Apa Itu Backlink dan Apa Manfaat Backlink bagi Blog?

Apa itu backlink dan manfaat backlink Sumber gambar : mamanggraphic.com

Berikut adalah pengertian apa itu backlink :

“Backlink adalah hyperlink dari situs lain yang menuju situs kita. Juga biasa disebut link masuk atau inbound link. Biasanya terjadi jika situs lain membahas sesuatu tentang situs kita, entah itu konten kita atau review situs secara keseluruhan.”

Beberapa istilah yang masih berhubungan dengan backlink antara lain (diambil dari Shoutmeloud):

  • Link Juice : Saat sebuah halaman web memberi link ke beberapa artikel Anda atau halaman utama, hal tersebut melewati “link juice”. Link juice tersebut akan membantu rangking artikel yang mendapat link juice, dan juga memperbaiki domain authority . Sebagai bloger, Anda bisa menghentikan link juice dengan menggunakan tag no-follow.
  • No-Follow Link : Saat sebuah website memberi link ke website lain, tetapi menggunakan tag no-follow, maka link tersebut tidak melewati link juice. Link no-follow tidak berguna berhubungan dengan rangking sebuah halaman karena link tersebut tidak memberi kontribusi apapun.
  • Do Follow Link : Secara default semua link yang Anda tambahkan pada postingan adalah do follow dan link tersebut melewati link juice.
  • Linking Root Domain : Hal ini mengacu pada jumlah backlink yang masuk dari sebuah domain unik. Bahkan jika sebuah website memberi link 10 kali pada website Anda, maka itu akan dianggap sebagai link dari satu root domain.
  • Link Berkualitas Rendah : Link berkualitas rendah adalah link yang berasal dari harvested sites, automated sites, situs spam, atau bahkan situs porno. Beberapa link bahkan lebih bersifat merusak daripada menguntungkan. Ini merupakan salah satu alasan mengapa Anda harus berhati-hati ketika membeli link.
  • Internal Link : Link yang berasal dari satu halaman ke halaman lain dalam satu domain disebut internal link.
  • Anchor Text : Tulisan yang digunakan sebagai hyperlink disebut anchor text (tulisan yang jika diklik mengarahkan kita ke halaman lain). Backlink dengan anchor text bekerja dengan baik jika Anda ingin mendapat rangkin tinggi untuk kata kunci tertentu.

Ciri-Ciri Backlink Berkualitas yang Mampu Memberi Dampak Positif

Sebelum saya menjelaskan tentang manfaat backlink, saya akan menjelaskan kepada Anda kriteria backlink berkualitas (backlink yang bagus) mengingat tidak semua backlink memberi dampak positif bagi sebuah situs.

Berikut adalah kriteria backlink berkualitas :

  • Situs Otoritas – Otoritas suatu situs ditentukan oleh nilai DA (domain authority) dari moz atau Trust Flow dari majestic yang tinggi. Backlink yang berasal dari DA dan TF tinggi lebih bagus bagi perkembangan blog Anda.
  • Relevansi – Backlink yang relevan adalah backlink yang berasal dari situs yang membahas mengenai situs sejenis atau yang masih berhubungan. Backlink dari situs review makanan akan sangat berharga bagi situs bertema restoran. Tapi backlink dari situs review makanan tidak akan berguna bagi situs yang membahas teknologi.
  • Sulit Didapat – Backlink yang unik dan sulit didapatkan akan memberi kekuatan yang luar biasa (dengan catatan masih relevan dan dari situs otoritas). Hal tersebut disebabkan karena pesaing Anda akan sulit untuk mendapatkan backlink dari situs yang sama sehingga situs Anda menjadi lebih unggul.
  • Contextual Link : Backlink tersebut berada di dalam konten. Bukan pada halaman profil atau sidebar, atau footer.

Manfaat-Manfaat Backlink bagi Situs/Website/Blog

Backlink memegang peranan penting dalam mengembangkan blog. Terutama backlink-backlink dengan kriteria yang telah saya sebutkan di atas. Beberapa manfaat backlink antara lain :

1. Memperbaiki Posisi Halaman di SERP

Backlink merupakan salah satu faktor penting dalam memperebutkan posisi di halaman satu hasil pencarian. Semakin banyak backlink yang didapat, kesempatan mendapatkan posisi yang bagus semakin terbuka lebar.

