Hari ke-15 : Evaluasi Tantangan Jeff Goins

Segala macam perasaan dalam menulis​Sumber gambar : r2blog.com

Tantangan Jeff Goins sebenarnya berlangsung selama 31 hari. Setiap hari akan ada email dengan instruksi tentang apa yang harus ditulis. Aturannya hanya satu : menulis setidaknya 500 kata.

Tapi kemudian saya mengubah aturannya. Saya mengerjakan tantangan Jeff Goins setiap dua hari sekali. Sedangkan selisih satu hari digunakan untuk menulis konten lainnya. Artinya, tantangan yang harusnya selesai dalam 31 hari berubah menjadi 62 hari. Itu benar-benar melelahkan. Dan menyenangkan.

Yang paling saya sukai adalah hari ke-4, tentang teknik menulis bebas. Saya pernah membaca tentang teknik menulis bebas, tapi baru yakin teknik itu berguna setelah mengetahui bahwa penulis kelas atas seperti Jeff Goins pun menggunakannya. Dan saya mengaplikasikannya dan berhasil menciptakan karya “Tentang Kucing-Kucing Kampung”.

Kemudian saya berkomitmen untuk terus berlatih menggunakan teknik tersebut dan mengelompokan hasilnya di kategori “menulis bebas“.

Dengan memakai teknik ini, saya yakin bisa menulis lebih banyak lagi. Sekalipun sedang tidak dalam kondisi yang bagus atau tanpa membaca referensi-referensi pendukung tulisan, saya merasa tetap mampu untuk terus menulis.

Menulis Setiap Hari. Lagi….

Di awal membangun blog Shiq4, sekitar 2 tahun lalu, saya sudah biasa menulis setiap hari. Hanya saja waktu itu berkutat pada pengalaman pribadi (seperti buku harian), menulis ulang, dan menerjemahkan karya asing. Tidak ada kesulitan berarti dan semua berjalan sesuai rencana.

Selanjutnya saya mulai menulis sesuatu yang orisinil dan hanya mampu menelurkan satu artikel setiap 2 atau 3 hari di tahun berikutnya. Hanya itu kemampuan saya.

Di awal tahun 2017 saya menemukan tantangan dari Jeff Goins, salah satu bloger yang paling berpengaruh bagi saya, dan saya dengan segera mengikuti tantangan tersebut. Walaupun awalnya pesimis dan merasa tidak mampu melakukannya, ternyata sampai sejauh ini saya masih sanggup mengerjakannya. Dan saya merasa bangga dengan kedisplinan saya beberapa minggu terakhir.

Catatan : Bagi Anda yang ingin menulis setiap hari untuk keperluan update blog bisa membaca “Tips agar Konsisten Menulis Setiap Hari”.

Apa yang Saya Rasakan?

Saya merasa sangat antusias. Ini merupakan pengalaman pertama mengikuti suatu tantangan menulis. Dan efeknya begitu positif bagi blog Shiq4. Ada kenaikan pengunjung yang signifikan. Jika sebelumnya jumlah pengunjung rata-rata adalah 144 orang per hari, maka setelah update artikel setiap hari, jumlah pengunjung menjadi lebih dari 200 orang per hari. Luar biasa.

Statistik pengunjung blog bulan februari 2016

Selain itu ada beberapa tantangan yang sulit dikerjakan. Terkadang saya benar-benar sibuk dan sudah merasa lelah karena bekerja seharian, tapi tantangan ini memaksa saya hingga batas yang tidak bisa dilogika. Ketika membuka e-mail dan membaca instruksinya, saya segera meletakkan pantat dan langsung menulis. Tidak peduli betapa pun saya ingin beristirahat. Dan berhasil sejauh ini.

