Hari ke-13 : Pukul 6 Sore ke Atas

Apa yang dilakukan penulis Sumber gambar : kaosmurahbandung.com

Penulis butuh untuk terus menulis. Sekalipun telah berhasil menciptakan karya yang bagus, penulis tetap harus berkarya atau ia akan kehilangan insting artistik. Penulis juga butuh rasa lapar agar produktif.  Jadi, sangat wajar jika saya menulis hampir setiap hari.

Semua dimulai sejak pukul 6 sore, tepat ketika saya selesai bekerja. Sebelum mulai menulis, saya membutuhkan 2 benda penunjang : Rokok dan Secankir kopi. Keduanya membuat saya tetap waras ketika mengalami kebuntuan atau writer’s block. Tanpanya…., mungkin yang ada hanya halaman kosong.

Saya menangkap ide menulis di siang hari. Di sela-sela berjualan buah, saya memikirkan apa yang ingin saya tulis nanti malam. Juga membaca referensi lain yang masih berhubungan dengan ide yang saya tangkap melalui internet. Dengan begitu, saat tiba waktunya menulis, saya bisa melakukannya dengan lancar.

Lamanya menulis tergantung situasi. Terkadang hanya butuh beberapa menit untuk menyelesaikan artikel sederhana. Kalau benar-benar sedang sial, inspirasi hilang begitu saja seperti tulisan di pasir yang terhapus ombak, dan butuh waktu berjam-jam untuk menyelesaikan apa yang telah saya mulai.

Setelah tulisan selesai, kini tiba saat untuk memolesnya. Sebagian penulis ada yang menyebut kegiatan ini sebagai mengedit, menyunting, atau menulis ulang. Karena semua penulis mengetahui satu hal : β€œTidak ada tulisan bagus pada percobaan pertama”

Memoles tulisan adalah bagian terburuk dalam menulis. Dan saya masih belum cukup ilmu untuk melakukannya dengan baik. Terutama kesabaran. Meskipun saya sudah melakukannya dengan serius, membaca berulang kali, tetap saja ada bagian yang luput dan benar-benar memalukan ketika menemukan kesalahan tersebut saat membaca tulisan yang telah dipublikasikan.

Untunglah saya bukan penulis terkenal. Jadi, tidak akan ada orang yang berkomentar negatif tentang detail-detail kesalahan tersebut sehingga saya bisa mengedit tulisan yang telah terpublish sebelum ada yang menyadarinya. Dan semua akan berjalan baik-baik saja.

Biasanya semua sudah selesai pada pukul 10 malam. Setelah itu saya membaca buku atau mulai membaca konten-konten di internet dan bersantai hingga tengah malam. Atau jika tidak mengantuk, saya bisa melakukannya sepanjang malam dan baru tidur di pagi hari.

Pilihan lain adalah kembali menulis. Jika saya menemukan ide brillian lain setelah menulis sebuah artikel, maka saya pun tidak akan menahan diri dan langsung mengeksekusinya malam itu juga. Tapi biasanya tulisan ke-2 bukan hal-hal serius. Biasanya tentang pemikiran saya atau masa lalu atau kejadian yang remeh temeh. Tidak penting bagi orang lain, namun itu sesuatu yang bagus bagi diri sendiri. Jadi, tidak ada hasil penelitian; tidak ada kutipan orang terkenal; tidak ada link-link keluar menuju website terpercaya.

Begitulah rutinitas harian saya sebagai penulis. Dan saya begitu menikmati dan antusias dengan apa yang saya kerjakan hingga saat ini.

Sebenarnya ada keinginan untuk berhenti bekerja dan fokus dalam kegiatan menulis. Artinya saya menghasilkan uang dari tulisan-tulisan saya. Tapi hal semacam itu benar-benar sulit. Walaupun saya merasa unggul sebagai penulis artikel, jumlah klien tidak terlalu banyak. Iklimnya tidak begitu baik. Bagaimana pun saya mencari blog atau website yang sekiranya membutuhkan jasa penulis artikel, hasilnya masih nihil.