Dengan catatan bahwa konten Anda cukup berkualitas dan ditulis dengan baik sesuai dengan standart SEO.

2. Terindeks Lebih Cepat

Jika konten terbaru Anda mendapat backlink dari situs lain, maka bot Google akan langsung mengindeksnya dalam beberapa jam sehingga Anda akan langsung mengetahui posisi konten Anda di SERP (search engine result page).

Bagi blog baru, backlink akan membantu bot Google mencrawl seluruh blog Anda dengan efektif. Oleh karena itu, jika blog Anda masih baru, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendapat backlink sebanyak mungkin dari bloger lain agar konten-konten Anda terindeks dengan sempurna.

3. Referal Traffic

Mendapat backlink dari situs tertentu, terutama situs terkenal yang sudah memiliki banyak pengunjung setia akan membuat blog Anda ikut mendapatkan trafik karena ada potensi beberapa pengunjung akan mengklik backlink yang ada dan kemudian akan dibawa ke situs Anda.

Itulah mengapa backlink dari situs-situs terkenal mampu meningkatkan trafik secara signifikan tanpa usaha apapun.

4. Meningkatkan Brand Blog

Jika nama situs Anda terus disebut di website lain atau artikel-artikel Anda direkomendasikan oleh bloger lain, maka brand blog Anda akan terkatrol.

Orang-Orang yang menyadarinya akan mengunjungi situs Anda, lalu mungkin membeli produk atau menggunakan jasa Anda, atau menjadi subscriber dan follower, atau mungkin berinteraksi dengan Anda melalui kotak komentar.

Backlink berpotensi melakukan hal luar biasa. Itulah mengapa brand-brand besar selalu mau membayar dengan harga mahal agar situsnya direview dan mendapatkan backlink.

Apakah ada yang kurang jelas? Atau ada pertanyaan? Jangan ragu untuk membagikannya di kotak komentar yang telah disediakan.

21 tanggapan untuk “Apa Itu Backlink dan Apa Manfaat Backlink bagi Blog?

    1. Google backlink apaan ya? Mungkin maksudnya indeks google? Klo backlink yg hyperlink dari situs lain. Sedangkan indeks google itu halaman yg sudah terindeks google (ini semua halaman dalam blog termasuk post, tag, kategori, tgl, bulam dan sebagiannya).

      Disukai oleh 1 orang

  1. Ah, visitors ku aja gaada 50/ngeblog kok, apalagi kalo nggak ngeblog mungkin cuma secuil wil wil. Apalagi masalah SERP, boro” bisa teratas pncriannya.. halaman blog ku lho gak ketemu” wkwk :v masih lemah banget dah pokoknya :v

    Disukai oleh 1 orang

    1. Nggak perlu bingung SEO. Pokoknya rajin posting dan teratur, ntar mainnya nyari follower. Dulu waktu seo saya masih jelek bisa kok dapat 70 pengunjung per hari. Cuma waktu itu saya rajin komen. Lagian pas jualan dan lagi sepi nggak ada yg bisa saya lakukan, jadi ya bisa baca2 dan komen2 deh.

      Disukai oleh 1 orang

    1. Sebenarnya seperti itu. Cuma mendapatkan backlink di indonesia itu sulitnya bukan main karena blogernya sendiri belum sadar tentang pentingnya backlink. Khususnya memberi, maunya menerima saja :).

      Suka

    1. Sebenarnya di indonesia memberi backlink itu belum budaya. Seolah tidak rela karena nanti membuat bloger lain lebih terkenal. Cuma saya niru bloger-bloger luar, kalau ada konten yg bagus ya saya tidak ragu memberi link.

      Suka

  2. Wuiih mantappp, makasih infonya, mas.
    Sangat bermanfaat!
    Sekarang ini saya lagi belajar ngeblog, ya walau malas2an bikin artikelnya 😂

    Silahkan mampir juga ya:
    suzuki-smgcirebon.blogspot.com

    Suka

  3. Tolong kalau boleh artikelnya disertakan situs2 mana aja yg bisa dijadikan referensi buat backlink yg bagus, baik situs dari indo maupun dari international, sehingga kita bisa take action untuk menjalankan backlink pada situs kita..

    Suka

    1. Situs indo bisa kompasiana, isnuanasa, febriyan lukito dan situs apapun yang da dan panya bagus tinggal hubungi pemiliknya. Klo situs luar saya belum pernah guest blogging. 😀

      Suka

Komentar ditutup.