sebaliknya, jika keinginan menulis tidak ada, maka usaha apapun akan terasa sebagai tekanan dan paksaan.
  2. Kedisiplinan Diri – Kedisiplinan membantu seseorang untuk “bersikap keras”, untuk mendorongnya membangun sebuah kebiasaan menulis. (klik di sini untuk mendapatkan tipsnya.)
  3. Keuletan – Keuletan dapat berarti semangat untuk terus maju sekalipun kualitas tulisan belum sempurna, bersabar terhadap diri sendiri, serta memaafkan diri sendiri ketika tidak mencapai target yang ditentukan (sambil terus berusaha tentunya).

Seandainya Anda merasa telah memilikinya, saya rasa semua akan berjalan baik-baik saja. Tapi jika belum, sebaiknya Anda mendapatkan ketiga hal tersebut sebelum melanjutkan membaca.

Menetapkan Prioritas

Setiap orang punya 24 jam dalam sehari. Tinggal bagaimana kita menetapkan prioritas mana yang harus dikerjakan lebih dulu. Sangat tidak mungkin Anda menaruh kegiatan menulis di prioritas utama karena di tempat tersebut pasti keluarga, pekerjaan, dan teman-teman.

Akan sangat bijak jika Anda mulai menempatkan kegiatan menulis di bagian hiburan. Artinya, Anda harus mengorbankan waktu bersantai seperti nonton TV, mengunjungi forum, atau bersosial media.

Jangan khawatir, Anda tidak perlu menulis setiap hari. Cukup tentukan kapan Anda menulis sesuai kemampuan Anda : 2 hari sekali, 3 hari sekali, seminggu sekali, atau maksimal 10 hari sekali. Kemudian Anda harus disiplin dengan jadwal yang sudah Anda tetapkan. Karena jika sekali Anda melanggar aturan yang Anda tetapkan, Anda akan lebih mudah melakukannya lagi dan tidak akan pernah tercipta kebiasaan.

Peringatan : Intensitas menulis Anda akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Jika tidak, maka Anda bermasalah dengan 3 hal yang dibutuhkan di atas yaitu keuletan, kedisiplinan diri, dan keinginan.

Langkah-Langkah Memulai Kebiasaan Menulis

Sepertinya Anda sudah punya keinginan kuat saat membaca paragraf ini. Dan itu berarti tinggal 2 kebutuhan lagi yang Anda perlukan.

Berikut adalah langkah-langkah yang langsung bisa Anda aplikasikan segera setelah membacanya untuk membentuk kebiasaan menulis :

1. Tetapkan Waktu Menulis

Sesuai dengan skala prioritas yang kita bicarakan tadi, korbankan waktu hiburan Anda. Tapi lakukan dengan spesifik kapan waktu tersebut (misalkan pukul 6-7 malam) dan lakukan secara rutin sesuai jadwal yang telah Anda tetapkan (2 hari sekali, 3 hari sekali, dan seterusnya).

FYI, baik menulis di malam hari maupun pagi hari memiliki manfaat masing-masing. Anda bisa membaca “Kapan waktu terbaik menulis” agar Anda mendapat manfaat sesuai yang Anda butuhkan dalam mengembangkan skill menulis.

2. Tentukan Ide Menulis Sebelum Waktu Menulis Tiba

Pemula selalu bingung mau nulis apa ketika jam menulis tiba. Jadi, sebelum Anda benar-benar mulai menulis, tentukan ide menulis sehari sebelumnya. Agar lebih efektif, Anda bisa mencatat semua ide yang terbersit di pikiran pada notepad handphone sehingga Anda tahu apa yang harus ditulis saat waktu menulis tiba.

Jika Anda belum memiliki pengalaman apapun, maka saya merekomendasikan tema seputar kehidupan pribadi agar memudahkan Anda memulai kebiasaan menulis. Beberapa tema yang bisa Anda coba antara lain :

  • Makanan dan Minuman Favorit
  • Mengapa saya menyukai …… (musik, film, atau buku tertentu dan lain-lain)
  • Kehidupan masa kecil
  • Atau kejadian sehari-hari yang Anda alami (ingat apa yang dirasakan indra Anda : apa yang Anda lihat, apa yang Anda dengar, apa yang Anda sentuh, apa yang Anda pikirkan, dan bagaimana perasaan Anda).

3. Tentukan Goal

Tentukan goal dalam menulis​Goal yang dimaksud adalah berapa banyak kata yang ingin Anda tulis. Misalnya 500 kata atau 1000 kata. Dan Anda tidak boleh berhenti menulis sebelum jumlah kata tersebut terpenuhi.

Di masa awal menulis, saya biasa menulis 200 kata hampir setiap hari. Dan seperti halnya intensitas yang akan semakin sering, jumlah kata pun akan perlahan-lahan meningkat. Bahkan saat ini saya mampu menulis 2000 kata lebih dalam beberapa jam jika berhubungan dengan pengalaman pribadi atau topik-topik ringan.