Hanya saja ada beberapa kekecewaan. Ada tantangan yang tidak sanggup saya selesaikan dengan sempurna. Pernah suatu ketika keadaan memang tidak memungkinkan. Saya bekerja sejak pukul 8 pagi, dan karena bapak diundang untuk menghadiri acara tetangga, saya baru selesai bekerja sekitar pukul 8 malam. 12 jam bekerja cukup membuat pikiran saya benar-benar kacau. Tanpa banyak berpikir, saya menyelesaikan instruksi dalam e-mail. Dan hasilnya cukup mengecewakan.

Ternyata menulis berdasarkan instruksi orang lain cukup menguras tenaga. Apalagi dengan waktu singkat tanpa sempat membaca referensi lain. Tapi secara keseluruhan rasanya menyenangkan dan menantang. Bahkan saya berencana mencari tantangan menulis lainnya setelah menyelesaikan semua tugas dari Jeff Goins.

Arti Tantangan Menulis dari Jeff Goins

Sebagai fans Jeff Goins, tentu merupakan suatu kebanggaan tersendiri untuk ikut berkontribusi dalam event yang diselenggarakan Jeff Goins. Bahkan saya merasa senang melakukannya.

Bagi saya ini hanya batu loncatan kecil. Jika saya tidak mampu menaklukan tantangan sederhana ini dengan baik, mungkin saya harus berpikir untuk pensiun dari dunia penulisan. Kecuali jika tiba-tiba ada kejadian yang memaksa saya untuk tidak menyelesaikan instruksi yang ada, itu persoalan lain. Dan syukurlah semua masih berjalan dengan baik-baik saja.

Lebih jauh lagi, tantangan ini cukup menyulitkan. Ada beberapa instruksi yang sangat mudah, tapi entah mengapa tiba-tiba otak saya kosong dan tidak ada ide menulis yang cocok sesuai tema yang diinstruksikan. Dan biasanya saya Googling dan mencuri ide dari penulis lain.

Melalui tantangan ini saya ingin menguji ketrampilan menulis saya. Apakah saya mampu menulis secara rutin selama 62 hari berturut-turut? Apakah saya bisa menulis karya yang bagus ketika dalam tekanan? Dan apakah ada perkembangan ketika saya telah menyelesaikan tantangan ini?

Hanya pembaca yang mampu menilainya. Karena jika menurut saya sendiri, tulisan saya masih cukup bagus dan memuaskan. Dan semoga saja saya bisa mengakhiri petualangan menulis dengan Jeff Goins dengan bahagia.

Iklan

24 tanggapan untuk “Hari ke-15 : Evaluasi Tantangan Jeff Goins

  1. Lanjutkan mas, meski rutin menulis setiap hari, kualitas tulisan anda menurut saya tetap terjaga kok. Memang ada satu atau dua yang sedikit “kurang” tapi itu wajar karena anda pun tak punya cukup waktu untuk mengerjakannya.

    Suka

  2. yang penting mesti enjoy aja nulisnya ya… jangan terpaksa atau terbebani… 🙂

    gua sering liat orang2 ikut challenge. rajin selama challenge. abis kelar, langsung ilang. hahaha.

    Suka

    1. Ngikut challenge itu seneng awalnya, tapi lama-kelamaan makin susah aja. Untung batas minimalnya 500 kata. Jadi masih kuatlah klo cuma segitu. Moga2 aja ntar saya nggak ngilang ha ha ha…….

      Disukai oleh 1 orang

  3. Tampak melelahkan, tapi menyenangkan. Jika begitu, saya sangat salut dengan Shiq4. Anda penulis yang bebar2 penulis yang sangat mencintai apa yang dilakukan.

    Menurut saya, untuk bisa seperti Anda, saya butuh panggilan menulis yang lebih.

    Oya, untuk tantangan Jeff Goins ini, apakah benar2 hitungannya pada saat ini juga? Maksudnya waktu berlangsungnya atau semacam pola saja? Jadi siapa aja yg mau ikut, kapanpun bisa dan hitungannya dimulai ketika kita follow email nya? Maaf, mungkin saya mis persepsi.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s