Tapi saya tidak hilang harapan dan tetap disiplin menulis. Kalaupun di masa depan saya tidak bisa menjadi penulis profesional, setidaknya saya telah bersenang-senang. Dan saya bahagia bisa sekadar menulis dan menikmati tulisan saya sendiri. Bahkan meskipun tidak menghasilkan sepeser pun rupiah.

Apakah Anda berencana menjadi penulis pro? Apa yang Anda lakukan untuk mewujudkannya? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

21 tanggapan untuk “Hari ke-13 : Pukul 6 Sore ke Atas

  1. Mas Shiqa salah satu bloger yang menurut saya omongannya berbanding lurus sama kenyataan hehehe. Salut mas sama ke-konsisten-annya!! Gue ada sih cita-cita untuk pro, semoga kecapaian. Seenggaknya bisa konsisten dulu nih heheehe

    Disukai oleh 1 orang

    1. Lha saya kan cuma posting apa yg biasa saya lakukan mas edo, jadi kebetulan aja cocok. Ada kok teori yang belum saya aplikasikan meskipun udah saya tuliskan di blog ini he he he…..

      Suka

  2. Keren mas, anda jago sekali dalam mengelola waktu. Saya pengen juga menjadi seorang penulis profesional tapi sepertinya saya masih harus banyak belajar. Saat ini saya lebih fokus untuk meningkatkan pengunjung blog saya yang belum seberapa.

    Disukai oleh 1 orang

    1. Lho sebaliknya, saya itu orang yg nggak bisa ngatur waktu. Itu karena sebenarnya saya ingin tidur kayak orang normal di malam hari. Cuma karena penyakit membuat saya sulit tidur sehingga milih untuk baca2 daripada nonton tv atau kegiatan lainnya. Lha kadang baru pagi hari saya tidur trus berangkat ke pasar pukul 12 siangan.

      Disukai oleh 1 orang

  3. Mas Shiq4, saya membayangkan saja bagaimana sibuknya pikiran Anda dalan rutinitas menulis Anda ini. Jujur saja, saya kagum dengan orang seperti Anda. Kalau saya mungkin sangat sulit seperti Anda, sambil jaga lapak, tapi tetap baca dan concern dengan ide menulis, manajemen fokus Anda saya pikir hebat sekali. Tapi usaha Anda tak pernah sia-sia saya lihat, hasilnya sepadan koq. Buktinya saya sangat menikmati gaya menulis Anda.

    Setahu saya selama 3 bln lebih ini, tapi jauh sebelum ini, maksudnya sebelum saya kenal Anda di wordpress, Andalah satu-satunya bloger yang update artikel sangat teratur, bahkan bulan Februari ini setiap hari (mungkin sedikit terjebak dg tantangan menulis dari Jeff Goins itu, setidaknya dari sudut pandang saya), sayapun akan setiap hari neropongin blog Anda dan berkomentar seperlunya.

    Saya merasa Shiq4 adalah bloger sejati. Saya berdoa semoga Anda bisa benar-benar jadi bloger yang lebih terkenal di seluruh Indonesia. Semangat Anda ini mempengaruhi saya, sehingga walaupun saya tidak bisa update artikel setiap hari, tapi seminggu sekali, atau kalau pas longgar 4 hari sekali, saya tetap menulis.

    Saya belum bercita-cita jadi bloger pro, tapi di masa depan itu mungkin saja, tapi yang saya lakukan sekarang masih fokus mengembangkan blog Desfortin Menulis, meskipun beberapa rekan kerja saya tidak tertarik ngeblog.

    Oya, setiap kali baca tulisan Anda, khususnya belakangan ini, mungkin sayalah salah seorang yang lumayan memperhatikan beberapa kata yang Anda rangkai dalam tulisan Anda, meskipun saya sendiri pun kadang kesal karena typo. Oya, ada satu kata yang typo Anda ketik di atas, pada kata penelitian. Selebihnya, saya lihat padu saja.

    Maju terus mas Shiq4!

    Disukai oleh 1 orang

    1. Saya nggak berniat untuk terkenal mas destorfin. Dulu udah punya nama di tahun 2009 dengan nama lain selain shiq4, cuma karena saya terlalu sombong jadinya gagal deh.