Jika Anda merasa cukup tangguh dan berniat menulis setiap hari, maka Anda bisa mengakses “ Berapa Banyak Kata Sebaiknya untuk Latihan Menulis Setiap Hari”.

4. Baca Lebih Banyak

Apapun yang Anda tulis, semua akan lebih sempurna jika Anda menambahkan informasi-informasi pendukung untuk menguatkan pendapat atau opini Anda, atau pengalaman Anda. Dan itu hanya bisa didapatkan melalui membaca.

Selain itu, banyak membaca akan menambah kosakata dan memberi Anda gambaran tentang gaya bahasa yang baik. Sesekali menulis ulang karya orang lain juga bukan ide buruk.

Jangan lupa, ketika membaca, pastikan Anda juga menikmati aktivitas membaca sehingga Anda merasa nyaman dan mampu menangkap informasi penting dalam suatu bacaan.

5. Temukan Motivasi yang Tepat

Mulai membangun kebiasaan menulis bisa sangat menjemukan. Terkadang juga membuat frustasi. Anda butuh motivasi yang tepat untuk menjalankan keinginan, keuletan dan kedisiplinan.

Berikut adalah apa yang perlu Anda pikirkan seandainya merasakan demotivasi :

  • Semua penulis pernah menulis sampah, itu bukan hal memalukan. Jadi, jangan terlalu perfectionis dan santai saja karena semua butuh proses.
  • Anda akan merasa senang setiap kali menyelesaikan tulisan, terutama setelah mengalami beberapa kendala. Dan perlahan-lahan Anda akan mulai mencintai aktivitas menulis dan lebih mudah menulis setelah berpengalaman menghadapi beberapa kesulitan.
  • Bayangkan seandainya Anda disiplin dan rutin menulis. Kemampuan menulis Anda akan berkembang seiring dengan pengalaman yang Anda dapatkan.
  • Hasil tidak akan mengkhianati usaha. Semua yang Anda dapatkan sebanding dengan apa yang Anda usahakan. Semakin keras kepala Anda berusaha, semakin cepat hasil yang Anda harapkan terwujud.

Atau Anda bisa mencari kata motivasi yang tepat dari penulis terkenal, lalu print, lalu tempelkan di tempat yang mudah terlihat saat Anda menulis.

6. Mulai Menulis

Semuanya akan percuma jika Anda tidak segera beraksi. Segera setelah Anda menetapkan waktu menulis, mendapatkan ide, menentukan goal, membaca refensi pendukung, dan mendapatkan motivasi, maka langkah terakhir adalah mengeksekusinya (mulai menulis).

Saya merekomendasikan Anda menggunakan teknik menulis bebas jika masih pemula sekali. Atau seandainya Anda sudah memiliki sedikit pengalaman menulis, Anda bisa menulis menggunakan aturan yang biasa Anda gunakan.

Tapi perlu diingat, di waktu senggang Anda perlu membaca tips-tips menulis sehingga Anda mampu berkembang dengan baik dan mendapat pengalaman baru. 

Selamat…. lakukan berulang-ulang langkah diatas dan Anda akan mendapatkan kebiasaan menulis di bulan-bulan mendatang.

Kesimpulan

Mempunyai kebiasaan menulis yang teratur akan memudahkan Anda menulis banyak hal. Bahkan jika Anda berusaha keras, bukan tidak mungkin di masa depan Anda akan menelurkan buku.

Tapi sebelum itu terjadi, sebaiknya Anda memiliki blog atau bergabung di media menulis seperti kompasiana atau hipwee agar tulisan-tulisan Anda mendapat feedback dari orang lain. Perhatikan semua komentar yang masuk dan gunakan yang menurut Anda baik untuk meningkatkan kualitas tulisan.

Apakah Anda punya masalah berkaitan dengan proses membiasakan diri menulis? Atau Anda punya pertanyaan karena ada yang kurang jelas? Saya akan membantu Anda melalui kotak komentar yang telah disediakan.

Iklan

16 tanggapan untuk “Cara Efektif Membangun Kebiasaan Menulis

  1. Yg bagian “Tentukan waktu menulis” ini lhoh yg blm sanggup :v soalnya saya kalo nulis sukanya kalo lgi pas ada ide muncul aja sih atau nulis kejadian” yg udh lampau gitu.. tpi nnti target kdpn mo nulis ttg mata kuliah aja deh wkwk *mungkiiin..

    Suka

    1. Tugas kuliahnya aja mas fahrizinfa yg diupload. Bisa berguna buat mahasiswa angkatan selanjutnya karena tugasnya biasanya nggak jauh beda. Saya dulu maunya gitu, cuma belum terlaksana :).

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s