Hari ke-11: 3 Alasan Untuk Blogwalking dengan Teratur

Alasan mengapa harus blogwalking​Sumber gambar : yusradante.blogspot.com

Salah satu rutinitas bloger adalah blogwalking atau meninggalkan jejak di blog lain dengan berkomentar. Walaupun kegiatan ini terlihat sepele, tapi jika dilakukan dengan baik, efeknya akan sangat besar bagi perkembangan blog yang kita kelola.

Dengan blogwalking saya mampu meningkatkan pengunjung sebanyak 70-80 orang. Padahal saya hanya melakukannya dengan santai. Bayangkan potensinya seandainya Anda benar-benar meluangkan waktu khusus untuk blogwalking, pasti bisa mendapat lebih banyak pengunjung.

Tapi bukan itu alasan utama mengapa saya blogwalking. 3 Alasan yang mendorong saya melakukannya adalah sebagai berikut :

1. Mengoleksi Ide Menulis

Inspirasi menulis bisa datang darimana saja, termasuk membaca tulisan bloger lain.

Ada saat di mana otak menjadi terangsang tulisan bloger lain, kemudian tiba-tiba inspirasi datang dan dengan sekejap terbentuklah ide-ide menulis. Memang tidak semua ide bisa langsung saya eksekusi, namun tidak ada salahnya untuk mengoleksinya.

Di masa yang akan datang, ketika kehidupan di dunia nyata begitu melelahkan sehingga pikiran terlalu jenuh untuk mencari ide baru, saat itulah catatan ide akan menjadi harta karun. Ingat, tidak ada ide yang benar-benar buruk. Yang ada hanya penulis buruk.

Tinggal bagaimana saya mengolah ide tersebut menjadi tulisan yang menarik. Bukan hanya menyenangkan, namun juga sebagai ajang latihan untuk menajamkan insting menulis yang saya miliki.

2. Mendapatkan Pengalaman Membaca yang Menyenangkan

Apa yang akan terjadi jika saya rutin membaca tulisan bloger lain? Tentu saja ikatan emosi akan semakin kuat. Dan mungkin itu yang mendorong timbulnya emosi-emosi ketika membaca karya bloger-bloger tertentu, terutama mereka yang telah lama berhubungan dengan saya melalui kotak komentar.

Saya mengetahui dengan jelas bagaimana kehidupan bloger lain dan bagaimana bloger lain berpikir, tentu lebih mudah mendapatkan pengalaman membaca yang menyenangkan saat membaca dan memberi komentar di postingan mereka.

Anda tidak akan mengetahui apa yang saya katakan sampai Anda rutin membaca tulisan teman-teman ngeblog lain. Ini adalah sedikit rahasia dunia ngeblog yang hanya diketahui oleh bloger-bloger yang konsisten ngeblog dan menjalin pertemanan dengan sesama bloger lain. Tidak percaya? Silakan dicoba.

3. Belajar Menulis

Sebenarnya terkadang saya tidak terlalu peduli dengan kisah atau informasi dalam suatu postingan. Saya hanya suka mengamati bagaimana bloger lain menulis. Jika saya menemukan sesuatu yang bagus, maka saya akan meniru tulisannya. Seandainya ada yang membuat tulisan menjadi buruk, maka saya akan menghindari agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

Lebih jauh lagi, saya hanya berusaha memperhatikan kata dan kalimat yang mereka gunakan. Ternyata belajar melalui pengamatan jauh lebih efektif dibanding dengan berlatih menulis terus-menerus. Pantaslah jika ada yang berpendapat bahwa tulisan yang bagus itu merupakan hasil bacaan yang bagus.

Satu-Satunya yang Harus Anda Perhatikan

Bagian sulitnya adalah setelah saya mendapatkan 3 manfaat membaca tulisan bloger lain di atas, saya harus meninggalkan komentar yang relevan dan bagus.

Agar pemilik blog tahu saya telah membaca postingannya dengan baik. Dan jika beruntung, pemilik blog tersebut akan mengunjungi balik blog saya.

Tapi berkomentar pun harus hati-hati. Karena jika salah melakukannya, komentar tidak bisa kita hapus dan akan merusak reputasi yang telah kita bangun.

Jika ada bloger yang sangat bagus dalam berkomentar di blog saya, maka itu adalah GaraDesfortin, dan Denald. Silakan berhubungan dengan mereka agar Anda tahu bagaimana berkomentar yang baik dan disukai bloger lain.

Apakah Anda rutin melakukan blogwalking? Mengapa Anda melakukannya? Bagikan di kotak komentar.

Iklan

31 tanggapan untuk “Hari ke-11: 3 Alasan Untuk Blogwalking dengan Teratur

  1. Blogwalking itu… pas lagi online. Baca artikel teman tuh bisa menambah pengetahuan. Trus ninggalin komentar kalo artikelnya bisa dikomentari, biasanya yg ada pertanyaannya. Kalo nggak ada pertanyaan, ya komentar sesuai isi artikel.