      Biasanya saya nulis 3 hari sekali dan rutin tahun lalu. Tahun ini rencana saya tingkatkan jadi 2 hari sekali. Tapi seperti yang Anda bilang gara-gara ada tantangan jeff goins semua jadwal tulisan berubah. Juga kategori2 tulisan yg terbit tidak sesuai rencana sih ha ha ha…….

      Tapi saya menikmatinya. Lagian pas siang udah sepi kok. Paling cuma ramai di jam 12 sampai jam 1 sama antara jam 3 sampai jam 4. Kadang2 saya udah dari pagi sih di pasar. Ketika bapak yg melayani pembeli saya sibuk internetan ha ha ha….

      Suka

    1. Sebenarnya saya udah keterlaluan dalam merokok akhir2 ini. Biasanya malam cuma habis 3 batang, eh sekarang bisa 5-6 batang. Memang untuk sementara saya biarkan saja sih, tapi di masa yang akan datang saya ingin tidak lebih dari 4 batang di malam hari.

      Suka

  4. Kalo saya sih nulis untuk senang-senang, meski beberapa kali sengaja menulis untuk dibayar (lebih tepatnya, mengusahakan). Tapi akhir-akhir ini belum berminat gitu lagi. Nulis untuk konsumsi buku harian aja

    Suka

  5. Aku juga mau deh nulis sehari sekali rutin disiplin gitu, tpi kayaknya blm sanggup, wkwk eh tpi aku pernah sih dulu waktu masih diasrama nulis rutin sehari sekali tapi dibuku,
    *Diary πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Suka

    1. Lha tantangannya nulis di blog itu yg nggak seterus terang kejadian sesungguhnya. Cukup menulis hal yg perlu dan yg rahasia disisipkan agar samar2 biar privasi tetap terlindungi.

      Suka

  6. Dulu sih iya,aku ada juga keinginan untuk menjadi penulis pro, tapi tulisanku pd balik lagi, alias tidak layak tayang,hehehe…Cuma 1 aja tulisanku yang pernah tayang, itu juga cuma cerita tentang keseruan dengan anak2 dan hanya beberapa spasi saja.
    Sekarang kembali menulis sebenarnya memang karena senang, dan untuk sharing kebaikan aja ..

    Suka

    1. Klo saya maunya jadi penulis artikel saja. Nggak mau yg lain. Sempet optimis sih karena beberapa orang menghubungi, cuma pada aneh2 permintaanya dan saya tolak. Untungnya dapat job dari komunitas blogger yg saya ikuti.

      Lumayan mbak pengalamannya pernah tayang satu kali, saya belum pernah tuh. Bahkan ngirim aja udah minder duluan wkwkw……

      Disukai oleh 1 orang

      1. Mas shiq4 tuh kalo menurut aku berbakat sebagai seorang penulis, tata bahasanya bagus, tidak bosen membacanya walau tulisannya panjang, malah penasaran pingin baca sampai selesai. Ayoo mas semangat ikut lomba2 karya tulis dan coba masukin artikel2nya ke media. Biasanya biar di balikin tetep ada catatan2 yang harus kita perbaiki yang di berikan oleh media tersebut. Jadi tambahan ilmu juga buat kita. Kalau aku sih memang nulis asal nulis aja keseringannya. Ikut workshop sih pernah, tapi tetep…. senengnya gaya bebas dalam hal menulis alias suka2 saiyah,,hehehe
        *Semangat nulis ya mas…

        Suka

        1. Hah…. Klo kirim2 artikel saya pling malas mbak. Lagian sudah nyaman seperti ini. Kebetulan saja gaya bahasa cocok dengan mbak vina, jadi terasa enak dibaca. πŸ™‚

          Suka

  7. Salut bisa disiplin menulis yaa, kalau saya biasanya masih terkendala dengan mood yang masih tidak menentu. Ada kalanya ada banyak ide yang sudah dituliskan dan siap di tuliskan. Tapi kalau moodnya sedang tidak enak jadi susah sekali menulis. Saya masih kesulitan dalam menjaga mood hahahaha selain itu pengaturan waktu saya juga masih belum bagus

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s