    Suka

  2. bener tu mas, aku aja mendapatkan gaya menulis sekarang, itu karena baca-baca blog teman juga.. 😀
    kadang ide juga gitu, pernah baca artikelnya mbak annisa (nyonya nyablak) tentang cewek matre, akhirnya dapet ide dengan gaya bahasa aku sendiri

    Disukai oleh 1 orang

  3. OMG, blog kami tersebut di tulisan ini 😍 jadi tersanjung saya 🙂 terima kasih ya Shiq4. Berkomentar yang baik itu juga sebagai bentuk penghargaan terhadap penulis blog. Tergantung jenis tulisannya juga, kalau tulisannya santai ya berkomentar dengan santai. Kalau tulisannya tentang opini, ya kita juga ikut beropini. Tidak harus selalu sepaham dengan yang ditulis, tapi sampaikan dengan santun apa pendapat kita. Yang penting baca dengan tuntas apa yang sudah penulis blog tuliskan, jangan sepintas. Dan yang penting lagi, jangan tanyakan lagi apa yg sudah tertulis jelas di postingan karena kelihatan sekali ga baca atau baca secara sepintas. Terus semangat menulis Shiq4! Btw, tulisan kali ini pendek ya, semacam ga percaya aku haha.

    Suka

    1. Tadi malam sambil ngerjain tulisan lain mbak deny toh tantangannya minimal 500 kata. Lagian udah mepet jadwal nulis cerbungnya. Jadi harus diupdate cerbung di blog ini biar nggak sampai terbengkalai he he he……

      Suka

  4. Wow, ada nama Desfortin disebut…., terima kasih mas, nebeng nama di blog beken, hehe ….

    Blogwalking nampak sepele, tapi ada juga bloger yang gak peduli alias cuek saja. Itu benar-benar saya perhatikan. Alasannya sudah bisa ditebak, yakni “banyak alasan”, hehe …

    Sejujurnya, saya blogwalking awalnya memang untuk menarik bloger lainnya, tapi seiring waktu saya juga belajar blogwalking bukan sekedar itu, tapi banyak. Bisa menjalin pertemanan, mendapatkan feedback, perspektif baru atau informasi/pelajaran baru. Jadi bukan sekedar minta dikunjungin balik atau dikomentarin balik.

    Memang sih, kalau ada yang komen di blog kita pastinya kita merasa senang. Dan saya ketika komen selalu berusaha relevan (berusaha lo, gak berarti pas juga), makanya kadang agak panjang, dan saya akan selalu komen apabila saya telah membaca tuntas tulisan blog yang saya baca itu, kemudian biasanya nge-like. Saya melakukan itu karena saya berusaha untuk menghargai yang punya blog. Dan usaha saya itu ternyata cukup berhasil.

    Jujur juga ni, semenjak berkawan dengan Shiq4, saya merasakan ada kemajuan2, apalagi bloger pemula seperti saya. Maklumlah, ngeblog juga belum genap 4 bulan, tapi saya banyak belajar dari tulisan2 Shiq4 yang unik dan keren2. Saya kagus dengan analisa dan cara berpikirnya Shiq4. Setiap tulisannya, menurut saya, sangat condensed. Thanks Shiq4.

    Terkait tulisan di atas, ada dua kalimat yang paing saya sukai, yakni
    1. “Ingat, tidak ada ide yang benar-benar buruk. Yang ada hanya penulis buruk.”
    2. “Pantaslah jika ada yang berpendapat bahwa tulisan yang bagus itu merupakan hasil bacaan yang bagus.”

    Dua kalimat tersebut benar2 saya setujui. Ide apapun bisa direalisasikan, asalkan penulisnya sungguh2 bermental penulis yang baik dan pantang menyerah.

    Terus bacaan yang kita baca pasti secara disadari atau tidak, sedikit atau banyak pasti mempengaruhi kita sebagai penulis dan itu terlihat dalam tulisan-tulisan kita. Saya melihat dan membaca kalau tulisan Shiq4 itu bagus, unik dan bahkan sangat bagus, maka saya yakin di balik tulisannya yang bagus itu, pasti ada bacaan bagus yang dibacanya. Betul saja, belakangan saya mengetahui kalau ternyata ia pengagum penulis hebat Jeff Goins dan Jon Morrow.

    Ditunggu lagi blog2 selanjutnya.

    Suka

    1. Klo mau nulis bagus dulu latihannya saya menerjemahkan konten2 populer dari bahasa inggris. Ternyata baru saya sadari bahwa gaya menulis saya agak berubah sedikit demi sediki, bahkan jauh perbedaannya. Klo membangkan antara tulisan lama dan tulisan baru di blog ini pasti perbedaannya sangat signifikan.

      Suka

  5. kadang-kadang abis baca nggak ninggalin komen sih, ngaku kok..
    terutama kalau postingan itu nggak kupahami dengan baik
    daripada komen culun mendingan nggak usah he.. he…

    Suka

  6. Dari blogwalking bisa mendapatkan ide menulis. Bener banget sih. Aku sering banget terinspirasi setelah baca postingan blog orang lain, terus akhirnya bikin postingan blog dari sudut pandang sendiri. Aku sebenernya termasuk yang rajin ngeblog, tapi entah kenapa karena terlalu rajin ngeblog, ada yang bilang postinganku terlalu banyak, jadi susah kalau mau dibaca satu-satu. :))))

    Suka

    1. Ha ha ha….. Klo punya banyak postingan sebenarnya lebih baik karena pengunjung punya banyak pilihan untuk membaca. Cuma klo memang banyak postingan biasanya komentarnya sedikit 🙂

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s